Langsung ke konten utama

Cara Rinci Menggunakan Transportasi Publik Dari Bandara Internasional Minangkabau Ke Kota Penting Pariwisata Sumatera Barat: Padang, Painan, Bukittinggi, Payakumbuh, Batusangkar, Sawahlunto

Padang sebagai pintu masuk dimulai dari Bandara Internasional Minangkabau [BIM] Padang Sumatera Barat menuju ke kota penting pariwisata lainnya menggunakan bis umum publik sangatlah mudah. Pada tulisan ini sangat banyak traveler Indonesia dan Malaysia mencari cara rinci lengkap menggunakan transportasi ini terutama sang backpacker yang ingin melihat indahnya ranah Minangkabau ini lengakp tersedia lengkap wisata alam, wisata bahari, wisata budaya, hingga ke wisata kuliner semuanya ada. Inilah informasi yang anda cari itu ada pada tulisan ini.

Transportasi Publik Utama dari Bandara BIM Padang.
Sekarang ini dengan sudah mulai tertata transportasi publik yang ada di BIM ini menuju ke kota Padang sebagai awal langkah. Berikut rinciannya:

Poto oleh: suprizaltanjung.wordpress.com

1. BIS DAMRI.
Bis ini sudah sangat akrab sebagai transportasi estafet untuk melayani penumpang dari bandara ke pusat kota di Indonesia. Begitu juga di kota Padang sudah tersedia bis Damri yang bisa anda naiki dengan tujuan akhir di Lapangan Imam Bonjol.

Rute yang dilalui oleh bis Damri dari BIM ke kota Padang adalah: BIM, Jl.Jhoni Anwar, Lubuk Buaya, Tabing, Air Tawar, Jl.S.Parman, Jl.Ir.Juanda, Jl.Veteran, Jl.Pemuda, Jl.Gereja, Mesjid Nurul Iman, tujuan akhir Lapangan Imam Bonjol.

Menggunakan transportasi bis Damri ini khusus anda memilih menginap di Padang sebagai fokus utama. Selama jalur perjalanan menggunaan bis Damri ini masuk beberapa rekomendasi hotel terkenal di kota Padang dimulai dari hotel bintang 1 sampai dengan bintang 4. Rincian hotel yang bisa anda pilih sesuai dengan pilihan anda adalah:



1. Hotel Basko.
2. Hotel Pangeran Beach.
3. Hotel Sriwijaya.
4. Hotel Inna Muara.
5. Hotel Axana.
6. Hotel Pangeran City Doby.
7. Hotel Zury.

Untuk mengetahui review dan analisa dari para tamu yang telah menginap di beberapa hotel ini bisa didapatkan dari online voucher dari beberapa provider yang terkenal. Cukup banyak bisa anda peroleh dimulai dari agoda.com, traveloka.com, tiket.com, hotel.com, atau provider KAHA dan lainnya.

2. BIS TRANEX.
Pilihan lain untuk sampai di kota Padang yaitu menggunakan bis Tranex langsung ke pusat kota Padang. Bis ini tentu rutenya berbeda dengan bis Damri. Biasanya penggunaan bis ini disukai karena dekat dengan pemukiman perumahan penduduk serta sangat dekat estafet menggunakan transportasi angkutan kota.

Rute yang dilalui oleh bis Tranex dari BIM ke kota Padang: BIM - Jl. Jhoni Anwar, Lubuk Buaya, Tabing, Air Tawar, Jl.Khatib Sulaiman, Jl.HR.Rasuna Said, Jl.Jend Sudirman, Jl.H.Agus Salim, Jl.Sawahan, Simpang Haru, Jl.Dr.Sutomo, tujuan akhir Lubuk Begalung perempatan by pass.

Bis Tranex yang anda tumpangi ini akan berbeda rutenya dengan bis Damri dimana akan berbeda arah. Bis Damri menuju ke Jl.S.Parman dan bis Tranex menuju ke Jl.Khatib Sulaiman. Yang menjadi menarik adalah anda langsung menuju ke jalan yang sama menuju ke TransMart Padang dan Mesjid Raya Sumatera Barat tepatnya di Jl.Khatib Sulaiman.

Nama hotel yang dilewati oleh bis Tranex adalah sebagai berikut.
1. Hotel Basko.
2. Hotel Whizz.
3. Hotel Amaris.
4. Hotel Daima.
5. Hotel Padang.

Untuk mengetahui review dan analisa dari para tamu yang telah menginap di beberapa hotel ini bisa didapatkan dari online voucher dari beberapa provider yang terkenal. Cukup banyak bisa anda peroleh dimulai dari agoda.com, traveloka.com, tiket.com, hotel.com, atau provider KAHA dan lainnya.

3. KERETA BANDARA.
Pada saat sekarang ini telah dibangun kereta bandara sebagai alternatif transportasi publik yang sangat diminati untuk kemudahan koneksi antara bandara BIM dengan pusat kota Padang. Kereta Bandara ini merupakan kebijakan yang diambil oleh pemerintah kota Padang bekerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia Pesero sebagai pelaksana telah berhasil membangun infrastruktur terbaik untuk transportasi ini. Pada awal tahun 2018 ini masih dalam tahap percobaan semoga diakhir tahun atau awal tahun 2019 sudah berjalan sebagaimana mestinya yang bisa anda nikmati sebagai transportasi alternatif dari bis.

Rute stasiun yang dilewati kereta bandara adalah: BIM, Stasiun Dukuh, Stasiun Lubuk Buaya, Stasiun Tabing, Stasiun Air Tawar Basko, berakhir di Stasiun Padang Simpang Haru.

Apabila anda menggunakan Kereta Bandara tidak ada hotel yang dilewati karena saju jalur ini kemungkinan stasiun besar saja yang akan berhenti. Stasiun besar yang dilewati pada saat sekarang ini belum ada hotel penginapan. Jika anda ingin menuju ke penginapan hotel harus estafet lagi menggunakan angkutan kota ataupun transportasi online yang sudah hadir di kota Padang.

Harga Ongkos Biaya Transportasi Publi.
1. Bis Damri: IDR25.000
2. Bis Tranex: IDR25.000
3. Kereta Bandara: -----> Masih dalam hitungan dari PT KAI Persero. Akan di upated jika sudah keluar pengumuman resmi dari otoritas yang berhak menentukan biaya transportasi ini.

KONEKSI KE PUSAT WISATA DI SUMATERA BARAT.
Seorang traveler backpacker yang datang ke kota Padang ingin mengunjungi beberapa pusat wisata. Pusat wisata ini tersebar mulai dari kota Padang, Bukittinggi, Painan, Sawahlunto, Payakumbuh, dan Batusangkar. Inilah lokasi yang sangat banyak dikunjungi oleh para wisatawan dan bagaimana cara kesana?. Tulisan berikut ini menjelaskan bagaimana cara rinci lengkap menggunakannya transportasi publik menuju ke pusat wisata tersebut.

PAINAN.
Anda harus menggunakan Bis Damri dari BIM dan berhenti paling akhir yaitu Lapangan Imam Bonjol. Disinilah bis akan berhenti dan semua penumpang harus turun. Bagi anda menuju ke Painan memang agak sedikit triki karena lokasi angkutan kota berjarak +/- 1 km dari tempat berhenti bis Damri ini. Apabila anda ingin menggunakan transportasi angkutan kota khusus anda traveler backpacker yang hanya membawa tas ransel sebagai hal utama barang anda. Setelah anda turun menuju ke bundara Mesjid Muhammadiah. Disinilah angkutan kota jurusan ke Teluk Bayur atau Teluk Kabung yang harus anda naiki. Anda juga bisa menaiki transportasi online yang sudah hadir di kota Padang untuk sampai ke Mesjid Muhammadiah ataupun langsung ke travel yang ngetem tujuan ke Painan.

Setelah anda menaiki angkutan kota ini dan membayar sekitar IDR5000 anda harus turun di pintu gerbang Pelabuhan Teluk Bayur dimana banyak travel yang berjejer di sebelah kiri seperti mobil minibus Suzuki APV, Kijang Inova, ataupun Avanza dan Xenia. Pastikan anda menyebutkan ke kondektur atau ke sopir angkutan kota untuk berhenti di tempat ini supaya tidak terlewat. Ongkos biaya untuk menaiki travel ini sampai ke pusat kota Painan IDR25.000 - IDR30.000. Di tempat yang sama juga ada bis tujuan Painan melewati jalan ini dengan harga ongkos relatif sama dengan travel ini. 

SOLOK, ALAHAN PANJANG, SAWAHLUNTO.
Khusus anda dari Bandara BIM Padang yang ingin mendatangi kota wisata Solok, Alahan Panjang, dan Sawahlunto sangat mudah sekali. Hal yang pertama anda lakukan adalah menggunakan BIS TRANEX menuju ke Jl.DR Soetomo tepatnya di daerah KUBU atau LAKUAK. Pastikan anda jangan salah turun, sebelum turun anda sebaiknya memberitahukan kepada sopir bis ataupun ke kondektur untuk berhenti di daerah yang kami sebutkan tadi. Untuk kondisi bis sudah ada AC dan cukup nyaman dengan ukuran menengah, pastikan barang bawaan anda tidak melebihi kapasitas untuk satu orang penumpang. Jika berlebih anda akan di charge biaya lagi oleh pengelola bis. 

Biaya Transportasi [jika ada perubahan dari pengelola bis tidak terlalu perbedaan terlalu jauh].
1. Solok: IDR25.000
2. Alahan Panjang: IDR25.000
3. Sawahlunto: IDR30.000 - IDR35.000

BUKITTINGGI, BATUSANGKAR, PAYAKUMBUH.
Dari Bandara BIM Padang anda bisa menggunakan Bis Damri atau Tranex dan harus berhenti di dekat UNP [Universitan Negeri Padang] atau di Basko Mall. Posisi letak ngetem bis di seberang Basko Mall atau bersebelahan dengan UNP. Pastikan bis yang anda tumpangi harus sesuai dengan jurusan akhir yang anda tumpangi. Karena bis yang ngetem dan menunggu penumpang cukup banyak jurusannya selain yang disebutkan diatas.

Biaya Transportasi [jika ada perubahan dari pengelola bis tidak terlalu perbedaan terlalu jauh]
1. Bukittinggi: IDR25.000
2. Batusangkar IDR25.000
3. Payakumbuh IDR25.000 - IDR30.000

TIPS: Apabila anda ingin menggunakan transportasi publik dan estafet menggunakan bis lainnya untuk sampai ke kota wisata yang tersebut diatas sebaiknya anda mendarat di kota Padang sekitar pukul 08:00 pagi supaya waktu cukup untuk sampai ke kota tujuan. Semoga bermanfaat dan bisa anda sharing keseluruh rekan yang membutuhkan informasi ini. Selamat liburan di Ranah Minang di kota Padang.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Keuntungan Kerugian Pesawat Mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP]

Pada saat sekarang sudah ada penerbangan yang mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP] tidak hanya di Cengkareng Soekarno Hatta saja menjadi destinasi utama. Beberapa penerbangan yang mendarat di HLP ini dimasukan kedalam destinasi lain untuk sampai ke kota Jakarta dengan mengurangi penerbangan yang cukup sibuk di Soekarno Hatta yang telah melayani take-off dan landing dengan jarak waktu yang cukup sempit. Nah, dipilihnya Halim Perdana Kusuma untuk mengurangi kesibukan dari lokasi Cengkareng Soekarno Hatta tersebut sudah benar adanya. Ada sebagian orang yang sudah terbiasa dengan Cengkareng Soekarno-Hatta untuk menjadi destinasi mendaratnya pesawat dengan beberapa fasilitas penghubung antara terminal dan konektifitas antara bandara dengan kota Jakarta sedikit agak enggan memilih Bandara Halim Perdana Kusuma. Ada sebagian berpendapat nanti bagaimana setelah sampai disana, terus bagaimana sampai ke kota Jakarta menggunakan akses transportasi seperti apa. Mungkin masih banyak lagi.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.