Langsung ke konten utama

Taman Hutan Raya Bung Hatta Sumatera Barat

Taman hutan raya [tahura] Bung Hatta adalah suatu lokasi berupa kawasan hutan yang dilindungi dan bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat sebagai cagar alam yang dijadikan sebagai hutan primer. Fungsi utama taman hutan raya [tahura] Bung Hatta ini adalah sebagai tempat yang bertujuan untuk melindungi sumber daya alam, melestarikan plasma nutfah, membentuk karakter cinta alam bagi pemuda-pemudi, penelitian, pendidikan, serta tidak ketinggalan sebagai tempat rekreasi. Taman Hutan Raya Bung Hatta terletak di jalan utama Padang-Solok Sumatera Barat dengan jawak tempuh kurang lebih 30-40 menit dengan posisi letak sebelah kiri.


Pintu masuk kawasan adanya logo Taman Hutan Raya [Tahura] Bung Hatta


Perjalanan Sejarah

Perjalanan sejarah taman hutan raya [tahura] Bung Hatta tidak terlepas peran serta dari Wakil Presiden Pertama RI yaitu Bp Muhammad Hatta pada tahun 1955 diresmikan oleh beliau dengan nama Kebun Raya Setia Mulya. Dengan berjalannya waktu peralihan dan tanggung jawab juga beralih dari instansi yang ditunjuk untuk bertanggung-jawab dimulai sejak diresmikan adalah LIPI [Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia]. Setelah berjalan lebih dari 5 tahun sekitar tahun 1961 seluruh pengelolaan diberikan kepada Pemda Tingkat I Sumbar. Lebih dari 20 tahun setelah itu tepatnya tahun 1981 Pemda Tingkat I menunjuk Universitas Andalas [Unand]. Pada akhirnya pada tanggal 12 Agustus 1986 kawasan ini berdasarkan Kepres No.35 Tahun 1986 dan diresmikan oleh Wakil Presiden Bp Umar Wirahadikusuma kawasan ini menjadi kawasan yang dikelola oleh Departemen Kehutanan dengan rincian luas 240 Ha. Bertambah usia luas hutan raya terus berkembang menjadi 70.000 Ha. Sampai sekarang dimulai pada tanggal 31 Januari 1991, keseluruhan pengelolaan Taman Hutan Raya [tahura] Bung Hatta yang bertanggung jawab adalah Pemerintah Daerah tingkat II Kodya Padang dengan membuat unit kerja seperti badan pelaksana, unsur-unsur Pemda tingkat II, Universitas Andalas, dan beberapa isntansi lainnya.

Kondisi Taman Hutan Raya [tahura] Bung Hatta

Pada saat sekarang kondisi taman hutan raya Bung Hatta sudah baik dengan membenahi infrastruktur berupa penggantian monumen nama dan pintu gerbang. Pembenahan ini bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas kawasan menjadi lebih baik dengan membuat beberapa kegiatan yang bisa menarik pengunjung. Kegiatan ini telah terlihat pada tahun 2016 tepatnya pada Lebaran Idul Fitri. 

Gerbang Memasuki Kawan Wisata Taman Hutan Raya Bung Hatta


Kawasan Taman Hutan Raya [tahura] Bung Hatta ini masih terlihat pohon-pohon besar seperti pohon pinus dan mahoni yang cukup besar. Dengan suhu yang cukup sejuk antara 18-26 derajat yang membuat kunjungan tempat wisata baru ini bisa menjadi alternatif.


Kegiatan Apa Saja di Kawasan Hutan Raya Bung Hatta

Ada beberapa kegiatan yang saya lihat saat berkunjung ke lokasi ini. Semoga dapat membantu rekan semua yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga.


1. Hanya menikmati suasana hutan di lokasi Taman Hutan Raya dengan menelusuri keseluruhan jalan mengelilingi kawasan. Saya rekomendasikan berjalan kaki untuk dapat memaksimalkan menghirup udara yang masih alami.

2. Pengelola sudah mulai menyediakan kegiatan outbound yang terlihat alat yang sudah terhubung dengan tali rajutan yang menghubungkan antara pohon besar. Kegiatan outbond seperti vertical net, burma bridge, spider net, flying fox, taman kelinci, ATV mini, dan paint ball. Rekan semua dapat menggunakan fasilitas ini dengan menghubungi pengelola untuk mengikuti prosedurnya bagaimana caranya.

Lokasi Outbond di Taman Hutan Raya [Tahura] Bung Hatta


3. Untuk tempat menginap ada beberapa kapasitas ruangan yang dapat dinikmati dengan syarat dan ketentuan yang telah dibuat oleh pengelola untuk reservasi.

4. Gali potensi potography rekan semua dengan jepretan yang berlatar pohon-pohon disekitar kawasan taman hutan raya Bung Hatta yang sangat asri dan alami.


Asrinya Taman Hutan Raya dengan Pepohonan Rindang Asri


Lokasi ini juga untuk Olah Raga di Bawah Pohon di Kawasan Taman Hutan Raya Bung Hatta


Tips Berada di Kawasan Taman Hutan Raya [tahura] Bung Hatta

1. Kawasan Hutan Raya masih sangat minim sekali fasilitas seperti tempat makan dengan menu yang lebih lengkap. Rekan semua dapat mesiasati dengan membawa beberapa bekal yang lengkap untuk menunjang liburan di Taman Hutan Raya Bung Hatta. Apabila rekan semua membawa tikar hanya untuk sekedar duduk dibawah pohon besar disekitar kawasan Taman Hutan Raya Bung Hatta sangat direkomendasikan.

2. Siapkan keuangan yang cukup di lokasi kawasan. Di sekitar kawasan tidak ada ATM Bank Nasional.

3. Penginapan yang tersedia di kawasan tidak telalu banyak hanya beberapa tempat saja. Kalau di standarkan tipe melati. 

4. Untuk menunaikan ibadah sholat saya belum melihat pengelola menyediakan ruangan khusus. Apabila belum ada rekan semua dapat membawa sajadah dari rumah dan berwudhu di toilet yang disediakan oleh pengelola dan rasakan sholat dibawah pohon yang rindang.

5. Jagalah kebersihan disekitar kawasan Hutan Raya Bung Hatta dan tidak melakukan corat-coret disetiap sudut. Terciptanya tempat wisata ini bisa terjaga dengan adanya partisipasi dari kita semua.


Semoga uraian poin penting dibawah ini untuk pihak terkait dapat meningkatkan kapabilitas kawasan menjadi tempat wisata alternatif bagi seluruh wisatawan.

1. Dapat mengembangkan program yang menarik untuk seluruh pihak  dengan membuat penelitian atau pendidikan yang ada di kawasan Taman Hutan Raya [tahura] Bung Hatta seperti adanya acara kemah bersama untuk anak-anak sekolah, atau acara-acara alam lainnya bagi pecinta alam.

2. Kawasan Hutan Raya Bung Hatta ini dapat dibuat jadwal untuk jelajah alam di sekitarnya hutan sekitar. Lokasinya cocok untuk melihat keasrian alam liar yang mempunyai peluang untuk dikembangkan.

3. Untuk hiburan uji nyali dengan kegiatan olah raga dapat ditingkatkan kwalitasnya dengan mendatangkan tenaga professional untuk kegitan yang dimaksud. Seperti outbond di alam liar dengan kawasan di dalam hutan. 

4. Meningkatkan hunian yang lebih representatif dengan memberdayakan kawasan Taman Hutan Raya sekitar untuk penginapan, tempat makan atau food court, serta fasilitas lainnya. Dengan cara ini dapat mengembangkan kawasan Taman Hutan Raya [tahura] Bung Hatta menjadi lebih baik. 

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Jangan Lupakan Oleh-Oleh Khas Mesir Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Oleh-oleh khas Mesir sangat kaya unik dan banyak pilihan, pastikan anda harus membawa pulang ke tanah air sebagai kenang-kenangan untuk anda sendiri bahkan hantaran ke saudara atau teman di kantor. Banyak sekali jenis oleh-oleh khas yang dijual tentu yang akan dipilih paling direkomendasikan dan wajib untuk dibeli supaya tidak salah pilih. Apa yang unik di Mesir itu lah menjadi prioritas, berikut kami sampaikan daftar belanjaan saat anda ingin melengkapi traveling di Mesir tepatnya di kota Kairo sebagai pusat berburu oleh-oleh yang tentu saja harga yang sangat kompetitif dan terbaik. Berikut penjelasannya:

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Cara Mendaki Daki Pendakian Gunung Singgalang Sumatera Barat | Hiking Mount Singgalang

Pertualangan alam tidak ada habisnya saatnya cara-mendaki-daki-pendakian-Gunung-Singgalang-Sumatera-Barat|Way-hiking-Mount-Singgalang menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta alam seluruh penjuru dunia. Sudah termasuk dalam destinasi wisata alam dengan ketangguhan kedua kaki siap menguji seberapa tinggi kekentalan andrenalin anda untuk bisa daki-Gunung-Singgalang dengan gayanya tersediri. Proses pendakian membutuhkan informasi yang cukup agar perjalanan ala pecinta alam bisa selamat dan menjadi pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.