Langsung ke konten utama

Cara Panduan Aktifitas Lengkap ke Kepulauan Mentawai Sumatera Barat Indonesia

Kepulauan Mentawai Sumatera Barat Indonesia telah menjadikan destinasi wisata untuk turis lokal dan internasional. Perlu cara panduan serta apa saja aktifitas lengkap yang bisa dilakukan disana, bahkan pesona apa saja yang akan anda dapat selama liburan ala wisata bahari laut di Provinsi Sumatera Barat. Kepulauan Mentawai masih alami kondisi alam yang banyak ditemukan hutan di beberapa pulau besar yang ada di gugusan pulau. Dengan pesona ini juga banyak ditemukan wisata adat istiadat yang masih terpelihara sampai sekarang dan beberapa spot penting untuk berselancar di pantai dengan ombak yang sudah menjadi standar di seluruh dunia ada di Mentawai.



Salah satu pantai kepulauan mentawai Sumbar. Poto oleh: ksmtour.com

SEKILAS MENTAWAI.
Mentawai termasuk dalam Provinsi Sumatera Barat ini sebagian besar geografi daerah berbentuk kepulauan. Masih banyak ditemukan peradabatan masyarakat pada zaman neolitikum dimana penduduk asli Mentawai masih ada menganut kebudayaan asli yang masih banyak dan kepercayaan. Untuk rumah tradisional penduduk masih banyak dijumpai bahkan ada beberapa resort menjadikan bentuk rumah asli Mentawai ke dalam infrastuktur bisnis mereka. 

TRANSPORTASI KE MENTAWAI.
1. KAPAL LAUT.
Anda harus berada di kota Padang terlebih dahulu sebagai langkah awal untuk memulai perjalanan ke Kepulauan Mentawai. Apabila anda menggunakan pesawat udara terhubung dari kota Jakarta;Medan;Batam;Kuala Lumpur. Penerbangan ke kota Padang langsung dan ada setiap hari. Anda bisa melakukan issued tiket dari provider penjualan tiket secara online untuk bisa memilih maskapai penerbangan yang sesuai dengan kenyamanan.
Estafet berikutnya adalah anda harus menuju ke Pelabuhan Bungus atau ke Muaro Jembatan Siti Nurbaya Padang untuk menyeberang. Setelah anda mendarat di Bandara Internasional Minangkabau Padang Sumbar langsung menuju ke salah satu pelabuhan ini untuk menggunakan kapal ferry ASDP dan swasta, Berikut rincian kapal menyeberang ke Mentawai.

KM.Ambu-Ambu | Berangkat: Pelabuhan Bungus | Telepon: +6275127153
Harga Tiket | Kelas ekonomi IDR75.000, Kelas eksekutif IDR400.000. Untuk sewa matras IDR105.000
Rute Berangkat/Jam | Padang Bungus-Sikakap Mentawai; Selasa jam 17:00 WIB, Kamis jam 20:00 WIB | Padang Bungus-Tuapeijat; Kamis jam 20:00 WIB |  Padang Bungus-Sikakap Mentawai jam 17:00 WIB
Rute Kembali/Jam | Sikakap Mentawai-Padang Bungus; Minggu jam 17:00 WIB | Tuapeijat-Padang Bungus; Jum'at jam 20:00 WIB.
Tips | Untuk sampai ke Pelabuhan Bungus anda sudah bisa menggunakan transportasi online yang sudah hadir di kota Padang Sumbar.

KMP.Gambolo ASDP | Berangkat: Pelabuhan Bungus | Telepon: +6275127153
Rute Berangkat/Jam | Padang Bungus-Tuapeijat Mentawai; Minggu jam 20:00 WIB | Padang Bungus-Siberut Selatan Mentawai; Rabu jam 19:00 WIB | Padang Bungus-Siberut Selatan Mentawai; Jum'at jam 20:00 WIB|
Rute Kembali/Jam | Tuapeijat Mentawai-Padang Bungus; Senin jam 20:00 WIB | Maileppet Mentawai-Padang Bungus; Sabtu jam 16:00 WIB | 

KM.Sumber Rezeki | Berangkat dari Muaro atau dekat Jembatan Siti Nurbaya | Telepon: +6275123321  
Rute Keberangkatan/Jam | Muara Padang-Tuapeijat Mentawai; Senin jam 16:00 WIB | Muara Padang-Tuapeijat Mentawai; Rabu jam 16:00 | 
Rute Kembali/jam | Tuapeijat Mentawai-Muara Padang; Selasa jam 19:00 WIB | Tuapeijat Mentawai-Muara Padang; Kamis jam 19:00

2. PESAWAT UDARA.
Bandara Internasional Minangkabau juga terkoneksi dengan Mentawai, berikut jadwal penerbangannya.
Rute Keberangkatan/Jam | BIM Padang-Rokot Tuapeijat Mentawai; Kamis jam 06:00 WIB | BIM Padang-Rokot Tuapeijat Mentawai; Selasa jam 07:00 WIB | BIM Padang-Rokot Tuapeijat Mentawai; Minggu jam 14:00 WIB |
Rute Kembali/Jam | Rokot Tuapeijat Mentawai-BIM Padang; Selasa jam 07:00 WIB | Rokot Tuapeijat Mentawai-BIM Padang; Kamis jam 08:00 WIB | Rokot Tuapeijat Mentawai-BIM Padang; Minggu jam 13:00 WIB.

TIPS | Anda selalu update informasi menggunakan pesawat udara yang bisa anda tumpangi. Selalu lihat waktu kunjungan kadang kala seat penuh atau ada carter dari pihak tertentu.


KEGIATAN APA DI KEPULAUAN MENTAWAI.
Inilah penjelasan mengenai tempat wisata yang paling dicari oleh wisatawan turis lokal dan internasional. Lebih banyak para turis luar negeri karena mereka mendominasi di kepulauan Mentawai karena geografis pulau sangat banyak berhubungan dengan laut. Surga bagi perselancar ini mempunyai pantai yang indah dengan pasir putih dengan kondisi air biru jernih. Tidak hanya kondisi alam saja sebagai destinasi wisata tetapi ada wisata adat budaya masyarakat lokal yang juga bisa anda ketahui.

1. Pulau Sipora.
Letak geografis yang sangat strategis terletah ditengah antara Pulau Siberut dan Pulau Pagai. Pulau Sipora menjadi destinasi perseluncur dunia terutama pada bulan April-Oktober karen tinggi ombak standar untuk sebuah olah raga air seperti surfing.

2. Perkampungan Desa Sikakap.
Di daerah Sikakap tempat yang sangat cocok melihat rumah tradisional dan pemandangan pantai yang indah dengan ketenangan laut hembusan angin sembriwing. Sempatkan pula berkunjung ke Pantai Mabola Indah tepatnya di dusun Mabola dan Bakkat Binuang terdapat surganya pantai cantik ditambah dunia bawah laut yang mengejutkan.

Rumah tradisional masyarakat Mentawai. Poto oleh: ulinulin.com
Poto oleh: kabutipis.wordpress.com

3. Pulau Siberut.
Inilah pulau yang paling besar di Kepulauan Mentawai. Di pulau ini anda juga menemukan kehidupan masyarakat lokal dengan struktur rumah panggung dengan segala kehidupan sehari-hari. Lihatlah bagaimana mereka membuat makanan pokok sagu, kehidupan adat, berburu menggunakan racun alami, pagelaran adat istiadat, serta membuat pakaian tradisional yang telah mereka terapkan dari generasi ke generasi.

4. Taman Nasional di Pulau Siberut.
Masih terawatnya hutan yang masih alami ini harus juga anda jelajahi waktu liburan di Kepulauan Mentawai. Terlihat hutan kayu yang tinggi sekitar 60 meter lebih berjejer tumbuh berkelompok yang indah sekali. Di Taman Nasional ini anda juga bisa melihat suburnya hutan bakau untuk melindungi pantai dari abrasi dan sumber kehidupan laut yang banyak ditemukan disekitar pulau ini.

5. Desa Madobak.
Anda akan melihat Air Terjun Kulu Kubuk dengan suhu yang cukup dingin di Desa Madobak. Desa ini juga mempunyai cerminan kehidupan masyarakat lokal Mentawai. Jika anda beruntung bisa melihat pagelaran pesta adat oleh petinggi adat yang bernama Sikerei.

6. Pulau Nyang Nyang.
Inilah spot paling disukai oleh para perselancar di dunia. Ombak yang tinggi sebagian orang sudah menyebutkan lokasi yang sangat tepat dengan tinggi omba terbaik ketiga setelah Hawai dan Tahiti. Gabungan suasana pantai yang indah bersamaan dengan suasana tropis sangat disukai oleh para peselancar.

7. Kunjungi Pantai Indah Lainnya di Mentawai.
Anda juga bisa melihat keesotikan pantai yang ada di Kepulauan Mentawai. Dengan pasir putih bertambah mempesona mata dengan air laut yang sangat jernih. Pantai indah ini bisa anda kunjungi di Pantai Tuapeijay, Bataet, Katiet, Makakang di sebelah utara dan selatab Pulau Sipora, dan Pantai Simatalu di Pulau Siberut Barat yang sangat indah.

Salah satu spot  Mentawai surfing. Poto oleh: hoteldanwisata.com


TIPS LIBURAN DI MENTAWAI.
Ada hal yang perlu diperhatikan jika melakukan liburan di Mentawai. Apabila anda menyukai wisata pantai dengan surfing, snorkeling, dan menyelam harus memperhatikan meeting point nya seperti di Katiet Basua, Karoniki, Nyang-nyang, Pagai Utara, dan Karang Bajat.
Berkunjung sebaiknya tidak pada musim hujan atau badai karena akan mempengaruhi kenyamanan selama wisata.

Salah satu spot pantai di Mentawai. Poto oleh: kabutipis.wordpress.com


WISATA KULINER.
Di Mantawai juga ada kuliner lokal yang harus anda coba cicipi seperti subbet, keripik keladi, karuput sagu, dll. Apabila anda sempat ke pusat kota bisa coba masakan sea food yang banyak menyajikan hidangan laut segar.



WAKTU TERBAIK BERLIBUR.
Banyak para traveler memberikan rekomendasi untuk keselamatan dan kenyamanan liburan pada bulan April hingga Agustus. Karena pada masa ini anda bisa melihat banyak sekali para turis internasional dari Eropa datang ke Mentawai karena pada bulan ini merupakan libur panjang musim panas disana. Dan keadaan alam laut Mentawai memberikan tinggi ombak sampai dengan enam meter.
Apabila anda datang pada bulan Juni-Juli kondisi alam kurang bersahabat karena tinggi sekali ombak yang menyulitkan pelayaran antara Pulau Mentawai dan Kota Padang. Jadi, jadwal keberangkatan kedua jurusan akan berpengaruh kadang tidak berlayar sama sekali dalam beberapa waktu.

BARANG PENTING DIBAWA.
Banyak berhubungan dengan dunia air makan dan hutan yang masih alami.  Waspada dengan hewan air seperti lintah yang banyak sekali ditemukan di hutan serta saat malam hari cukup banyak nyamuk yang akan mengganggu. Jadi anda harus membawa lotion anti nyamuk dan hewan lainnya untuk antisipasi akibat yang akan berdampak pada kesehatan, jadi bawalah obat kesehatan yang diperlukan sesuai dengan adventure yang akan anda lakukan di Mentawai. Untuk menjaga kebersihan sebaiknya anda juga membawa tas plastik untuk membawa pakaian setelah bermain air. Jika anda ingin surfing harus membawa papan selancar sendiri karena di lokasi pantai tidak ada penyewaan sama sekali

PERHATIAN KHUSUS.
Jika anda berkunjung ke spot tertentu yang menyeluruh seperti ini sebaiknya anda harus menunjuk tour guide yang berpengalaman supaya liburan anda memang prima dan tepat sasaran. Jika anda berlibur secara backpacker menurut saya bisa saja dilakukan asalkan ada teman yang sudah berpengalaman berliburan di kepulauan Mentawai. Karena geografi pulau yang banyak terpisah perlu pengalaman yang memadai untuk bisa melaksanakan keseluruhan objek wisata yang akan anda kunjungi disana. Untuk menentukan mana yang prioritas jenis liburan apakah anda ingin berlibur untuk melihat kondisi alam, budaya, satu pulau saja tidak perlu lama di Kepulauan Mentawai. Semakin lama anda berwisata dengan jelajah luas untuk seluruh pulau semakin mahal biaya yang akan anda bayar. Prioritas dengan keinginan dan selaraskan dengan budget yang akan anda persiapkan. Untuk penginapan anda bisa bebas memilih apakan di resort atau guess house standar backpacker.

PERSIAPKAN ITINARARY MENYELURUH.
Untuk membuat perjalanan liburan yang lebih baik dan terarah harus membuat rincian itinarary yang menyeluruh sesuai dengan konsep liburan anda. Termasuk ke Pulau Mentawai, sebagai saran apabila di salah satu pulau menjadi pilihan destinasi liburan anda maka yang harus diperhatikan seluruh aspek dimulai dari transportasi darat atau udara. Apakah pulau ini sangat dekat dengan kedua transportasi tersebut untuk memperhitungkan waktu anda berlibur setelah dikurangi dengan lamanya perjalanan. Perjalanan cara backpacker tentu akan menggunakan kapal dengan lama perjalanan selama 10 jam.  

Sebagai akhir tulisan semoga artikel tata cara lengkap menyeluruh liburan ke pulau Mentawai bisa anda menilai jenis liburan apa yang akan cocok dengan anda. Pastikan seluruh akomodasi, tiket, informasi perjalanan harus lengkap dan akurat termasuk suasana cuaca musim juga menjadi pertimbangan liburan adventure seperti ini. Selalu antisipasi dengan informasi BMKG untuk update cuaca dan lainnya.

Komentar

Posting Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Keuntungan Kerugian Pesawat Mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP]

Pada saat sekarang sudah ada penerbangan yang mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP] tidak hanya di Cengkareng Soekarno Hatta saja menjadi destinasi utama. Beberapa penerbangan yang mendarat di HLP ini dimasukan kedalam destinasi lain untuk sampai ke kota Jakarta dengan mengurangi penerbangan yang cukup sibuk di Soekarno Hatta yang telah melayani take-off dan landing dengan jarak waktu yang cukup sempit. Nah, dipilihnya Halim Perdana Kusuma untuk mengurangi kesibukan dari lokasi Cengkareng Soekarno Hatta tersebut sudah benar adanya. Ada sebagian orang yang sudah terbiasa dengan Cengkareng Soekarno-Hatta untuk menjadi destinasi mendaratnya pesawat dengan beberapa fasilitas penghubung antara terminal dan konektifitas antara bandara dengan kota Jakarta sedikit agak enggan memilih Bandara Halim Perdana Kusuma. Ada sebagian berpendapat nanti bagaimana setelah sampai disana, terus bagaimana sampai ke kota Jakarta menggunakan akses transportasi seperti apa. Mungkin masih banyak lagi.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.