Langsung ke konten utama

Perhitungan Rugi Untung Usaha Rental Mobil Untuk Turis atau Perseorangan

Ada sebagian orang menekuni bisnis rental mobil secara konvensional masih ada ketakutan terhadap aset yang mereka punya dicuri atau dibawa kabur oleh konsumen. Syarat untuk menentukan konsumen mana yang mereka tuju sebenarnya sudah cukup baik tetapi waspada tetap menjadi prioritas. Berbagai cara yang mereka lakukan setelah melakukan perhitungan laba rugi untuk bisnis rental ini mulai memasuki turis lokal dan luar negeri yang membutuhkan mobil pribadi sebagai transportasi yang aman dan nyaman. 


Jasa Sewa Rental Mobil untuk Turis atau Perseorangan. Poto oleh: kaspersky.com

Pendahuluan.

Peralihan dari selera pemilik kendaraan ini memang sangat tepat karena dibutuhkan beberapa strategi yang mereka lakukan untuk bisa mendapatkan margin sejumlah uang yang bisa mereka terima untuk jangka waktu tertentu. Biasanya mereka melakukan kerjasama dengan networking yang mereka miliki bahkan langsung go-show ke lapangan langsung seperti bandara udara. Memang ada positif dan negatif, itulah bisnis harus ada kinerja kuat untuk menghasilkan uang dari aset yang dimiliki demi kelangsungan hidup. 

Ilustrasi Perhitungan Aset Mobil.

Saya mengambil contoh jika anda memiliki mobil yang tidak ada pinjaman atau terbebas dari kewajiban pembayaran bulanan.


Harga Mobil : IDR 200jt

Perawatan untuk 10.000 km termasuk penggantian oli secara berkala dengan service nya dengan biaya IDR 3.000.000. Membuat kendaraan lebih baik dalam kondisi memang harus menggunakan jasa service ATPM resmi jenis merek mobil yang anda miliki. Apabila anda menggunakan jasa service yang tidak direkomendasikan akan berdampak kepada kondisi mobil pada waktu pemakaian.


Nah biaya yang anda keluarkan ini harus melebihi pendapatan yang harus didapat dalam satu hari. Untuk mobil minibus seperti Kijang Inova harga rental per hari sebesar IDR 350.000 belum termasuk bensin dan sopir. Biasanya bensin konsumen yang bertanggungjawab karena kebutuhannya disesuaikan dengan jarak yang akan mereka tempuh. Apabila satu hari dengan waktu 24 jam biasanya perjalanan membutuhkan jarak yang digunakan oleh turis paling banyak 200 km. Itupun tidak setiap hari, biasanya mereka menggunakan kendaraan rental ini untuk sampai ke lokasi wisata.

Contoh kasus saja: Apabila kendaraan ini melaju dengan jarak tempuh 200 km per hari berarti dengan service 10.000 km ini hanya mempunyai 50 hari masa sewa rental. Jadi dengan harga pasar rental mobil sebesar IDR 350.000 berarti anda mendapat pendapatan sebesar IDR 17.500.000. 

Laporan Laba Rugi Mobil Rental


Pendapatan          17.500.000
Biaya:
Gaji sopir harian termasuk makan   
100.000 x 50            5.000.000

Pendapatan Bersih                    12.500.000


Penerapan Bisnis Tetap Berjalan Lancar.

Sebenarnya bisnis ini berjalan baik harus berkerjasama dengan pihak lain seperti tour and travel, travel agency, atau anda sendiri yang menjalankan. Pastinya dengan networking yang cukup baik anda bisa menjalankan bisnis rental mobil ini tetap stabil pendapatannya sehingga biaya perawatan mobil yang telah dikeluarkan bisa tertutupi dengan pendapatan sewa tadi. Secara teori memang seperti itu tetapi aplikasinya cukup berat dan harus memenangkan kompetisi dengan banyaknya kompetitor yang menyediakan jasa yang sama disekitar anda.

Tujuan untuk menyewakan mobil rental untuk para turis ini harus mempunyai kesabaran karena kunjungan turis berpengaruh terhadap potensi wisata yang ada di daerah tersebut. Misalnya di Sumatera Barat, Pulau Bali, Jogjakarta, dsb. Potensi wisata ini berpengaruh kepada pendapatan sewa rental mobil tadi sebagai bisnis yang anda jalankan.

Tips Bagi Pemilik Rental Mobil.

Bisnis rental mobil sangat rentan sekali dengan pencurian yang harus diminimalisir. Pencurian kendraan bermotor ini sudah mulai marak dimulai dari penyerahan aset kepada oknum pihak lain yang tidak bertanggung-jawab. Sebenarnya dari pemilik kendaraan harus mewaspadai dengan beberapa langkah untuk meminimalisir kejadian kehilangan kendaraan.

1. Lakukan kerjasama kepada pihak ketiga yang mempunyai reputasi baik. Bukan hanya karakter bisnisnya tetapi juga karakter pribadinya membawa anda pemilik kendaraan untuk menjalankan bisnis rental. Pembagian hasil usaha tergantung kesepakatan anda dengan mereka. Cari win win solution untuk pendapatan sewa per hari nya. Dari hitungan diatas dengan biaya service IDR 3jt dengan masa jalan 200 km perhari masih bisa tercover dengan bulanan yang akan disewa oleh konsumen anda. Ilustrasi diatas ada sekitar 50 kali atau 50 hari penggunaan mobil rental. Biasanya rental seperti ini lebih banyak digunakan oleh perusahaan skala menengah atas yang membutuhkan mobil sebagai transportasi utama utama untuk turis atau kantor mereka.

2. Apabila anda menjalankan rental mobil tidak hanya kepada turis bahkan juga individu harus kudu diperhatikan masalah keabsahan dokumen yang akan anda minta. Seperti KTP, Kartu Keluarga, SIM, bahkan alamat dari pengguna jasa anda ini. Cara ini cukup efektif untuk mengurangi kecurangan seperti mobil dibawa kabur atau digunakan kepihak lain. Pemilik kendaraan diharuskan untuk visit langsung ke alamat penyewa untuk memberi keyakinan yang memadai. Strategi ini telah diterapkan beberapa pengusaha rental mobil cukup efektif dan efisien. Apabila ada konsumen yang akan memakai jasa rental mobil anda dari keluarga, kolega, tetangga, atau rekan bisnis anda sangat direkomendasikan. Nilai plus untuk bisa dipertimbangkan sebagai konsumen tingkat tinggi kepercayaanya.

3. Jika anda melakukan kerjasama jasa sewa rental mobil secara bulanan kepihak lain seperti individu atau perusahaan tour and travel harus memperhatikan perjanjian secara tertulis. Kerjasama sebaikanya dituangkan dalam suatu ikatan perjanjian dengan syarat dan ketentuan yang disepakati kedua belah pihak. Cara seperti ini sangat efektif sekali, jika perusahaan lain menggunakan mobil anda berarti anda sudah pasti mendapatkan pendapatan sewa per bulan yang sudah pasti. Jika anda bekerjasama dengan perusahaan anda harus mempersiapkan NPWP [Nomor Pokok Wajib Pajak] karena perusahaan tersebut akan memotong jasa sewa yang akan mereka setorkan ke kantor pajak sebagai kewajiban mereka. 

4. Gunakan chip anti maling yang sudah tersedia di toko asesoris mobil yang terhubung dengan GPS. Biasanya chip ini diletakan di dalam mobil yang tentu sangat rahasia tempatnya, hanya pemilik kendaraan yang tahu. Anda dapat memonitor secara berkala posisi mobil dan sudah berapa jarak tempuh mobil rental berjalan. Jadi, teknologi seperti ini sudah mutlak digunakan untuk safety aset mobil rental serta monitoring.

5. Apabila bisnis rental ini sudah menjadi ladang bisnis anda sebagai tumpuan hidup harus difokuskan terhadap kekuatan mobil, kenyamanan, dan perawatan sekala berkala. Apabila anda lengah pasti konsumen akan beralih ke kompetitor anda. Jika mobil yang anda gunakan 100% untuk rental mobil perhatian masa guna efektif mobil ini. Biasanya untuk mobil rental cukup tangguh dalam masa 3 atau 4 tahun. Anda harus mengganti mobil yang sama kepada konsumen anda agar kepuasan mereka menggunakan jasa rental mobil untuk berbagai kebutuhan mereka secara pribadi atau turis tetap terjaga.

6. Selalu terhubung dengan media sosial untuk memperkenalkan bisnis rental mobil anda keseluruh audience dunia maya seperti Facebook, Twitter, Instagram, BBM, Blog, bahkan Vlog. Konsumen bisa langsung terkoneksi dengan anda jika suatu saat nanti membutuhkan jasa seperti ini. Peluang baru bisa anda ciptakan dari dunia maya sebagai calon konsumen baru. Tetapi perlu diingat kewaspadan terhadap konsumen baru ini harus diteliti sebaik baik untuk mengurangi mobil dicuri.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.