Langsung ke konten utama

Begini Sistem Lengkap Terintegrasi Angkutan Transportasi Umum Publik Di Kuala Lumpur Malaysia

Transportasi umum publik yang sudah dibangun oleh pemerintah Malaysia tepatnya di kota Kuala Lumpur menjadikaan alat angkut massal ini telah menjadi andalan untuk bepergian dengan rute dan jadwal LRT, MRT, Bis, KTM, Komuter, KLIA Express, dan Monorail tepat waktu sehingga perjalanan anda bisa diatur tidak macet hingga cepat sampai di tujuan akhir. Transportasi ini mengelilingi seluruh objek wisata penting seperti KL Sentral, Bukit Bintang, KLCC Suria Menara Kembar Petronas, Mesjid Jamek, Batu Caves, Dataran Merdeka, Pasar Seni, dan tempat lainnya yang menjadi destinasi liburan wisatawan seluruh dunia. Tidak hanya itu anda juga bisa melihat peta rute dan jadwal waktu yang ter-update secara otomatis sehingga transportasi ini menjadikan lebih nyaman akurat dan cermat. Pada tulisan ini anda bisa mendapatkan bagaimana sistem yang telah ditetapkan sehingga anda bisa paham dan tidak baper untuk menggunakannya pada saat berlibur di Kuala Lumpur Malaysia.

Poto oleh: commons.wikimedia.org



FYI, informasi ini juga bisa anda gunakan untuk backpacker yang suka menggunakan transportasi berbasis rel untuk melakukan perjalanan. Caranya sangat mudah dengan rincian info lengkap ini bisa menjadikan literatur atau artikel penting yang harus anda simpan serta di share ke teman yang membutuhkan. Cukup rinci dan akurat.

A. MONORAIL KUALA LUMPUR {KL} | myrapid.com.my
https://www.myrapid.com.my/traveling-with-us/how-to-travel-with-us/rapid-kl/monorail-and-lrts
Transportasi monorail ini hanya memiliki satu lajur saja yang dimulai dari rute stasiun KL Sentral menuju ke Titiwangsa. Monorail ini akan melewati kawasan bisnis perkantoran atau CBD, infrastrukturnya dibangun elevated atau diatas tanah dengan jumlah gerbong setiap satu kali perjalanan antara 2-4 buah gerbong. Di dalam gerbong para penumpang akan melihat design ekteriornya berupa bangku tempat duduk yang diletakan saling membelakangi seperti kereta api di Indonesia. Kenyamanan juga diperhatikan dimulai dari AC, informasi papan informasi rute yang telah ditempuh dan akan memasuki stasiun, kursi yang cukup empuk untuk duduk.

Setiap stasiun pemberhentian dibangun cukup representatif dengan tersedia 2 jalur rel atau peron dengan eksterior stasiun berupa atap yang didesign melengkung yang dikuatkan oleh tulang besi disetiap sudut stasiun dan tengah stasiun. Untuk kenyamanan tentu ber AC alam yang juga diengkapi oleh fasilitas pendukung lainnya seperti kios komersil makanan dan minuman, disudut tertentu anda akan melihat ATM yang butuh uang tunai pada saat sampai di stasiun. Pada saat menunggu monorail adanya pintu pembatas yang tidak otomatis jadi setiap kereta monorail datang pintu tetap terbuka, paastikan langkah anda tetap kokoh karena adanya jurang pemisah peron dan kereta masih terlihat.

Pembelian Tiket Monorail.
Setiap penumpang akan membeli tiket di vending machine yang telah disediakan di pintu masuk. Ingat: uang yang anda gunakan adalah jenis koin jadi jangan sampai salah untuk membeli tiket. Caranya sangat mudah anda tinggal memilih rute/haluan/line yang akan digunakan pada saat berangkat yaitu Monorail pilih tujuan stasiun akhir. Di layar mesin akan terlihat berapa biaya perjalanan anda, sebagai penumpang anda harus memasukan jumlah uang yang terlihat di layar kemudian anda akan menerima token yang digunakan untuk masuk ke pintu monorail. Jika ada kembalian sekalian ambil bersama tiket di tempat yang telah tersedia di vending machine.

Setelah token ditangan saatnya masuk ke pintu masuk atau Entry Gate menuju ke peron keberangkatan. Setelah kereta datang anda akan menuju ke stasiun tujuan. Token yang anda gunakan tadi harus dimasukan ke dalam slot yang telah disediakan di mesin waktu taping di Exit Gate. Jadi token ini tidak bisa dibawa pulang, jangan sampai hilang karena akan berguna sebagai cara untuk membuka pintu keluar di stasiun tujuan.

Seputar Monorail KL.
Transportasi umum Monorail KL ini juga terhubung terintegrasi dengan LRT yang berlokasi di Stasiun Hang Tuah. Sebagai ilustrasi bagi anda yang ingin melakukan jelajah di Kuala Lumpur: Jika anda bertolak dari Stasiun Mesjid Jamek menuju ke Stasiun Bukit Bintang pada saat membeli tiket di vending machine memilih rute/haluan/line monorail maka Stasiun Mesjid Jamek ini buka jalurnya monorail maka anda akan menaiki LRT dengan rute/haluan/line Ampang ataupun Sri Petaling yang ada di Stasiun Jamek dan akan transit di Hang Tuah. Dan kemudian anda akan menuju perpindahan ke Monorail KL tanpa harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli tiket. Jadi, pola seperti ini juga berlaku di beberapa tempat yang prinsipnya hampir sama seperti ilustrasi ini.

B. LIGHT RAPID TRANSIT {LRT} | myrapid.com.my
Penggunaan dua rute/haluan/line diperuntukan untuk LRT ini adalah Ampang, Kelana Jaya, dan Sri Petaling. Khusus untuk line Kelana Jaya ada lintas bawah tanah {on groung} ataupun diatas tanah {elevated}. Jalur bawag tanah dimulai dari Stasiun Mesjid Jamek hingga ke Ampang Park. Di jam sibuk penggunaan gerbong untuk mengangkut penumpang lebih banyak jika dibandingkan dengan pada masa sepi hanya dua gerbong saja.

Stasiun pemberhentian LRT ini agak lebih besar jika kita bandingkan dengan stasiun di monorail, di stasiun ada yang memiliki fasilitas tambahan seperti kios makanan dan minuman serta ATM tarik tunai. Stasiun on ground atau bawah tanah agak lebih spesial adanya pintu otomatis batas peron dan kereta. Khusus Kelana Jaya Line sudah drivesless alias tanpa masinis lebih modern dan sedikit canggih, sedangkan LRT line Ampang dan Sri Petaling masih bertahap untuk driveless-nya tetapi sekarang ini masih menggunakan masinis. Interior kereta LRT tempat duduk ditata sedemikian rupa saling berhadapan, fasilitas sama dengan kereta monorail.

Pembelian Tiket LRT.
Pembelian tiket hampir sama dengan monorail karena keduanya telah online serta terintegrasi real time. Untuk pembelian token sekali perjalanan juga bisa menggunakan jenis pembayaran lain seperti Tounc n Go {TnG}. Fungsi kartu ini sebagai alat pembayaran yang sah multi fungsi hanya melakukan taping di pintu masuk atau Entrance Gate, lebih mudah dan efisien. Jika saldo berkurang anda dapat melakukan top-up.

Sekilas LRT.
Khusus untuk rute/haluan/line Ampang, Kelana Jaya dan Sri Petaling jika memasuki Stasiun Mesjid Jamek, keseluruhan line ini akan memasuki jalur ini, jadi jika anda trasnsit ataupun berganti lajur bisa digunakan tanpa melakukan pembayaran lagi. Tetapi, token yang anda beli di awal pintu masuk Entrance Gate merupakan destinasi akhir yang harus menyerahkan token tersebut di pintu keluar atau Exit Gate stasiun tujuan.

Tips: Anda bisa browsing ke website Monorail dan LRT ini rute perjalanan serta stasiun yang terhubung ketiga line ini dengan monorail sehingga anda bisa paham untuk melakukan jelajah perjalanan di kota Kuala Lumpur Malaysia. Informasinya lengkap serta adanya Journey Planer yang berguna bagi wisatawan yang menggunakan transportasi ini untuk bepergian.

C. KERETAPI TANAH MELAYU {KTM} | ktmb.com.my
Jenis transportasi ini berdiri sendiri tidak terintegrasi dengan Monorail dan LRT, berdiri sendiri harus memiliki sistem sendiri dan barus beli tiket tersendiri. Untuk menaiki KTM ini membeli tiket di vending machine yang tersedia si stasiun keberangkatan. Hargata untuk satu kali keberangkatan cukup terjangkau seperti tujuan dari KL Sentral ke Batu Caves saja harganya RM2,8 saja.

Dengan harga yang sangat terjangkau ini mempunyai fasilitas yang cukup nyaman untuk seluruh penumpang. Interior gerbong seperti tempat duduk yang saling berhadapan tetapi untuk kursi berderet juga ada seperti kereta api jarak jauh bisnis di Indonesia. Jalur perjalanan rel diatas tanah atau on ground. Saat sekarang ini peron platform yang tersedia sekitar 2 jenis yaitu rute/haluan/line Pelabuhan Klang {Port Klang} dan Seremban.

Anda bisa langsung melihat ke website resmi untuk mengikuri seluruh jadwal keberangkatan termasuk rute yang dilalui serta biaya yang akan anda bayar. Khusus kereta api lintas negara atau disebut juga KTM Antara Bandar {Intercity} seperti Hatyau dan Singapura juga melayani jasa transportasi ini.

D. KLIA TRANSIT atau KLIA EKSPRESS | kliaekspres.com
Khusus kedua jenis transportasi publik ini untuk kebutuhan transportasi menuju ke Bandara KLIA dan KLIA2. Memepunyai peron dan platform yang sama hanya ada sedikit perbedaan: KLIA Transit hanya memeliki 3 stasiun pemberhentian yang tersedia yaitu Bandar Tasik Selatan {Terminal Bis Bersepadu Selatan}, Putrajaya, serta terakhir di Salak Tinggi. Harga tiket untuk jenis transportasi KLIA Ekspress sekitar RM55 fixed, untuk KLIS Transit disesuaikan dengan jarak tempuh dimana tujuan stasiun yang dipilih oleh penumpang.

Jika anda ingin menggunakan transportasi ini harus membeli tiket vending machine yang tersedia di stasiun yang dilewati oleh jenis transportasi ini. Apabila di loket yang tersedia khusus bagi penumpang yang store value card ataupun kartu kredit. Interior gerbong kereta sangat nyaman sekali dimana kursi duduk penumpang 2-2 berderet dengan tata cahaya yang cukup baik. Tentu saja berbeda dengan karpet yang sangat nyaman untuk diinjak menjadi perjalanan anda akan tetap tetang dan rilex dengan dilengkapi gratis WIFI selama anda berada di dalam kereta ini. 

Tips: Perbedaan akan terasa pada saat anda menggunakan kedua jenis transportasi ini. Misalnya untuk rute estafet menggunakan KLIA Transit dari stasiun KL Sentral ke Putrajaya dan Putrajaya ke KLIA2 dengan harga tiket cuma RM15.7 saja berbeda jauh dengan harga tiket KLIA Express RM55. Memang Ekspress cepat tetapi jika anda seorang backpacker tidak masalah melakukan hemat harga walau haarus estafet. Jika anda ingin mengetahui jadwal, rute, serta kebutuhan lainnya bisa langsung ke website. 

E. MASS RAPID TRANSIT {MRT} | mymrt.com.my
Transportasi publik umum yang juga hadir di kota Kuala Lumpur Malaysia adalah MRT yang mempunyai satu line yaitu dari Sungai Buloh hingga ke Kajang dengan sebutah MRT-SBK. Mempunyai gerbomg yang cukup banyak serta memiliki stasiun yang cukup luas jika dibandingkan dengan LRT. Penumpang lokal dan para wisatawan dapat menggunakan transportasi publik ini dari stasiun Pasar Seni menuju ke Bukit Bintang. Kedua stasiun penting ini telah terhubung dan terintegrasi penuh dengan LRT line Kelana Jata di Stasiun Pasar Seni serta Monarail KL di stasiun Bukit Bintang.

Infrastruktur rute MRT ini dimulai dari stasiun Pasar Seni menuju ke Maluri dibawah tanah atau under ground dan sisanya elevated {melayang}. Untuk tiket keberangkatan bisa langsung di stasiun keberangkatan di vending machine sesuai dengan rute perjalanan hingga biaya yang akan anda bayar untuk satu kali perjalanan.

F. BUS RapidKL | myrapid.com.my
Pilihan lain transportasi umum publik yang ada di KualaLumpur Malaysia adalah Bis RapidKL. Bis khusus ini ditunjuk sebagai tansportasi darat berbasis bis yang masih dibawah satu departemen dengan monorail dan LRT. Dapat dikatakan sebagai BRT alias bus rapid transit ini ya di Jakarta bernama Trans Jakarta mempunyai jalur tersendiri serta koridor membuat bis ini sangat mudah dicari. Tidak hanya itu, jumlah bis yang pengelola sediakan cukup banyak sehingga perjalanan tetap nyaman tidak dempetan.

Bis khusus ini bisa dilihat dari cat biru dan putih ini sangat eye catching. Jika anda ingin menaiki transportasi ini menggunakan halte sendiri serta stasiunnya cukup bagus dengan atap yang melengkung berpadu dengan besi sebagai pengamannya dan ada logo bis sebagai petunjuk jelasnya. Membayar biaya transportasi ini berupa kotak kecil disamping, tidak ad uang kembalian dan untuk berhemat anda harus menggunakan kartu taping yang tersedia di stasiun keberangkatan.

G. GO KL BUS | gokl.com.my
Khusus traveler dunia yang ingin bis gratis naiklah Go KL bus yang tidak harus mengeluarkan uang untuk menikmati seluruh spot wisata yang. Bis Go KL ini diperuntukan untuk seluruh turis lokal dan seluruh dunia hanya duduk manis dan harus naik di halte yang telah disediakan. Rute jalur Go KL Bus ini ada di beberapa titik pusat wisata seperti Pasar Seni, China Town, KLCC Menara Petronas, serta lainnya.

Peminat yang sangat banyak sekali berarti anda harus rela antri dan berdesakan diatas bis yang tentu menjadi hal yang mengasikan karena gratis ya rela seperti ini.

PENUTUP.
Untuk menikmati keseluruhan transportasi umum publik di Kuala Lumpur Malaysia ini anda bisa menggunakan beberap kartu tapin praktis seperti Touch n Go {TnG}, kartu ini sangat praktis bisa digunakan diseluruh transportasi publik yang ada di Kuala Lumpur jadi anda tidak perlu repot untuk membeli di vending machine. Harga untuk satu kartu RM10 dengan minimal melakukan isi top up RM10, melakukan proses top up ini bisa dilakukan di selurus stasiun keberangkatan. 

Dengan berkembanganya kota dan pembangunan ekonomi pemerintah Malaysia sedang melakukan penambahan lagur di daerah Metropolitan Klang Valeey dengan 3 line. Apabila project ini selesai dan bisa melakukan daya angkut mobilisasi massal sekitar 400.000 penumpang untuk satu hari. Tentu dengan jumlah gerbong dan lokomotif penggerak yang cukup banyak nanti ini mempunyai jadwal yang cukup dekat sekitar 3,5 menit setiap kereta datang dan berangkat. Semoga project ini akan menambah kemudahan seluruh kebutuhan tidak hanya penduduk lokal tetapi juga para turis seluruh dunia.

Semoga tulisan ini dapat menginspirasi anda untuk melakukan perpindahan ke daerah yang dituju terutama ke objek wisata yang ada di kota Kuala Lumpur. Semua transportasi publik ini cukup mudah diikuti hanya saja anda harus memiliki map awal yang ada di stasiun keberangkatan sehingga anda bisa melihat lajur dan stasiun mana yang terdekat ke objek wisata. Harus selalu mengamati tata caranya dari informasi yang akurat sehingga pemilihan jenis transportasi publik ini bisa menjadikan kenyamanan selama anda melakukan wisata di kota Kuala Lumpur Malaysia. Tulisan ini juga memberikan informasi website langsung yang bisa anda pelajari sebelum melakukan jelajah liburan disana. Semoga bermanfaat, share informasi ini jika perlu ke teman yang membutuhkan.

Baca dan mampir juga:
Daftar Objek Wisata Yang Harus Anda Kunjungi Saat Berada di Kuala Lumpur Malaysia Dalam Waktu Sehari Penuh {baca: Objek Wisata}
Menggila Liburan Hemat Di Kuala Lumpur Malaysia Tidak Perlu Tempat Penginapan Hotel Sama Sekali Secara Backpacker {baca: Menggila Liburan Hemat KL}

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.