Langsung ke konten utama

Tips Liburan Cerita Traveling Trip Wisata Ke Padang Sumatera Barat

Liburan Cerita Traveling Trip Wisata Ke Padang kenapa tidak. Provinsi yang sangat disenangi dikunjungi ini bisa memberikan tema yang lebih saat cuti kantor sudah disetujui. Banyak sekali wisatawan lokal dan seluruh dunia berabuh di Ranah Minang untuk menghabiskan waktu yang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari dengan destinasi wisata yang cukup lengkap bahkan pilihan sangat banyak. Pastinya, tempat wisata sudah banyak dikenal dan akan menjadi tujuan paling utama dan akan destinasi yang dinanti dengan sejuta makna yang akan menemani liburan anda selama di kota Padang.

Poto oleh: mediaportalanda.com

Plesirankotatua ingin sharing informasi yang siapa tahu dari rekan semua yang berencana ingin datang ke kota Padang Sumatera Barat sebagai kota tujuan untuk melakukan liburan di musim yang akan datang. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Waktu Menentukan Tema Liburan.
Sebenarnya waktu kapanpun bisa menjadi tema liburan anda di Ranah Minang Padang Sumatera Barat. Banyak sekali tempat wisata yang bisa dijadikan objek yang akan dikunjungi, sebagai contoh di musim hujan ada bebarapa rekomendasi yang bisa menjadi tujuan seperti Museum Adityawarman di kota Padang, Gudang Ransum bekas peninggalan zaman Belanda yang waktu itu sebagai tempat persiapan makan buruh pabrik Batu Bara, Istana Pagaruyuang Batu Sangkar. 

Khusus di musim kemarau saat yang paling tepat untuk eksplor alam dengan beberapa destinasi tujuan seperti air terjun, mendaki gunung, hingga wisata bahari laut. 

PENTING! yang menjadi perhatian adalah transportasi utama untuk datang ke Padang Sumatera Barat memang pesawat udara, saat peak season harganya bisa melonjak drastis karena banyaknya peminat. Semua komponen pariwisata sudah dipastikan akan merangkak naik dimulai dari hotel, sewa kendaraan, tiket pesawat, hingga sewa kapal. Jadi, harus planning sedini mungkin agar anda tidak terjebah dengan ritme pola seperti ini agar uang yang dihemat bisa anda wujudkan.

2. Susun Rinci itinerary Perjalanan Trip Nanti.
Sebagai destinasi wisata yang sangat penting dan sudah masuk dalam tujuan untuk menghabiskan waktu liburan maka sedini mungkin sudah mulai susun itinerary perjalanan trip nanti dengan jelas dan pastinya sesuai dengan tema liburan nanti. Sekarang ini sudah banyak sekali tutorial yang bisa anda jadikan sebagai rekomendasi tempat wisata yang akan menjadi tujuan utama. Ringkas sedemikian rupa sehingga anda bisa mengambil prioritas tujuan yang akan dikunjungi. Hampir seluruh tempat wisata yang ada di Sumatera Barat ini penting tidak ada yang akan terlewatkan. Pastikan waktu yang cukup dan budget yang dipersiapkan menjadi alasan utama untuk menetapkan liburan di provinsi yang sangat terkenal potensi wisatanya.

3. Persiapan Berangkat Dari Hotel Sebelum Terbit Matahari.
Rata-rata destinasi wisata yang ada di Padang dan daerah di Sumatera Barat ini tersebar di seluruh pelosok nagari. Dengan begitu anda sebagai wisatawan harus mempersiapkan diri dan setelah berada di kota Padang harus berangkat sepagi mungkin minimal Jam 05:00 pagi. Alasanya, lalu lintas masih sepi, udara masih sejuk, pastinya anda bisa melihat objek tempat wisata masih dalam sepi dan anda bisa lebih terasa nyaman. Begitu juga, dengan berangkat pagi anda bisa mendapatkan beberap tempat wisata lainnya dan maksimal waktu liburan terasa lebih terarah dan nyata tujuannya.

Sebagai contoh saja, saat anda berangkat dari kota Padang menuju ke kota Bukittinggi namuak ada pesona pariwisata yang bisa anda dapatkan hanya dalam satu rute ini saja cukup variatif. Dimulai dari air terjuna nyarai, air terjun lubuk bonta, air terjun lembah anai, tenun pandai sikek, wisata kuliner sate mak syukur, hingga destinasi akhir di kota Bukittinggi. Nah, satu jalur perjalanan saja bisa mendapatkan sebanyak ini tempat wisata. Bagaimana dengan rute perjalanan lainnya yang tentu akan membuat anda terhipnotis keindahannya.

4. Jangan Berangkat Sendirian Sebaiknya Rombongan.
Memang berlibur bersama lebih baik daripada sendiri karena banyak alasan yaitu penghematan. Anda bisa sharing cost untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di Sumatera Barat seperti biaya penginapan, biaya sewa kendaraan, hingga sharing cost biaya makan. Tidak hanya itu saja jika anda ingin menghabiskan waktu liburan tema wisata bahari tentu akan mendapatkan harga sewa kapal untuk menuju ke pulau tujuan menjadi lebih terjangkau, rata-rata sewa kapal yang diterapkan per kapal yang bisa memuat sampai dengan 10 orang. Jika harga sewa kapal IDR500.000 berarti untuk satu orang bisa IDR50.000 jauh lebih hemat bukan jika kamu berangkat sendirian.



5. Pilih Sewa Kendaraan Pada Perusahaan Terpercaya.
Saat berkunjung dan berlibur tentu anda butuh kendaraan sebagai cara untuk menuju ke tempat wisata. Banyak sekali pemilik kendaraaan yang menyewakan bahkan dengan sopir juga tersedia. Anda bisa pilih yang mempunyai track record baik dan memiliki integritas kepercayaan dalam kondisi kendaraan yang sangat prima. Untuk harga sewa kendaraan ini dimulai dari harga IDR400.000 belum termasuk sopir. Untuk kenyamanan sebaiknya anda memakai sopir agar perjalanan anda lebih nyaman menyenangkan tidak perlu repot dengan petunjuk arah. Pilih jasa penyewaan yang memiliki rekomendasi dari wisatawan yang telah memakai jasa mereka, dan tentunya punya website, nomor kontak, hingga alamat perusahaan ini jelas. 

6. Tangki Mobil Harus Posisi Penuh.
Melakukan perjalanan jauh sudah pasti harus membutuhkan bahan bakar kendaraan yang sebaiknya tangki dalam posisi penuh. Karena ketersediaan bahan bakar masih terbatas di wilayah Sumatera Barat khususnya di pusat kota besar masih banyak tersedia tetapi sepanjang jalan ke tempat wisata yang jaraknya cukup jauh sangat jarang ada SPBU itupun yang ada Pertamini. Tidak mungkin anda berjalan jauh membeli bahan bakar di Petramini yang harganya sudah melebihi dari harga di SPBU. Kalau untuk sepeda motor jika anda berlibur hanya berdua saja tidak dipermasalahkan, tetapi menggunakan kendaraan roda empat saat berjalan nanti kehabisan BBM tentu menjadi penghambat untuk menuju ke tempat wisata. Ini lah alasannya tangkin bahan bakar harus diisi penuh saat memulai traveling.

7. Telkomsel Provider Seluler Terbaik Komunikasi.
Tidak semua provider seluler bisa berjalan baik di tempat wisata bahkan saat di perjalanan. Rekomendasi terbaik adalah Telkomsel. Memang untuk sinyal selama perjalanan cukup baik bahkan saat anda berada di lokasi tempat wisata penting bisa selalu terkoneksi dengan media sosial populer. Jadi anda tidak ketinggalan informasi penting yang langsung terkoneksi pada smartphone pilihan anda.

8. Pilah Pilih Menu Makan Asli Ranah Minang.
Jenis makanan yang ada di Ranah Minang Sumatera Barat sangat kaya bumbu. Rasa pedas gurih dan lezatnya makanan tidak semua wisatawan cocok selera, pilih pilah makanan memang harus anda lakukan agar kenyamanan selama perjalanan liburan nanti masih bisa anda ikuti hingga tuntas lengkap sebelum kembali ke tujuan masing-masing. Yang perlu diperhatikan rasa pedas cabe dan campuran bumbu yang tentu sebagian orang menyebutnya sangat menyengat ini harus diperhatikan. Jika ada tidak suka pedas bisa memilih jenis makanan lain yang tidak ada cabe baladonya atau gulai yang bisa diterima oleh lidah darah lain di Indonesia. 

9. Anda Bisa Bahasa Percakapan Sehari-Hari Masyarakat Minang.
Jika anda ingin berinteraksi baik dengan penduduk masyarakat lokal bisa bahasa Minang menjadi rekomendasi terbaik. Semua penduduk lokal sangat ramah bahkan sangat membantu para wisatawan jika terjadi salah arah untuk menuju ke lokasi tujuan kadang mendapat petunjuk alternatif lain untuk sampai ke tujuan akhir. Ini lah salah satu manfaat yang bisa didapat oleh wisatawan jika memahami walaupun sedikit tetapi sudah memberikan atensi lebih terhadap mengerti bahasa Minang. 

10. Coba Tawar Menawar Barang Sebelum Beli.
Jangan takut untuk menawar harga khususnya saat anda membeli oleh-oleh di tempat wisata. Harga yang disebutkan oleh penjual masih belum final dan harga yang akan anda dapat masih bisa dilakukan tawar-menawar. Tetapi harga sudah tidak dapat ditawar saat anda berada di toko oleh-oleh yang telah menetapkan harga pasti. Tetapi oleh-oleh khas Minang ini saat anda beli di Pasar Ateh Bukittinggi masih dapat ditawar karena penjual bisa memberikan potongan harga jika anda membeli dalam beberapa jenis oleh-oleh dalam jumlah yang cukup banyak. Tawarlah sewajarnya jangan sangat menyiksa sampai modal mereka karena penjual ini termasuk dalam bisnis UKM skala rumah tangga.

11. Pahami Tarif Tour Guide.
Sebelum anda memutuskan untuk menggunakan tour guide lokal pastikan tarif sebelum deal harus diketahui dan beberapa ketentuan lain yang mungkin diterapkan oleh mereka. Bisanya service ini didapatkan saat berada di pusat wisata penting. Agar tidak terjadi salah paham dalam kerjasama memang sebelum melakukan kesepakatan anda harus mengetahui dengan rinci syarat dan ketentuan berlaku memang menjadi atensi penting.

12. Selalu Perhatian Pakaian Tetap Sopan Berkunjung.
Pakaian yang sopan cerminan seorang wisatawan yang menghargai penduduk lokal menganut prinsip keislaman yang masih terjaga sampai sekarang ini. Dengan sopannya anda berpakaian berarti anda telah menjadi diri dari ketidaknyamanan penduduk lokal dengan anda dan rombongan. Tutup aurat sesuai dengan norma sangat direkomendasikan untuk ditaati agar saat wisata anda tetap nyaman dan menyenangkan.

SEJARAH SINGKAT KOTA PADANG.
Kota Padang merupakan sebuah kota yang berada di pesisir pantai dan dikelilingi perbukitan. Wilayah penting di masa kolonial Belanda dan Kerjaraan Pagaruyung ini telah menjelma menjadi sebuah kota perekonomian karena hasil bumi yang kaya ini kota Padang sebagai tempat penting pada waktu itu melakukan transaksi sudah skala internasional. Dengan begitu bekas peninggalan bersejarah masa lampau masih dapat ditemukan dan menjadi potensi wisata sampai sekarang.

CARA KE PADANG SUMBAR.
Untuk sampai ke kota Padang bisa menggunakan pesawat udara untuk rute domestik dan internasional. Di dalam negeri juga bisa menempuh perjalanan darat menggunakan bus seperti Lorena, NPM, ANS, dan lainnya dari DKI Jakarata-Padang untuk harga tiket dimulai dari IDR400.000 tergantung jenis kelas yang akan dipilih.

Untuk airline mendarat di Bandara Internasional BIM telah terkoneksi dengan penerbangan domestik dan internasional dengan harga tiket dimulai dari IDR500.000 an. Untuk harga tiket ini memang disesuaikan dengan musim liburan, sebagai jalur penerbangan turis dan hampir selalu penuh setiap harinya pastikan anda memesan tiket penerbangan sedini mungkin atau hauh-jauh hari agar mendapatkan harga yang sangat kompetitif dan terjangkau. Harga tiket pesawat akan meningkat tinggi pada saat acara even acara tahunan yang akan diselenggarakan di Sumatera Barat, liburan anak sekolah, cuti bersama, lebaran, dan akhir tahun. 

AKOMODASI SELAMA DI SUMATERA BARAT.
Untuk penginapan hotel sudah tersedia cukup dengan jenis melati, hostel, dan hotel. Pemilihan ini tentu disesuaikan dengan anggaran budget yang anda miliki, untuk penginapan yang sering menjadi pilihan terbaik adalah di pusat kota wisata seperti Padang, Bukittinggi, hingga Painan. Kota ini cukup banyak pilihan dan sebagai pusat berkumpulnya para wisatawan yang ingin berlibur di sekitar area kota penting ini. 

TRANSPORTASI UMUM.
Pemerintah kota telah membuat kebijakan yaitu Trans Padang dengan rute yang telah ditetapkan. Penggunaan transportasi ini khusus di pusat kota saja dengan ukuran bus medium. Rute perjalanan dimulai dari Pusat Kota Padang Lapangan Imam Bonjol - Jl. Khatib Sulaiman - Air Tawar - Tabing - Batas Kota. Jika dihitung jarak perjalanan +/- 18 km dengan waktu tempuh sekitar 60 menit dari pusat kota ke batas kota.

Angkutan kota juga bisa anda naiki dengan berbagai rute perjalanan yang sudah tersedia cukup bagi anda yang ingin melihat setiap sudut kota Padang. Dan baru hadir dimulai pada tahun 2018 ini adalah transportasi online yang bisa anda jadikan alternatif lain untuk menikmati liburan di kota Padang dan Bukittinggi.

CUACA DI SUMATERA BARAT.
Daerah wisata di Sumbar termasuk dalam wilayah tropis dan merupakan kota dengan curah hujan cukup sepanjang tahun dan cuaca rata-rata 27 derajat celcius. Curah hujan cukup sepanjang tahun terutama sudah memasuiki bulan Oktober sampai Desember curah hujan merata hampir seluruh daerah di Sumatera Barat.

NOTE! khusus pada musim hujan tidak direkomendasikan anda bepergian ke pulau yang eksotis di sekitar Painan Pesisir Selatan karena akan berdampak pada gelombang cukup tinggi dan angin kencang. Untuk antisipasi keselamatan selama liburan nanti harus anda perhatikan dengan atensi tinggi agar kenyamanan bisa anda dapatkan.

Tag: cerita liburan ke padang, wisata padang, budget liburan ke padang, traveling ke padang, backpacker ke padang, blog wisata padang, trip backpacker ke padang

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.