Langsung ke konten utama

Tips Memulai Bisnis Gunting Rambut Pria Barbershop Di Pusat Kota

Banyaknya anak muda kreatif yang ingin mencoba peruntungan bisnis gunting rambut barbershop konsep milenial di pusat kota tentu menjadi sebuah konsep usaha dengan paket permak penampilan pria khususnya jasa potong rambut dan aktifitas tambahan lainnya. Dengan konsep sederhana hanya gunting rambut apabila dikelola secara profesional akan menghasilkan keuntungan yang cukup lumayan untuk satu bulannya bahkan bisa anda andalakan sebagai pendapatan utama. Pria memang agak sedikit alergi untuk datang ke salon pada umumnya dan lebih memilih gunting rambut biasa agar penampilan tetap rapi setiap saat. Peluang ini bisa menjadi lahan bisnis anda untuk mengambil pasar para pria yang butuh tempat yang nyaman dan pastinya sesuai dengan selera seorang pria yang urban kota yang minimalis. 

Dengan persaingan yang sangat ketat untuk saat sekarang ini tentu anda bisa mencuri perhatian pelanggan baru dengan keunikan tersendiri yang berbeda dengan barbershop lain akan menjadi sebuah pelajaran yang penting supaya bisnis anda ini bisa berputar dengan cepat agar modal yang telah anda keluarkan untuk bisnis bisa cepat kembali. Apa saja tips lainnya yang harus anda lakukan saat fokus diri untuk memulainya dimana tempat gunting rambut konsep barbershop menjadi sebuah pilihan terbaik untuk mendapatkan nilai rupiah yang sangat mudah di masa yang akan datang, berikut penjelasannya:

#1. Anda Harus Punya Skill Pengetahuan Cukup Gunting Rambut.
Fokus pekerjaan gunting rambut secara langsung anda harus mempunyai ilmu gunting rambut. Teknik yang memadaai bisa mengikuti selera dari model rambut yang diinginkan oleh pelanggan harus anda ketahui. Setidaknya anda punyai skill dasar gunting rambut yang cukup, pendidikan khusus untuk gunting rambut ini bisa anda dapatkan secara otodidak atau dari paket pelajaran yang sudah banyak tersedia bisa ada pilih untuk ikut serta. Dengan adanya kemampuan ini akan terwujud percaya diri saat merintis dan anda sebagai tukang gunting rambut merangkap sebagai pemilik. Banyak sekali bisnis barbershop ini awalnya pemilik merangkap sebagai tukang gunting rambut karena proses untuk memperkenalkan kepada pelanggan baru harus pemilik terlibat langsung sehingga pola kerja yang akan diterapkan nanti bisa menjadi solusi untuk memenangkan kompetisi di masa yang akan datang.



#2. Mencari Lokasi Bisnis Barbershop.
Memilih lokasi sangat penting sekali karena menjadi akses penting dimana seluruh pelanggan anda mudah menemukan dan mengenali lebih cepat. Untuk membangun lahan bisnis barbershop dengan lokasi yang sesuai bisa dengan cara sewa atau rumah anda sendiri yang disulap menjadi barbershop. Penelitian awal harus rinci dan akurat jangan ceroboh apakah target pasar dari bisnis gunting rambut ini apakah mahasiswa atau masyarakat umum yang akan menggunakan jasa bisnis anda nanti. Tetapi berkembangnya zaman lokasi barbershop ini sudah menjelma di mall, ruko, atau rumah dengan konsep tersendiri keunikan dengan design yang eye catching. Lokasi yang diteliti memperhatikan aspek ramainya lalu lintas di jalan utama, dekat dengan persimpangan jalan utama, dilalui angkutan umum, dekat dengan pusat keramaian kota, dan seterusnya.

#3. Konsep Desain Barbershop.
Membuat bisnis gunting rambut barbershop anda nanti menjadi unik dan berbeda dengan yang lainnya desain lah sesuai dengan konsep yang akan dipilih apakah tradisional, modern, futuristik, atau klasik. Berbagai pilihan desain sangat banyak sekali modelnya dengan tambahan aksesoris tambahan sebagai mempertinggi estetika ruangan bisa anda tambahkan sesuai dengan budget serta keinginan. Pastikan jumlah furniture yang akan diletakan di barbershop cukup agar ruangan tidak terasa sempit, agar pelanggan anda menunggu tidak jenuh dan tidak dekat dengan saat konsumen lain melakukan aktifitas gunting rambut. Konsep tepat guna dan tepat memilih harus menjadi prioritas karena akan menentukan kenyamanan dan ketenangan selama aktifitas bisnis di masa yang akan datang. Konsep desain ini akan berhubungan dengan persiapan budget yang akan anda persiapkan.

#4. Hitungan Cermat Tambahan Tenaga Barbershop.
Saat memulai bisnis barbershop tentu saja sudah mulai menghitung apakah perlu ditambah tenaga lain. Asumsi: anda juga sebagai tenaga barbershop untuk awal bisnis berjalanan. Perhitungan yang cermat harus dilakukan agar pendapatan dan pengeluaran bisa selaras. Jika anda berpendapat untuk awal bisnis berjalan hanya anda saja sebagai tenaga gunting rambut sebagai permulaan tidak ada masalah, setelah berjalannya waktu anda bisa menambah tenaga barbershop lainnya untuk bersama-sama bekerja disaat pelanggan anda sudah mulai mengetahui bisnis anda sesuai dengan kriteria yang mereka inginkan.

#5. Semua Aktifitas Keuangan Harus Catat Rinci Lengkap.
Proses pencatatan keuangan harus detil dan lengkap agar semua informasi yang telah terjadi saat itu anda mengetahui dengan baik. Dengan pencatatan ini anda bisa memprediksikan pengeluaran yang akan terjadi di masa berikutnya saat pelanggan anda sudah mulai mengenal bisnis barbershop. Aktifitas keuangan ini sangat berhubungan dengan uang masuk dan keluar seluruh aktifitas bisnis termasuk penggunaan barang harian pelengkap gunting rambut seperti silet, lotion, hingga bedak.

Poto oleh: robinsbarbershop.com

#6. Buat Desain Logo Termasuk Cutting Sticker.
Kreatifitas sekarang ini untuk memberdakan bisnis barbershop anda dengan kompetitor adalah desain logo, buat lah dengan bentuk yang unik mudah diingat serta otentik menjelaskan bahwa barbershop ini memang anda yang punya. Menjelaskan nama yang mudah terbaca ditempatkan di posisi yang tepat yaitu di depan pintu masuk mudah terdeteksi saat konsumen lewat di jalan utama. Jika anda mampu desain sendiri dengan karakter keinginan anda dipersilahkan apabila anda ingin meminta bantuan kepada freelancer menciptakannya bisa dilakukan pastikan keinginan anda telah terdeteksi langsung oleh mereka sebelum desain dibuat.

#7. Marketing Promosi Harus Dilakukan.
Untuk memberitahu bahwa bisnis anda sudah dimulai saatnya marketing promosi dilakukan bisa berupa brosur atau iklan yang dibuat dari media sosial yang anda tekuni. Kemudahan saat sekarang ini sudah bisa dilakukan real time dan manfaatkan teknologi internet secara intensif agar target pasar konsumen yang anda inginkan bisa tepat sasaran sehingga bisnis barbershop bisa berjalan dengan baik berjalannya waktu. Teknik lain juga bisa anda selipkan yaitu potongan harga khusus atau setelah 5 kali gunting rambut gratis satu kali. Nah, marketing seperti ini sebagai komunikasi bisnis anda untuk menarik pelanggan baru disekitar lokasi bahkan dari area luas lagi bisa terwujud.

#8. Buat Blog Khusus Bisnis Barbershop.
Apabila anda mempunyai skill khusus membuat blog menjelaskan bisnis gunting rambut barbershop anda menjadikan solusi terbaik eksistensi bisnis yang akan anda jalani. Sekarang ini semua bisnis harus membuat blog khusus seperti ini karena dengan cara ini lah anda bisa terkoneksi langsung dengan konsumen dengan memberikan artikel atau tulisan yang bermanfaat terhadap service jasa barbershop yang telah hadir di pusat kota. Terlihatnya sepele tetapi sangat berdampak besar performance bisnis dimasa yang akan datang.

#9. Buat Channel Youtube Khusus Barbershop.
Sebuah pilihan yang revolusioner untuk menjalani bisnis ini bisa membuat channel youtube yang menjelaskan bisnis barbershop yang anda tekuni. Konten yang bermanfaat tidak jauh dari dunia tata rambut bisa diangkat sebagai tema yang hadir di masa yang akan datang. Tentu anda harus percaya diri dan mampu berbicara di depan kamera menjelaskan bagaimana anda bekerja dan bagaimana perjalanan bisnis ini berjalan menjadi menarik untuk sebuah kreatifitas sebuah audio visual. 

#10. Berikan Paket Tambahan Kepada Pelanggan.
Perlu anda ketahui bahwa sekarnag ini barbershop sudah tidak hanya untuk gunting rambut saja tetapi sudah ada tambahan paket lainnya jika tersedia seperti cuci rambut, atau paket kerapihan kulit wajah khusus pria. Kebutuhan pria sekarang ini sudah mulai dilirik tidak hanya rambut saja tetapi kulit wajah sudah mulai diperhatikan. Apabila anda mampu mewujudkannya dan punya skill tambahan bisa diterapkan di bisnis barbershop nanti. Pria punya seleara untuk penampilan sudah wajib di masa sekarang ini kebutuhan menyeluruh untuk sekali datang saja pelanggan mau membayar lebih jika paket ini sesuai dengan keinginan mereka yang ada di barbershop nanti.

#11. Selalu Ikuti Trend Model Rambut.
Setiap konsumen mempunyai selera untuk model rambut, anda sebagai tenaga kerja profesional gunting rambut harus mampu mewujudkannya. Teknik yang anda dapatkan dari sekolah sebagai dasar diselaraskan dengan model sekarang dengan teknik yang sesuai bisa dilakukan. Trend model rambut ini memang berkembangnya zaman dipengaruhi dengan dunia fashion yang selalu dinamis sehingga bisa diterapkan di bisnis nanti agar bisa bersaing dengan kompetitor lainnya. Dapatkan informasi ini selengkapnya dari majalah, media sosial, hingga televisi agar going concen bisnis bisa bertahan untuk jangka panjang.

#12. Perhatikan Attitude Serta Performance Kesehatan Tubuh Anda.
Saat konsumen anda menggunakan jasa anda pastikan anda harus memperhatikan performance kesehatan tubuh termausuk bau badan atau nafas yang tidak segar. Komponen ini sangat penting karena anda langsung berhubungan sangat dekat jaraknya dengan konsumen. Terkadang anda tidak menyadari bahwa attitude bicara dan kenyamanan selama beraktifitas gunting rambut harus mutlak dilakukan karena bisnis jasa mengutamakan kenyamanan dan ketenangan selama pelanggan berinteraksi dengan anda. Jadi poin ini harus diperhatikan supaya konsumen betah datang kembali di masa yang akan datang.

#13. Jam Buka Harus Tepat Waktu.
Bisnis jangan ngaret atau selalu banyak tidak bukannya, ini hal yang tidak baik karena konsumen datang waktunya tidak menentu. Apabila anda tetap fokus dalam bisnis jasa pastikan tepat waktu harus prioritas karena konsumen akan lebih respek terhadap jasa basbershop yang telah berkomitmen buka di waktu yang telah ditentukan tetapi anda sebagai pemilik tidak meresponnya dengan baik. Apabila terjadi hal diluar dugaan dan harus menunda jam buka anda bisa memberikan pengumuman sehari sebelumnya dan cantumkan nomer telepon jika dibutuhkan agar konsumen tidak terlalu kecewa dengan situasi ini.

Baca juga:
Contoh Bisnis Plan Khusus Untuk Barber Shop Skala Kecil Bagi Pemula

Bisnis barbershop ini merupakan kegiatan ekonomi yang memberikan pelayanan jasa gunting rambut kepada pelanggan dengan model yang dipilih. Semua hal kenyamanan harus nomer satu karena bisnis jasa service seperti ini konsumen ibarat seperti raja, apa yang mereka inginkan harus diikuti. Selalu pro aktif saat bekerja jika model yang mereka inginkan sudah sesuai atau tidak harus komunikasikan langsung dengan pelanggan. Jadi, semua bisnis jasa harus mempunyai skill dan teknik khusus agar bisa memenangkan kompetisi di masa yang akan datang, jangan pernah menyerah dan harus tekun ulet karena bisnis menjadi besar tidak dalam waktu sekejab. Waktu lah yang akan menjawab apakah anda mampu bertahan, apabila anda bisa menaklukan seluruh rintangan maka anda lah yang akan menjadi pemenangnya.  

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Jangan Lupakan Oleh-Oleh Khas Mesir Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Oleh-oleh khas Mesir sangat kaya unik dan banyak pilihan, pastikan anda harus membawa pulang ke tanah air sebagai kenang-kenangan untuk anda sendiri bahkan hantaran ke saudara atau teman di kantor. Banyak sekali jenis oleh-oleh khas yang dijual tentu yang akan dipilih paling direkomendasikan dan wajib untuk dibeli supaya tidak salah pilih. Apa yang unik di Mesir itu lah menjadi prioritas, berikut kami sampaikan daftar belanjaan saat anda ingin melengkapi traveling di Mesir tepatnya di kota Kairo sebagai pusat berburu oleh-oleh yang tentu saja harga yang sangat kompetitif dan terbaik. Berikut penjelasannya:

Wisata Penggila Shopping Belanja Vietnam Murah Pasti Mengenal Tempat Ini: Segera Kunjungi Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Wisata belanja penggila shopping di Vietnam pasti mengenal tempat ini dan pastinya harus dikunjungi sebelum pulang kembali ke tanah air. Dengan pilihan yang akan selalu dimasukan ke itinerary perjalanan nanti setelah menikmati seluruh tempat wisata penting ini menjadi acara yang sangat diminati disaat mencari oleh-oleh dan suvenir hingga kebutuhan fashion semuanya ada. Pada tulisan ini pastinya jika anda berada di zona yang sangat dekat dengan tempat wisata shopping ini segera kunjungi, untuk masalah harga masih relatif terjangkau dan pastinya untuk motif dan kualitas dapat diadu dengan produk ternama. Apa saja nama tempat wisata shopping belanja di Vietnam yang kami masud dan anda harus pilih nama yang mana sangat dekat dari lokasi penginapan selama melakukan perjalanan wisata ke Vietnam, berikut penjelasan lengkapnya: