Langsung ke konten utama

Tips Traveling Bulan Puasa Ramadhan Ke Singapore Tahun Ini

Anda yang berencana melakukan traveling ke Singapura di bulan puasa ini pastinya mempunyai keseruan tersendiri dan tentu saja memberikan pesona tersendiri bagi liburan yang belum pernah anda rasakan sebelumnya. Traveling ini dapat juga dilakukan oleh rekan muslim yang sedang berpuasa ingin merasakan nikmatnya bulan Ramadhan di negara tetangga yang juga hadir semarak menyambutnya terutama etnis Melayu yang mendominasi menyambut bulan penuh hikmah ini yang terfokus di beberapa pusat berkumpulnya umat muslim di sana. Tetapi, anda juga dapat menikmati traveling yang dapat menikmati beberapa tempat wisata yang cocok sekali dilakukan di bulan puasan Ramadhan tahun ini dengan pesona tersendiri. 

Dengan banyaknya peminat dari traveler muslim dari Indonesia yang ingin melakukan perjalanan ke Singapore di bulan puasa Ramadhan tahun ini, semoga artikel ini dapat menjadi sebuah panduan bahkan informasi yang dapat membantu anda untuk mewujudkan liburan ini menjadi bermakna dan puasa tetap berjalanan sesuai dengan baik. Berikut informasinya.

KEGIATAN WISATA SELAMA BULAN PUASA RAMADHAN DI SINGAPORE.
Memulai aktifitas di pagi hari hingga ngabuburit di Singapore ada beberapa kegiatan wisata yang tentu saja disesuaikan dengan kondisi anda sedang berpuasa. Kegiatan wisata ini memang dapat anda pilih ada beberapa rekomendasi yang dapat dilakukan pastinya sangat menyenangkan sekali.

#1. Ayo Ke Museum.
Memang banyak sekali museum yang ada di Singapore menjadi destinasi wisata selama bulan puasa Ramadhan tahun ini. Memang museum menjadi pilihan terbaik dan masih diminati apalagi di bulan puasa menjadi prioritas bagi kaum muslim untuk menikmati trip liburan kali ini. Jika anda membawa anak-anak Mint Museum of Toys sebagai pilihan terbaik dan banyaknya koleksi mainan yang disenangi oleh mereka.
Poto credit: visitsingapore.com

Alamat: 26 Seah St, Singapore.
Harga Tiket: SDG25 atau sekitar IDR150.000 an
Jam Operasional: Senin-Minggu 09:30 - 18:30

#2. Cuci Mata Ke Bugis Street.
Pastinya mengujungi lokasi Budis Street ini sudah menjadi tempat yang sangat fenomenal sekali dan setiap turis akan memilihnya karena termasuk lokasi penting wisata di Singapore. Banyak sekali jenis fashion hingga oleh-oleh khas kekinian ada di sekitar lokasi ini. Tidak hanya Bugis Street saja ada fasilitas tempat lain disekitarnya juga tersedia untuk di datangi seperti Bugis Junction sebagai pusat perbelanjaan yang wajib dikunjungi. Cocok sekali untuk mengisi waktu liburan bulan puasa Ramadhan tahun ini dan pastinya semua anggota keluarga menyukainya.
Poto credit: pergidulu.com

Alamat: 200 Victoria St, Singapore.
Harga Tiket: Gratis
Jam Operasional: Senin-Minggu 10:00 - 22:00.

#3. Ayo Ke Universal Studio Singapore.
Sebagai lokasi yang sangat disenangi oleh semua kalangan ini pastinya dapat menjadi alternatif lain untuk mengisi waktu liburan bulan puasa Ramadhan tahun ini. Wahana bermain ini harus anda pilih sesuaikan dengan suasana anda berpuasa, sebaiknya anda datang dipagi hari dan nikmati beberapa wahana yang sangat mempesona ini untuk mengisis waktu liburan selama di Singapore.
Poto credit: tribaeast.com

Alamat: 8 Sentosa Gateway, Sentosa Island.
Harga Tiket: Dewasa SGD78 | Anak-anak SGD54
Jam Operasional: Senin-Minggu 10:00 - 19:00

#4. Ke Merlion Park.
Tidak akan lengkap untuk berkunjung ke Merlion Park sebagai landmark Singapore yang harus dikunjungi. Sekitar Merlion Park ini terlihat beberapa pusat bisnis di Singapore yang akan mempercantik foto selfie anda, dapat berkunjung di pagi hari atau sore hari mempunyai pesona gambar yang sanga mempesona. 
Poto credit: traveltriangle.com

Alamat: Raffless Placce.
Harga Tiket: Gratis
Jam Operasional: Senin-Minggu 24 jam.

#5. Wisata Religi ke Masjid Abdul Gafoor.
Tidak lengkap rasanya anda harus berkunjung ke Masjid Abdul Gafoor untuk melaksanakan ibadah lainnya sehingga nilai positif lainnya dapat anda hadirkan saat traveling juga lho. Merupakan tempat yang sangat indah di Singapore ini tentu banyak sekali rekomendasi dari rekan traveler muslim yang melakukan perjalanan ini sebelumnya mampu mengisi waktu liburan walaupun di bulan puasa Ramadhan ini. Anda juga dapat melihat sejarah berdirinya dan tetap eksis sampai sekarang masih terawat dengan baik.
Poto credit: roots.sg

Alamat: 41 dunlop street, Singapore.
Harga Tiket: Gratis.
Jam Operasional: Senin-Minggu 24 jam.

#6. Kunjungi Kawasan Orchard Road.
Sebagai kawasan yang sangat terkenal dan wajib dikunjungi oleh semua turis seluruh dunia. Anda di bulan puasa sekalipun sangat cocok mendatangi kawasan ini berupa shopping mall complex yang menyediakan berbagai lokasi mall pilihan. Hati-hati jangan sampai mata anda tergoda dengan indahnya pakaian yang sudah ada potongan harga apalagi mendkati hari raya. Jadi, hampir semua mall disini favorit apalagi saat ada acara diskon sale yang akan penuh dengan pengunjung.
Poto credit: thejakartapost.com

Alamat: Orchard Road, Singapore.
Harga Tiket: Gratis.
Jam Operasional: Senin-Minggu 10:00 - 22:00

#7. Mustafa Center.
Memang destinasi ke Mustafa Center ini telah menjadi tempat lokasi yang akan selalu direkomendasikan karena satu lokasi semuanya ada. Jika anda ingin mencari oleh-oleh khas Singapore, coklat, parfum, hingga aneka jenis baju kaor dan suvenir cantik ada. Toko serba ada ini sudah menjadi andalan di saat turi muslim yang ingin mencari semua kebutuhan ada di satu tempat ya di Mustafa Center ini. Jadi, jangan lewatkan karena lokasinya tidak terlalu jauh dari lokasi Little Indonesia dan terkoneksi langsung dengan MRT yaotu turun di Farrel Park Station.
Poto credit: okoguide.com

Alamat: 145 Syed Alwi Rd, Singapore.
Harga Tiket: Gratis.
Jam Operasional: Senin-Minggu 24 jam.

DIMANA MAKAN SAHUR?
Jika anda ingin merasakan makan sahur di Singapura selama bulan puasa Ramadhan datanglah ke kawasan Geylang. Kawasan yang tersedia yaitu Geylang Serai Hari Raya Market" yang tersedia berbagai jenis makanan khas Melayu ada di tempat ini dan bahkan turis muslim memanfaatkan zona makan sahur yang ada di setiap hari ini menjadi pesona tersendiri. Jenis makanan cukup variatif dan ada kemiripan dengan Indonesia yaitu gorengan pastinya serta menu lai keab, nasi ayam, churros, burger, dan lain sebagainya. 

Sudah dekat lebaran pastinya semua kebutuhan lebaran juga tersedia dimulai dari kue kering hingga pakaian juga ada. Segera kunjungi juga Night Bazaar Paya Lebar Night sebagai pasar malam yang cukup besar. Semua kebutuhan lebaran cukup banyak variasinya, tidak hanya itu saja dekorasi rumah beserta model yang cocok untuk suasana Lebaran banyak sekali ditemukan.

Zona ini sangat mudah di datangi apalahi terintegrasi dengan MRT sebagai transportasi paling mudah dan sangat nyaman untuk digunakan selama anda traveling di Singapore. Apa lagi ke Geylang turun di stasiun MRT Paya Lebar, ikuti saja petunjuk ke Pasar Malam yang terletak di Geylang Road. Posisi tepatnya di depan One KM Mall serta Onan Road.

Baca juga:

NGABUBURIT DI SINGAPORE.
Mengisis waktu ngabuburit menunggu waktu berbuka di Singapore tentu saja dapat anda lakukan. Sambil menunggu adzan maghrib menjelang berbuka puasa segera menuju ke Haji Lane. Kawasan yang sangat iconik sekali di Singapore suasana muslim bulan puasa sangat terasa. Kawasan ini tidak terlalu jauh dari kawasan Bugis Street ini dan banyak juga objek wisata warna-warni yang Instagramable dan pastinya banyak juga lokasi yang menjual tema oleh-oleh dengan harga terjangkau. 

Menjelang buka puasa pastinya lokasi Haji Lane ini berubah menjadi lokasi nongkrong dan buka puasa bersama yang banyak ditemukan sehingga anda tidak akan melewatinya. Mencari takjil untuk buka puasa sangat mudah dicari bahkan es chendol pun ada di sekitar area ini. Aneka jenis gorengan, kurma, nasi goreng, mie goreng, dan lain sebagainya segera anda pilih sesuaikan dengan selera. 

Saat buka puasa telah masuk pastinya anda akan melakukan ibadah sholat Magrib di Masjid Sultan yang tidak terlalu jauh dari Haji Lane. Memang tidak seperti di Indonesia ada sirene yang menjelaskan waktu berbuka telah masuk, tetapi di Singapore tidak ada. Karena lokasi anda ngabuburit ini dekat dengan Masjid maka suara adzan terdengar dan saatnya menyantap makanan yang anda beli siap dinikamti.
Masjid Sultan Singapore. Poto credit: makemytrip.com

Untuk menikmati suasana sholat tarawehan anda dapat memilih Masjid di Haji Lane ini sebagai lokasinya, karena masjid ini sangat banyak penduduk muslim di Singapore mendatangi karena zona lain yang dapat dinikamti yaitu wisata kuliner setelah selesai ibadah masih dapat dijumpai. Jadi wisata kuliner yang hanya banyak di temukan di bulan puasa ini tentu menjadi destinasi yang wajib anda nikmati karena dibulan lain tentu tidak sebanyak ini jumlahnya apalagi khas Melayu banjir macamnya.

PENUTUP.
Dari sekian destinasi wisata yang kami tulis ini dapat anda pilih dan sesuaikan dengan kapasitas anda dan mampu menjalankan semua tanpa merusak ibadah puasa anda. Jika anda tidak mau berpanas-panasan pilih tempat indoor jauh dari sinar matahari, karena biasanya di bulan puasa Ramadhan sinar matahari cukup terik. Semoga tulisan ini bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk melakukan traveling di bulan puasa Ramadhan ke Singapura tahun ini.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Makanan Khas Tradisional Mesir Wajib Masuk Dalam Wisata Kuliner Anda Kesukaan Traveler Dunia

Pesona negara Mesir dengan eksotisnya menjadi destinasi wisata yang sudah masuk dalam rencana perjalanan hampir seluruh turis dunia ingin mewujudkannya. Dengan kisah kuno yang masih dapat dilihat sampai sekarang ini Mesir menjelma sebuah pilihan tempat wisata yang banyak sekali diminati yang telah memberikan pengalaman yang tak akan pernah terlupakan seperti pantai yang cantik dan bahkan spot penting untuk scuba diving favorit para penyelam dunia. Yang menjadi menarik perhatian adalah makanan-khas-tradisional-Mesir menjadi destinasi pelengkap dan wajib dicicipi jika terlewatkan traveling anda menjadi kurang karena ini lah wisata penting olahan makanan dan minuman kreasi dari generasi ke generasi yang masih bertahan sampai sekarang bahkan termasuk resep kuno peradabatan manusia ada di negara Mesir. Ini lah makanan khas tradisional Mesir yang wajib masuk dalam rencana wisata kuliner anda dimulai dari sarapan pagi hingga dessert pencuci mulut yang sangat enak yang belum pernah anda rasa

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Jangan Lupakan Oleh-Oleh Khas Mesir Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Oleh-oleh khas Mesir sangat kaya unik dan banyak pilihan, pastikan anda harus membawa pulang ke tanah air sebagai kenang-kenangan untuk anda sendiri bahkan hantaran ke saudara atau teman di kantor. Banyak sekali jenis oleh-oleh khas yang dijual tentu yang akan dipilih paling direkomendasikan dan wajib untuk dibeli supaya tidak salah pilih. Apa yang unik di Mesir itu lah menjadi prioritas, berikut kami sampaikan daftar belanjaan saat anda ingin melengkapi traveling di Mesir tepatnya di kota Kairo sebagai pusat berburu oleh-oleh yang tentu saja harga yang sangat kompetitif dan terbaik. Berikut penjelasannya:

Wisata Alam Bukik Chi Nang Kiek Singkarak Solok Sumatera Barat

Sebuah Bukik atau Bukit Chi Nang Kiek| Chinangkiek| Chinangkiak| Cinangkiek| atau Cinangkiak [tulisan berbeda tetapi maksudnya sama, sebutan lainnya dari lokal penduduk] telah dijadikan sebuah wisata alam baru  dan telah dibuka sekitar 1 bulan setelah lebaran 1438H adalah bernama Wisata-Alam-Bukik-Chi-Nang-Kiek-Singkarak-Solok Sumatera Barat [nama resmi oleh pengelola wisata]. Dengan lokasi wisata dengan alamat di kawasan Jorong Tampunik Singkarak X Koto, Solok, Sumatera Barat 27356. Wisata alternatif ini akan saya tuju menggunakan sepeda motor dengan persiapan yang biasa dibawa yaitu helmet, jacket, jas hujan, dan tas pribadi harus dibawa. Perjalanan ini dimulai pada Jam 09:00 WIB cuaca cukup cerah dari kota Padang, tetapi terlihat diujung sana awan gelap terlihat disekitaran kota Solok. Tetapi tidak menyurutkan untuk melihat apa sih yang ada di puncak Bukik-Chi-Nang-Kiek-Singkarak-Solok ini. Lokasi ini ternyata sudah banyak informasi yang wara wiri di medsos yang kurang puas rasanya

Cara ke Sawahlunto Dari Bandara Minang Kabau Padang Sumatera Barat

Ada beberapa cara ke Sawahlunto dari bandara Minang Kabau Padang Sumatera Barat. Saya mau menjelaskannya cara yang menurut saya dapat disesuaikan dengan kantong alias cara backpacker yang mengutamakan biaya terendah dan maksimal. Cara ini selalu dicari oleh para pelancong untuk mengunjungi kota Sawahlunto yang sudah berbenah diri untuk menyambut pariwisata khususnya pada pertambangan batu baranya. 

Inilah 10 Supermarket Populer di Kuala Lumpur Malaysia

Sangat pentingnya supermarket untuk mencari segala kebutuhan sebagai tempat yang sangat populer bahkan menjadi destinasi belanja dapat anda jumpai di Kuala Lumpur Malaysia. Istilahnya grocery store shopping yang sangat disukai oleh masyarakat disana dengan menghabiskan biaya belanja sampai dengan RM5,700 per tahunnya per orang. Jika dilihat dari jumlah sangat banyak hampir 40 supermarket tersebar di Kuala Lumpur. Tetapi yang sangat disukai oleh konsumen dengan terintegrasinya seluruh supermarket ini dengan website dan bisa melakukan belanja online menjadi populer dengan alasan tidak perlu langsung ke lokasi untuk belanja, tidak berlu antri, bawa barang belanja, tidak perlu bayar langsung ke kasir, tetapi hanya dengan sentuhan klik saja seluruh belanjaan sudah bisa di order. Dengan cara pembayaran bisa langsung cash atau bayar ditempat juga akan mereka berikan fasilitas seperti ini.

Rekomendasi Lokasi Nama Tempat Penukaran Uang Mata Asing Money Changer Singapore

Traveler Indonesia yang akan menghabiskan masa liburan di Singapore harus mengetahui lokasi nama tempat money changer penukaran mata uang asing untuk mendapatkan SGD sebagai alat resmi untuk membayar disana. Lokasi tempat ini sangat dekat dengan pusat keramaian atau bisnis bahkan tempat wisata sehingga anda tidak perlu lagi bingung harus kemana. Tulisan kali ini menjelaskan uraikan dimana lokasi tempat penukaran mata uang asing money changer yang terbaik dan banyak direkomendasikan oleh para penduduk lokal Singapore bahkan traveler Indonesia yang telah pernah mencoba untuk mendapatkan rate terbaik.