Langsung ke konten utama

Hal Penting Harus Diperhatikan Saat Naik Transportasi Darat Antar Negara

Sharing pengalaman untuk sebuah perjalanan menggunakan kendaraan umum bis, MRT, LRT ataupun Monorail di negara yang sudah cukup baik transportasi publik terintegrasi dalam sistim perlu diperhatikan pada saat menunggu hingga sudah menaikinya. Berbeda dengan moda transportasi di beberapa negara lain tentu mempunyai sitim yang hampir sama dengan sedikit perbedaan dengan kebudayaan di negara tujuan. Sebagian traveler backpacker pemula tentu sedikit merepotkan tetapi setelah mencoba akan menjadi kegiatan yang sangat menarik bahkan ngangeni. Daya tarik seperti ini akan menjadikan kegiatan tambahan untuk menuju ke lokasi pariwisata yang telah menjadi tujuan penting untuk menghabiskan cuti liburan. Berikut sharing pengalaman yang harus diperhatikan untuk menaiki seluruh moda transportasi publik yang terintegrasi baik.

Poto oleh: iamsterdam.com

1. Menunggu Pada Shelter Ruang Tunggu.
Apapun jenisnya transportasi yang anda gunakan harus menunggu pada ruang tunggu yang telah disediakan. Anda harus mengikuti peraturan ini agar bisa menikmati perjalanan dengan lancar. Seperti bis di halte bis yang telah disiapkan begitu juga dengan MRT, LRT di shelter yang menjadi ruang tunggu untuk menaiki transportasi publik ini. Setiap perjalanan akan terlihat jadwal kedatangan jadi anda bisa melihat sekitar berapa menit lagi jenis transportasi yang akan anda gunakan tia di stasiun ini. Jadwal kedatangan sudah tertata dengan baik tetapi perbedaan akan terlihat pada saat weekdays dan weekend. Harus cermati perubahan jadwal ini supaya jadwal keberangkatan anda tepat waktu dan bisa cepat sampai ke tujuan akhir.

2. Bayar Pada Saat Sebelum Naik.
Sebelum menaiki harus membayar itulah sistem yang diterapkan dan anda harus mengikutinya. Sistem pembayarannya cashless berbentuk kartu yang harus anda beli di counter tertentu sebelum melaksanakan perjalanan menggunakan transportasi publik yang telah rapi sistemnya. Pembayaran secara cash atau tunai tidak dilakukan untuk menerapkan kerapihan dan kepraktisan dalam proses pencatatan. Jumlah biaya pembayarannya tergantung dari jarak dan khusus untuk turis akan diberikan potongan harga tertentu jika menggunakan kartu khusus menaiki moda transportasi publik.

3. Perhatikan Destinasi Pemberhentian Anda.
Setelah anda menaiki transportasi publik ini akan terlihat layar menjelaskan stasiun pemberhentian berikutnya. Pastikan anda melihat tempat pemberhentian tujuan anda supaya biaya yang akan anda bayar tidak melebihi budget yang telah ditetapkan. Pada saat naik anda telah taping kartu anda di mesin pintu masuk pada saat keluar anda juga melakukan taping agar jumlah biaya transportasi anda bisa terpotong secara otomatis.

4. Budaya Antri Saat Naik Dan Turun.
Di negara tujuan budaya antri ini sudah menjadi kebiasaan yang sangat baik sehingga tercipta keteraturan dan kenyamanan untuk menggunakan transportasi publik ini. Jadi, anda harus mengikuti aturan yang sudah menjadi kebiasaan di negara tujuan agar anda tidak menjadi bulan-bulanan bagi penduduk lokal dan merusak citra diri anda sendiri. Seperti di negara Jepang dan Eropa sudah sangat menghargai budaya antri untuk setiap lini kehidupan mereka.

5. Budaya Dilarang Berbicara.
Maksud dilarang berbicara disini adalah mendiamkaan posisi ponsel anda pada saat berada di transportasi publik. Jadi pastikan seluruh ponsel anda telah di silent kan pada saat menaiki transportasi umum agar lingkungan sekitar anda tidak terganggu dengan kehadiran anda disana.

6. Busana Sopan.
Menggunakan pakaian yang sopan sangat dianjurkan pada saat anda menggunakan kendaraan umum. Kondisi setiap jenis transportasi sangat berbeda, jadi anda bisa menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tujuan akhir. Biasanya menggunakan transportasi publik yang cukup jauh butuh pakaian yang agak tertutup karena di negara tujuan karena gerak anda akan terbatas butuh pakaian yang bisa menyesuaikan keterbatasan gerak. Tidak menyebabkan gerah atau cepat berkeringat. Pilih pakaian tang standar dipakai sehari-hari yang tidak akan menyiksa anda karena ketidaknyamanan di perjalanan. Tentu harus disesuaikan dengan keadaan suhu sangat penting, apabila rute perjalana jauh anda tidak tersiksa dengan ketinginan: begitu juga sebaliknya.

7. Ruang Penyimpanan Terbatas.
Ibaratnya sebuah transportasi publik yang wara-wiri di perkotaan mempunyai kapasitas simpan hanya terbatas. Peruntukannya hanya sebagai alat angkut masyarakat untuk penumpang bukan barang. Jadi, apabila anda membawa barang hanya seperlunya saja, jika banyak akan menganggu penduduk lokal yang menggunakan transportasi ini untuk aktifitas. Untuk membawa barang perhatikan jadwal yang tepat agar perjalanan masih tetap nyaman bagi semua, memilih barang yang penting tentu akan menjadi prioritas. Barang yang besar tidak direkomendasikan apabila hanya untuk akan bepergian menggunakan pesawat untuk penerbangan berikutnya pilih transportasi yang paling banyak digunakan oleh traveler seperti bis bandara ataupun MRT.

KHUSUS PERJALANAN JAUH LINTAS NEGARA

8. Alat Bantu Tidur.
Jika anda menggunakan transportasi lintas negara tentu harus memiliki alat bantu tidur yang bisa anda gunakan untuk membantu tubuh tetap nyaman selama perjalanan jauh. Waktu yang cukup panjang bahkan samai 27 jam diatas bis maka anda butuh alat bantu untuk tetap bisa duduk dengan nyaman seperti bantal leher, kaos kaki, syal untuk membantu tubuh tetap hangat, serta baju agak tebal jika diperlukan.

9. Bawa Perlengkapan Praktis Lainnya.
Perlengkapan umum yang sering dibutuhkan selama perjalanan lintas negara ya seperti tisu basah dan fasilitas toilet yang dibutuhkan pada saat bersih diri. Traveler backpacker harus memperhatikan kebersihan agar anda tetap sehat dan terbebas dari penyakit menular dari negara tujuan. 

10. Persiapkan Snack Dan Minuman.
Kedua item ini sangat diperlukan oleh traveler selama melakukan perjalanan jauh. Digunakan untuk tetap dalam kondisi tidak lapar dan tidak dehidrasi. Kondisi tubuh akan selalu merespon setiap bentuk kegiatan yang dilakukan oleh traveler jadi harus diberi asupan makanan yang tetap bergizi serta menyehatkan seperti asupan susu dan cokelat sebagai modal baik untuk meningkatkan stamina tetap prima. 

11. Mengusir Kebosanan Traveling.
Melakukan perjalanan jauh tentu anda akan terasa bosan di dalam bis dengan waktu yang cukup lama. Untuk meminimalisir kebosanan ini ada beberapa kegiatan lain yang bisa anda lakukan yaitu maksimalkan gadgetmu untuk kegiatan bermanfaat pastinya dilengkapi dengan powebank yang cukup untuk membantu smartphone mu tetap stand by. Jika anda menyukai baca buku bawa beberapa buku yang bisa anda baca selama perjalanan hingga mendengarkan musik. Maksimalkan aktifitasmu tidak hanya tidur saja bisa juga bermafaat seperti anda mempunyai blog bisa membuat sedikit coretan yang dituangkan dalam tulisan nanti.

12. Enjoy Your Trip.
Menikmati perjalanan salah satu cara untuk mengusir kejenuhan dengan melihat pemandangan yang tidak ada di negeri sendiri. Pesona liburan yang menghiasi jendela bis ini sebagai cara anda melakukan liburan ini dengan keunikan alam yang ada di negeri luar. Biasanya para backpacker akan selalu menggunakan bis ini untuk menuju ke negara lain yang bisa anda manfaatkan untuk saling tukar informasi atau sharing pengalaman. Jadi enjoy the trip adalah cara untuk menghilangkan kepenatan selama di perjalanan.

13. Waspada Terhadap Lingkungan.
Memang ini kudu harus diperhatikan terhadap lingkungan terhadap diri dan barang bawaan anda. Seluruh transportasi apa saja selalu waspada dengan keamanan yang tidak dapat diprediksi. Usahakan barang bawaan anda tidak terlalu mencolok dengan barang-barang berharga, jangan membawa asesoris yang mengundang tindak kriminal serta simpan barang berharga di tas yang mempunyai tingkat keamanan yang cukup tinggi dan tetap dalam pengawasan anda.

Demikianlah sedikit tips bagi anda yang ingin menggunakan transportasi darat yang ada di negeri tujuan dapat mencerahkan dan menambah pengetahuan anda pada saat traveling nanti. Transportasi ini bisa di dalam negara tersebut atau lintas batas negara. Setiap budaya dan cara di setiap negara berbeda-beda yang penting anda harus mengetahui agar anda tidak salah melangkah. Semoga bermanfaat.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Tempat Menarik Di Kuala Lumpur Malaysia Waktu Malam

Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia tempat menarik di waktu malam saat menghabiskan waktu liburan disana di musim cuti yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Keramaian kota yang tentu mempersona mata dengan warna-warni kerlipan lampu yang sangat fenomenal ini tentu tidak akan pernah jemu untuk memandang. Semua kegiatan di tempat yang menarik di waktu malam tentu saja berbeda di waktu siang hari dimana aktifitas para turis dari seluruh dunia yang telah memilih KL sebagai destinasi wisata mereka tentu punya kelebihan tersendiri. Jadi pilihan yang boleh anda lakukan di KL pada waktu malam dengan beberapa tempat menarik untuk dikunjungi sembari anda ingin menikwati waktu malam terakhir disana sebelum pulang kembali ke tanah air, berikut penjelasan lengkapnya.

Wisata Penggila Shopping Belanja Vietnam Murah Pasti Mengenal Tempat Ini: Segera Kunjungi Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Wisata belanja penggila shopping di Vietnam pasti mengenal tempat ini dan pastinya harus dikunjungi sebelum pulang kembali ke tanah air. Dengan pilihan yang akan selalu dimasukan ke itinerary perjalanan nanti setelah menikmati seluruh tempat wisata penting ini menjadi acara yang sangat diminati disaat mencari oleh-oleh dan suvenir hingga kebutuhan fashion semuanya ada. Pada tulisan ini pastinya jika anda berada di zona yang sangat dekat dengan tempat wisata shopping ini segera kunjungi, untuk masalah harga masih relatif terjangkau dan pastinya untuk motif dan kualitas dapat diadu dengan produk ternama. Apa saja nama tempat wisata shopping belanja di Vietnam yang kami masud dan anda harus pilih nama yang mana sangat dekat dari lokasi penginapan selama melakukan perjalanan wisata ke Vietnam, berikut penjelasan lengkapnya:

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.