Langsung ke konten utama

Makanan Khas Tradisional Mesir Wajib Masuk Dalam Wisata Kuliner Anda Kesukaan Traveler Dunia

Pesona negara Mesir dengan eksotisnya menjadi destinasi wisata yang sudah masuk dalam rencana perjalanan hampir seluruh turis dunia ingin mewujudkannya. Dengan kisah kuno yang masih dapat dilihat sampai sekarang ini Mesir menjelma sebuah pilihan tempat wisata yang banyak sekali diminati yang telah memberikan pengalaman yang tak akan pernah terlupakan seperti pantai yang cantik dan bahkan spot penting untuk scuba diving favorit para penyelam dunia. Yang menjadi menarik perhatian adalah makanan-khas-tradisional-Mesir menjadi destinasi pelengkap dan wajib dicicipi jika terlewatkan traveling anda menjadi kurang karena ini lah wisata penting olahan makanan dan minuman kreasi dari generasi ke generasi yang masih bertahan sampai sekarang bahkan termasuk resep kuno peradabatan manusia ada di negara Mesir. Ini lah makanan khas tradisional Mesir yang wajib masuk dalam rencana wisata kuliner anda dimulai dari sarapan pagi hingga dessert pencuci mulut yang sangat enak yang belum pernah anda rasakan sebelum:

#1. FUL MEDAMMES.
Poto credit: souschef.co.uk

Ini lah nama sarapan yang sangat umum dikonsumsi orang penduduk lokal Mesir namanya Ful Medammes. Makanan khas Mesir ini terbuat dari kacang fava yang dimasak dengan garam. Kacang fava mirip dengan kacang polong ini dengan proses memasaknya direndam semalaman dan dimasak di atas kompor dengan api kecil. Saat berada di Mesir anda sangat mudah menemukan jenis sarapan ini sebagai makanan populer disana. Dengan proses pembuatan yang cukup panjang ini saat penyajiannya dapat ditambahkan telur, roti pita, keju seperti menu Ta'Meya. Bahkan ada juga sarapan dengan tema sandwitch juga cocok dan lezat. Karena mengandung unsur karbohidrat, ion penting, rendah lemak terkandung dalam menu ini sangat baik sebagai bekal untuk melakukan aktifitas di pagi hari. 

#2. FALAFEL atau TA'MEYA.
Poto credit: owayfarer.wordpress.com

Makanan khas Mesir dengan resep tradisional ini juga termasuk menu sarapan pagi yang cukup sehat dengan rincian adanya telur, pita breat, dan keju. Resep tradisional Falafel ini terbuat dari kacang panjang atau buncis tetapi penduduk lokal menyebutnya Ta'meya yang terbuat dari kacang fava. Kacang fava ini di rendam semalaman agar menjadi lembut kemudian dihancurkan menggunakan blender. Kemudian bumbu tambahan lainnya menyatu dengan bahan utama adalah cincangan celantro, parsley, bawang putih, bawang, dan daun bawang yang memberikan aroma segar dan harum masakan. Bumbu penting juga harus ditambahkan seperti: jinten, ketumbar, cayene, garam, merica, dan tambahan kaca fava yang telah di blender serta tepung sebagai penguat. Dibentuk bundar dan kemudian di goreng. Makanan ini sangat populer sekali di Mesir dan harus anda coba.

#3. KOSHARI.
Poto credit: lifevegans.com

Termasuk resep makanan khas tradisional Mesir yang tersedia di beberapa tempat seperti restoran dan street food. Tempat penjualanan di street food  seperti booth atau gerobak dari penduduk lokal, jadi pastinya harganya lebih terjangkau jika anda membeli di restoran. Saat disajikan pastinya ada nasi, makaroni, lentil, sayur kacang, dan ditambah dengan bawang goreng, saus merah, dan beberapa tambahan lainnya. Jadi saat anda menyantapnya akan terasa beberapa gabungan rasa gurih dan unik. Jika ada seorang vegetarian ini lah menu yang sangat direkomendasikan untuk disantap saat di Mesir. 

#4. MAHSHI.
Poto credit: alltop10.org

Jika anda seorang vegetarian menu Mahshi ini sebagai rekomendasi terbaik untuk wisata kuliner yang harus anda coba. Bahan dasar sayuran pilihan yang ada di Mesir ini tentu jumlah macam ragam cukup banyak seperti zucchini, terong, paprika, tomat, sayur kol, dan daun grapevine. Saat penyajian tentu saja terdiri dari nasi, dan beberapa bumbu herbal masakan seperti parsley, cilantro, dill. Tidak lupa tomat yang telah diberi bumbu ditambah sedikit kayu manis. Mempertinggi rasa ada juga menu dasar yang ada ini ditambahkan dengan beberapa potongan daging dan pastinya rasa menjadi lebih gurih dan menggugah selera.


Baca juga:

#5. SHAWARMA.
Poto credit: unileverfoodsolutions.eg

Menu makanan yang pasti menjadi rekomendasi untuk dicicipi adalah Shawarma. Menurut sejarahnya makanan ini berasal dari gyros Yunani yang cukup terkenal ini menjadi khas di Mesir. Untuk selera pilihan dapat disesuaikan selera yaitu daging ayam atau lainnya, dimana proses pembuatannya direndam dengan rempah-rempah khas Timur Tengah dan memasak sampai hancur seperti lemak yang mencair diatas pembakaran. Daging yang dimasak tersebut akan masak sempurna dengan bagian luar yang sangat lezat untuk digigit dan rasanya sangat unik. Tipe makanan yang sangat khas dari Mesir ini disajikan bersama tahini dan dengan saus tomaya {saus bawang merah}. Jika anda ingin mendapatkan makanan yang cepat tersajikan Shawarma salah satu menu yang sangat direkomendasikan dan pastinya mirip fast food yang banyak dijual di kaki lima di kota Mesir.

#6. MACARONI BECHAMEL.
Poto credit: palatablepastime.com

Makanan yang khas lainnya di kota Mesir yaitu bernama Makaroni Béchamel sebagai kenyamanan untuk menikmati makanan. Inilah lagsagna versi Mesir atau makaroni dengan keju. Pastinya adanya mi rigatomi dengan tambahan daging cincang yang ditambahkan dengan saus tomat tetapi ada saus unik lainnya yang ditambahkan di meni ini. Jadi anda yang ingin pilihan lain makanan khas lainnya menu ini patut anda coba saat berada di sana.

#7. MOLOKHIA.
Poto credit: homeisakitchen.com

Jenis hidangan yang ada di Mesir termasuk dalam zona tradisional ini lah rekomendasinya yaitu Molokhia. Menu yang dipersiapan dari rebusan beberapa daun hijau yang dipotong sesuai dengan ukurannya ini juga ditambahkan dengan daging ayam, kaldu sapi, bahkan sea food ini bercampur dengan bumbu yang cukup lengkap ini menjadi hidangan yang sangat lezat. Saat disantap pastinya ditambah dengan roti atau nasi sesuai dengan selera. Setiap penyajiannya di beberapa wilayah ada perbedaan itulah yang menjadi keunikan yang harus anda coba seperti di pesisir banyak menggunakan sea food, dan wilayah yang jauh dari pesisir diganti dengan daging ayam, daging sapi, bahkan daging kambing. Traveler menyebutnya hidangan yang sangat sehat dan banyak sekali mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh cocok sekali bagi anda yang ingin melanjutkan perjalanan estafet ke negara terdekat.

#8. FATTAH.
Poto credit: kitchenani.com

Hidangan yang selalu ada di perayaan besar di kota Mesir kuno sampai sekarang masih ada dan wajib anda coba. Termasuk makanan khas Mesir juga menjadi hidangan terhormat di perayaan besar seperti Idul Fitri dan Idul Adha sebagai hidangan yang disantap bersama-sama pastinya mempunyai keistimewaan. Memang benar, saat disajikan disantap bersama dengan roti yang renyah krispi, nasi, daging, dan saus khusus yang terbuat dari tomat dan cuka. Untuk waktu tertentu penggantian daging ini dapat disesuaikan dengan selera apakah daging ayam atau daging kambing. Mungkin anda pernah berkunjung ke Lebanon penyajiannya menggunakan alat pemanggang ayam dengan tomaya. Sepintas terlihat sangat sederhana tetapi rasa yang lezat pastinya anda tidak akan kecewa untuk mencicipi saat berada di kota Mesir.

#9. FESEEKH.
Poto credit: egyptianstreets.com

Makanan yang sangat disenangi dan disukai oleh penduduk lakal Mesir bernama Feseekh. Terbuat dari fermentasi ikan dimana ikan tersebut menjadi kering di bawah sinar matahari dan kemudian direndam di air garam selama satu bulan. Sangat populer sekali makanan yang ada di musim panas, saat penyajiaanya Feseekh merupakan makanan utama dan disajikan dengan tambahan lain seperti potongan ikan di salat serta roti pita. Memang sebagian traveler menyebutnya makanan uji nyali tetapi jika anda mempunyai keberanian untuk menyantapnya saat berada di kota Mesir harus mencobanya.

Baca juga:
Jangan Lupakan Oleh-Oleh Khas Mesir Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

#10. ROZ BEL LABAN.
Poto credit: geniuskitchen.com

Merupakan dessert khas Mesir yang harus anda coba disaat makanan berat yang telah disantap diakhiri dengan hidangan pencuci mulut yang lezat. Roz Bel Laban berarti beras dengan susu versi dari kota Mesir yaitu berbentuk puding. Jika anda penggemar puding dari beras yang dimasak bersama dengan susu saat disajikan ditambahkan dengan krim dan toping potongan pistachio. Walaupun terlihat sangat sederhana tetapi anda tidak akan pernah melupakanan betapa enaknya hidangan ini.

#11. UMM ALI.
Poto credit: thespruceeats.com

Hidangan yang sudah ada sejak abad ke 13 ini bernama Umm Ali berarti hidangan dari Ibu Ali. Sangat melegenda sekali disaat istri dari Sultan Ezz El Din Aybak membuat hidangan ini saat berada di perayaan dan dibagikan ke penduduk. Sejak hidangan ini dibuat dan disantap bersama-sama maka nama sajian tersebut menjadi Umm Ali. Jenis makanan penutup atau dessert yang disantap bersama dengan roti sejenis puff pastry ini dengan susu, gula ya mirip versi puding roti Mesir. Diatasnya ditambahkan dengan kismis, kacang-kacangan, dn irisan daging kelapa. Sangat lezat sekali dan anda harus mencoba saat berada di kota Mesir.

#12. KONAFA.
Poto credit: arabacademy.com

Ingin merasakan hidangan manis khas dari Mesir cobalah Konafa, yang bentuk potongan yang diparut dan diisi dengan jenis krim atau keju, kemudian dipanggang saat disajikan ditambahkan dengan sirup. Hidangan ini memang banyak ditemukan saat bulan suci Ramadhan ini dengan rasa yang sangat lezat dan harus anda coba. Jika anda telah mencoba manisan khas Mesir dan cocok sekali saat waktu senggang kudapan yang wajib ini harus disisipi saat menikmati kota Mesir kuno yang masih harus anda datangi sesuai dengan itinerary perjalanan yang telah disiapkan.



#13. SAHLAB.
Poto credit: pinterest.com/pin/365073113516542187/

Jika anda ingin mencoba minuman hangat rasanya manis di Mesir cobalah Sahlab. Sangat lezat dan pastinya di suasana dingin menghangatkan tubuh. Sahlab terbuat dari susu panas yang ditambahkan bubuk akar anggrek murni yang memberikan rasa yang cukup kuat. Tetapi saat sekarang ini telah tersedia dalam bentuk sachet yang tentu lebih praktis dan istant untuk dibuat dengan berbagai varian rasa seperti vanila, manis gula, atau rasa kayu manis. Bahkan ada penjual menambahkan beberapa toping tambahan seperti potongan pisang atau buah stroberi. Ada juga versi yang sangat tradisional yang juga direkomendasikan untuk dicoba yaitu Sahlab dengan kayu manis, parutan kelapa, potongan pistachio, bahkan ada tambahan kismis. Hampir seluruh tema seperti ini sangat lezat dan mempunyai rasa yang sangat unik dan harus anda coba saat berada di Mesir.

Baca juga:

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Wisata Bangunan Bersejarah Di Singapura Terkenal Harus Anda Kunjungi Sekarang Juga

Bangunan bersejarah di Singapura sudah masuk dalam daftar perjalanan tempat wisata penting yang disukai oleh turis seluruh dunia termasuk Indonesia. Tidak hanyak surga belanja saja tetapi surga tempat melihat bangunan kuno dan sangat bersejarah bagi perkembangan negara Singapore ini tentu menjadi daya tarik tambahan selama anda menghabiskan waktu cuti liburan nanti. Tunggu apa lagi, sekarang ini anda sudah mempersiapkan diri untuk searching tiket pesawat murah agar perjalanan liburan nanti bisa menambah wisata bangunan bersejarah di Singapura masuk dalam itinerary perjalanan nanti, ada beberapa lokasi paling penting untuk sejarah Singapore berikut penjelasannya:

Tempat Menarik Di Kuala Lumpur Malaysia Waktu Malam

Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia tempat menarik di waktu malam saat menghabiskan waktu liburan disana di musim cuti yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Keramaian kota yang tentu mempersona mata dengan warna-warni kerlipan lampu yang sangat fenomenal ini tentu tidak akan pernah jemu untuk memandang. Semua kegiatan di tempat yang menarik di waktu malam tentu saja berbeda di waktu siang hari dimana aktifitas para turis dari seluruh dunia yang telah memilih KL sebagai destinasi wisata mereka tentu punya kelebihan tersendiri. Jadi pilihan yang boleh anda lakukan di KL pada waktu malam dengan beberapa tempat menarik untuk dikunjungi sembari anda ingin menikwati waktu malam terakhir disana sebelum pulang kembali ke tanah air, berikut penjelasan lengkapnya.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.