Langsung ke konten utama

Pasar Khan El Khalili Kairo Mesir: Destinasi Wisata Belanja Terbesar Wajib Dikunjungi Mencari Semua Kebutuhan Oleh-Oleh Ada Disini

Poto credit: dissolve.com

Siapa yang tidak mengenal pasar El Khalili Mesir lokasinya terletak di Islamic Distric di kota Kairo. Sebagian menyebutnya sebagai tempat pasar terbuka tertua yang ada di Timur Tengah dan harus wajib dikunjungi oleh turis seluruh dunia untuk mencari segala kebutuhan oleh-oleh ada di tempat ini. Ketika orang berfikir mengenai negara Mesir sudah tentu pasti menjurus kepada peninggalan bersejarah seperti piramid, mummi, sphinx, dan lain sebagainya. Nah Pasar El Khalili ini merupakan fakta yang masuk di dalamnya. Banyak sekali penduduk lokal dan turis mengunjungi tempat ini untuk berbagai tujuan, tapi khusus anda seorang turis tentu pasti ada perbedaan dengan penduduk lokal yang telah setiap hari datang kesana sudah mengetahui semua hal yang harus diketahui agar kenyamanan selama belanja dapat dirasakan. Nah, di tulisan ini anda mendapatkan semua informasi tersebut.

SEKILAS SEJARAH PASAR KHAN EL KHALILI.
Lokasi pasar yang terletak di Islam Distric di Kairo ini, Kan El Khalili awal sejara dibangun untuk melayani makan dari Keluarga Kerajaan Fatumiyyah saat itu bagian dari Great Eastern Fatimiyyah Palance yang dibangun sejak 970 CE. Sekitar abad ke 14 sejak Sultan Mamluk I memerintah Negara Mesir ini telah dirusak tetapi lokasi ini tetap berjalan sebagai pusat perdagangan dan beberapa infrastruktur bangunan komersial juga dibangun.  

Sekarang ini pasar ini sudah ditempati banyak sekali penduduk lokal Mesir dan juga beberapa merchan dari luar negeri serta beberapa toko yang menjual bermacam-macam barang yang tersedia untuk dijual kepada seluruh turis dan penduduk lokal. Jenis barang memang cukup banyak dimulai dari suvenir, barang antik, perhiasan, dan beberapa tempat pembuatan barang-barang etnik juga ada yang langsung terhubung dengan beberapa pusat penjualan perhiasana emas. Tidak hanya itu saja, beberapa spot nongkrong sejenis cafe sudah mulai ditemukan dan diikuti dengan jajajan street food yang menggugah selera selama anda berada disana juga banyak pilihan. Jika anda ingin mencoba kopi arab dan shisha sebagai pelengkap menikmati suasana sangat direkomendasikan. Untuk melengkapi ibadah juga sangat dekat dengan pasar ini dan Universitas Al-Azhar juga begitu.

Jika anda turis yang menggunakan tour agency pasar Khan El Khalili ini termasuk dalam acara yang harus didatangi khusus paket perjalanan yang anda ambil beberapa hari untuk melakukan eksplor semua tempat wisata di Mesir, karena pentingnya pasar ini untuk pariwisata di Mesir sangat tinggi karena banyak sekali spot terbaik mencari semua kebutuhan turis untuk mencari olhe-oleh dengan harga terjangkau memang di pasar ini lah tempatnya. 



Pasar yang paling pertama dibangun oleh El Khalili telah dihancurkan dan kemudian dibangun kembali di tahun 1511. Pusat perdagangan ini langsung dibangun cukup lengkap dan besar-besara sehingga jalan yang menghubungkan seluruh kios sangat mudah aksesnya. Masih ada penjualan barang mewah di sekitarnya tetapi anda jangan khawatir dengan beberapa barang lain yang segera memberikan pilihan semua kebutuhan anda sudah mulai masuk dalam daftar belanjaan.

KONDISI PASAR EL KHALILI SEKARANG.
Zaman telah berubah berarti kondisi pasar juga mengikuti selera turis, saat sekarang ini sudah banyak tersedia jenis barang dengan jumlah yang lebih bervariasi dimulai dari pakaian, bumbu-bumbu, perhiasan tradisional dan pastinya parfum. Semua pilihan barang ini tentu saja mempunyai kualitas yang sangat tinggi karena telah mendapat pengakuan dari turis seluruh dunia maka pasar ini tetap berdiri kuat sampai sekarang karena tetap menjaga semua aspek kualitas. Pasar yang cukup banyak menjadi rekomendasi bagi para turis untuk mencari semua kebutuhan ini dengan kualitas pakaian yang cukup tinggi, bahkan ada kain tertentu dan barang etnik yang sangat tinggi estetikanya langsung dibuat oleh seniman lokal yang berbakat dan banyak diburu oleh turis dunia karena hasil karya yang mencerminkan budaya Mesir kuno.

MENGGILA SEHARIAN DI PASAR EL KHALILI MESIR.
Apabila anda fokus untuk satu hari penuh mengelilingi semua spot pasar ini tentu sangat direkomendasikan karena tempat terbaik untuk melihat semua keunikan Mesir dimulai dari kebiasaan penduduk disana, hingga produk yang sangat unik etnik. Kebudayaan Mesir kuni dapat terlihat dari pasar ini yang telah berabad ini. Untuk menikmati seluruhnya tentu saja anda tidak lupa nongkrong di cafe yang banyak tersebar di jalan utama untuk menikmati kopi arab, shisha, dan beberapa minuman yang unik dari Mesir juga perlu dicoba. Bahkan ada Coffee Shop telah ada sejak tahun 1773 merupakan tempat minum kopi tertua di Mesir yang fenomenal bagi turis dunia untuk menikmati suasana asli ada di tempat ini.

Baca juga:

KHAN EL KHALILI SOUK.
Menjadi perhatian khusus adlah saat anda memasuki pasar lain di Kairo yang disebut dengan Souk dalam bahasa Arab yang merupakan tempat kerajinan tradisional Mesir dan membelinya dengan proses tawar menawar dengan penjual penduduk lokal. Tradisi saat bertemunya penjual dan pembeli adalah melakukan proses tawar menawar diantara mereka sudah sejak lama dilakukan. Banak sekali turis menyukai proses seperti ini karena akan memperoleh harga jauh lebih hemat dan pastinya uang yang anda hemat tidak sedikit jumlahnya. Tapi jika anda mempunyai keahlian untuk melakukannya maka pengalaman yang sangat menyenangkan sudah tentu pasti akan anda dapatkan seketika menjadi sebuah pelajaran dikenang sepanjang masa saat anda dapat menaklukan penjual dengan harga yang anda inginkan.

Keuntungan lain saat anda melakukan proses ini adalah secara tidak langsung anda dapat mengenal karakter penduduk lokal Mesir dan bertemu dengan teman baru jika anda dapat menemukan penjual yang sangat ramah dengan turis. Bangun networking yang baik siapa tau anda membutuhkan barang mereka di kemudian hari dengan jumlah banyak dan dapat dilakukan kerjasama penjualan tentu sangat menarik. Jangan lewatkan karena siapa tau kesempatan seperti ini bisa saja anda rasakan disaat membangun bisnis di pembelian barang Mesir kuni re-seller kembali di tanah air.

TIPS PENTING SAAT ANDA BELANJA DI PASAR KHAN EL KHALILI.
Apabila anda berencan melakukan traveling ke Mesir di masa yang akan datang pastikan anda mengunjungi pasar Khan El Khalili sebagai destinasi penting untuk mencari oleh-oleh dan menikmati suasana bagaimana kebiasaan penduduk lokal dalam berinteraksi. Konsep pasar terbuka ini sudah mempunyai umur berabad-abad dan anda dapat menemukan hampir semua kebutuhan penting wisata ada di tempat ini dimulai dari retail dan grosir, terutama anda yang ingin mencari suvenir denganharga murah dan beli dengan jumlah banyak sudah tentu pasti akan mendapatkan harga yang sangat pantas dari penjual. Sebelum anda melakukan itu semua ada beberapa tips yang harus anda ketahui sebelum datang kesana supaya zona nyaman belanja dapat anda dapatkan.

1. Lakukan Proses Tawar Menawar 
Siapkan diri untuk melakukan proses tawar menawar, setiap ada yang menarik untuk dibeli pastikan proses in tetap dilakukan. Untuk mendapatkan harga yang baik pastinya cara ini sangat banyak dilakukan karena saat penjual memberikan harga awal mereka inginkan pembeli akan menawarkan harga yang akan pembeli inginkan. Apabila anda mempunyai attitude dan senyum yang ramah di wajah dan selipkan rasa humor yang akan memberikan nilai positif. Mulai tawar dibawah harga yang disebutkan oleh penjual maksimal 30%-40%, dan jangak khawatir anda akan pergi dulu dan akan singgah kembali ke penjual di saat anda telah mendapatkan harga terbaik setelah komparasi harga dari beberapa penjual dengan menjual barang yang sejenis.

#2. Bawa Uang Tunai.
Banyak sekali toko yang ada di Pasar El Khalili menjual barang kerajinan dari penduduk lokal Mesir menerima pembayaran dengan uang tunai tetapi masih ada juga menerima kartu. Kebanyakan dari penjual menerima uang tunai saat proses pembayaran setiap barang yang disepakati untuk dilakukan tansaksi. Jika anda membayarnya dengan Mesir Pound sangat direkomendasikan karena lebih hemat karena harga akan berdekatan dengan Dolar atau Euro. Untuk penjual ada juga menerima pembayaran mata uang asing sesuai dengan kesepatakan dari penjual dan pembeli.

#3. Pilih Toko Memang Barang Yang Anda Cari.
Apabila anda mencari barang yang memang telah dapatkan motifnya pastikan toko yang akan dimasuki sudah pasti anda akan membeli. Penjual akan menjelaskan barang yang anda beli serta beberapa rekomendasi barang yang sejenis dengan kualitas yang sama. Karena etika seperti ini setelah anda berjalan melihat benda yang menjadi topik pembelian sebaiknya anda mencoba untuk melihat lebih dalam tetapi jangan hanya browsing saja di luar toko mereka agar kenyamanan selama belanja dapat anda dapatkan saat itu juga.

#4. Hati-Hati Barang Lokal Buatan Cina.
Dengan fenomena banyak sekali barang tiruan yang dibuat di Cina cukup marak membuat barang unik dan otentik agak sedikit sulit dibedakan. Tetapi anda jangan khawatir, jika anda berada di lokasi langsung berada di tempat pembuatan langsung sudah dipastikan barang tersebut asli dan pastinya harganya akan berbeda dengan barang buatan Cina. Untuk mendapatkan keotentikan barang asli Mesir sudah ada sejak peradaban kuno ini masih bertahan sampai sekarang dan pastinya anda akan mencari yang asli bukan palsu.

#5. Jika Naik Taksi Dari Pasar Agak Sedikit Menjauh Dari Lokasi.
Memang hampir semua tempat wisata disaat para turis sudah membawa barang belanja langsung naik taksi harganya agak sedikit berbeda. Jika anda ingin menggunakan taksi sebaiknya agak sedikit menjauh dari lokasi dan gunakan. Tentu masalah harga tetap diprioritaskan agar harga yang anda dapatkan sesuai dengan kalkulasi. Sedikit jauh dari area pasar sangat direkomendasikan karena penghematan dapat anda dapatkan.

#6. Coba Nongkrong Di Coffee Shop Nikamti Suasana.
Saat anda berada di Pasar El Khalili dan berada di dalam pasar sempatkan waktu menikmati suasana nongkrong di salah satu coffee shop saat waktu istirahat stelah shoppinh. Kenapa demikian, tentu saja anda harus melibatkan diri mengetahui bagaimana budaya atau tradisi Mesir saat menikmati waktu senggan dengan secangkir kopi Arab jika anda mempunyai nyali soba juga Shisha. Sebenarnya tidak hanya kopi saja ada beberapa minuman yang mereka sajikan juga dapat dicoba saat momen ada di Mesir menjadi pengalaman berharga yang akan anda kenang sepanjang masa.

#7. Pastikan Anda Tahu Posisi Paling Disenangi.
Apabila anda ingin langsung mencari barang yang akan menjadi target pilihan posisikan diri berada di area yang tepat misalnya anda ingin mencari area rempah-rempah, suvenir, parfum, dan lain sebagainya agar waktu yang sangat berharga ini jangan terlalu habis begitu saja supaya itinerary perjalanan yang telah anda buat dapat semuanya terpenuhi. Posisikan tempat yang paling disenangi dan gali semua barang yang akan anda beli supaya keinginan yang selama ini menjadi impian anda berada di Pasar El Khalili ini menjadi kenyataan.



#8. Rencanakan Juga Melihat Karnaval Atau Acara Budaya Mesir.
Apabila anda mempunyai waktu yang cukup banyak di Mesir dan pastikan melihat karnaval atau acara budaya Mesir saat anda berada di waktu yang tepat acara itu berlangsung. Seperti karnaval yang ada di Jalan Muizz, tarian Tannoura berada di Wekalet El-Ghouri Hussein. Jadi ada agenda lain selain mengunjungi pasar terkenal ini dan anda mempunyai kesempatan untuk melihat budaya lokal Mesir serta beberapa acara lainnya yang masih ada sampai sekarang.

#9. Makan di Restoran Farahat.
Masih dekat dari Pasar Khan El Khalili yaitu restoran Farahat. Banyak turis mencoba cicipi sajian yang sangat fenomenal yaitu haman mahshy yaitu merpati yang direbus. Memang banyak penjual yang menyajikan menu ini tetapi di restoran ini yang paling juara.

#10. Siapkan Waktu Cukup Selama Berkunjung Ke Pasar.
Memang untuk berapa lama anda menghabiskan waktu di pasar ini sesuaikan dengan kapasitas anda ingin menikmatinya. Banyak sekali barang-barang cantik dengan budaya Mesir kuno masih terlihat dengan jelas sudah jelas pasti anda ingin meneliti sampai ke sudut pasar sekalipun. Apapun alasannya pastikan waktu yang cukup agar semua rencana perjalanan lainnya tetap sesuai dengan itinerary traveling yang dipersiapkan.

Baca juga:

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Keuntungan Kerugian Pesawat Mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP]

Pada saat sekarang sudah ada penerbangan yang mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP] tidak hanya di Cengkareng Soekarno Hatta saja menjadi destinasi utama. Beberapa penerbangan yang mendarat di HLP ini dimasukan kedalam destinasi lain untuk sampai ke kota Jakarta dengan mengurangi penerbangan yang cukup sibuk di Soekarno Hatta yang telah melayani take-off dan landing dengan jarak waktu yang cukup sempit. Nah, dipilihnya Halim Perdana Kusuma untuk mengurangi kesibukan dari lokasi Cengkareng Soekarno Hatta tersebut sudah benar adanya. Ada sebagian orang yang sudah terbiasa dengan Cengkareng Soekarno-Hatta untuk menjadi destinasi mendaratnya pesawat dengan beberapa fasilitas penghubung antara terminal dan konektifitas antara bandara dengan kota Jakarta sedikit agak enggan memilih Bandara Halim Perdana Kusuma. Ada sebagian berpendapat nanti bagaimana setelah sampai disana, terus bagaimana sampai ke kota Jakarta menggunakan akses transportasi seperti apa. Mungkin masih banyak lagi.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.