Langsung ke konten utama

Makanan Khas Lezat Halal Populer Istambul Turki

Makanan-Khas-Lezat-Halal-Populer-Istambul-Turki. Istambul Turki sudah maju sekali perjalanan sejarah dan pariwisatanya tersimpan jenis makanan yang sangat lezat khas dengan tingkat halal yang sangat tinggi menjadikan liburan ala muslim sangat tepat di negara ini. Negara yang secara geografi terbagi di dua benua sebagian ada masuk ke Asia dan sebagian lagi masuk ke daratan Eropa. Kedua daratan ini membuat pesona Turki tidak akan pernah lekang dengan waktu ditambah dengan wisata kuliner disana yang sangat bisa menjadi andalan wisata tambahan selain di tempat favorit pusat wisata lainnya. Berikut nama makanan yang halal sudah pasti tentu lezat dan sangat populer di Istambul Turki saatnya menjadi destinasi jelajah liburan di masa ini.

BAKLAVA.
Poto oleh: travelatelier.com

Sejenis cemilan roti manis yang harus anda coba saat berada di Istambul Turki. Roti manis yang telah terlapisi dengan kacang terhidang dengan tambahan sirup ataupun madu. Kalau di Indonesia ada kemiripan bolen pisang yang cukup dikenal. Jangan khawatir tempat pembelian Baklava ini bisa ditemukan di toko kue yang ada di pusat kota Istambul.

BOREK.
Poto oleh: turkeysforlife.com

Sekilas mirip dengan Baklava tetapi berbeda. Baklava isinya kacang tetapi Borek isinya daging cincang, sayuran bayam, kentang, serta ditambah dengan keju. Bahan yang menyatu di dalam Borek ini akan terasa gurih renyah dan nikmat saat disantap di waktu senggang sebagai cemilan. Berpenampilan mirip tetapi proses pembuatannya tentu berbeda, Borek pembuatannya ada direbus atau langsung dipanggang. Tergantung dari selera penjual dan pembeli. Sama-sama enak dengan kering gurih ataupun kondisi basah sama-sama lumer dimulut dan empuk digigit. Pada saat konsumen membeli Borek ini ditaburi dengan wijen hitam untuk mempertinggi rasa dan indah bentuk.

DOLMA.
Poto oleh: flavorshades.com

Mungkin sebagian orang Indonesia menyebutnya sangat mirip dengan lemper. Kalau lemper dibuat dibungkus menggunakan daun pisang tetapi Dolma pembungkusnya dapat sekalian dimakan. Sayuran Dolma ini yang digunakan adalah sayuran sehat seperti paprika, kol, tomat, terong, serta potongan daun anggur. Setelah isian Dolma ini disiapkan yaitu nasi dengan cincangan daging sapi atau daging domba ini maka siap dikukus dan dihidangkan kepada pelanggan. Anda harus mencoba menu ini agar bisa mengetahui rasa nikmat gurih dan lezat bisa anda nikmati waktu berlibur di Istambul Turki.



DONDURMA.
Poto oleh: travelturkeyinfo.com

Menu yang sangat disukai disemua umur yaitu Dondurma adalah es krim yang berbagai rasa yang dijual di kaki lima di pusat kota Istambul Apabila dilihat dari tekstur es krimnya lengket dan seperti nempelnya permen karet, Untuk membuat es krim ini seorang penjual membutuhkan tepung akar anggrek pada usia muda ditambah dengan mastic yang merupakan getah dari tumbuhan. Dondurma ini bisa diperoleh di pusat kota Istambul Turki.

KOFTE.
Poto oleh: saffronsalsa.com

Sejenis menu steak dengan ukuran mini seperti ukuran perkedel. Terbuat dari jenis daging kambing atau daging ayam, yang dipadukan dengan bumbu rempah yang sangat gurih. Pembuatan Kofte ini dapat dipilih apakah dipanggang ataupun di rebus bahkan ada jenis digoreng. Cara makannya juga bisa disesuaikan dengan selera, langsung di hap bisa, bersama salad juga enak, bahkan sebagai teman nasi juga direkomendasikan.

Baca juga:

KEBAB.
Poto oleh: laikatours.com

Salah satu menu yang sangat terkenal bahkan populer dengan kelezatan yang sangat dicari oleh para wisatawan di seluruh dunia menjadikan makanan ini sangat dinanti bahkan rela antri untuk mendapatkannya. Sudah pasti halal dengan tambahan irisan daging kambing atau daging sapi yang digulung di dalam roti pita yang sangat gurih lezat. Tambahan lain untuk satu porsi Kebab adalah selain daging tadi juga ditambahkan dengan irisan tomat, selada, jamur, bawang serta saos sambal untuk menciptakan rasa pedas. Dengan uniknya tempat pembakaran daging kambing atau daging sapi ini menjadi ciri khas penjual Kebab ini sudah terlihat dari jauh.

Mesin panggangan yang selalu berputar dimana sisi daging yang dekat dengan perapian akan selalu terpanggang sehingga sangat unik melihatnya pada saat koki melakukan penyajian dengan menyayat daging yang sudah matang siap disajikan. Jika anda ingin menikmati jenis lain tidak mau dengan rotinya cobalah sate kebab yang menyajikan potongan daging gurih tadi yang kemudian ditusuk dan dipanggang di bara api. Anda jangan khawatir, dipusat kota Istambul Turki banyak sekali penjual yang menyediakan menu ini berderet di kaki lima.

MANTI.
Poto oleh: tarasmulticulturaltable.com

Termasuk jajanan yang sangat sehat jika anda pernah ke Italia ada makanan Rivoli sejenis pasta yang sangat khas menjadi idola kepopulerannya di seluruh lidah pecinta kuliner. Makanan ini bernama Manti sejenis bentuk pangsit yang diisi dengan jenis daging domba atau daging sapi dengan teknik saji di goreng ataupun di rebus. Pada saat penyajian dan matang makan saus yang berbahan dasar yogurt dan mentega siap dituangkan untuk satu porsi Manti. 

PIDE.
Poto oleh: realistanbul-tours.com

Jangan salah Istambul Turki juga ada jenis pizza yang bentuknya panjang seperti daun. Pizza yang anda kenal biasanya diberi tambahan toping daging cincang, keju, dan paprika juga sama untuk menu Pide ini. Dengan ukuran yang relatif besar dapat dinikmati dengan kerabat, keluarga, atau teman minum teh disaat kongkow.

HUMMUS.
Poto oleh: mysuperfoods.wordpress.com

Menu salad yang berasal dari Turki ini berbahan dasar minyak zaitun, pesaran jeruk lemon, kacang arab {chicpeas}, garam, serta lada. Sebagai menu untuk hidangan pembuka maka dapat dipadukan dengan roti pita. Untuk menikmati Hummus ini dengan merobek sedikit roti pita dan dicocol di Hummus dan siap untuk dinikmati atau dimasukan ke roti bun Setelah anda mencobanya sekali pasti akan ketagihan dengan rasanya unik dan sangat enak khas.

KUMPIR.
Poto oleh: istanbulroyalestate.com

Jenis kentang panggang juga bisa anda nikmati jika berada di Istambul Turki. Kentang yang dibungus dengan alumunium foil ini disajikan dibelah dua ditaburi dengan keju dan mentega serta aneka toping sehat lainnya. Untuk aneka toping juga bisa dipilih dimulai dari saos tomat atau sambal diatas Kumpir. Banyak sekali Kumpir dijajakan di pusat kota Istambul sebagian orang menyebutnya jajanan yang lezat dan populer.

TURKIS DELIGHT atau LOKUM.
Poto oleh: steemit.com

Bahan dasar makanan ini adalah jel pati dan gula terbentuklah manisan. Itulah Lokum yang bentuknya bulat atau kotak kubus. Taburan gula tepung agar mudah untuk mengambil dan tidak saling lengket. Campuran lain untuk Lokum ini adalah potongan kacang-kacangan terkenal seperti pistachio, hazelnut, ataupun walnut. Tetapi yang sangat suka potongan kurma juga tersedia. Untuk meningkatkan rasa Lokum ini ditambahkan kayu manis, mint, jeruk ataupun lemon. Kepopuleran lezatnya sudah mendunia dan telah sampai di Eropa dan Amerika Selatan.

KUNEFE-KADAIF-KANAFEH.
Poto oleh: willflyforfood.net

Jenis makanan Kunefe dan Kudaif merupakan bentuk lain varian dari Kanafeh. Keseluruhan ini menu khas populer negara Istambul Turki dari kekuasaan Kekaisaran Ottoman yang berasal dari helaian donan pastri {Kadaif} yang bertumpuk yang diberi aneka isian kacang ataupun keju, pada saat penyajian diberikan madu ataupun sirup pilihan. Untuk toping mempercantik penyajian ditabur cincangan kacang pistachio. Proses pembuatan Kunefe ini memakai piring yang mempunyai tingkat panas stabil yang harus dihidangkan secara panas agar bisa menikmati kelezatan dan kenikmatan hidangan ini. Hampir mirip dengan Baklava yang berisikan kacang dan keju yang dipanggang dalam oven. Dipotong-potong agar mudah untuk melahapnya sebagai cara terbaik untuk menikmati hidangan ini.

KOKORETSI ATAU KOKOREK.
Poto oleh: thermalsprings.wordpress.com

Makanan khas lezat dan populer di Istambul Turki ini terbuat dari bahan dasar daging kambing yang dililit dengan aneka jeroan cara masaknya dibakar. Jeroan usus yang dipakai khusus dari domba kambing muda yang tentu masih gurih dan lezat pada saat disantap begitu juga dengan organ lainnya yang tentu juga bisa dinikmati. Pembuatannya sangat mudah dengan bahan dasar tadi dipotong sesuaikan dengan selera yang terlebih dahulu dibumbui dengan minyak zaitun, oregano, perasan lemon segar, lada, serta garam. Setelah merata daging dan jeroan tadi dimasukan ke tusukan panjang kemudian organ usus tadi dilitkan seperti gulungan yang sangat rapi. Setelah rapi makan langsung dibakar di bara api lebih dianjurkan karena lebih terasa bumbunya proses memasaknya. Penduduk lokal Turki menyantap hidangan ini dengan tambahan roti baguette atau dibuat sandwich dengan tambahan sayur lainnya.

SIMIT.
Poto oleh: tastycookery.blogspot.co.id

Hidangan roti yang berbentuk cincin yang diberi wijen, mirip donat yang banyak dijual di pusat kota Istambul Turki sebagai jajanan kaki lima. Anda bisa melihat penjual Simit ini banyak berkeliling menjajakan kepada pembeli dengan membawanya ditumpuk diatas kepala. Teksturnya empuk renah mirip roti bagel ini mempunyai ukuran bervariasi, sangat tepat sekali teman minum teh di waktu senggang besama teman dan keluarga.

LAHMACUN.
Poto oleh: recipestab.blogspot.co.id

Makanan populer khas dan lezat lainnya adalah Lahmacun mirip dengan pizza. Roti yang mempunyai aneka toping pilihan dari daging cincang sapi atau domba ini berbalur dengan bawang bombai, peterseli, dan tomat yang akan dipanggang di oven. Ada perbedaan sedikit dengan Pide, pinggiran Lahmacun ini digulung bulat seperti pizza yang ada diisikan keju atau variasi lainnya. Roti ini dengan aneka toping ini bisa berupa sayuran segar seperti terong, acar, sayuran, paprika, tomat, daun selada, bawang bombay ataupun salgam. Jika anda suka pedas dapat taburkan cabe kering kemudian roti ini digulung dan pembeli siap menikmati.

MENEMEN.
Poto oleh: thecutlerychronicles.com

Menu sarapan yang sering dilakukan oleh penduduk lokal Turki sebelum memulai aktifitas yang berisikan protein dan karbohidrat untuk satu porsi Menemen. Sarapan tentu ada roti, daging dan sajian telur yang diletakan diatasnya. Masyarakat Turki yang sangat suka dengan rempah untuk setiap masakannya Menemen ini diberikan rasa pedas untuk setiap sajian seporsi seperti daging, telur bahkan pastima {daging iris tipis mirip dendeng Padang} kemudian ditambahkan dengan sayuran segar pilihan seperti paprika dan tomat. Sarapan seperti ini dimakan bersama dengan roti dan Menemen sebagai isiannya. 

SARMA.
Poto oleh: almazankitchen.com

Mungkin di beberapa negara di Timur Tengah mempunyai makanan yang ada kemiripan yang masih berada di satu kawasan. Dimana Istambul Turki menu kuliner lezat Sarma yang juga ditemukan dinegara lain seperti di Semenanjung Balkan hingga menuju ke negara Rusia. Makanan ini mirip lemper yang disajikan dengan bungkusan sayuran. Daun yang dipakai adalah daun anggur yang cukup lebar untuk membungkus Sarma dengan aneka isian lezat lainnya seperti nasi dengan cincangan daging domba atau sapi. Tidak hanya itu tambahan bumbu lainnya seperti rempah, biji cemara, bawang bombay, mentega juga disatukan dengan pembuatan Sarma. Pada saat penyajian dipadukan dengan irisan sayur segar ataupn potongan buah.

TABOULEH.
Poto oleh: taste.com.au

Menu yang lebih banyak sayuran ini sangat banyak mengandung serat yang bisa dijadikan sebagai menu vegetarian yang bisa dinikmati sewaktu di Turki. Sangat menyehatkan sekali ini, traveler dan wisatawan mengenal Tabouleh ini sebagai Salad Turki yang tersedia bahan lainnya seperti bulgur, tomat, daun mint, dan peterseli. Bumbu rempah lainnya adalah bawang putih dan bawang bombay sebagai hiasan yang telah diberi perasan lemon, garam, serta minyak zaitun. Negara tetangga Turki seperti Lebanon dan Suriah juga ada menu ini bahkan di kawasan Timur Tengah juga ditemukan.  

PILAV.
Poto oleh: weloveist.com

Jenis menu yang berbahan nasi dan kacang kuda ini banyak sekali dijajakan di kaki lima menggunakan gerobak. Cocok sekali para backpacker yang memulai hari jelajah menyantap kuliner lezat ini sebagai modal untuk beraktifitas. Harganya cukup terjangkau bahkan sangat ramah dikantong ini ditambah dengan suiran daging ayam cincang.

FALAFEL.
Poto oleh: considerthesauce.net

Juga ditemukan dikawasan Timur Tengah ini yang terbuat dari kacang Arab yang digiling kemudian dibentuk bola-bola kecil. Kemudia digirang didalam minyak panas. Falafel ini sebagai bahan dasar yang digunakan untuk tambahan di menu lain kemudian dibungkus roti. Falafel ini juga dihidangkan pada saat berbuka puasa sehingga pada bulan ini Falafel sangat banyak sekali dijumpai.

Untuk jenis masakan lain yang khas lezat lainnya juga ada tercipta dengan adanya variasi resep baru yang akan dilakukan modifikasi oleh para koki. Semua makanan ini halal dan bisa dikonsumsi oleh traveler muslim yang selalu menjaga makanan yang dibeli sesuai dengan kriteria. Tidak hanya itu, dengan kayanya rempah di Turki membuat olahan daging sapi dan daging kambing ini sangat nikmat sekali dan termasuk olehan sea food yang sangat lezat untuk anda coba. Turki juga mempunyai produk olahan laut yang sudah dikemas kalengan atau plastik vacum yang bisa anda jadikan oleh-oleh.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.