Langsung ke konten utama

Makanan Terlezat Khas Dari Negara Swiss

Keindahan negara Swiss tersimpan harta karun makanan khas terlezat yang sudah membumi teruji dari masa ke masa bahkan sudah masuk dalam destinasi kuliner dunia yang sangat diburu oleh pecinta masakan populer. Makanan khas ini terbuat dari beberapa bahan makanan yang sangat super prima diolah oleh tangan terampil dengan sentuhan ilmu menghasilkan sebuah maha karya yang bisa anda nikmati sampai sekarang ini. Bahkan sudah terjual di beberapa toko oleh-oleh bahkan jajanan di mall atau di Swiss di tempat khusus yang bisa anda kunjungi. Berikut makanan yang sudah terkenal lezat serta  khas dari negara Swiss, khusus muslim anda harus melihat rincian bumbu yang dipakai oleh pembuat masakan atau logo halalnya. Tetapi sekarang sudah mulai ada restoran yang menghidangkan dengan menu ya halal, inilah rinciannya.


Älplermagronen 
Poto oleh: swisschow.wordpress.com

Termasuk hidangan tradisional Swiss jenisnya macaroni. Tercipta pada saat masuknya Jerman di Swiss. Makanan ini sering menjadi menu penggembala sapi yang dimasak dengan bahan yang tersedia di sekitar padang rumput disekitar pegunungan Alpen. Jenis bahan yang digunakan adalah berupa bawang bombai, kentang, makaroni, keju, krim dan susu, serta buah apel. Untuk menu klasik juga ditambah dengan ring onion goreng bserta saus buah apel dicampur diatasnya. Penambahan untuk proteinnya dengan menambahkan bahan daging yang sangat cocok untuk cuaca dingin yang sering ada di Swiss.

Berner Platte
Poto oleh: hugoreitzel-foodservice.ch

Berbahan dasar daging sapi yang bisa anda jadikan menu pilihan untuk kelezatan hidangan lezat dari Swiss. Makanan tradisional Swiss ini juga dicampur dengan sosis daging sapi atau daging aya, daging asap, iga, daging panggang. Makanan ini juga terhidang dengan kacang dan kentang. Modifikasi ini khusus untuk traveler muslim yang butuh makanan halal maka ada beberapa bahan tidak dipakai. Sejarah tercipta menu ini sekitar tahun 1798 terjadinya negara Prancis kalah di Neuenegg oleh Bernese. Membuat selamatan acara makan dibuatlah menu ini dengan ide hidangan yang dibawa oleh masyarakat dengan beraneka jenis ragam pada waktu itu.

Bircherműesli
Poto oleh: monashfodmap.com

Salah satu menu tradisional khas lezat dari Swiss ini sudah ada di tahun 1900 yang tercipta dari karya Dr Maximilian Bircher-Benner. Seorang dokter yang mempunyai ilmu kesehatan pada waktu itu sangat percaya bahwa untuk melakukan diet bisa menggunakan sereal sebagai bahan utamanya dan tercampur dengan menu sehat lainnya seperti buah, sayur, hingga daging berserat. Menu diet ini dengan komposisi yang tepat dengan paduan oat, kacangan, susu kental, lemon, buah segar yang digunakan untuk seorang pasien yang berada di Zurich ini sudah menjelma sebagai menu sarapan penting oleh seluruh pecinta kesehatan yang bisa sebagai tema makan malam.

Bűndnernusstorte
Poto oleh: en.wikipedia.org

Sejenis kue yang sangat lezat sekali yang diisi dengan kacang yang telah dikaramelisasi bersamaan dengan gula. Penduduk lokal disebut juga dengan engadinernusstorte yang tercipta di daerah Graubunden menjadi menu wajib yang dijual di toko kue di seluruh negara Swiss. Kue yang disajikan dengan gula karamel ini juga diberi toping aneka kacang pilihan seperti wallnut, atau aneka kacang lainnya sebagai peningkat rasa. Menu ini juga disajikan pada saat minum teh atau kopi di cafe ataupun saat senggang di rumah.

Cheese Fondue.
Poto oleh: cookinglight.com

Makanan yang sangat fenomenal bahkan legendaris yang telah hadir di Swiss bisa sebagai dessert. Pada acara khusus penyambutan tamu atau acara makan bersama dengan skala besar selalu hadir menu lezat ini. Terhidang dengan keju meleleh jenis emmentaler dan gruyère berpadu dengan rempah bumbu lainnya seperti bawang putih, tepung jagung, dsb. Makanan ini terhidang dengan pot keramik yang khusus untuk menu ini Caquelon dan sebuah kompor mini dibawahnya agar Fondue ini tetap stabil suhu hangatnya. Alat makan yang digunakan adalah garpu yang bertangkai agar mudah melakukan pencelupan roti kedalah keju yang sudah mulai meleleh sehingga pada saat roti dan keju menyatu anda bisa menyantapnya dengan baik. Fondue ini berarti menu makanan yang dicelupkan ke dalam wadah panci yang yang ada cairan panasnya seperti menu fondue bourguignonne {olahan daging sapi }yang dicelup ke minyak yang panas serta menu lezat lainnya chocolate fondue.

Rösti
Poto oleh: taste.com.au

Berbahan dasar dari kentang mentah atau telah dimasak setengah matang yang diadon diatas roti. Jenis menu ini akan disajikan bersamaan dengan keju parut yang sedikit kasar, setelah jadi tekstur makanan yang akan anda nikmati ini akan sangat renyah diluar dan lumer lembut meleleh saat didalam mulut. Menu Rösti ini selalu disajikan dengan jenis lauk lainnya seperti telor goreng yang ditambah dengan sayur bayam tambahan sosis daging sapi yang terbalur dengan bawang bombay, buah apel, hingga taburan tambahan keju lagi. Sejarahnya menu ini dibuat sebagai menu sarapan oleh petani di Bern untuk memulai aktifitas tetapi sekarang sudah sangat terkenal sebagai menu untuk seluruh lapisan masyarakat di dunia bahkan di Swiss sebagai menu nasional yang dilestarikan sampai sekarang.

Baca juga:

Raclette.
Poto oleh: raclette.nyc

Keju Swiss yang tersaji dari bahan dasar susu sapi mirip rasanya keju gruyère. Raclette ini sangat popyler sekali di penduduk Swiss karena penyajiaan secara dilelehkan dari alat yang terhubung dengan  alat listik. Penyajiannya bisa flesibel bisa bersama roti Prancis, kentang, sayuran, dan lain dengan cara dikerok keju yang meleleh tadi bersamaan dengan tambahan ini. 



Risotto Saffron.
Poto oleh: chowhound.com

Harus dicoba saat ada di Swiss yaitu menu Risotto Saffron. Saffron merupakan tanaman yang ditanam di daerah Valais dan menjadi penting pada hidangan yang dibuat di Swiss. Dengan berjalannya waktu Saffron ini juga digabungkan dengan dosis daging sapi atau daging ayam ditambah dengan rempah-rampah penting lainnya. Daerah yang sangat terkenal di Swiss seperti di Ticino tepatnya di selatan Swiss ini sangat terkenal dengan Risotto Saffron  sebagai hidangan lezat. Berbatasan dengan negara Italia yaitu Lombardy dan Piedmont yang menggunakan bahasa sehari-hari menggunakan Bahasa Italia. Cara pembuatannya adalah beras risotto ditambah dengan bawang bombay, kunyit, dan keju. Sekarang ini menu halal sudah meninggalkan bahan yang tidak sesuai dengan wisatawan muslim.  

Zurchergeschnetzeltes.
Poto oleh: t-online.de

Berarti irisan daging dengan gaya Zurich untuk disajikan di menu makan. Termasuk makanan tradisional yang disajikan dengan daging sapi serta juga bercampur dengan hati sapi. Tidak hanya itu, campuran bawang bombay, jamr, krim, dan hati sapi menyati untuk satu porsi. Masakan ini juga cocok dipadu-padankan dengan nasi panas, mie, atau rösti.

Zopf.
Poto oleh: kingarthurflour.com

Jenis roti yang telah hadir di Swiss sangat populer dan sangat lezat. Dasar makanan yang menggunakan roti putih lembut menjadikan hidangan ini seperti roti yang dianyam {Zopf=kepangan}. Adonan yang telah dikepang ini dilapis dengan kuning telur sebelum masuk ke kompor. Secara waktu roti ini disantap pada hari Minggu oleh penduduk lokal.

Silserli.
Poto oleh: chefkoch.de

Makanan tradisonal juga yang banyak tersedia di toko roti atau jajanan kaki lima di Swiss menjadi hidangan yang cukup merakyat disana. Roti ini dipanggang di oven dengan adonan pretzel yang sangat super lezat jika digigit.

Zürcher Geschnetzeltes.
Poto oleh: kochenmitamc.info

Dengan menu makanan yang sangat tradisonal dengan bahan dasar daging sapi muda juga ada di Swiss. Dagung yang diiris tipis ini dimasak menggunakan krim yang juga dicampur dengan jamur pilihan. Jenis masakan ini juga disajikan dengan aneka roti yang disukai oleh penikmat menu lezat.

Rivella.
Poto oleh: khs.com

Jenis minuman tradisional yang sangat populer di Swiss. Jenis minuman yang tentu berasal dari aneka buah dan cairan air mineral yang juga dijual di beberapa tempat. Rasanya sangat segar apabila anda berada di hari yang mempunyai momen yang ada di Swiss bahkan di pegunungan Alpen.

Meringue.
Poto oleh: thespruce.com

Sebagai menu penutup yang disajikan di restoran juga telah membius penikmat makanan lezat diseuruh dunia. Memang sebagian orang sudah mengetahuinya dengan bahan dasar putih telur yang berpadu dengan aneka jenis kue lezat lainnya. Rasanya manis dan cukup ringan sebagai snack yang cukup nikmat untuk dikunyah.

Coklat Swiss.
Poto oleh: pixabay.com

Terkenal enak sudah pasti itulah cokelat Swiss yang dibuat dengan berbagai rangkaian tambahan kacang, selai, hingga buah segar. Mungkin sebagian orang bilang cokelat Swiss merupakan cemilan yang sangat lezat memang benar adanya yang bisa juga menjadi bahan dasar pembuatan menu lezat lainnya seperti fondue sebagai kreasi lain sebah hidangan.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Keuntungan Kerugian Pesawat Mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP]

Pada saat sekarang sudah ada penerbangan yang mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP] tidak hanya di Cengkareng Soekarno Hatta saja menjadi destinasi utama. Beberapa penerbangan yang mendarat di HLP ini dimasukan kedalam destinasi lain untuk sampai ke kota Jakarta dengan mengurangi penerbangan yang cukup sibuk di Soekarno Hatta yang telah melayani take-off dan landing dengan jarak waktu yang cukup sempit. Nah, dipilihnya Halim Perdana Kusuma untuk mengurangi kesibukan dari lokasi Cengkareng Soekarno Hatta tersebut sudah benar adanya. Ada sebagian orang yang sudah terbiasa dengan Cengkareng Soekarno-Hatta untuk menjadi destinasi mendaratnya pesawat dengan beberapa fasilitas penghubung antara terminal dan konektifitas antara bandara dengan kota Jakarta sedikit agak enggan memilih Bandara Halim Perdana Kusuma. Ada sebagian berpendapat nanti bagaimana setelah sampai disana, terus bagaimana sampai ke kota Jakarta menggunakan akses transportasi seperti apa. Mungkin masih banyak lagi.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.