Langsung ke konten utama

Air Terjun Sarasah Nagari Siguntur Tuo Pesisir Selatan

Nagari Siguntur Tuo adalah daerah hasil pemekaran dari kenagarian Siguntur - Kecamatan Koto XI - Tarusan - Pesisir Selatan sebagai penghasil gambir dan pesona Air Terjun Sarasah. Nagari yang damai dengan jumlah penduduk 1000 jiwa 300 KK ini sangat berpotensi dengan hasil bumi yang dihasilkan tentu pesona pariwisata yang masih belum banyak diketahui oleh wisatawan.
Cuaca yang masih sangat sejuk dipagi hari ini masih terdapat kabut yang menyelimuti seluruh kenagarian Siguntur Tuo. Tetapi hal ini tidak menjadi halangan bagi masyarakat yang ingin mencari rezeki demi hidupnya kecerian keluarga mereka.

Sekilas.

Terletak sepanjang bukit barisan Kenagarian Siguntur Tuo menghasilkan potensi dibidang pertanian dan perkebunan dimana mayoritas masyarakat berprofesi sebagai buruh dan petani. Tanaman yang menjadi primadona yang dikelola adalah gambir, jengkol, dan durian. Dengan hasil utama ini banyak dari mereka bekerja dilahan pemilik kebun bekerja sebagai buruh dengan mendapatkan upah sesuai dengan hasil pekerjaan. Tetapi waktu sudah mulai berlalu, kondisi gambir {gampo} tidak begitu menjanjikan lagi dari segi harga. Biaya operasional yang mahal tidak tertutupi dengan upah yang dibayarkan oleh pemilik kebun sehingga banyak sekali lahan terbengkalai begitu saja. Tetapi mereka juga tidak kehilangan akal mencoba peruntungan dengan menanam pohon durian dan jengkol sebagai alternatif pemasukan yang masih dilakukan sampai sekarang.

Dengan meningkatnya biaya hidup serta kebutuhan, banyak sekali penduduk lokal bermigrasi ke nagari lain untuk menjadi buruh. Sangat disayangkan sekali potensi daerah ini sudah menjadi sentra gambir di Pesisir Selatan.

Pesona Alam Air Terjun Sarasah.

Photo by : Aprison Irsyam
Photo by : Aprison Irsyam




Kenagarian Siguntur Tuo tentu mempunyai pesona alam yang akan menyentuh estetika wisata anda jika berkunjung ke daerah ini. Memiliki air terjun yang sangat unik dan indah sekali. Air Terjun Sarasah namanya. Dengan ketinggian sekitar 60 meter di lokasi air terjun terdapat lubuk yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk mandi dan menikmati sejuknya air dengan pemandangan alam yang masih alami ini. Dikelilingi pohon durian dan jengkol tentu menjadi lokasi yang sangat sejuk dan asri. Tentu saja, kawasan ini dapat menjadi tempat liburan alternatif yang ada di kabupaten Pesisir Selatan.

Wisata air terjun Sarasah Siguntur di Kanagarian Siguntur Tuo memiliki debit air yang jatuh dari puncak cukup tinggi. Dengan banyaknya embun air disekeliling lokasi wisata membuat kondisi udara menjadi sejuk dan lembab tentu akan membasahi keseluruhan tubuh anda. Tentu tidak akan melewatkan untuk mandi disekitar lubuk dan merasakan kesejukan air alam yang masih bersih ini. Air yang ada di tempat wisata ini juga digunakan oleh masyarakat sekitar untuk konsumsi air minum.

Bagaimana cara kesana.

Air terjun Sarasah Siguntur terletak di kanagarian Siguntur Tuo sekitar 38 km dari kota Padang, lokasi utama berjarak 2 km dari jalan raya kanagarian. Dan harus menempuh sekirar 200-300 meter menelusuri jalan setapak setelah anda parkirkan kendaraan. Lokasi air terjun Sarasah Siguntur Pesisir Selatan sangat dekat dengan pemukiman warga dan harus anda tempuh dengan berjalan kaki selama +/- 30 menit. Tentu disekitar lokasi anda harus menyeberangi dua buah anak sungai. Petunjuknya masih minim karena lokasi air terjun belum banyak wisatawan yang mengetahuinya dan masyarakat disana sangat minim mempromosikan aset ini kepada dunia pariwisata atau pengunjung.

Dari kota Padang anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan umum atau sepeda motor. Direkomendasikan anda dapat menggunakan kendaraan pribadi sehingga lebih cepat sampai ke lokasi air terjun Sarasah Suguntur.

Fasilitas lain.

Fasilitas di sekitar Air Terjun Sarasah masih sangat minim. Belum banyaknya penduduk menyediakan beberapa kebutuhan makanan dan minuman berupa toko. Tetapi dapat siasati dengan membawa bekal secukupnya agar wisata anda tetap nyaman.

Disekitar lokasi juga bisa berkemah. Lokasi yang cukup ini anda dapat mencoba berkemah sambil menikmati indahnya alam didunia terbuka disekitar Air Terjun Sarasah

Jika anda datang ke lokasi ini pada musim durian tentu sangat menyenangkan. Rasa durian dari Kanagarian Sarasah Tuo ini sangat manis dan legit. Tentu harganya sangat terjangkau jika anda bandingkan setelah sampai ke pusat kota. Dapat anda nikmati disekitar wisata Ari Terjun Sarasah.

Biaya-biaya.

Tentu berlibur akan mengeluarkan biaya yang harus anda bayar. Tetapi masih sangat terjangkau. Biaya transportasi, biaya parkir, atau biaya masuk ke lokasi Air Terjun Sarasah.

Tips.

1. Lokasi air terjun masih sangat alami dan bersih. Sebagai wisatawan yang bijak harus menjaga kebersihan. Jangan membuang sampah disekitar wisata yang akan memperburuk suasana dan merusak lingkungan.

2. Jangan lakukan cora-coret lingkungan wisata dimanapun anda berada. Tidak hanya dilokasi ini, tetapi disemua lokasi yang akan anda kunjungi.

3. Lokasi wisata bukan tempat pacaran atau tempat perbuatan yang melanggar norma. Semua wisatawan ingin menikmati suasana alam yang asri dan anda harus melakukan hal yang sama di lokasi Air Terjun Sarasah ini. Agar terjadi kenyamanan seluruh pengunjung.

4. Mari kita rawat bersama semua aset wisata seperti Air Terjun Sarasah Kanagarian Sarasah Tuo Pesisir Selatan ini tetap asri dan bersih. Agar menjadi destinasi wisata untuk seluruh wisatawan.

5. Jika anda seorang muslim, jangan lupa menunakan solat fardhu. Anda akan merasa bersyukur dengan adanya nikmat seperti ini berupa keindahan dan kesejukan lokasi wisata ini yang anda rasakan. 

6. Anda tentu akan sharing pengalaman ini ke dunia sosial media supaya masyarakat yang belum mengetahui wisata baru ini dapat mengunjunginya. Secara tidak langsung anda sudah membantu pemerintah dalam hal mempercepat perkembangan daerah tertinggal dan meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar dari kunjungan wisatawan. 

Dengan keterbatasan sarana seperti kondisi jalan menuju lokasi wisata yang masih belum maksimal, hal ini tidak mejadi halangan bagi anda untuk berwisata ke lokasi ini. Potensi wisata yang cukup baik dengan kondisi lingkungan yang masih alami ini tentu menjadi magnet yang sangat kuat bagi pemburu wisata alam seperti anda. Air Terjun Sarasah, Kanagarian Sarasah Tuo Pesisir Selatan ini sudah mulai masuk kedalam aset wisata dan sudah mulai berkembang.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Wisata Bangunan Bersejarah Di Singapura Terkenal Harus Anda Kunjungi Sekarang Juga

Bangunan bersejarah di Singapura sudah masuk dalam daftar perjalanan tempat wisata penting yang disukai oleh turis seluruh dunia termasuk Indonesia. Tidak hanyak surga belanja saja tetapi surga tempat melihat bangunan kuno dan sangat bersejarah bagi perkembangan negara Singapore ini tentu menjadi daya tarik tambahan selama anda menghabiskan waktu cuti liburan nanti. Tunggu apa lagi, sekarang ini anda sudah mempersiapkan diri untuk searching tiket pesawat murah agar perjalanan liburan nanti bisa menambah wisata bangunan bersejarah di Singapura masuk dalam itinerary perjalanan nanti, ada beberapa lokasi paling penting untuk sejarah Singapore berikut penjelasannya:

Tempat Menarik Di Kuala Lumpur Malaysia Waktu Malam

Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia tempat menarik di waktu malam saat menghabiskan waktu liburan disana di musim cuti yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Keramaian kota yang tentu mempersona mata dengan warna-warni kerlipan lampu yang sangat fenomenal ini tentu tidak akan pernah jemu untuk memandang. Semua kegiatan di tempat yang menarik di waktu malam tentu saja berbeda di waktu siang hari dimana aktifitas para turis dari seluruh dunia yang telah memilih KL sebagai destinasi wisata mereka tentu punya kelebihan tersendiri. Jadi pilihan yang boleh anda lakukan di KL pada waktu malam dengan beberapa tempat menarik untuk dikunjungi sembari anda ingin menikwati waktu malam terakhir disana sebelum pulang kembali ke tanah air, berikut penjelasan lengkapnya.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.