Langsung ke konten utama

Bagaimana Cara Hemat Traveling Liburan Murah Di Vietnam: Sangat Mudah Ternyata Sahabat Terbaik Backpacker

Negara Vietnam dengan kesungguhan pariwisata yang sangat murah menjadikan liburan hemat yang akan anda rasakan nanti harus didapatkan tetapi anda jangan salah banyak sekali traveler yang salah menerapkan cara bagaimana hemat traveling liburan murah ke Vietnam ini membuat biaya yang dipersiapkan dan dibelanjakan menjadi lebih mahal sehingga terjadi over budget yang tidak akan pernah terelakan.  Fenomena negara Vietnam yang telah menjadi pilihan bagi traveler seluruh dunia untuk menghabiskan liburan yang mereka persiapkan dapat dilakukan sepanjang tahun ini mampu menyedot perhatian alasannya pemandangan alam yang masih alami ini telah mengedepankan pilihan dengan suasana rata-rata yang datang berkunjung dengan konsep backpacker. Berbagai atraksi yang tentu sangat berbeda dengan kondisi negara Vietnam unik tentu sangat beda yang ada di tanah air ini tentu mengguncang perhatian dimulai dari berbagai kegiatan yang dapat dilakukan disana, atraksi yang akan dilihat, hingga hidangan lokal yang menggoda selera akan menghadirkan itinerary traveling menjadi indah dan pastinya tidak akan pernah terlupakan sepanjang masa.

Poto credit: indochinatravelland.com

Dengan banyaknya pencarian bagaimana cara berhemat untuk traveling ke Vietnam ini kami merasa ingin membuat konten yang sangat sangat bermanfaat bagi rekan yang ingin merencanakan perjalanan ke negara ini pada tahun ini semoga tulisan ini mampu memberikan inspirasi bagaimana cara berhemat disana walaupun rata-rata harga disana masih murah untuk ukuran backpacker tetapi anda harus tetap mewaspadai agar uang yang dipersiapkan ini memang sesuai dengan peruntukannya tidak keluar begitu saja tanpa ada perencanaan. Berikut penjelasan lengkapnya:

#1. Pilih Makanan Street Food.
Tentu saja dengan memilih makanan street food ini cukup triki bagi rekan muslim yang tentu harus mengedepankan konsep halal, tetapi anda tidak perlu khawatir sekarang ini masih ada street food yang menyediakan menu makanan halal yang hadir di kota Ho Chi Minh City tida terlalu jauh darii Ben Than Market. Kenapa memil tema makanan street food ini alasan yang sangat kuat adalah dengan harga yang terjangkau dan rasanya lebih enak dan lezat banyak pilihan. Khusus anda penggemar kopi jangan lupakan sajian kopi di pagi hari sebelum beraktifitas karena rasa kopi yang ada di Vietnam ini tentu mempunya rasa yang sangat unik bahkan terasa khas untuk secangkir.

INFO! untuk street food ini di Vietnam banyak terkonsep dengan home cooking atau masakan rumahan dan pastinya rasa menjadi lebih lezat dan pilihan yang banyak adalah hidangan mie pho, spring rolls, dan lain sebagainya. Masalah harga untuk menu lengkap dimulai dari USD 2 saja atau sekitar Rp 28.000 anda telah menikmati hidangan lengkap menjadi selera lebih sejahtera saat traveling nanti.

#2. Tempat Nongkrong Bertebaran.
Untuk menikmati suasana kota di malam hari dimulai pada sore tentu menjadi pesona tersendiri apalagi ditambah dengan beberapa aktifitas makan dan minum dengan harga yang sangat terjangkau. Memang ini terbatas bagi rekan yang menyukai nongkrong sambil bekerja ala Nomad tentu sangat direkomendasikan, selain anda duduk menikmati suasana waktu dan bekerja juga dapat lounching internet dengan kecepatan akses yang cukup stabil terutama di daerah pusat kota HCMC atau Hanoi. Yang menjadi kabar gembira adalah sekarang ini sudah muncul rekomendasi di daerah pusat kota wisata lainnya yang ada di Vietnam akan banyak dilengkapi dengan akses internet yang lebih banyak lagi sehingga tempat nongkrong menjadi lebih banyak lagi untuk anda seorang digital nomad. 

#3. Gunakan Ahli Anda Untuk Tawar Harga Semaksimal Mungkin.
Untuk tawar harga yang kami maksudkan ini gunakan di pasar tradisional dengan banyak ditemukan di kota wisata yang ada di Vietnam. Anda akan dapat menemukan beberapa penjual suvenir, kain tradisional, hingga hal penting yang berhubungan dengaan pariwisata tentu akan menggunakan tawar harga semaksimal mungkin untuk mendapatkan harga terbaik yang tidak akan pernah anda rasakan sebelumnya. Khusus untuk tempat yang telah representatif seperti galeri dan tempat pasar pariwisata agak sulit untuk menerapkan tawar harga seperti ini karena mereka telah bersepakat harga disebutkan telah ditetapkan. Taktik yang dilakukan adalah menawar harga di zona 60%-75% dibawah harga sebutan dari penjual sebagai cara terbaik untuk memulai mendapatkan harga terbaik. Memang untuk turis akan dihargai tinggi tetapi anda dapat siasati dengan tawar harga untuk menyamai harga yang didapatkan oleh penduduk lokal.

Baca juga:

#4. Kunjungi Tempat Wisata Gratis Vietnam.
Tentu saja hal yang gratis akan dipilih karena mengundang decak kagum untuk tidak mengeluarkan uang dan anda telah hemat untuk mengisi liburan murah di Vietnam. Dengan banyaknya tempat yang mempesona termasuk pemandangan alam yang tidak akan ada uang tambahan untuk menikmatinya termasuk beberapa tempat wisata penting seperti kuil, taman, danau, dan beberapa tempat lainnya seperti di HCMC: Notre Dome Cathedral, Saigon Central Post Office untuk Hanoi: Ho Chi Minh Mausoleum. Pilihan ini memang sebagian traveler akan memasukan di itinerary perjalanan liburan ke Vietnam dan pastinya anda telah mulai mengurangi budget traveling ini dengan tepat.

#5. Siapkan Kaki Kuat Untuk Melangkah.
Mempersiapkan kaki yang kuat untuk melangkah memang harus segera dilakukan, abaikan menggunakan taksi hingga angkutan umum ke beberapa lokasi wisata yang berdekatan supaya berhemat yang akan anda dapatkan segera dirasakan. Banyak sekali objek wisata yang berdekatan ini dipilih untuk mengisi keseharian agar biaya transportasi yang digantikan dengan berjalan kaki banyak dilakukan oleh para traveler. Hal yang paling segera dipersiapkan awal adalah air minum botolan yang harus dibawa pastinya anda akan merasa kehausan apalagi berjalan di bawah terik sinar matahari. Jangan lupa bawa topi atau pelindung sinar matahari agar perjalanan anda tetap nyaman.

#6. Cari Lokasi Nimbrung Para Backpacker.
Memang lokasi berkumpulnya para backpacker untuk berlibur di Vietnam merupakan zona hemat karena semua kebutuhan para backpacker akan mudah sekali ditemukan seperti tempat makan, pusat aktifitas ekonomi, tour agency, dan lain sebagainya. Area ini sangat seksi sekali para penggila hemat biaya murah karena pastinya penginapan yang tersedia cukup banyak pilihan dan anda mampu membandingkannya secara go show dan pilih harga paling minimal dengan fasilitas yang maksimal. Jangan pilih lokasi jauh dari pusat nimbrung para backapcker ini karena pastinya anda akan mengeluarkan biaya tambahan seperti transportasi, selalu teliti lokasi yang akan anda masuki sebelum memutuskan untuk dieksekusi. 

#7. Pilih Hostel Tempat Menginap.
Taktik lainnya untuk pemilihan hostel adalah pilih lokasinya di gang yang harus anda masuki dari jalan utama dan anda menemukan lokasi hostel dengan harga yang sangat berbeda jauh dengan hotel yang berada di jalan utama. Banyak sekali para backpacker yang akan menerapkan cara ini karena pastinya lokasi di gang yang kami maksudkan ini bukan gang yang kumuh atau sejenisnya. Tetapi gang yang mirip seperti di DKI Jakarta tetapi kawasan hostel yang berjejer satu dengan yang lainnya sehingga anda melakukan go-show sangat mudah dan dapat membandingkan kondisi hostel yang ada disana dan pastinya anda dapat yang terbaik dari berbagai sudut keinginan.

Baca juga:

#8. Sebaiknya Hindari Beli Suvenir Di Pusat Kota Wisata.
Hal yang sangat dihindari adalah saat anda membeli suvenir atau oleh-oleh di pusat wisata karena harganya telah ditetapkan dan anda harus membayar harga yang tetalh tetap tidak dapat ditawar sama sekali. Segera persiapkan diri untuk mengunjungi pasar tradisional yang tentu banyak juga para penjual yang menyediakan barang yang dicari oleh para backpacker terutama oleh-oleh dan suvenir. Walaupun tidak sebanyak pilihan yang ada di pasar turis yang telah populer ini tetapi untuk oleh-oleh saya rasa cukup memadaai dengan konsep harga murah yang akan disenangi tentu menjadi prioritas. Banyak sekali di pusat kota wisata seperti HCMC atau Hanoi memiliki pasar tradisional yang banyak dikunjungi oleh turis agar budget belanja menjadi lebih terukur pengeluarannya sehingga zona hemat dapat anda rasakan.

#9. Cari SIM Card Lokal Jika Traveling Waktu Lama.
Khusus anda seorang turis yang berencana menghabiskan waktu liburan lebih lama sebaiknya anda mencari SIM Card provider lokal Vietnam agar komunikasi anda selama berada di negara ini tetapi maksimal. Apalagi anda seorang digital nomad yang bekerja sekuat tenaga yang membutuhkan koneksi internet saat melakukan jelajah tentu pasti harus tetap stay connected dengan internet. Pilih provider yang menyediakan paket data yang cukup besar dengan harga yang sangat kompetitif ini sehingga budget internet anda masih dalam zona hemat dan masih terkontrol dengan baik.

#10. Pastikan Anda Mengetahui Informasi Imigrasi.
Karena Vietnam masuk dalam zona negara ASEAN makan paspor hijau Indonesia diberikan bebas Visa masuk terbatas yang cukup panjang sehingga anda tidak perlu lagi mengeluarkan ekstra uang tambahan. Khusus negara lain yang butuh permit visa harus memperhatkan peraturan yang telah ditetapkan ini seperti USA, Eropa, dan lainnya. Khusus negara lain yang menerapkan visa ini membayar USD25 untuk satu bulan single entry, khusus multi entry akan dikenakan biaya tambahan lagi USD10. Untuk biaya ini tentu akan selalu di update oleh otoritas pejabat yang berwenang di Vietnam dan pastinya anda harus selalu periksa validasi informasi jika anda bukan warga negara Indonesia.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Keuntungan Kerugian Pesawat Mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP]

Pada saat sekarang sudah ada penerbangan yang mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP] tidak hanya di Cengkareng Soekarno Hatta saja menjadi destinasi utama. Beberapa penerbangan yang mendarat di HLP ini dimasukan kedalam destinasi lain untuk sampai ke kota Jakarta dengan mengurangi penerbangan yang cukup sibuk di Soekarno Hatta yang telah melayani take-off dan landing dengan jarak waktu yang cukup sempit. Nah, dipilihnya Halim Perdana Kusuma untuk mengurangi kesibukan dari lokasi Cengkareng Soekarno Hatta tersebut sudah benar adanya. Ada sebagian orang yang sudah terbiasa dengan Cengkareng Soekarno-Hatta untuk menjadi destinasi mendaratnya pesawat dengan beberapa fasilitas penghubung antara terminal dan konektifitas antara bandara dengan kota Jakarta sedikit agak enggan memilih Bandara Halim Perdana Kusuma. Ada sebagian berpendapat nanti bagaimana setelah sampai disana, terus bagaimana sampai ke kota Jakarta menggunakan akses transportasi seperti apa. Mungkin masih banyak lagi.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.