Langsung ke konten utama

Kenapa Banyak Sekali Vending Machine di Negara Jepang

Bagi anda yang sudah mendatangi negara Jepang pasti terkesima melihat banyaknya vending machine yang ada disana. Kenapa banyak sekali vending machine yang ada di negara Jepang?. Bahkan dapat dikatakan setiap sudut pasti ada vending machine, bahkan jumlahnya sudah mampu mengikuti seluruh keinginan masyarakat Jepang seperti makanan, minuman, dan jenis barang lainnya. Operator sudah mampu menghasilkan penghasilan dengan bisnis berjuta vending machine dengan omset yang sungguh stabil dari waktu ke waktu. Menurut survei setiap 1 mesin dapat melayani 23 rakyat jepang dengan total investasi sampai dengan USD 60 milyar.




Contoh Vending Machine di Negara Jepang. Poto oleh: .bigdreamerblog.com



Apa itu Vending Machine?.


Mari kita menjelaskan pengertian vending machine, adalah sebuah mesin yang berhubungan listrik menyediakan beraneka ragam produk yang mendukung kebutuhan instant masyarakat Jepang. Seperti diuraikan diatas jenis produknya dimulai dari makanan, minuman ringan, bahan pokok, dsb. Untuk kebutuhan orang dewasa biasanya vending machine akan menyuruh pembelinya untuk melakukan scanning ID atau KTP sebelum proses pembelian berlangsung.

Sebegitu banyaknya vending machine yang menyediakan beraneka ragam produk ternyata jumlahnya sudah hampir sama dengan jumlah penduduk Jepang. Dapat dikatakan negara yang paling banyak menggunakan mesin seperti ini di dunia. Mungkin anda bertanya-tanya kenapa banyak sekali mesin ini di Jepang, ada alasan tertentu bagi pebisnis untuk menciptakan mesin seperti untuk menjalan roda perekonomian mereka. Berikut penjelasannya.

1. Penduduk Jepang banyak berada di luar rumah dengan mayoritas berjalan kaki.


Dengan gemarnya penduduk Jepang beraktifitas menggunakan kedua kaki mereka untuk menuju suatu tujuan. Kegemaran ini sudah dimulai dari zaman nenek moyang mereka dan sudah menjadi tradisi kebudayaan. Untuk mendukung kebutuhan yang banyak terhubung dengan dunia luar ini butuh sesuatu bentuk benda yang bisa mencukupi keseluruhan kebutuhan mereka, maka terciptalah vending machine yang lebih praktis. Karena beberapa lokasi tepat cepat untuk memenuhi segala kebutuhan mereka tentu tidak smeua tersedia dan butuh waktu yang cukup banyak. Sehingga setiap sudut kota sudah tersedia benda ajaib memuat segala bentuk jenis barang dimulai dari suhu panas dan suhu dingin.


2. Di Jepang Biaya Sewa Property Sangat Mahal.


Berbeda dengan Indonesia yang mempunyai lahan properti yang cukup masih terjangkau untuk disewa. Berbanding terbalik dengan negara Jepang, lahan properti disini sangat mahal sekali biaya sewanya. Jika punya lahan itupun tidak di kota besar tetapi di pedesaan. Mereka dengan sukarela tinggal ditengah kota di apartemen ukurannya yang sangat kecil, makin besar properti mereka miliki mempunyai harga selangit. Begitu juga dengan biaya sewa untuk melakukan bisnis, biaya tinggi tidak mungkin mereka lakukan. Mereka menciptakan vending machine sebuah suatu inovasi menghemat biaya sewa yang tinggi tadi. Mesin ajaib ini mereka letakan disetiap keramaian, dekat rumah penduduk, di jalan raya, gedung perkantoran, stasiun, dsb. Sistim bagi hasil biasanya mereka lakukan untuk menjalankan roda bisnis ini antara pemilik mesin dengan owner properti.


Poto oleh: https://blog.lakupon.com




3. On-time mind set.


Begitulah sifat dari penduduk Jepang yang sangat menghargai waktu dengan tepat. On time mind set sudah mengakar dalam karakter orang Jepang. Dengan tidak membutuhkan waktu yang cukup banyak maka vending machine ini banyak sekali diletakkan tempat umum yang banyak orang Jepang beraktifitas, baik dalam perkantoran dan ruangan outdoor. dengan konsep membeli sesuatu pada detik itu juga.

Hal ini juga terlihat pada waktu jam istirahat, orang Jepang sangat menghargai jam istirahatnya dalam hitungan detik. Dengan karakter seperti mereka tidak perlu antri hanya untuk sekedar membeli makanan di food court atau restoran yang butuh waktu untuk sampai ke lokasi. Begitu juga butuh waktu lagi untuk sampai ke lokasi kerja. Untuk mesiasati kebutuhan seperti ini hanya vending machine yang mampu mewujudkan keinginan mereka dengan menempatkan menu makanan di gedung perkantoran serta stasiun. 


4. Zero criminal.


Dengan makmurnya negara Jepang dapat dikatakan negara ini mempunyai tingkat kriminal nol. Dengan bagusnya tingkat keamanan maka sangat cocok vending machine diletakkan dilokasi mana saja, jika masih banyak penduduk yang masih melakukan aktifiitas disana pasti ditemukan mesin ajaib ini. Jika tingkat keamananya kurang tidak mungkin mesin ini diletakan di luar tanpa penjagaan dari pihak keamanan. Kesadaran inilah yang membuat mereka sangat menjaga keamanan masing masing lebih baik. Dapat dikatakan ada hubungan dengan tingkat pendapatan yang cukup tinggi sehingga tingkat kriminalitas tidak ada sama sekali.

5. Suka belanja tunai.


Budaya beli tunai sudah ada di penduduk Jepang. Uang tunai berbentuk koin sangat banyak bahkan nilai nominal JPY 1000 saja ada. Untuk nilai kecil juga banyak tersedia di masyarakat mengakibatkan memberi kemudahaan untuk belanja di vending machine. Dengan mudahnya untuk membelanjakan uang receh ini seluruh masyarakat Jepang sangat terbantu dengan amembeli barang sesuai dengan kebutuhan mereka dengan instant. 


6. Biaya tenaga kerja cukup mahal. 


Untuk mengantisipasi penggantian biaya tenaga kerja yang mahal ini maka pelaku ekonomi membuat vending machine sebagai solusi yang tepat. Tidak perlu tenaga kerja termasuk kasir, penduduk bisa langsung bayar tunai sebelum mendapatkan barang yang akan dibeli.


7. Penduduk suka berbasis teknologi.


Sudah lama kehidupan penduduk Jepang sangat suka teknologi bahkan dengan maniaknya mereka dengan benda robot. Inovasi ini juga mereka lakukan untuk setiap barang yang didukung dengan teknologi yang sudah menjadi populer. Teknologi dengan barang mereka ciptakan, dibayar langsung cash untuk setiap transaksi.



Poto oleh: https://japanesestation.com



8. Suka tanpa perantara untuk transaksi.


Masyarakat sangat suka melakukan transaksi tanpa perantara, seperti mereka menggunakan vending machine ini untuk segala kebutuhan. Tetapi ada sebagian masyarakat Jepang yang suka juga bertemu orang banyak, tetapi dengan menghargai waktu itu mereka menjadi terkubur dengan dunia mereka sendiri yang sudah terfokus pada ketepatan waktu dan tanpa masalah. 


Sebenarnya alasan kenapa vending machine sangat banyak di Jepang juga berpengaruh dari budaya karakter dari masyarakat Jepang sendiri. Mereka lebih suka menggunakan waktu seefisien mungkin untuk bekerja sehingga waktu yang tersisa dapat mereka manfaatkan untuk kegiatan lain. Perkembangan teknologi bisa menjadi salah satu kesukaan orang Jepang untuk aplikasikan ke seluruh sendi kehidupan. Tidak hanya itu, berbelanja di supermarket saja sudah menggunakan mesin layaknya kasir. Semoga pertanyaan ini sudah terjawab dengan alasan-alasan yang sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian pakar dan menjadi trending topik pembicaraan di dunia sosial. 


Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Cara Mendaki Daki Pendakian Gunung Singgalang Sumatera Barat | Hiking Mount Singgalang

Pertualangan alam tidak ada habisnya saatnya cara-mendaki-daki-pendakian-Gunung-Singgalang-Sumatera-Barat|Way-hiking-Mount-Singgalang menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta alam seluruh penjuru dunia. Sudah termasuk dalam destinasi wisata alam dengan ketangguhan kedua kaki siap menguji seberapa tinggi kekentalan andrenalin anda untuk bisa daki-Gunung-Singgalang dengan gayanya tersediri. Proses pendakian membutuhkan informasi yang cukup agar perjalanan ala pecinta alam bisa selamat dan menjadi pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.

Wisata Penggila Shopping Belanja Vietnam Murah Pasti Mengenal Tempat Ini: Segera Kunjungi Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Wisata belanja penggila shopping di Vietnam pasti mengenal tempat ini dan pastinya harus dikunjungi sebelum pulang kembali ke tanah air. Dengan pilihan yang akan selalu dimasukan ke itinerary perjalanan nanti setelah menikmati seluruh tempat wisata penting ini menjadi acara yang sangat diminati disaat mencari oleh-oleh dan suvenir hingga kebutuhan fashion semuanya ada. Pada tulisan ini pastinya jika anda berada di zona yang sangat dekat dengan tempat wisata shopping ini segera kunjungi, untuk masalah harga masih relatif terjangkau dan pastinya untuk motif dan kualitas dapat diadu dengan produk ternama. Apa saja nama tempat wisata shopping belanja di Vietnam yang kami masud dan anda harus pilih nama yang mana sangat dekat dari lokasi penginapan selama melakukan perjalanan wisata ke Vietnam, berikut penjelasan lengkapnya: