Langsung ke konten utama

Air Terjun Lubuk Batu Bulan

Keindahan air-terjun-lubuk-batu-bulan Mungka Kabupaten Lima Puluh Kota ini telah menghipnotis para wisatawan hingga traveler yang menginginkan lokasi terbaru untuk dikunjungi sebagai tempat wisata favorit dan lokasinya masih di Ranah Minang. Air terjun ini sangat unik sekali air jatuh langsung ke lubuk atau kolam yang bentuk cekungan seperti bulan. Aliran air yang jatuh ke lubuk ini tidak ada sungai yang mengalir tetapi air yang jatuh ke lubuk atau kolam. Keunikan lain adalah lubuk genangan air tersebut ada gua yang cukup luas langsung menampung air yang jatuh tadi. Air jatuh ini juga ditemukan sekitar satu kilomenter ke arah hilir sebagai air penting untuk aliran sawah petani. Jadi, lokasi air terjun ini tidak bisa dijadikan lokasi untuk mandi atau berenang. Hanya bisa sebagai tempat untuk cuci muka atau merasakan gemercik air yang kena di dinding tebing.

Poto oleh: portalwisata.co.id
Poto oleh: pesona-minangkabau.blogspot.com

GEOGRAFI AIR TERJUN LUBUK BULAN.
Air terjun dengan ketinggian +/- 50 meter ini terlihat dibelakangnya ada cekungan bentuk goa yang sangat unik bahkan alami terbentuk dari alam. Tentu lingkungan sekitar menjadi panorama yang sangat menakjubkan bahkan terunik yang hanya ada di air terjun ini.

BAGAIMANA CARA KE AIR TERJUN LUBUK BULAN.
1. DARI KOTA PAYAKUMBUH.
Jalan menuju ke air-terjun-lubuk-bulan adalah anda sebaiknya berangkat dari sebuah pasar rakyat tradisional di Kecamatan Mungka dengan jarak tempuh +/- 10 km. Perjalanan menuju ke lokasi air terjun disuguhi dengan pemandagan sawah lokal penduduk serta beberapa aktifitas peternakan penduduk terlihat dengan jelas seperti peternakan unggas yang menjadi mata pencaharian utama penduduk lokal di Nagari Mungka. 

Kalau anda dari pusat kota Payakumbuh menggunakan kendaraan umum harus menuju ke daerah Danguang-Danguang, dan dapat menyewa ojek sampai ke daerah yang bernama Simpang Kapuak.



PENTING!.
Perjalanan yang akan dilakukan ini sangat menantang dan akses terbaik menggunakan kendaraan roda dua. Lebih baik menggunakan motor khusus untuk treking jangan matik. Karena medan yang cukup terjal ini akan membutuhkan motor yang khusus pula dan setelah itu anda akan melakukan perjalanan kaki menuju ke hutan dan perkebunan penduduk lokal.

Setelah anda menempuh perjalanan menggunakan motor sendiri ini dan akhirnya jalan aspal berganti dengan jalan hotmix. Setelah keseluruhan jalan ini anda tempuh makan saatnya pertualangan dimulai. Dibutuhkan kosentrasi tingkat tinggi karena anda sudah mulai menaiki perbukitan yang cukup terjal, berliku, dan mempunyai medan yang cukup curam. Setelah liku-liku perjalanan ini anda akan bisa rehat di tempat duduk atau istriahat sejenak saat perjalanan yang menegangkan telah usai. Dari lokasi ini anda bisa langsung melihat lebatnya hutan khas Sumatera yang masih terawat. 

Perjalanan anda belum selesai saatnya melanjutkan perjalanan, jangan terlalu lama duduk di sekitar tempat istirahat ini. Tujuan akhir ke air-terjun-lubuk-bulan masih sekitar +/- 15 km lagi untuk sampai ke lokasi. Perjalanan telah dilanjutkan dan anda sudah sampai di jorong Koto Tinggi Kubang Balambak saatnya ekspedisi pecinta alam dipersiapkan. Siapkan kaki yang kokoh sebab anda akan masuk ke rimba hutan yang cukup lebat yang tentu memberikan sebuah pengalaman menarik sebagai pecinta alam.

Jalan setapak menjadi tumpuan kaki melangkah kiri dan kanan sudah menyambut pohon yang tinggi dengan bermacam jenis. Terlihat juga tanaman gambir sebagai komoditas hasil bumi lainnya di sekitar jorong ini. Setelah melewati beberapa hutan gambir ini dan akan masuk ke rimba yang akan memiliki tema perjalanan berupa tebing yang cukup curam bahkan sampai ke kaki lembah. Lama perjalanan untuk sampai kesini telah memakan waktu -/+ 3 jam perjalanan dari awal jalan hotmix habis sampai pemberhentian terakhir.

Setelah sampai di puncak bukit anda bisa melihat indahnya pemandagan di bawah sana sebagai nilai plus dari ekspedisi perjalanan ini. Sekitar +/- 5 menit dari sini anda sudah mulai mendengar hentaman air terjun dan akhirnya sampai di lokasi tujuan akhir yaitu air-terjun-lubuak-bulan.

2. DARI PEKANBARU.
Jika anda berasal dari kota Pekanbaru bisa langsung menuju ke lokasi air terjun tidak perlu lagi melewati kota Payakumbuh. Ambil dalur di Simpang Hulu Air, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota. Simpang hulu ini merupakan jalan masuk awal menuju ke lokasi air terjun tepatnya sebelum anda memasuki kelok sembilan. Posisinya sebelah kana dan sudah anda papan petunjuk yang telah dibuat oleh mahasiswa sedang tugas KKN di sekitar daerah ini. Jarak dari simpang masuk ini menuju ke lokasi dengan jarak +/- 15 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Kondisi jalan ada aspal dan akan bertemu juga jalan berbatu dan tanah. Hampir sama dengan rute di kota Payakumbuh harus ekstra hati-hati karena medan yang akan anda lalui akan ada treking yang perbukitan turun dan naik. Jadi pastikan kewaspadaan tingkat tinggi agar motor tetap stabil dala berkendara dan akan menemukan jalan sampai ke pintu masuk wisata.

SUASANA LENGKAP SEKITAR AIR TERJUN.
Suasana sekitar air terjun ini ada berupa jarak yang cukup tinggi seperti patahan bumi dengan kondisi hutan liar. Pemandangan alam yang sangat indah sekali dan tak ada duanya ada di Ranah Minang ini. Di atas air terjun terlihat punggung tebing dan adanya gua yang terjadi proses alami patahan tadi dengan bebatuan. Jika anda dari dalam gua juga bisa langsung terlihat air terjun yang turun memberikan warna tersendiri saat berada di sekitar goa ini.

Air terjun ini sepertinya langsung masuk ke perut bukit dan keluar di jorong dibawah berupa mata air sekitar 1 km meter jauhnya. Kemungkinan asal airnya berasal dari air terjun ini. Memang terasa lain dan berbeda sekali dengan keindahan ini rasanya ingin berlama-lama dan menikmati suasana dua dengan leyehan santai sampai waktu siap untuk turun kembali. 

ALAMAT AIR TERJUN LUBUK BULAN.
Alamat letak lokasi air terjun di Jorong Koto Tinggi Kubang Balambak, Kanagarian Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Tata letak yang sangat terpencil ini dapat dikatakan terisolir di Kabupate Lima Puluh Kota butuh waktu sekitar 4-5 jam perjalanan menggunakan sepeda motor dari pusat kota Payakumbuh.

PARKIR KENDARAAN.
Memang menuju ke lokasi wisata ada perumahan penduduk yang bisa anda parkir kendaraan setelah mendapat izin dan membayar biaya parkir kepada penduduk lokal tersebut. Memang tidak ada tarif khusus tetapi anda bisa memberikan IDR5000 per motor untuk memulai perjalanan treking setelah kendaraan anda parkir dan melanjutkan berjalan kaki menuju ke hutan dan perkebunan warga. Dari sini anda juga bertanya ke penduduk atau menggunakan jasa tour guide untuk antar sampai ke lokasi sudah bisa anda tawarkan kepada mereka, sebagai cara berterima kasih untuk memberikan sedikit peluang kerja kepada mereka.

TIPS SAAT MELAKUKAN EKSPEDISI MENUJU AIR TERJUN.
Ada beberapa tips untuk melangkapi tulisan ini agar perjalanan ini menjadi lebih nyaman.

1. Sebaiknya perjalanan ini dimulai pada saat musim kemarau, jangan pada musim hujan. Karena medan akan menjadi sulit dan licin saat dikendarai oleh kendaraan bermotor.

2. Sebaiknya anda menggunakan jasa tour guide sangat direkomendasikan. Pada masuk ke nagari Koto Tinggi Kubang Balambak ada jasa untuk menemani anda sampai ke lokasi air terjun. Untuk biaya bisa anda negosiasikan, harga bisa dimulai dari IDR25.000.

3. Persiapan untuk sepatu sebaiknya menggunakan sepatu khusus untuk naik gunung denan sol sepatu yang kuat mirip sepatu mendaki gunung sangat direkomendasikan.

4. Bawalah perlengkapan logistik yang cukup selama melakukan ekspedisi perjalanan ini. Bawa tas dan barang secukupnya tidak berlebihan sesuai dengan waktu kunjungan saja, seperti pakaian ganti dan handuk jika di lokasi anda bermain air.

5. Sebaiknya anda melakukan perjalanan secara tim atau rombongan agar suasana yang akan akan nikmati bersama lebih bersemangat dan saling tolon menolong dalam perjalanan nanti.

6. Jangan buang sampah sembarangan karena ada indikasi wisatawan yang membuat sampah dari logistik yang mereka bawa. Anda jangan sampai membuang sampah di lokasi air terjun karena lokasi ini bukan tempat sampah tetapi likasi wisata alam yang masih alami dan sangat disukai oleh wisatawan seluruh dunia.

7. Budayakan sifat orang timur dan beradat tidak melakukan corat-coret dinding gua. Sifat seperti ini sangat tidak terpuji dan akan merusak aset wisata Ranah Minang yang harus dijaga bersama.

8. Perjalanan ini harus memiliki stamina prima, tidak sakit, atau phobia dari ketinggian.

9. Total lama waktu perjalanan untuk sampai ke air terjun +/- 4-5 jam, pastikan waktu yang cukup untuk anda yang mengunjungi dan sampai kembali di jorong Koto Tinggi Kubang Balambak. Perjalanan beragkat ke lokasi sebaiknya pada pagi hari dan cuaca terbaik di musim panas.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Tempat Menarik Di Kuala Lumpur Malaysia Waktu Malam

Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia tempat menarik di waktu malam saat menghabiskan waktu liburan disana di musim cuti yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Keramaian kota yang tentu mempersona mata dengan warna-warni kerlipan lampu yang sangat fenomenal ini tentu tidak akan pernah jemu untuk memandang. Semua kegiatan di tempat yang menarik di waktu malam tentu saja berbeda di waktu siang hari dimana aktifitas para turis dari seluruh dunia yang telah memilih KL sebagai destinasi wisata mereka tentu punya kelebihan tersendiri. Jadi pilihan yang boleh anda lakukan di KL pada waktu malam dengan beberapa tempat menarik untuk dikunjungi sembari anda ingin menikwati waktu malam terakhir disana sebelum pulang kembali ke tanah air, berikut penjelasan lengkapnya.