Langsung ke konten utama

Cara Panduan Lengkap Wisata Bahari Bawah Laut di Pulau Wakatobi

Wisata bahari dan alam bawah laut di Wakatobi sudah menjadi surganya liburan berkelas dunia. Inilah lokasi yang terbaik surganya para penyelam terletak di segitiga pertumbuhan karang dunia yang sangat dilindungi. Menurut penelitian yang telah banyak di sharing di media sosial bahwa ada sekitar 750-850 spesies dari koral yang sangat beraneka ragam dengan jumlah spesies hewan laut yang sangat tergantung dengan sangat baiknya pertumbuhan koral ini.  Ada sebahagian spesies hanya terdapat di Wakatobi, dibelahan dunia manapaun tidak ditemukan. 

Crop Image by: dody94.wordpress.com

PERJALANAN DI MULAI.
Untuk menuju lokasi Wakatobi ini tidaklah sulit. Meeting Poin yang terdekat adalah di Makassar sebagai awal perjalanan liburan untuk dimulai. Apabila anda dari Jakarta;Surabaya;Bali menggunakan pesawat udara dengan destinasi ke Makassar dan melanjutkan perjalanan dengan pesawat menuju ke kota Wangi-wangi sebagai ibukota dari Wakatobi. Jika anda menaiki pesawat udara dari Kendari juga bisa, sudah ada penerbangan langsung dari kota ini. Apabila anda menggunakan kapal laut butuh waktu perjalanan yang lebih lama sekitar +/- 10 jam perjalanan.

PESAWAT UDARA.
Meeting poin di Bandara Hasanudin Makassar. Penerbangan langsung dari Makassar [UPG] ke Wakatobi [WNI], dimana perjalanan ini akan transit ke Kendari [KDI]. Anda bisa mendapatkan penerbangan langsung atau transit sesuai dengan ketersediaan seat penerbangan. Untuk mengetahui penerbangan ini sudah sangat mudah sekali dengan adanya aplikasi pembelian tiket pesawat yang sudah bisa diakses lewat androit smartphone anda.

KAPAL LAUT | KENDARI-WANGI WANGI [Pelabuhan Wanci].
Berlayar ke Wakatobi dari segi harga memang jauh lebih murah tetapi cukup banyak waktu anda terbuang, ditambah lagi untuk masalah keselamatan masih kurang meyakinkan. Dengan kondisi cuaca yang sangat tidak menentu dan tiba-tiba membuat perjalanan lewat laut akan terganggu dan keselamatan akan menjadi perhatian khusus. Tetapi saya juga ingin menjelaskan caranya, semoga penjelasan ini bisa anda gunakan jika kondisi cuaca bagus, tenang, dan tidak ada badai. Perahu dari Kendari menuju Wangi-wangi berangkat di Pelabuhan Wanci. Ada dua jenis kapal KM.Aksar Saputra dan KM.Agil Permai yang berangkat dari Wanci pada pukul 11:00 WITA dengan 10 jam perjalanan di laut. Untuk hari keberangkatan kedua kapal ini berbeda, Agil Permai keberangkatan hari Selasa dan Sabtu  kembali pada hari Senin dan Kamis. Jika anda dari bandara Haluoleo Kendari untuk sampai ke Pelabuhan Wanci menggunakan taksi dengan tarif IDR200.000.


PERAHU DARI BAU-BAU ke WAKATOBI.
Ada cara lain yang bisa anda lakukan yaitu dari Makassar ke Bau Bau  Buton [BUW] dengan melanjutkan perjalanan ke Wangi-wangi dengan kapal umum penduduk. Perahu yang perjalanan berangkat pada 21:00 WITA di Pelabuhan Murhum dapat menggunakan kendaraan umum selama 20 menit dari Bandara Betoambari. Perahu yang anda tumpangi tadi akan sampai di kota Wanci di Pulau Wangi-wangi keesokan harinya pada 07:00 dengan tiket IDR150.000. Pilihan kapal ada  KM.Mirama, KM.Aksar Saputra,.KM.Agil Pratama, dan KM.Uki Raya.

KMP.BAHTERAMAS II [Kapal Ferry] | WANCI-KAMARU.
Anda juga bisa menaiki kapal ini yang berangkat dari Wanci pada 08:00 WITA dan dari Kamaru 12:00 WITA [jadwal setiap hari PP] menuju ke Bau Bau. Tarif naik kapal Dewasa: IDR61.000 | Anak-anak: IDR42.000 | Sepeda Motor: IDR70.000 | Mobil: IDR 572.000

Setelah anda sampai di Wangi-wangi cukup banyak transportasi yang tersedia seperti ojek, angkot, dan taksi. Untuk biaya yang dikeluarkan sesuai dengan tipe liburan yang akan anda ikuti menyeluruh, berlayar, sampai menikmati keindahan bawah laut. Apabilan semua kegiatan ini anda lakukan persiapkan budget sekitar IDR 7jt lebih selama 3D/2N.
Jika dilihat dari biaya yang dikeluarkan bisa dikatakan semi backpacker, untuk murni backpacekr sepertinya tidak bisa murni 100% harus ada kombinasi. Yang cukup mahal biayanya adala transportasi dan kegiatan bawah laut yang harus butuh biaya yang cukup banyak.
Menaiki pesawat udara dari Makassar dan Kendari sudah tersedia dengan perjalanan sehari sekali penerbangan. Anda bisa langsung cek ke provider penjualan tiket pesawat online apabila ingin melakukan reservasi untuk keberangkatan. Untuk pembelian tiket sebaiknya langsung issued PP karena antisipasi penuhnya seat karena lokasi ini cukup favorit oleh penyelam dunia yang menyukai bawah laut Wakatobi.



KEGIATAN DI WANGI WANGI.
Setelah anda sampai di Wangi-wangi sebaiknya anda memilih penginapan disekitar kota ini. Anda bisa langsung go-show atau meggunakan aplikasi pembelian voucher hotel, sesuaikan dengan keinginan anda. Range harga dimulai dari IDR50.00 - IDR500.000
Untuk transportasi selama di kota ini untuk menggunakan armada taksi banyak tidak menggunakan argo, jadi tidak bisa diketahui harga pasti jika anda menggunakan taksi untuk berkeliling kota ini.  Range harga antara IDR250.000 -IDR300.000 sesuai dengan tawar-menawar anda kepada sopir taksi.
Kota Wangi-wangi merupakan tempat yang cocok untuk penginapan karena lebih dekat ke Bandara dan anda hanya perlu menyewa speed boat atau kapal untuk ke wilayah penting sebagai spot wisata bahari seperti Binongo, Hoga, Kadelupa, dan Tomia.



KEGIATAN PENYELAMAN.
Kegiatan untuk berlibur di Wakatobi ini bisa anda lakukan seperti menikmati pantai pasir putih, menyelam, snorkeling, dan berenang. Keseluruhan ini bisa anda nikmati untuk kombinasikan keselurugan kegiatan ini dengan menyewa pemandu dan kapal untuk mengantarkan anda ke spot site diving. Pemandu ini sebaiknya anda meminta bantuak ke WWF di Wakatobi dengan berbagai kegiatan lainnya, karena mereka juga menyediakan jasa ini jadi bisa anda gunakan. Untuk perlengkapan penyelaman dimulai dari harga IDR 1jt per hari. Dengan  syarat anda harus mempunyai minimal rombongan sebanyak 4 orang.
Dalam paket yang anda bayar ini sudah termasuk kunjungan ke beberapa tempat menarik di Wakatobi seperti Hoga, Tomia, dan Waha. 

KEGIATAN LAINNYA.
Kegiatan tambahan lainnya yaitu snorkeling dan melihat habit lumba-lumba yang masih bisa terlihat dibeberapa spot di Wakatobi. Setelah sore menjelang anda bisa melihat lepasnya pandangan melihat sunset di ujung barat sangat indah sekali. Untuk melihat budidaya rumput laut juga bisa anda lihat bersama petani disana di sekitar Kaledupa serta Wangi-wangi. Sempatkan juga melihat perkampungan suku bajo yang masih terlihat ketika mereka berlayar untuk mencari ikan walaupun tidak banyak tetapi anda masih bisa menemukan mereka.
Apabila cuaca cerah dan bersahabat anda juga bisa menikmati alam dengan pancara bintang serta berteman bulan pada malam romantis. 

PERIODE LIBURAN.
Sebaiknya liburan ke Wakatobi ini siapkan waktu cukup minimal satu minggu untuk bisa menyisir seluruh gugusan pulau lainnya yang memberikan pesona hipnotis bagi pecinta wisata bahari. Waktu yang tepat adalah tidak pada musim hujan. Anda bisa kombinasikan untuk menyewa kapal dari penduduk sekitar atau nelayan untuk bersama mereka menikmati keindahan laut, untuk harga anda bisa melakukan negosiasi dengan nelayan. Biasanya mereka tidak terlalu banyak meminta bayaran minimal harga untuk seharian sekitar IDR 250.000 - IDR500.000 untuk satu hari. Intinya tergantung dari jauh rute dan kawasan yang akan dikunjungi. Apabila anda menyewa kapal cepat atau speed boat cukup mahal biaya transportasi yang akan anda bayar bisa lebih dari harga dari nelayan tradisional.

WISATA KULINER.
Berkunjung ke Wakatobi sempatkan menikmati masakan asli dari daerah ini seperti Kasuami. Makanan tradisional yang terbuat dari rebusan singkong parut disantap dengan ikan segar. O iya, ada juga kari ayam lezat yang makan bersama nasi panas sangat nikmat sekali. Untuk cemilan lainnya coba juga kue karasi. Aneka masakan olahan seafood lainnya juga bisa anda nikmati di Wangi-wangi dengan banyaknya penjual yang menjual hidangan laut yang lezat bersamaan dengan sambel paduan serasinya.

TIPS | Untuk anda yang suka berpanas ria selalu sediakan sun block yang cukup untuk melindungi kulit dari terbakar oleh sinar matahari langsung. Perlengkapan mini berenang seperti kacamata sebaiknya juga anda siapkan. 

Akhir tulisan ini semoga bermanfaat dan bisa menjadikan panduan cara singkat lengkap untuk sampai ke Wakatobi dan apa saja yang harus anda lakukan berlibur disana. Untuk liburan ke lokasi ini sebaiknya pada musim panas tidak pada musim hujan karena berpengaruh kepada suasana perjalanan.  

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Jangan Lupakan Oleh-Oleh Khas Mesir Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Oleh-oleh khas Mesir sangat kaya unik dan banyak pilihan, pastikan anda harus membawa pulang ke tanah air sebagai kenang-kenangan untuk anda sendiri bahkan hantaran ke saudara atau teman di kantor. Banyak sekali jenis oleh-oleh khas yang dijual tentu yang akan dipilih paling direkomendasikan dan wajib untuk dibeli supaya tidak salah pilih. Apa yang unik di Mesir itu lah menjadi prioritas, berikut kami sampaikan daftar belanjaan saat anda ingin melengkapi traveling di Mesir tepatnya di kota Kairo sebagai pusat berburu oleh-oleh yang tentu saja harga yang sangat kompetitif dan terbaik. Berikut penjelasannya:

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Jangan Lupakan Oleh Oleh Khas Turki Saat Kembali Pulang Ke Indonesia

Berkesempatan berkunjung ke negera Turki tentu menjadi idaman setiap orang karena negara ini mempunyai pesona tersendiri juga tersimpan oleh-oleh-khas-Turki yang unik dapat juga dijadikan souvenir dengan harga yang sangat terjangkau. Tentu dengan liburan singkat ini harus ada kenangan tersendiri dengan membeli oleh-oleh-khas-unik-Turki ini bisa dijadikan sebagai koleksi pribadi, hadiah, bahkan untuk dijual kembali sampai di Jakarta tentu mempunyai keasyikan tersendiri. Negara yang terletak di dua benua ini di Asia dan Eropa termasuk dalam perkembangan sejarah Islam tentu akan memiliki perpaduan kebudayaan yang terlihat dalam keindahan kota dan srsitektur gedung yang mempesona. Untuk hidangan lezat juga tercipta olahan tangan terampil yang akan memanjakan lidah seluruh traveler Indonesia yang ingin menghabiskan masa liburannya di negera ini. Apa saja oleh-oleh-khas-Turki yang akan menjadi destinasi belanja anda selama disana berikut penjelasannya.

40 Makanan Khas Indonesia Yang Terkenal Di Dunia Lezat Gurih Ngangenin

Makanan ini termasuk khas di Indonesia yang sudah terkenal di seluruh dunia bahkan sangat enak lezat dan gurih terasa kangen jika tidak disantap membuat anda mungkin pusing tujuh keliling jika sudah tidak berada lagi di negeri tercinta ini alias merantau di nergeri orang. Sepele tetapi sangat penting karena urusan perut jika tidak cocok pasti langsung lari ke makanan kesukaan waktu berada di tanah air. Jenis makanan ini merupakan olahan dari penduduk lokal Indonesia yang sudah ada dari zaman dahulu hingga sekarang dan sangat mudah dijumpai di pedagang disekitar. Apa saja makanan khas Indonesia ini yang telah melelehkan lidah anda sehingga tidak akan pernah dilupakan sepanjang masa, Plesirankotatua telah merangkumnya menjadi pilihan yang sangat dicari oleh penduduk lokal dan traveler di seluruh dunia

Makanan Minuman Khusus Bekal Untuk Ekspedisi Pendakian Gunung

Seorang pendaki gunung harus membawa bekal makanan minuman berupa logistik yang harus dibawa agar seluruh rincian daftar penting juga termasuk dalam perlengkapan yang telah dibawa dalam ransel tidak luput dari penglihatan khusus untuk makanan sangat praktis untuk disajikan dan minuman sangat praktis pula untuk dipersiapkan. Persiapan ini harus matang dan menghitung berapa lama eskpedisi pendakian untuk mendaki gunung dengan jumlah peserta yang akan ikut. Hal ini penting agar seluruh makanan dan minuman khusus mengandung nilai gizi kesehatan yang direkomendasikan ini cukup sampai kembali turun ke pos masuk. Berikut rinciannya.

Tempat Wisata Study Tour Rekreasi Edukasi TK SD SMP Dekat Dari Jakarta Sekitar Bogor Jawa Barat Indonesia

Anak sekolah butuh suatu tempat study tour bertema wisata edukasi dengan tambahan rekreasi untuk pengetahuan alam skala TK SD SMP yang butuh pencerahan berinteraksi dengan alam sekitar Bogor Jawa Barat sangat dekat dengan DKI Jakarta agar supaya teori yang di dapatkan dalam mata pelajaran bisa langsung praktek pada saat di lapangan. Lokasinya tidak jauh dari kota DKI Jakarta bisa disesuailkan dengan kapasitas sekolah dan komite sekolah agar acara ini bisa terlaksana dengan baik untuk melihat perkembangan anak didik yang bisa menjadi dasar bagi para guru untuk menilai tingkat kepekaan interaksi mereka terhada teori dan praktek. Wisata edukasi field-trip-tour ini merupakan cara yang sangat efektif yang dikemas oleh sekolah bertema yang menyenangkan mendekatkan diri dengan alam dengan tentu dibalik filosofi sebuah pembelajaran.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.

Contoh Ide Model Keramik Kamar Mandi: Minimalis Modern Elegan Kreasikan Pesona Terbaik

Memilih model keramik kamar mandi memang sangat penting karena lokasi vital yang selalu digunakan setiap hari sebagi tempat bersih-bersih dengan pesona yang harus diciptakan oleh pemilik rumah. Membuat kamar mandi menjadi lebih terasa indah dan nyaman memang model keramik menjadi hal yang sangat perinsip akan membuat pemandangan menjadi lebih beretika baik disaat anda pemilik rumah sedang menggunakannya. Memang benar banyak sekali model keramik kamar mandi yang telah di desain oleh provider ingin menjadi model yang disenangi dan dipilih untuk tema kamar mandi dengan harga yang sangat kompetitif. Apapun itu anda sebagai pemilik rumah harus menentukan ide keramik kamar mandi seperti apa yang akan menjadi idola dan idaman yang harus di pilih segera.