Langsung ke konten utama

Cara Panduan Lengkap Wisata Bahari Bawah Laut di Pulau Wakatobi

Wisata bahari dan alam bawah laut di Wakatobi sudah menjadi surganya liburan berkelas dunia. Inilah lokasi yang terbaik surganya para penyelam terletak di segitiga pertumbuhan karang dunia yang sangat dilindungi. Menurut penelitian yang telah banyak di sharing di media sosial bahwa ada sekitar 750-850 spesies dari koral yang sangat beraneka ragam dengan jumlah spesies hewan laut yang sangat tergantung dengan sangat baiknya pertumbuhan koral ini.  Ada sebahagian spesies hanya terdapat di Wakatobi, dibelahan dunia manapaun tidak ditemukan. 

Crop Image by: dody94.wordpress.com

PERJALANAN DI MULAI.
Untuk menuju lokasi Wakatobi ini tidaklah sulit. Meeting Poin yang terdekat adalah di Makassar sebagai awal perjalanan liburan untuk dimulai. Apabila anda dari Jakarta;Surabaya;Bali menggunakan pesawat udara dengan destinasi ke Makassar dan melanjutkan perjalanan dengan pesawat menuju ke kota Wangi-wangi sebagai ibukota dari Wakatobi. Jika anda menaiki pesawat udara dari Kendari juga bisa, sudah ada penerbangan langsung dari kota ini. Apabila anda menggunakan kapal laut butuh waktu perjalanan yang lebih lama sekitar +/- 10 jam perjalanan.

PESAWAT UDARA.
Meeting poin di Bandara Hasanudin Makassar. Penerbangan langsung dari Makassar [UPG] ke Wakatobi [WNI], dimana perjalanan ini akan transit ke Kendari [KDI]. Anda bisa mendapatkan penerbangan langsung atau transit sesuai dengan ketersediaan seat penerbangan. Untuk mengetahui penerbangan ini sudah sangat mudah sekali dengan adanya aplikasi pembelian tiket pesawat yang sudah bisa diakses lewat androit smartphone anda.

KAPAL LAUT | KENDARI-WANGI WANGI [Pelabuhan Wanci].
Berlayar ke Wakatobi dari segi harga memang jauh lebih murah tetapi cukup banyak waktu anda terbuang, ditambah lagi untuk masalah keselamatan masih kurang meyakinkan. Dengan kondisi cuaca yang sangat tidak menentu dan tiba-tiba membuat perjalanan lewat laut akan terganggu dan keselamatan akan menjadi perhatian khusus. Tetapi saya juga ingin menjelaskan caranya, semoga penjelasan ini bisa anda gunakan jika kondisi cuaca bagus, tenang, dan tidak ada badai. Perahu dari Kendari menuju Wangi-wangi berangkat di Pelabuhan Wanci. Ada dua jenis kapal KM.Aksar Saputra dan KM.Agil Permai yang berangkat dari Wanci pada pukul 11:00 WITA dengan 10 jam perjalanan di laut. Untuk hari keberangkatan kedua kapal ini berbeda, Agil Permai keberangkatan hari Selasa dan Sabtu  kembali pada hari Senin dan Kamis. Jika anda dari bandara Haluoleo Kendari untuk sampai ke Pelabuhan Wanci menggunakan taksi dengan tarif IDR200.000.


PERAHU DARI BAU-BAU ke WAKATOBI.
Ada cara lain yang bisa anda lakukan yaitu dari Makassar ke Bau Bau  Buton [BUW] dengan melanjutkan perjalanan ke Wangi-wangi dengan kapal umum penduduk. Perahu yang perjalanan berangkat pada 21:00 WITA di Pelabuhan Murhum dapat menggunakan kendaraan umum selama 20 menit dari Bandara Betoambari. Perahu yang anda tumpangi tadi akan sampai di kota Wanci di Pulau Wangi-wangi keesokan harinya pada 07:00 dengan tiket IDR150.000. Pilihan kapal ada  KM.Mirama, KM.Aksar Saputra,.KM.Agil Pratama, dan KM.Uki Raya.

KMP.BAHTERAMAS II [Kapal Ferry] | WANCI-KAMARU.
Anda juga bisa menaiki kapal ini yang berangkat dari Wanci pada 08:00 WITA dan dari Kamaru 12:00 WITA [jadwal setiap hari PP] menuju ke Bau Bau. Tarif naik kapal Dewasa: IDR61.000 | Anak-anak: IDR42.000 | Sepeda Motor: IDR70.000 | Mobil: IDR 572.000

Setelah anda sampai di Wangi-wangi cukup banyak transportasi yang tersedia seperti ojek, angkot, dan taksi. Untuk biaya yang dikeluarkan sesuai dengan tipe liburan yang akan anda ikuti menyeluruh, berlayar, sampai menikmati keindahan bawah laut. Apabilan semua kegiatan ini anda lakukan persiapkan budget sekitar IDR 7jt lebih selama 3D/2N.
Jika dilihat dari biaya yang dikeluarkan bisa dikatakan semi backpacker, untuk murni backpacekr sepertinya tidak bisa murni 100% harus ada kombinasi. Yang cukup mahal biayanya adala transportasi dan kegiatan bawah laut yang harus butuh biaya yang cukup banyak.
Menaiki pesawat udara dari Makassar dan Kendari sudah tersedia dengan perjalanan sehari sekali penerbangan. Anda bisa langsung cek ke provider penjualan tiket pesawat online apabila ingin melakukan reservasi untuk keberangkatan. Untuk pembelian tiket sebaiknya langsung issued PP karena antisipasi penuhnya seat karena lokasi ini cukup favorit oleh penyelam dunia yang menyukai bawah laut Wakatobi.



KEGIATAN DI WANGI WANGI.
Setelah anda sampai di Wangi-wangi sebaiknya anda memilih penginapan disekitar kota ini. Anda bisa langsung go-show atau meggunakan aplikasi pembelian voucher hotel, sesuaikan dengan keinginan anda. Range harga dimulai dari IDR50.00 - IDR500.000
Untuk transportasi selama di kota ini untuk menggunakan armada taksi banyak tidak menggunakan argo, jadi tidak bisa diketahui harga pasti jika anda menggunakan taksi untuk berkeliling kota ini.  Range harga antara IDR250.000 -IDR300.000 sesuai dengan tawar-menawar anda kepada sopir taksi.
Kota Wangi-wangi merupakan tempat yang cocok untuk penginapan karena lebih dekat ke Bandara dan anda hanya perlu menyewa speed boat atau kapal untuk ke wilayah penting sebagai spot wisata bahari seperti Binongo, Hoga, Kadelupa, dan Tomia.



KEGIATAN PENYELAMAN.
Kegiatan untuk berlibur di Wakatobi ini bisa anda lakukan seperti menikmati pantai pasir putih, menyelam, snorkeling, dan berenang. Keseluruhan ini bisa anda nikmati untuk kombinasikan keselurugan kegiatan ini dengan menyewa pemandu dan kapal untuk mengantarkan anda ke spot site diving. Pemandu ini sebaiknya anda meminta bantuak ke WWF di Wakatobi dengan berbagai kegiatan lainnya, karena mereka juga menyediakan jasa ini jadi bisa anda gunakan. Untuk perlengkapan penyelaman dimulai dari harga IDR 1jt per hari. Dengan  syarat anda harus mempunyai minimal rombongan sebanyak 4 orang.
Dalam paket yang anda bayar ini sudah termasuk kunjungan ke beberapa tempat menarik di Wakatobi seperti Hoga, Tomia, dan Waha. 

KEGIATAN LAINNYA.
Kegiatan tambahan lainnya yaitu snorkeling dan melihat habit lumba-lumba yang masih bisa terlihat dibeberapa spot di Wakatobi. Setelah sore menjelang anda bisa melihat lepasnya pandangan melihat sunset di ujung barat sangat indah sekali. Untuk melihat budidaya rumput laut juga bisa anda lihat bersama petani disana di sekitar Kaledupa serta Wangi-wangi. Sempatkan juga melihat perkampungan suku bajo yang masih terlihat ketika mereka berlayar untuk mencari ikan walaupun tidak banyak tetapi anda masih bisa menemukan mereka.
Apabila cuaca cerah dan bersahabat anda juga bisa menikmati alam dengan pancara bintang serta berteman bulan pada malam romantis. 

PERIODE LIBURAN.
Sebaiknya liburan ke Wakatobi ini siapkan waktu cukup minimal satu minggu untuk bisa menyisir seluruh gugusan pulau lainnya yang memberikan pesona hipnotis bagi pecinta wisata bahari. Waktu yang tepat adalah tidak pada musim hujan. Anda bisa kombinasikan untuk menyewa kapal dari penduduk sekitar atau nelayan untuk bersama mereka menikmati keindahan laut, untuk harga anda bisa melakukan negosiasi dengan nelayan. Biasanya mereka tidak terlalu banyak meminta bayaran minimal harga untuk seharian sekitar IDR 250.000 - IDR500.000 untuk satu hari. Intinya tergantung dari jauh rute dan kawasan yang akan dikunjungi. Apabila anda menyewa kapal cepat atau speed boat cukup mahal biaya transportasi yang akan anda bayar bisa lebih dari harga dari nelayan tradisional.

WISATA KULINER.
Berkunjung ke Wakatobi sempatkan menikmati masakan asli dari daerah ini seperti Kasuami. Makanan tradisional yang terbuat dari rebusan singkong parut disantap dengan ikan segar. O iya, ada juga kari ayam lezat yang makan bersama nasi panas sangat nikmat sekali. Untuk cemilan lainnya coba juga kue karasi. Aneka masakan olahan seafood lainnya juga bisa anda nikmati di Wangi-wangi dengan banyaknya penjual yang menjual hidangan laut yang lezat bersamaan dengan sambel paduan serasinya.

TIPS | Untuk anda yang suka berpanas ria selalu sediakan sun block yang cukup untuk melindungi kulit dari terbakar oleh sinar matahari langsung. Perlengkapan mini berenang seperti kacamata sebaiknya juga anda siapkan. 

Akhir tulisan ini semoga bermanfaat dan bisa menjadikan panduan cara singkat lengkap untuk sampai ke Wakatobi dan apa saja yang harus anda lakukan berlibur disana. Untuk liburan ke lokasi ini sebaiknya pada musim panas tidak pada musim hujan karena berpengaruh kepada suasana perjalanan.  

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.