Langsung ke konten utama

Jangan Lupakan Oleh Oleh Khas Turki Saat Kembali Pulang Ke Indonesia

Berkesempatan berkunjung ke negera Turki tentu menjadi idaman setiap orang karena negara ini mempunyai pesona tersendiri juga tersimpan oleh-oleh-khas-Turki yang unik dapat juga dijadikan souvenir dengan harga yang sangat terjangkau. Tentu dengan liburan singkat ini harus ada kenangan tersendiri dengan membeli oleh-oleh-khas-unik-Turki ini bisa dijadikan sebagai koleksi pribadi, hadiah, bahkan untuk dijual kembali sampai di Jakarta tentu mempunyai keasyikan tersendiri. Negara yang terletak di dua benua ini di Asia dan Eropa termasuk dalam perkembangan sejarah Islam tentu akan memiliki perpaduan kebudayaan yang terlihat dalam keindahan kota dan srsitektur gedung yang mempesona. Untuk hidangan lezat juga tercipta olahan tangan terampil yang akan memanjakan lidah seluruh traveler Indonesia yang ingin menghabiskan masa liburannya di negera ini. Apa saja oleh-oleh-khas-Turki yang akan menjadi destinasi belanja anda selama disana berikut penjelasannya.

Lokasi Terbaik Mencari Oleh-Oleh-Khas-Turki.
Sebelum kaki anda melangkah untuk memilih oleh-oleh-khas-Turki ini ada sebaiknya mengetahui dimana tempat terbaik untuk membeli keseluruhan benda penting ini setiap perjalanan liburan.

1. Spice Bazaar.
Alamat: Rüstem PaÅŸa Mahallesi, Erzak Ambarı Sok. No:92, 34116 Fatih/Ä°stanbul, Turkey.
Poto oleh: istanbultourstudio.com

Tempat penting ini sudah pasti akan dilakukan oleh seluruh traveler Indonesia untuk mencari barang incaran mereka. Sangat mudah dicari berlokasi di Eminonu Quarter of the Faith District anda akan menemukan begitu banyaknya rempah rempah untuk semua jenis masakan olahan Turki serta buah kering di dalam kompleks bazaar ini. Warna yang begitu kontras dengan lokasi akan membuat matanya anda akan terpesona untuk membeli sebagai oleh oleh khas Turki. Tidak hanya bumbu rempah dan buah kering saja yang banyak ditemukan, anda juga bisa melihat beberapa kios menjual jenis snack makanan kecil, keramik unik khas Turki, hingga souvenir indah untuk dijadikan oleh oleh untuk dibeli.



2. Grand Bazaar.
Alamat: Beyazıt Mh., 34126 Fatih/Istanbul, Turkey.
Poto oleh: en.wikipedia.org

Lokasi penting ini jangan pernah terlewatkan, tempat penting ini sudah berumur sangat tua sekali sekitar tahun 1445 telah berdiri terkenal dengan pasar tertutup yang didirikan oleh Sultan Mahmed II. Lokasinya sangat mudah dikunjungi di Kompleks Tua Kota Istambul ini termasuk dalam distrik Faith tidak terlalu jauh dari Masjid Biru yang terkenal itu. Begitu banyaknya penjual yang hadir di Grand Bazaar sekitar 4000 kios toko yang menyediakan aneka jenis kebutuhan traveler yang bisa anda dapatkan dengan harga yang sangat terjangkau. Jenis barang yang tersedia cukup variatif dimulai dari fashion, sepatu, asesoris, bahkan untuk kerajinan perak dan emas, souvenir cantik, hingga kerami khas Turki tersedia lengkap. Jadi anda tidak usah kemana lagi mencari seluruh kebutuhan oleh oleh sudah lengkap disinilah tempatnya.

Kedua destinasi penting traveler dunia harus mengunjungi lokasi tersebut untuk mendapatkan semua keperluaan oleh-oleh-unik-khas-Turkey-Turki. Yang penting anda sebelum mendapatkan incaran barang yang akan dibeli sebaiknya dilakukan komparasi harga supaya anda mengetahui harga-pasaran-barang yang ada disana. Tidak terlalu mahal dan tidak pula terlalu murah jika diperlukan tawar-menawar. 

Oleh Oleh Khas Turki Masuk Dalam Agenda Shopping Anda.
Inilah yang paling banyak dicari benda kecil unik dan menarik disukai oleh traveler Indonesia dan seluruh dunia yang mereka cari di kedua lokasi ini.

1. Turkish Delight.
Poto oleh: latimes.com

Jenis manisan yang sangat disukai dengan rasa unik harus masuk dalam daftar belanja anda sebagai oleh oleh. Jangan takut sebelum anda membeli ada sampel yang disediakan oleh penjual yang bisa anda cicipi sebelum mebeli. Untuk masakah harga jangan khawatir sangat terjangkau sesuai dengan jenis dan ukurannya. Harga dimulai dari IDR 100.000 per 500 gr untuk pembelian Turkish Delight dengan jenis lemon, rasa mawar, kayu manis, miny, bahkan rasa kacang juga ada. Yang menjadi unik dan khas adalah terlapisi oleh tepung kelapa bahkan gula agar manisan ini tidak menempel saat dipajang dan dibeli.

2. Teh Apel Turki.
Poto oleh: impressivemagazine.com

Selama anda liburan di Turki jangan lupa cicipi teh apel dengan rasa yang sangat khas hanya ada di negara ini. Sangat populer bahkan telah menjelma sebagai minuman wajib bagi seluruh traveler yang tersaji dalam gelas ukuran mini 125 ml yang bisa anda coba. Untuk rasa ada asam dan harum khas apel menyatu dalam aroma dan rasa. Setelah anda mencobanya dan cukup yakin masuk dalam kantong belanja dengan harga yang sangat terjangkan IDR 19.000 an saja untuk berat 200 gr.

3. Nazar Bonjuk atau Turkish Blue Eyes.
Poto oleh: en.wikipedia.org

Jenis oleh oleh khas Turki ini jangan terlewatkan yang banyak dibeli karena bentuknya unik dan bisa dikoleksi untuk diri sendiri. Sebagai asesoris unik untuk kamar dan ruang santai menjadi hal yang bisa anda lakukan dengan harga yang sangat murah dimulai dari IDR 5000 - IDR 10.000 per buah. Gantungan ini bisa anda jadikan hadiah untuk teman atau sahabat.

Baca juga:
Makanan Khas Lezat Halal Populer Istambul Turki

4. Pashmina.
Poto oleh: pt.depositphotos.com

Terkenal dari Turki seperti selendang yang banyak digunakan oleh para wanita di Indonesia sebagai gaya fashion dan cocok untuk segala suasana. Pastikan anda membeli jenis Pashmina made in Turky sebagai hal yang mutlah karena masih banyak ditemukan palsu atau abal abal dari negara lain. Untuk masalah corak dan wakrna memang dari Turki lah yang terbaik, masalah harga dimulai dari harga IDR 80.000 per buah di toko kios sekitar Masjid Bisu ataupun di Grand Bazaar.

5. Minyak Zaitun.
Poto oleh: pinterest.com/pin/420242208952940041/

Khasiat minyak zaitun memang sangat banyak manfaatnya dan Turki menyediakannya dengan jumlah yang sangat variatif. Oleh oleh khas Turki ini juga menjadi destinasi belanja yang harus anda lakukan dengan membeli jumlah yang disesuaikan dengan kapasitas bawa yang ditentukan oleh penerbangan nanti. FYI, negara Turki merupakan sebuah negara yang mengolah biji zaitun menjadi minyak terbesa di dunia bahkan sebagai pemasok penting di negara Eropa. Untuk harga ukuran 250 ml sekitara IDR 55.000 an yang bisa anda dapatkan di Grand Bazaar dan Spice Bazaar.

6. Peci Topi Warna Merah Turki atau Fez.
Poto oleh: hiveminer.com

Oleh oleh khas Turki ini sudah banyak traveler Indonesia membelinya menurut sejarah sudah ada sejak zaman Yunani kuni. Pada saat pemerintahan Turki Ottoman yang memakai topi peci ini sebagai budaya. Bentuk unik dan adanya tali pendek dijual dengan harga dimulai dari IDR 45.000 - IDR 50.000 an. Khusus untuk yang tidak ada tali dimulai dari harga IDR 20.000 - IDR 30.000. Banyaknya penjual Fez ini di Grand Bazaar sehingga anda tidak sulit untuk mendapatkannya.

7. Pernak Pernik: Gantungan Kunci, Magnet Kulkas, Pembatas Buku, dan lainnya.
Poto oleh: manversusworld.com

Tidak terlupakan oleh oleh yang sudah kudu wajib ada dipikiran adalah gantungan kunci, magnet kulkas, pembatas buku, serta jenis lainnya ini sudah masuk dalam rencana membeli untuk hadiah. Sebagian traveler menyebutnya cenderamata khas Turki yang banyak anda jumpai di Grand Bazaar sebagai lokasi terbaik untuk memilih jenis, bentuk, dan corak tang sesuai dengan selera anda. Untuk masalah harga jangan khawatir dimulai dari IDR 5000 jenis oleh oleh ini sudah bisa anda dapatkan.

8. Kaos-I-Love-Turkey.
Poto oleh: hairanazitis.blogspot.co.id

Tentu oleh oleh jenis ini menjadi pilihan terbaik setelah anda mengunjungi Turki sebagai destinasi wisata liburan. Banyak sekali penjual yang menyediakan corak dan warna serta sablon yang unik cerminan negara ini sebagai pilihan terbaik bagi anda untuk diri sendiri ataupun sebagai hadiah. Untuk mendapatkan kaos-Turki-Turkey dimulai dari harga IDR 60.000 tergantung kualitas sudah bisa anda dapatkan.

9. Keramik Unik Khas Turki.
Poto oleh: mikestravelguide.com

Aneka bentuk ukuran serta jenis keramik ini bisa anda beli untuk diri sendiri sebagai koleksi yang bisa didapatkan di Grand Bazaar. Bentuk yang sangat unik ini bisa jenis piring, ataupun jenis yang diletakan di meja seperti asbak, gelas-teh-Turki, dan lainya sebagai daya tarik untuk dibawa pulang sebagai hal yang direkomendasikan. Untuk masalah harga tidak terlalu mahal dimuali dari harga IDR 25.000 saja per buah.

10. Lampu Hias.
Poto oleh: timetravelturtle.com

Turki juga terkenal dengan desain lampu yang sangat mempesona mata apalagi dalam ukuran besar. Tetapi hal tersebut tidak mungkin anda membeli yang terlalu besar cukup untuk mini kecil yang bisa anda letakan sebagai pajangan lemari dengan bentuk yang sangat unik. Untuk masalah harga tidak terlalu mahal dimulai dari harga IDR 100.000 tergantung kualitas yang bisa anda dapatkan di Grand Bazaar.

11. Jaket Kulit.
Poto oleh: elaine-khoo.com

Mungkin anda ingin memiliki jaket asli kulit domba dari Turki saatnya berkunjung ke Grand Bazaar untuk memilihnya. Anda jangan tanya lagi kualitas yang sangat baik dan prima tentu dengan harga yang sangat pantas. Anda bisa memilih jenis bentuk dan ukuran sesuai dengan ukuran fisik dan selera sehingga anda bisa memastikan apakah jaket ini sudah layak untuk anda beli. Memang untuk harga tidak bisa disamakan dengan membeli oleh oleh khas Turki lainnya, ada kualitas bagus sudah tentu harganya juga bagus.

12. Kopi Turki.
Poto oleh: travelzoo.com

Khusus anda penggemar kopi tidak lupa cicipi khas dari Turki ini dengan rasa yang berbeda dan unik. Mungkin ada beberapa traveler dari Indonesia mencari kopi Turki sebagai oleh oleh khas yang dibeli bisa masuk dalam tema belanja anda disana. Untuk masalah harga dimulai dari harga IDR 50.000 untuk berat tertentu. Anda bisa mendapatkannya di Grand Bazaar dan ada sebagian di Spice Bazaar.

13. Karpet Turki.
Poto oleh: moris.com

Turki sangat maju dalam industi karpet. Untuk ukuran dan harga memang disesuaikan dengan kualitas serta cara membuatnya. Sebagai traveler tentu akan memilih karpet untuk ukuran mini langsung buatan penduduk lokal Turki yang jauh berkualitas dengan keunikan bentuk dan corak warna bisa terlihat jelas. Ada beberapa karpet yang tidak asli masih banyak ditemukan tetapi masih ada penjual yang menyediakan karpet asli Turki di Grand Bazaar yang bisa ada pilih sebelum membeli.

14. Baklava.
Poto oleh: travelatelier.com

Sejenis makanan khas Turki yang bisa anda bawa untuk dijadikan oleh oleh juga bisa ada bawa ke tanah air. Sejenis menu pastri yang isiannya bisa beraneka ragam macam yang disukai memang coklat dan disiram dengan sirup ataupun madul. Kue asli dari Turki ini sangat banyak ditemukan di Grand Bazaar dan Spice Bazaar sebagai lokasi penting untuk para traveler yang bisa anda dapatkan. Untuk aneka isian lainnya juga tersedia di beberapa toko pastri di kota Istanbul tepatnya di distrik Karakoy. Untuk harga isiang 24 potong dimulai dari harga IDR 300.000 an dan bisa bertahan selama 15 hari.

15. Tas-Khas-Turki.
Poto oleh: jambukebalik.com

Dengan kreasi penduduk lokal untuk mewujudkan sebuah bentuk tas yang unik menjadi daya tarik tersendiri untuk seluruh traveler Indonesia. Berbagai ukuran dan bisa anda gunakan untuk berbagai kesempatan bisa anda dapatkan di Grand Bazaar. Corak dan motif warna yang cukup variatif bisa anda sesuaikan dengan selera tentu harganya tidak terlalu mahal dimulai dari harga IDR 30.000 sesuai dengan kualitas produk yang akan anda pilih. Bisa anda berikan sebagai oleh oleh khas Turki kepada sanak sodara bahkan bisa digunakan untuk keperluan anda sendiri.

16. Lainnya.
Turki juga memiliki oleh oleh khas lainnya seperti bumbu masak, sabun khas aroma turki sebagai pilihan alternatif yang bisa anda dapatkan. Tentu hal ini tergantung selera karena ada beberapa traveler dari Indonesia mencari jenis tema oleh oleh ini sebagai kenangan lain untuk sampai nanti di tanah air.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.