Langsung ke konten utama

Pengalaman Perjalanan Darat Naik Bus Dari Vietnam Ho Chi Minh City Ke Kamboja Phnom Penh dan Siem Reap Menggunakan Bis

Seorang backpacker yang telah membuat rute perjalanan naik bus dari Vietnam Ho Chi Minh City menuju ke Kamboja Phnom Penh dan Siem Reap untuk menjelajahi seluruh wisata kedua negara ini dengan nilai mata uang yang masih terjangkau pasti sangat ramah dengan budget liburan. Setelah anda mengunjungi keseluruhan pariwisata yang ada di kota Ho Chi Minh City Vietnam saatnya untuk melakukan ke perjalanan ke Kamboja Phnom Penh dan Siem Reap untuk melengkapi perjalanan keseluruhan wisata disana. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda yang ingin berlibur yang sudah di jadwal di masa yang akan datang.

Poto oleh: travelermusiman.blogspot.co.id

Perjalanan Dari Bandara Vietam ke Pham Ngu Lao Street.
Saya mengambil meeting poin nya di Bandara Vietnam yaitu Bandar Udara Internasional Tân SÆ¡n Nhất. Untuk mendaptkan harga murah meriah anda harus menggunakan bis umum yang terkoneksi langsung ke pusat kota yaitu bus nomer 152 yang berhenti langsung di terminal di depan Benh Tan Market. Lokasi Pham Ngu Lao Street ini tidak terlalu jauh hanya sekitar 10 menit berjalan kaki untuk sampai ke lokasi ini. 


Sekilas Vietnam Dan Kamboja.
Kedua negara ini sangat populer sekali pariwisatanya di kalangan backpacker karena letaknya bersebelahan dan bisa ditempuh dengan perjalanan darat. Perjalanan darat Ho Chi Minh City Vietnam ke Kamboja Phnom Penh dan Siem Reap ini relatif mudah diikuti karena jalur transportasi kedua negara ini cukup baik. Jalan jalan ke Vietam Kamboja telah banyak menghipnotis para backpacker seluruh dunia tidak hanya Indonesia maka pilihan untuk memilih sampai ke negara tujuan adalah menggunakan moda transportasi bis malam yang sangat nyaman dan harganya masih reasonable sangat terjangkau.

Sekilas Bis Malam Vietnam Kamboja.
Semua kebutuhan bis yang tersedia oleh pengelola banyak sekali, dimulai dari ekonomi serta eksekutif. Bahkan ada pula pengelola bus yang menyediakan sleeper bed untuk para penumpang yang ingin mendapatkan kenyamanan tingkat tinggi dalam perjalan. Rata-rata bis penghubung kedua negara ini banyak beroperasi pada malam hari, jadi anda harus membawa perlengkapan tambahan untuk diatas bis yang ber AC karena menjelang malam kondisi kabin bis sangat dingin yaitu selimut tambahan dan kaos kaki. Banyak sekali bus yang membuka loket di Pham Ngu Lao Street ini dan anda juga bisa go show untuk mendapatkan jenis bus yang diinginkan.  Jadi, saat anda memlih lokasi ini sudag banyak penjualan tiket antar negara jika anda ingin melanjutkan perjalanan liburan.

Inilah rekomendasi bis yang banyak digunakan oleh para backpacker Indonesia yang bisa anda coba untuk membelinya secara online apabila jadwal liburan backpacker anda sangat singkat: Mekong Express | catmekongexpress.com dan Giantibis | giantibis.com tetapi untuk jenis bis lainnya juga tersedia dengan harga yang masih terjangkau. Untuk rutenya bervariasi khusus Giantibis pada saat ini hanya sampai ke Phnom Penh saja, tetapi Mekong Express sudah melayani sampai ke Siem Reap.

Fasilitas bis ini sangat mengikuti trend zaman now yaitu wifi dan colokan hape selama perjalanan jadi anda tidak perlu khawatir tetap bisa on selama perjalanan. Backpacker dari Indonesia sudah melakukan perjalanan menggunakan kedua bus ini dan sangat menarik untuk anda coba pada perjalanan kali ini.

Beberapa pilihan bus antar negara yang dapat menjadi rekomendasi dari beberapa traveler dari seluruh dunia dapat menjadi acuan untuk melakukan perjalanan darat dari Ho Chi Minh {HCMC} ke Kamboja dan Siemreap. Untuk masalah harga untuk masing-masing oto bus ini relatif hampir sama, dan jika perlu anda dapat melakukan pengecekan lebih baik. Karena setiap selera dari traveler memang berbeda-beda.

Sorya Transport: 301 Pham Ngu Lao St; T: (090) 2575 765;
The Sinh Tourist: 246-248 De Tham St; T: (028) 3838 9597;
Giant Ibis Transport: 237 Pham Ngu Lao St; T: (12) 0890 2333;
Hang Chau: T: (296) 562 771;
Kumho Samco: 239 Pham Ngu Lao St; T: (08) 6291 5389
Sapaco: 325 Pham Ngu Lao St; T: (08) 3810 1466; 

Informasi Rinci Pada Saat Imigrasi Kedua Negara.
Setelah anda menaiki bus dari pool masing-masing bus pilihan anda ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada mau akan memasuki pintu imigrasi. Petugas bis akan memberitahukan seluruh penumpang untuk memberikan paspor kepada kondektur bis apabila bis akan memasuki perbatasan di Moc Bai merupakan kota terakhir setelah keluar dari perbatasan Vietnam ke Kamboja. Petugas bis tadi akan membagikan paspor setelah melewati pos imigrasi sesaat anda telah keluar scanning imigrasi. Inilah prosedur yang telah dilakikan untuk mengumpulkan paspor seluruh penumpang yang akan migrasi ke Kamboja. Dan keuntungan lain adalah anda tidak perlu repot untuk antri serta kemudahaan selama menggunakan jasa bis tadi. Selama ini tidak ada komplain dari penumpang dengan cara seperti ini karena sudah masuk ke dalam SOP yang telah lama di terapkan.

Setelah anda memasuki dari perbatasan Vietnam di Moc Bao seluruh barang bawaan anda harus bersama dengan anda dan bis yang anda tumpangi tadi menunggu di sampin gedung imigrasi dimana lokasi pintu check poin berada. Lama waktu sekitar 30 menit atau lebih tergantung ramainya antrian dari bis lain yang bersamaan waktunya pada saat kedatangan.

Moc Bai adalah perbatasan di Vietnam Kamboja dimana bertepatan dengan perbatasan kota Bavet di Kamboja. Disinilah daerah abu-abu kedua negara yang selalu dilintasi oleh bis dan para wisatawan dunia. 

Paspor anda akan dikembalikan saat petugas bis tadi akan memanggil nama penumpang satu per satu oleh petugas imigrasi. Cara sepertu ini dilakukan untuk mengetahui pemilik asli dari masing-masing penumpang yang akan melintas. Harus fokus karena penyebutan nama kadang tidak jelas karena lidah penduduk lokal akan berbeda dialeknya pada saat pemanggilan nama anda.

Setelah anda menerima paspor akan menuju ke pintu keluar dan menuju ke bis yang anda tumpangi tadi yang lokasinya tidak terlalu jauh di parkiran khusus bis. Dan selalu pastikan anda mengetahui nomer plat bus yang anda tumpangi tadi supaya tidak salah menaiki.

Memasuki Perbatasan Kamboja.
Setelah anda memasuki bis dan akan berjalan sekitar 300 meter akan kembali meninggalkan perbatasan Vietnam menuju ke Kamboja sebagai pintu masuk ke dalam negara ini. Untuk memasuki perbatasan negara Kamboja ini bus akan berhenti di Bavet untuk proses scanning masing-masing wisatawan yang akan masuk. Proses memasuki imigrasi ini paspor anda sudah ditangan dan harus secara pribadi memasuki pengecekan oleh petugas imigrasi. Setelah tahun 2016 sudah menggunaka mesin x-ray seluruh barang, tetapi anda tidak perlu membawa barang jika anda diletakan di bis. Khusus untuk pasport Indonesia bebas visa hanya stempel langsung dari petugas imigrasi. Dan ada beberapa negara yang harus melakaukan VOA [Visa on Arrival] di imigrasi check poin.

FYI, jika ada rekan anda yang bersama anda dari negara bukan Indonesia satu bus harus menggunakan VOA harus melaporkan kepada petugas sebelum memasuki perbatasan. Petugas ini akan membantu anda untuk mempercepat VOA dengan memberikan jasa fee US$ 5, dimana harga VOA sekitar US$ 30. Mungkin anda ingin mengetahui fee ini apa? 

Fee yang akan anda berikan ini adalah tambahan biaya VOA yang akan dibayarkan yang mereka sebut dengan uang lelah atas jasa dia untuk mempercepat proses VOA. Kadang petugas ini meminta sekitar US$ 8, mungkin anda pernah membaca bahwa memasuki pintu imigrasi Kamboja ini memang sedikit trik nya apabila tidak berikan fee ini akan lama di check poin ini, memang benar adanya. Beberapa rekan backpacker lainnya juga merasakan hal yang sama pada waktu saya memasuki Kamboja. Anda mempersiapkan pas poto hitam putih 4x6, jika tidak maka petugas akan melakukan pemotretan wajah di ruang imigrasi dan anda harus beri US$ 1 untuk petugas.

Tips Bagi Backpacker Menggunakan Bis Rute Vietnam ke Kamboja 
Ada sedikit rips bagi anda yang melakukan perjalanan darat dari Vietnam ke Kamboja untuk menghabiskan liburan.

1. Ada sebagian pengelola bis memberikan complimentary makanan dan minuman selama perjalanan. Biasanya mereka menyediakan satu box yang berisikan macam kue dan minuman mineral dalam bentuk botol 1 buah. Apabila anda tidak yakin dengan halal nya snack ini bisa anda ganti buah-buahan yang telah anda beli sebelum berangkat di Ben Thanh Market. 

2. Keberangkatan bis menuju ke Kamboja seperti Phnom Penh dan Siem Reap berbagai jenis waktu ada siang dan malam, karena jenis bus yang anda pilih ada berupa sleeper atau bisa anda manfaatkan untuk tidur selama perjalanan. Bus akan berhenti di pit stop bus untuk istrirahat sejenak dan anda bisa menikmati beberapa makanan yang telah anda persiapkan. Jika anda merasakan lokasi tempat makan tersebut tidak halal sebaiknya bekal yang anda beli di Ben Than Market bisa menjadi penggantinya. Disekitar pasar tersebut banyak yang menyediakan makanan halal.

3. Apabila anda estafet dari Phnom Penh menuju ke Siem Reap dapat menggunakan bis yang sama seperti Giantibis yang lokasinya tidak jauh dari pusat kota. Sebagai informasi saja, ada sebuah pool bis ini dekat dengan Angkor Wat tapi khusus untuk bus malam saja. Tetapi mereka menentukan untuk penumpang mengarahkan ke lokasi pool mereka di pusat kota untuk mencegah tindak kejahatan.

4. Kondisi bis sudah sangat nyaman dilengkapi dengan bed dormintory yang bisa anda jadikan sleeper bed pada saat bis berjalan. Perlengkapan tambahan yang perlu anda persipakan adalah selimut pribadi dan kaos kaki karena udara kalam kabin bus akan terasa dingin sekali jika telah melewati tengah malam.

5. Rekomendasi dari para backpacker yang telah melakukan perjalanan ini adalah apabila terjadi kecelakaan bis anda harus memiliki nomer pool bis tujuan agar jadwal estafet anda ke kota tujuan lain bisa di undur waktu setelah bis tumpangan ini sampai ke pool. Ada beberapa rekan backpacker yang terpaksa harus membayar tiket lagi karena tiket yang telah dibeli online hangus tidak dapat dipakai lagi karena jadwal yang dipilih bis nya sudah berangkat.

6. Sebaiknya anda harus menyiapkan sim card negara tujuan agar urgenitas untuk keperluan tertentu bisa anda gunakan secepatnya. Pada saat sekarang ini sim card lokasl sudah dilengkapi dengan paket data tertentu yang bisa anda manfaatkan pada saat liburan nanti. Misalnya pada di Vietnam anda membutuhkan jasa Uber ataupun taksi online lainnya bisa anda gunakan apabila anda ingin menggunakannya.


7. Walaupun bis yang anda tumpangi sangat nyaman adanya uang fee yang saya sebutkan tadi hampir semua bis melakukan pembayaran fee dari penumpang ke petugas. Karena sudah menjadi sesuatu kebiasaan yang telah sama dan kita berada di negeri orang mau tak mau harus mengikuti kalau tidak kita akan lama di imigrasi. Dari pada hal yang tidak diinginkan lebih baik kita menyediakan uang receh dolar nominal kecil untuk mereka. Uang US$ yang agak lecek pun masih berlaku dan bisa anda beli di Indonesia dengan harga miring bisa menjadikan uang tersebut transaksi di negara Kamboja atau Vietnam.

Komentar

  1. Hai, saya berencana ke Vietnam, Kamboja dan Laos di Minggu kedua bulan Agustus.
    1). Untuk ke Vietnam, rencana saya akan ke Ho Chi Min dulu kemudian ke Hanoi barulah setelah itu ke Kamboja. Apakah rute yang dilalui akan sama? Bisakah menggunakan Mekong Express juga?
    2). Apakah menggunakan transportasi bus malam Sleeper bus aman untuk wanita, mengingat saya akan bepergian solo trip.

    Mohon bantuan pencerahannya ya, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai,

      Saya bisa jawab sesuai dengan pengalaman sewaktu melakukan travelling dengan rute seperti diatas.

      Nomor 1.
      Kalau untuk naik Mekong Express saya belum pernah menggunakannya, jadi saya tidak bisa sharing pengalamannya.
      Jika saya lihat rute perjalanan dari HCMC kemudian ke Hanoi kemudian lanjut ke Cambodia berarti rute perjalanan harus kembali lagi ke HCMC baru ke Combodia.. Menurut pendapat saya kenapa tidak ke Hanoi terlebih dahulu kemudian ke HCMC kemudian lanjut ke Combodia. Karena rute perjalanannya bisa satu jalur dan memudahkan anda travelling ke negara yang akan dituju.

      Nomer 2.
      Banyak sekali traveller menggunakan sleeper bus terutama backpacker yang melakukan eksplor negara Indocina ini. Jadi tidak usah khawatir, karena di perjalanan nanti pasti anda tidak sendirian banyak rekan backpacker dari negara lain yang melakukan perjalanan seperti anda. Untuk solo trip di negara Vietnam - Kamboja - dan Thailand menggunakan bus cukup aman. Mungkin ada selentingan yang memberikan efek yang tidak menyenangkan ada tetapi masih kondusif untuk melakukan travelling. Waktu saya travelling banyak sekali solo backpacker yang melakukan perjalanan seperti ini bahkan mereka bisa mendapat teman baru untuk melakukan trip bareng ke tujuan tertentu.

      Hapus
  2. saya juga berencana traveling dari vietnam ke kamboja, apakah ada berkenaan transportasi kereta api? gimana cara dapat memesan tiket sebelumnya? trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah naik train, jadi tidak bisa share pengalamannya.

      Hapus
  3. hai sy mau ke hocimin dr phon phen prosedur visa masuk vietnam gimana ya?
    new bie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paspor hijau Indonesia tidak perlu visa untuk memasuki negara Vietnam.

      Hapus
  4. Mau tanya dong, klo dari Ho Chi Minh ke Phnom Penh itu berapa jam? terus dari Phnom Penh ke Seam Reap itu berapa jam? dan dari Seam Reap ada bis langsung ke Ho Chi Minh tidak ? thanks yaaa

    BalasHapus

Posting Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.