Langsung ke konten utama

Tips Liburan Ke Hongkong: Wisata Shopping Belanja dan Keluarga

Walaupun lokasi wisata di Hongkong menjadi destinasi yang cukup favorit tetapi ada kendala makanan halal yang masih sedikit sekali destinasi mengakibatkan terabaikan atau di skip ke negara lain. Tetapi hal ini bisa disiasati dengan beberapa cara yang sangat simpel bahkan mungkin belum pernah terpikirkan oleh rekan backpacker semua. Mungkin sebahagian traveler muslim agak menepi jika harus memilih destinasi tujuan Hongkong sebagai lokasi untuk menghabiskan liburan selama cuti yang telah persiapkan, semoga sharing informasi ini bisa anda gunakan untuk memenuhi wisata hala yang ingin anda rasakan selama berada di Hongkong.

Poto oleh: karibuworld.com

Hal yang pertama harus diperhatikan adalah memilih penginapan yang dekat dengan komunitas halal yang secara tidak langsung akan memberikan semua kebutuhan liburan terpenuhi seperti hotel tempat menginap hingga kebutuhan makanan. Berbagai jenis liburan yang akan anda lakukan bisa bersama keluarga ataupun secara solo backpacker. Rekomendadi tujuan untuk menetapkan pilihan adalah di Causeway Bay atau ke TST. Setelah mendarat anda harus menggunakan kereta api dengan rute pertama ke Central kemudian ganti kereta menuju ke Causeway Bay, khusus ke TST dapat menggunakan bis dari bandara langsung berhenti di halte TST. Transportasi MTR ini memiliki akses keluar yang cukup panjang jadi anda harus mempersiapkan langkah kaki yang kuat tegap untuk melangkah. 

Traveler yang ingin mendapatkan nuansa alami mecari lokasi yang dekat dengan tempat ibadah yang tidak terlalu jauh dengan fasilitas keunggulan dalam sebuah traveling. Anda jangan khawatir di kawasan ini cukup banyak jenis makanan dan minuman yang berasal dari Indonesia yang bisa anda jadikan sebagai lokasi untuk kuliner jika waktunya makan tiba.

Apabila anda berada di daerah Causeway Bay ini bisa menyinggahi Victoria Park untuk melengkapi makanan halal yang dipersiapkan oleh para saudara kita Pembantu RT disebut sebagai sebagai sumber devisa negara. Sebagian rekan backpacker juga memilih TST {Tsim Sha Tsui} yang termasuk di daerah Kowloon juga ada komunitas India menjual masakan halal yang bisa menjadi rekomendasi untuk kuliner disana tepatnya di Chungking Mansions dengan hidangan nasi briyani nya. FYI, di kawasan ini banyak juga komunitas dari Indonesia yang bertemu waktu kunjungan kesana.



Kegiatan Wisata Di Hongkong.
Untuk pilihan di Hongkong cukup banyak dimulai dari wisata belanja. Di setiap sudut kota HK ini bisa dijadikan tempat shopping, karena banyak sekali pertokoaan yang menyediakan barang-barang branded. Untuk lokasi yang direkomendasikan adalah:

1. Symphony of Light.
Jika anda berada di sekitar Victoria Harbour disinilah lokasi Symphony of Light yang akan berlangsung. Permainan sinar cahaya laser dengan multimedia yang canggih mampu menjadi magnet untuk dikunjungi. Inilah ikon yang terkenal di Hongkong menampilkan keindahan kota dengan semangat permainan warna lampu yang bisa memukau seluruh traveler dunia tidak bayar alias gratis.

Pada tahun 2017 telah membuat edisi terbarunya dengan menambahkan unsur yang lebih wow keren lagi dengan paduan Hong Kong Philharmonic Orchestra. Memang ada bangunan yang menjadi ciri khas kota Hongkong menyatu dengan sisi pelabuhan menjadikan landscape permainan lampu yang canggih berpadu dengan LED teknologi yang bisa harmoni dengan suara sebagai tontonan gratis diatas malam yang menyejukan di harbour.

Lokasi ini sangat dekat dengan TST, Hongkong Culutural Center, dan Golden Bauhinia Square di Wan Cai, pertunjukan dimulai dekitar jam 20:00 waktu setempat.

2. Ladies' Market.
Mau belanja di kaki lima disini tempatnya. Ada sekitar 100 kios baju yang menyatu dengan toko di Ladies' Market tepatnya di Tung Choi Street. Jenis produk yang dijual disini ada harga sudah tetap tetapi ada pula yang masih bisa di tawar seperti jam tangan, asesoris baju, t-shirt, jeans, dsb. Ya ibarat kaki lima cukup variatif jenis barang yang di jual oleh para pedagang. Pasar ini dimulai menjelang sore hingga tengah malam.

Info alamat: Tung Choi Street, Mong Kok, Kowloon
Cara ke sana:
Stasiun MTR Mong Kok, keluar E2. Berjalan di sepanjang Nelson Street untuk dua blok; atau naik bus 1, 1A, 2, 6 atau 9 dari Dermaga Fery Tsim Sha Tsui Star dan turun di Nelson Street.

3. The Peak Hongkong.
Saat traveling di Hongkong harus ke The Peak sebagai lokasi untuk melihat pemandangan kota di atas bukit. Disinilah titik tertinggi hingga anda bisa tau posisi bentuk landscape kota yang sudah tertata ini dengan hawa sejuk perbukitan.

Sebagai pusat wisata menjadikan The Peak sebagau daya magnet yang sangat tinggi lagsung terlihat gedung pencakar langit serta Victoria Harbour dengan bukit hijau nun jauh disana tepatnya di New Territorities. Untuk sampai ke The Peak anda juga bisa menggunakan tram mempunyai pengalaman tersendiri dengan melihat pemandangan yang unik terlihat gedung pencakar langit pada saat pendakian. Tram ini sangat bersejarag bagi perjalanan negara Hongkong ini.

Cara ke sana:
Naik bus 15C dari pusat Pier 8 atau berjalan kaki dari Stasiun MTR Central Station keluar J2 untuk mengambil trem Peak dari terminal trem Peak bawah jalan Taman; 
atau:
Bus 15 dari terminal bus asing Square (Stasiun MTR Hong Kong, keluar D);
Atau:
minibus 1 dari persimpangan transportasi umum di Stasiun MTR Hong Kong, pintu keluar E.


4. Pasar Stanley atau Stanley Market.
Sebuah pasar yang terletak di selatan Hongkong ini termasuk sebuah lokasi pasar yang kuno yang cukup banyak para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini untuk berbelanja. Mungkin anda tidak mengira bahwa sebuah pasar kuno tidak banyak pengunjung, anda salah Pasar Stanley ini banyak wisatawan dunia bahkan expatriat dengan beranekaragam jenis produk yang dijual disini seperti pakaian, perhiasan, suvenir, dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Untuk masalah harga sangat terjangkau dan bahkan ada penjual khusus barang reject atau second di lokasi pasar ini.


Info
Alamat:Stanley New Street and Stanley Market Road, Stanley, Hong Kong Island
Informasi Transportasi
Bus 6, 6A, 6X, 66 or 260 from Exchange Square bus terminus (near MTR Hong Kong Station, Exit D.)
MTR Causeway Bay Station, Exit F1. berjalan ke Jardine‘s Bazaar dan kemudian tumpangi jenis minibus nomer 40.
Bus 973 dari Canton Road di Tsim Sha Tsui tepanta di luar Silvercord Centre.

5. Ocean Park Park.
Traveler yang membawa keluarga tentu akan mempertimbangan Ocean Park yang dibuka sekitar tahun 1977 sebagai lokasi yang tepat untuk menghabiskan masa liburan anak-anak. Wahana ini juga ada spot hewan-hewan tergabung dengan permainan kekinian yang berlokasi di Hongkong Island bagian selatan. Luas wahana ini +/- 915.000 meter persegi dengan tempat atraksi utama waterfront dan summit, kedua atraksi ini terhubung dengan transportasi yang sangat representatif cable car dan kereta cabel yang melintasi ocean park ini.

Wahana yang paling disukai bahkan menjadi idola para keluarga yang menghabiskan masa liburan adalah Adventures in Australia, Shark Mystique, jelajah petualangan di kutub selatan dan utara, kota tua, Thrill Mountain, hutan tropis, aqua city, dan hewan yang terkenal di asia.

Lokasi: Wong Chuk Hang, Hong Kong Island.
Cara kesana: berhenti di stasiun MTR Ocean Park ambil jalur exit B.

6. Disneyland Hongkong.
Alternatif tempat liburan lain selama di Hongkong adalah ke Disneyland. Lokai permainan dengan berbagai wahana ini telah menjadi destinasi wisata yang bisa anda bawa sebagai tempat menghabiskan liburan bersama keluarga. Fasilitas pendukung cukup representatif dan terkoneksi dengan transportasi MTR yang terhubung dengan pusat kota Hongkong. Banyak sekali wahan yang bisa anda masuki sesuai dengan keinginan anak-anak agar nuansa liburan kali ini benar-benar mengesankan dan mempererat hubungan seluruh anggota keluarga.

Wahana yang bisa menjadi pilihan adalah: Iron Man Experience, Stark Expo, Royal Princes Garden, Mickey and the Wondrous Book, hingga ke Disney Explorers Lodge. Cukupkan waktu anda untuk menikmati seluruh wahan yang ada ini dengan waktu yang lama sehingga dapat menjadikan pengalaman bagi anak tercinta.

Apabila anda ingin menghabiskan waktu bermalam di sekitar Disneyland Hongkong juga ada resort yang bisa anda gunakan sebagai tambahan pengalaman lagi denga fasilitas resort yang cukup megah. 

Info alamat di Hongkong Disneyland Lantau Island.
Cara kesana anda bisa menggunanakan MTR berhenti di stasiun Disneyland Resort.

7. Jelajah Causeway Bay.
Jangan pernah lupakan lokasi ini jika melakukan jelajah kota pusat Hongkong. Disinilah lokasi shopping yang sangat terkenal di Hongkong dengan berbagai jenis produk yang anda cari ada di tempat ini. Area kompleks yang tertata dan sangat dekat satu dengan yang lain ini tergabung dalam shopping mall complex dan departement stores juga ada. Untuk butik juga perlu anda telisik satu per satu juga berdampingan dengan pusat belanja terkenal. Untuk harga yang kaki lima juga ada dapat terlihat di lorong jalan hingga menuju ke jalan utama.

Sebagai ikon Hongkong untuk para traveler dunia ini menjadikan produk yang tersedia dimulai dari harga terjangkau hingga harga yang sangat tidak terjangkau ada disini. Ada beberapa season sale menjadikan lokasi ini penuh dengan wisatawan asing yang ingin mendapatkan barang kualitas terbaik dengan harga diskon yang menggelora. Jenis nya tidak hanya fashion bahkan elektronik, produk kosmetik, hingga asesoris ada disini. Jadi, persiapkan tempat membawa dan uang yang cukup untuk memburu barang yang akan anda beli.

Untuk sampai ke Causeway Bay anda cukup menaiki MTR dengan tempat pemberhentian stasiun Causeway Bay. Untuk pintu keluar langsung terintegrasi dengan shopping mall complex.

Sebenarnya untuk lokasi cukup banyak di Hongkong, tetapi inilah tempat yang sangat direkomendasikan untuk para traveler yang bertema keluarga islami. Jika anda ingin mendapatkan jenis makanan halal yang cukup sulit ditemukan sebaiknya anda membawa bekal atau diganti dengan asupan makanan berserat seperti buah-buahan yang cukup berlimpah di pasar tradisional Hongkong dan supermarket dengan harga yang sangat terjangkau. Apabila musim tiba, ada jenis buah tertentu yang sangat murah harganya. Dan minuman yang berlabel halal cukup banyak di supermarket beberapa produk dari Turki, Malaysia, dan Indonesia. Alternatif lain adalah berkunjung ke beberapa mesjid yang ada beberapa penjual muslim yang menyediakan makanan halal yang bisa anda jadikan lokasi tempat makan setelah melakukan jelajah di kota Hongkong atau sebagai bekal untuk trip selaknjutnya.
Ada beberapa lokasi tempat ibadah jika anda ingin menunaikan kewajiban lima waktu yang juga ada di Hongkong. Ada lokasinya sangat dekat dengan lokasi pusat wisata dan ada pula yang butuh sedikit berjalan untuk sampai ke lokasi, berikut informasinya:

1. Mesjid Jamia.
Termasuk mesjid pertama di Hongkong ini ibangun pada tahun 1840 an, dan diperluas pada tahun 1915. Termasuk bangunan bersejarah yang dilindungi oleh pemerintah. Anda bisa mengunjunginya di 30 Shelley Street Central dangat dekat dengan exit MTR Central.

2. Mesjid Ammar dan Orman Ramju Sadick Islamic Center.
Sebagian traveler dan penduduk lokal menyebutnya Mesjid Wan Chai yang merupakan pemilid dari Incorporated Trustess of Islamic Community Fund of Hongkong. Istitusi inilah yang memberikan sertifikat Halal di Hongkong. Lokasi mesjid ini di 40 Oi Kwan Road Wan Chai, sangat dekat dari exit MTR Causay Bay.

3. Mesjid Chai Wan.
Dibuka pada tahun 1963 ini awalnya diperuntukan sebagai lokasi salat jenazah serta area pemakanan sekitar Cape Collison. Berkembangnya waktu dan bertambahnya komunitas berubah menjadi sebuah tempat ibadah dan tempat belajar untuk anak-anak yang ingin mendalami agama. Lokasi mesjid ini di Cape Collison Road sangat dekat dari exit MTR Chai Wan.

4. Mesjid Stanley.
Pertama kali dibuka sekitar tahun 1891 ini merupakan pusat tempat ibadah muslim dari India. Tempat yang sangat nyaman ini bisa anda kunjungi untuk melaksanakan ibadah wajib, karena masih terbatas untuk komunitas anda bisa singgah dan beri pemberitahuan kepada petugas mesjid. Alamatnya di 53 Tung Tau Wan Road Stanlley sangat dekat dengan exit MTR Chai Wan.

5. Mesjid Kowloon.
Mesjid terbesar di kota Hongkong ini dapat menampung jamah +/- 3500 orang ini juga tersedia tempat belajar anak-anak dengan membuka kelas belajar sekitar 200 murid. Pusat pembelajaran ini didukung oleh beberapa bahasa: Inggris, Arab, dan Urdu. Anda bisa msinggah di mesjid ini untuk melakukan ibadah sholat wajid. Lokasinya di 105 Nathan Roa TST Kowloon sangat dekat dengan exit MTR Tsin Sha Tsui {TST}.

Semoga tulisan ini bisa menjadi isnpirasi anda berlibur di Hongking dengan sejuta kenangan dan surganya belanja. Bisa anda kombinasikan apakah secara backpacker ataupun tidak. Untuk paspor Indonesia tidak perlu pakai visa karena langsung stempel di checking point pintu imigrasi. Liburan tenang nyaman tempat yang sesuai kaidah di dapat. Happy traveling.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Keuntungan Kerugian Pesawat Mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP]

Pada saat sekarang sudah ada penerbangan yang mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP] tidak hanya di Cengkareng Soekarno Hatta saja menjadi destinasi utama. Beberapa penerbangan yang mendarat di HLP ini dimasukan kedalam destinasi lain untuk sampai ke kota Jakarta dengan mengurangi penerbangan yang cukup sibuk di Soekarno Hatta yang telah melayani take-off dan landing dengan jarak waktu yang cukup sempit. Nah, dipilihnya Halim Perdana Kusuma untuk mengurangi kesibukan dari lokasi Cengkareng Soekarno Hatta tersebut sudah benar adanya. Ada sebagian orang yang sudah terbiasa dengan Cengkareng Soekarno-Hatta untuk menjadi destinasi mendaratnya pesawat dengan beberapa fasilitas penghubung antara terminal dan konektifitas antara bandara dengan kota Jakarta sedikit agak enggan memilih Bandara Halim Perdana Kusuma. Ada sebagian berpendapat nanti bagaimana setelah sampai disana, terus bagaimana sampai ke kota Jakarta menggunakan akses transportasi seperti apa. Mungkin masih banyak lagi.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.