Langsung ke konten utama

Kebiasaan Seperti Ini Bisa Mengakibatkan Anda Sakit Pada Saat Traveling Liburan Berikut Tips Untuk Mengatasi

Kesehatan sangat penting disegala suasana tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari malah di saat traveling sangatlah penting agar seluruh itinerary yang dibuat harus selesai dengan waktu dan jadwal yang telah ditetapkan. Keenakan traveling ini harus menjadi tips untuk diri sendiri agar aman pada saat jalan-jalan di mall, pantai dan pulau, bahkan di perjalanan. Hal yang pertama dilihat untuk menolong keadaan darurat berupa perlengkapan obat yang telah dipersiapkan atau bahkan harus membeli di apotik untuk mengobati suapaya kondisi tubuh tetap prima.

Poto oleh: mappingmegan.com

Begitu senangnya berlibur dan happy tiada tara maka sakit ini akan datang secara tiba-tiba bahkan pada saat duduk, tidur, bahkan sedang jalan rasanya timbul mengakibatkan anda menjadi lemah, letih, dan lesu. Jangan sampai ini terjadi agar kesenangan ini harus tetap sehat, tetapi harus anda perhatikan ada sebabnya ada sakit sepeeti dengan adanya penyebabnya. Apa saja penyebabnya mungkin sepele tetapi sangat berdampak besar terhadap sebuah liburan.

1. Perubahan Iklim Secara Mendadak.
Pada saat traveling di awal perjalanan cuaca sangat bersahabat bahkan tidak ada masalah untuk melakukan sebuah jelajah. Perubahan secara tiba-tiba ini sangat cepat mengakibatkan tubuh harus cepat beradaptasi, jika tubuh anda tidak bisa melakukan adaptasi secara cepat maka tubuh akan menjadi drop bahkan bisa langsung jatuh sakit. Seperti kondisi pada saat pergi cuaca sangat bersahabat tetapi pada pagi menjelang siang udara langsung berubah menjadi hujan deres dan berangin kuat. Antisipasinya adalah travelling dilakukan pada musim yang tepat yaitu pada bulan yang sudah mulai pada musim panas. 

2. Sangat Lelah Melakukan Jelajah.
Perjalanan yang akan ditempuh pada saat liburan pilihan terbanyak adalah berjalan kaki atau naik kendaraan umum untuk sampai ke pusat wisata. Ingin berhemat tetapi akan berakibat pada letih jika naik kendaraan umum uang akan berkurang. Pilihan seperti ini tentu pasti akan terjadi pada saat anda melakukan penjelajahan, perhitungan yang cermat adalah jika lokasi wisata tersebut memiliki akses yang baik serta jalan yang ditempuh masih sangat aman tidak masalah serta dekat, tetapi jika lokasinya sudah sangat jaluh dan terpencil tentu anda tidak akan melakukan kegiatan konyol untuk berjalan kaki. Perhitungan seperti ini harus anda telita mana yang terbaik untuk sebuah ekspedisi jelajah.

3. Kurang Cairan atau Dehidrasi.
Lupa minum saat di perjalanan apalagi cuaca panas dan terik. Kehilangan cairan akan membuat tubuh akan cepat respon mengakibatkan anda akan cepat letih bahkan bisa membuat kepala pusing. Kondisi tubuh akan terasa kurang ada tenaga untuk melangkah. Hal yang paling utama adalah kebersihan air yang anda minum akan berpengaruh sehingga metabolisme didalam tubuh akan juga langsung dirasakan, jika konsumsi air tidak bersih tentu akan terasa sakit perut bahkan bisa timbul diare. Selama anda diperjalanan harus selalu membawa air putih bersih yang siap diminum agar kondisi tubuh tetap prima dan tidak kekuarangan cairan.

4. Masalah Asupan Makanan.
Pemilihan makanan yang sehat sangat penting, tidak hanya untuk kegiatan sehari-hari tetapi juga pada saat traveling. Memilih makanan yang sehat dan bergizi tetap menjadi prioritas dan pilih makanan yang sesuai dengan karakter fisik anda. Menyehatkan dan tidak menyebabkan anda alergi untuk mengkonsumsinya. Terkadang seorang traveller menjadi lupa karena rasanya enak tetapi tidak bergizi tetap saja di konsumsi, tidak memperhatikan kandungan gizi dan kebersihan terabaikan. Hal ini harus anda pastikan agar asupan makanan ini tetap bermanfaat bagi kondisi tubuh yang butuh asuman yang digunakan untuk menggati kalori yang telah hilang selama melakukan jelajah.

5. Selalu Perhatikan Riwayat Penyakit.
Khusus bagi anda yang memiliki riwayat penyakit yang bisa menyerang anda tiba-tiba waktu travelling seperti asma ataupun penyakit flu yang berhubungan dengan kondisi cuaca harus anda waspadai. Kedua penyakit ini akan berhubungan dengan kondisi cuaca dingin di tempat wisata yang akan anda kunjungi. Perbedaan suhu yang sangat drastis seperti ini akan memicu timbulnya kedua penyakit ini sehingga mengganggu kondisi pernafasan. Efek lainnya adalah rasa sakit kepala menahan efek batuk yang ditimbulkan akan berdampak kepada stamina yang ada pada tubuh yang butuh anda siapkan untuk jelajah. Hindari lokasi wisata yang sangat dingin dan hindari pula kegiatan traveling seperti main ski, ataupun menjelajah area yang dingin yang akan memberi efek buruk kepada kesehatan. 



6. Efek Naik Pesawat atau Jetlag.
Menempuh perjalanan dari satu daerah ke daerah lain akan menempuh waktu perjalanan yang cukup lama mengakibatkan efek kepada tubuh yang butuh adaptasi bahkan kadang terasa pusing dan kondisi tubuh tidak mengenakan. Kondisi ini disebut juga dengan Jetlag dimana kondisi awal tubuh pada lokasi tertentu sudah terbiasa dengan keadaan setiap hari, setelah sampai di lokasi lain dengan perbedaan yang cukup jauh mengakibatkan tubuh merespon untuk mengikuti siklus baru yang harus diikuti. Akibatnya kesehatan anda akan terganggu seperti gangguan pada sistem pencernaan, mual-mual bahkan muntah, diare, hingga konstipasi yang mengakibatkan kondisi hormon yang harus melakukan adaptasi untuk merubah siklus baru yang sedang anda hadapi. Anda harus memperhatikan hal ini jika menentukan negara tujuan wisata yang berbeda waktu cukup jauh dengan Indonesia.

7. Perubahan Udara. 
Hal ini berhubungan dengan hilangnya cairan dalam tubuh pada saat di kabin pesawat. Tubuh akan banyak mengeluarkan cairan karena adanya perubahan tingkat kelembaban yang lebih rendah sampai dengan 20% jika dibandingkan dengan kelembaban di ruangan biasa. Dengan kondisi yang dingin ini secara otomatis tubuh akan banyak mengeluarkan jumlah cairan yang lebih banyak dan cairan urin akan berkurang. Situasi ini akan berdampak kepada kondisi tubuh yang akan dimaksimalkan kembali dengan minum yang cukup, apabila kurang pada kondisi ini maka anda akan merasa oto terasa keram, lambung akan terasa stress, atau lemah kondisi tubuh. 

Berikut tips bagi sebagian orang menganggapnya sepele tetapi sangat krusial sekali efeknya bagi tubuh. Untuk mengurus diri sendiri pada saat yang saat genting ini harus anda lakukan agar kondisi fisik tubuh tetap prima harus dimaksimalkan. Beginilah cara yang harus anda lakukan untuk mengatasi apabila terjadi hal pada saat sakit pada tavelling.

1. Persiapkan Obat Pribadi.
Selalu mempersiapkan obat pribadi anda pada saat traveling. Mungkin hal ini terlupakan hanya anda yang mengetahui kondisi tubuh anda sendiri seperti apakah anda suka diare, asma, migrain, atau mungkin ada treatment khusus jika anda merasakan efek tertentu pada saat perjalanan. Untuk obat-obatan ini pada saat pemerikasaan barang harus masuk kedalam bagasi tidak bersama dengan anda. Karena sebagian obat mungkin ada berbentuk cairan yang menjadi perhatiaan petugas x-ray barang pada saat masuk ke bagase. Contoh obat yang menjadi andalan saat liburan adalah: balsem, minyak kayu putih, krim pijat, ataupun obat lainnya obat pusing, maag, sakit gigi, dsb. 

2. Perhatikan Jenis Makanan Sehat Konsumsi.
Perhatikan makanan yang akan dibeli serta dikonsumsi harus mengandung nutrisi sehat agar kondisi badan tetap sehat prima pada saat melakukan jelajah. Memang sebagian traveler menyukai makanan instant untuk mereka makan, cara ini sebenarnya sangat tidak baik terhadap kondisi pencernaan dan asupan nutisi gizi yang diperlukan tubuh sangat kurang sekali. Makanan instant ini dapat memicu timbulnya gejala sakit yang memberikan dampak krusial seperti mual, diare, dan pusing. Untuk menghindari ini anda harus mencari jenis makanan yang benar-benar sehat selama liburan nanti, caranya anda hanya perlu ke pasar tradisional untuk mendapatkan jenis makanan sehat yang dijual jika perlu membeli aneka buah-buahan yang bisa anda konsumsi selama diperjalanan.

3. Cermati Kondisi Kesehatan Tubuh.
Sebagai traveller yang mengerti dengan kondisi tubuh sangat mencermati poin ini. Jika sudah terasa lelah dan sakit mereka tidak akan melanjutkan perjalanan dan akan berhenti untuk istirahat untuk memulihkan tubuh tetap prima kembali. Apabila anda terus berlanjut dengan kondisi lelah tubuh tetap tidak dihiraukan maka efek yang lebih besar akan menanti. Fatalnya anda bisa masuk rumah sakit di negeri orang, hal ini harus sangat dipahami. Apapun alasannya kondisi tubuh nomer satu, biarlah itinerary anda menjadi berkurang yang penting stamina tubuh diprioritaskan.

4. Siapa Membatu Pada Saat Genting.
Apabila anda melakukan traveling di negeri seorang sendiri alias solo backpacker apabila sakit tiba-tiba siapa yang harus anda andalkan?. Ya ibaratnya membantu anda pada saat emergency. Biasanya yang paling pertama membantu anda adalah petugas tempat hotel anda menginap ataupun seorang petugas yang bekerja di hotel tersebut. Inilah cara yang sangat bijaksana pertama sekali yang akan anda lakukan apabila terjadi sakit di negeri orang, karena petugas sebagai orang yang pertama kali yang akan anda hubungi. Jika anda merasa tidak mendapatkan hal yang sebagaimana mestinya sebaiknya anda menghubungi Kedutaan Besar Indonesia yang ada di negara tersebut sebagai cara yang sangat terbaik untuk membantu anda jika terjadi sakit parah. 

BEGINI CARA MENJAGA TUBUH TETAP SEHAT SAAT TRAVELING.
Mewujudkan idaman travelling yang diinginkan menjadi impian semua orang. Cara yang sangat simpel atau mudah menjadi senjata pamungkas untuk membuat kondisi tubuh tetap prima siap melangkah apapun bentuk jenis liburan anda. Berikut cara menjaga tubuh tetap prima sehat selama traveling.

1. Selalu memperhatikan kesehatan pada saat liburan tentunya memilih jenis makanan sehat yang akan menjadi menu anda hari ini. Kunjungi semua tempat telah anda kunjungi seperti tempat makan masyarakat lokal, pasar tradisional, ataupun makanan restoran. Mungkin rasa dan bumbu yang mengacu di semuah menu yang anda beli tentu ada yang tidak sesuai dengan lidah. Perhatikan hal ini agar lambung anda tidak kaget dengan situasi makanan ini apalagi anda yang mempunyai riwayat lambung yang sensitif terhadap jenis makanan tertentu. Poin berikutnya adalah kebersihan menu makanan yang akan anda beli menjadi prioritas penting karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap kuman penyakit yang ada disekitar area tersebut. Pemilihan makanan tergantung dri diri anda sendiri mulai amati lingkungan penjual hingga penggunaan air untuk proses memasak mereka.

2. Khusus bagi anda yang suka liburan diudara luar dengan teriknya matahari. Keadaan seperti ini biasanya terjadi pada saat anda berjalan menuju ke tempat wisata ataupun menikmati suasana yang mengharuskan bersama terik sinar matahari. Terus menerus dibawah terik sinar matahari akan berakibat cepat melemahkan tubuh, anda harus dibantu menggunakan kaca mata anti silau untuk melindungi mata serta topi melindungi kepala dari tamparan sinar matahari terik, jika perlu menggunakan sun-block untuk melindungi lapisan kulit tetap kondisi baik.

3. Persiapkan tubuh harus diperhatikan tetap dalam kondisi prima, sehat, dan fit. Anda bisa merasakan tubuh anda, jika terasa kurang sehat anda bisa melakukan medical check-up sebelum melakukan jelajah di negeri orang seperti mendaki gunung ataupun berenenag diving di laut. Selalu sempatkan berolahraga untuk memicu tubuh repon terhadap kegiatan keras supaya pada hari-h tetap bisa menerima kejutan perjalanan yang akan anda buat.

Demikianlah tulisan yang sedikit panjang beberapa tips traveling yang anda lakukan sendiri nanti agar tetap aman sehingga jalan-jalan anda disana tetap terkendali dan kondisi sehat. Cara umum seperti ini ibarat nasehat yang baik untuk membentengi kesehatan tubuh tetap terkontrol baik dimulai dari attitude seorang traveller, kebiasaan, hingga kegiatan sehat selama berwisata. Seluruh komponen ini berhubungan kuat sehingga menciptakan fisik prima, sehat, dan fit bisa anda dapatkan. Terjawab sudah kenapa wisata ke negara Eropa dan beberapa negara lain meminta asuransi kesehatan yang juga mengcover keselamatan yang diwajibkan untuk disertakan pada saat travelining ini sebabnya. Semoga bermanfaat.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Cara Mendaki Daki Pendakian Gunung Singgalang Sumatera Barat | Hiking Mount Singgalang

Pertualangan alam tidak ada habisnya saatnya cara-mendaki-daki-pendakian-Gunung-Singgalang-Sumatera-Barat|Way-hiking-Mount-Singgalang menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta alam seluruh penjuru dunia. Sudah termasuk dalam destinasi wisata alam dengan ketangguhan kedua kaki siap menguji seberapa tinggi kekentalan andrenalin anda untuk bisa daki-Gunung-Singgalang dengan gayanya tersediri. Proses pendakian membutuhkan informasi yang cukup agar perjalanan ala pecinta alam bisa selamat dan menjadi pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Wisata Penggila Shopping Belanja Vietnam Murah Pasti Mengenal Tempat Ini: Segera Kunjungi Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Wisata belanja penggila shopping di Vietnam pasti mengenal tempat ini dan pastinya harus dikunjungi sebelum pulang kembali ke tanah air. Dengan pilihan yang akan selalu dimasukan ke itinerary perjalanan nanti setelah menikmati seluruh tempat wisata penting ini menjadi acara yang sangat diminati disaat mencari oleh-oleh dan suvenir hingga kebutuhan fashion semuanya ada. Pada tulisan ini pastinya jika anda berada di zona yang sangat dekat dengan tempat wisata shopping ini segera kunjungi, untuk masalah harga masih relatif terjangkau dan pastinya untuk motif dan kualitas dapat diadu dengan produk ternama. Apa saja nama tempat wisata shopping belanja di Vietnam yang kami masud dan anda harus pilih nama yang mana sangat dekat dari lokasi penginapan selama melakukan perjalanan wisata ke Vietnam, berikut penjelasan lengkapnya:

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.