Langsung ke konten utama

Cara Menggunakan Bus Damri Jabodetabek Menuju Ke Bandara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng Tangerang Banten Lengkap Dengan Proses Check in Pesawat

Ingin membagi pengalaman bagi rekan yang ingin menggunakan Damri dari Jabodetabek {Jakarta, Bogor, Tanggerang, Bekasi} yang ingin menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta Tanggerang Banten dari berbagai lokasi ini sudah tentu telah terbuka layanan ini serta proses check in sampai dengan ruang tiunggu boarding. Sebenarnya tidaklah sulit untuk menaiki bus ini yang telah menjadi andalan bagi seluruh penumpang tidak menutup kemungkinan seorang traveler. Damri yang telah hadir membantu penumpang dari pusat kota Jabodetabek selalu dicari bahkan informasi yang akurat dan terinci sedikit sekali ditemukan. Plesirankotatua ingin membagikan informasi yang bermanfaat ini kepada pengguna pesawat udara yang masih ragu menuju ke Terminal 1|2|3 sebagai tujuan awal melakukan check-in sebelum memasuki pesawat pilihan. Berikut cara menggunakan bus Damri dari rute Jabodetabek menuju Bandara Soekarno Hatta Tanggerang Banten dan proses check in sampai ke ruang tunggu boarding pesawat.

Poto oleh: batampos.co.id

POSISI AWAL ANDA.
Tentu saja sebelum menaiki bus Damri ini harus mengetahui dimana lokasi ngetem bus Damri ini tempat anda. Seperti contoh di Rawamangun di Terminal Bus Rawamagun, Blok M sekitar Plaza Blom M, Bogor di sekitar Terminal Bus Baranang Siang, atu Gambir di sekitar stasiun Kereta Api di Gambir. Setelah anda mengetahui dimana lokasi bus Damri ini ngetem, sudah pasti anda bisa menikmati layanan ini untuk terkoneksi ke Bandara Soekarno Hatta  {Pulang-Pergi}. Tentu waktu dan jadwal yang tersedia masuk dalam ketersedian bus ini untuk membawa ke tujuan akhir dan sesuai dengan waktu keberangkatan anda.



BAGAIMANA MEMBAYAR TIKET BUS DAMRI.
Anda jangan khawatir untuk membayar tiket bus Damri ini bisa langsung di atas bus setelah diperjalanan nanti petugas akan memungut biaya ini ke masing-masing penumpang. Jumlah nominal biaya yang akan ditagihkan ini disesuaikan dengan rute perjalanan dan jauhnya lokasi tempat anda naik menuju ke Bandara Internasional Soekarno Hatta. Persiaplam jumlah uang tunai yang akan dibayarkan ke petugas bus Damri.

SELAMA PERJALANAN MENUJU SOEKARNO-HATTA.
Setelah anda menaiki bus Damri ini dan bebas memilih tempat duduk dapat anda pilih sesuai dengan tingkat kenyamanan. Biasanya di dekat supir ada ruangan khusus yang tidak terlalu besar untuk meletakan barang yang bisa anda manfaatkan untuk meletakan barang ukuran medium. Barang bawaan anda ukuran besar atau pun kardus tempat meletakan barang ini di bagase yang akan akan dibantu oleh petugas dan mengarahkan anda. Sebagai bukti anda akan mendapatkan potongan stiker barang bagase dari petugas Damri bahwa barang anda ada di bagase simpan di bawah.

Setelah anda duduk sesuai dengan lokasi yang dipilih sekitar +/- 15 menit perjalanan petugas bus Damri akan memungut biaya perjalanan anda menuju ke Bandara Soekarno Hatta. Pembayaran saat sekarang ini hanya menerima uang tunai saja dan harus anda persiapkan yang akan diberikan kepada petugas. Setiap penumpanag akan mendapatkan potongan karcis sebagai bukti bahwa anda telah menaiki Damri untuk rute ini.

O iya, pada saat pembayaran tiket ini petugas akan menanyakan kepada ajda terminal kenerangkatan untuk menaiki pesawat udara. Petugas akan memberitahukan apabila terminal tujuan anda sudah dekat dan siap-siap untuk turun.

TERMINAL TUJUAN DI SOEKARNO-HATTA.
Setelah perjalanan yang cukup lama melalui tol dalam kota Jakarta destinasi terminal anda sudah mulai dekat. Persiapkan seluruh barang bawaan anda jangan sampai tertinggal atau tercecer. Jika barang anda terletak di lokasi dekat dengan supir atau sebelah kiri sebelum pintu turun di depan harus pastikan tidak tertukar. Karena banyak penumpang yang meletakan barang mereka begitu saja kadang tertumpuk tidak rapi. Selalu awas barang anda karena mungkin saja koper ataupun ransel anda telihat sama dengan penumpang lain.

Setelah barang bawaan telah bersama anda, jika barang dibagase bawah juga harus diambil dengan memberikan potongan stiker tersebut kepada petugas Damri. Jadi pastikan terminal tujuan anda telah sampai dan semua barang bawaan telah bersama anda.

SAMPAI TERMINAL TUJUAN.
Setelah barang bawaan telah terkumpul semua dan turun di terminal tempat pesawat yang akan membawa anda, sebaiknya anda harus mencari troli angkut barang yang tersedia persis di tempat berhenti bus Damri dan dekat ke pintu keberangkatan. Pastikan anda harus menggunakan troli ini apabila barang bawaan anda ukuran besar dan banyak agar memudahkan perpindahan anda menuju konter check-in. Karena saat sekarang ini tidak ada porter bandara dan harus anda sendiri yang melakukan angkut barang dimulai dari turun bus sampai ke dalam ruangan.

Semua barang telah berasama anda di troli saatnya melakukan check in dengan melewati mesin X-ray yang harus anda lakukan. Sebelum memasuki mesin scanner ini anda harus memperlihatkan tiket keberangkatan anda kepada petugas karena hanya penumpang saja yang boleh masuk untuk melakukan check in. Setelah selesai saatnya anda masuk ke lokasi mesin scanner x-ray. Prosesnya sangat simpel dan mudah, angkat barang anda dan arahkan ke mesin yang ada ban berjalannya termasuk hape, ikat pinggang, dan jaket harus masuk ke dalam mesin. Karena peraturan dari pengelola bandara mewajibkan anda untuk mengikuti proses ini sampai semua barang telah diperiksa semuanya.

Setelah selesai sempurna anda akan membawa barang bawaan tersebut kembali menuju ke meja check-in pesawat udara pilihan anda. Tunjukan tiket anda beserta identitas seperti KTP/Paspor/SIM kepada petugas dan anda akan mendapatkan boarding pas sebagai bukti bahwa anda telah diperbolehkan naik pesawat udara sesuai dengan jadwal keberangkatan yang telah ditetapkan. Barang bawaan anda juga bisa dimasukan ke bagase dengan maksimal berat yang diperbolehkan antara 20kg - 30kg tergantung dari airline. Apabila jumalah yang telah ditetapkan ini berlebih maka anda harus membayar selisih kelebihan ini konter yang telah ditunjuk oleh airline yang akan anda tumpangi ini. PENTING! semua barang bawaan anda harus mengikuti seluruh peraturan yang ditetapkan oleh otoritas bandara yaitu tidak ada barang yang dilarang untuk dibawa diatas pesawat serta narkoba. Seluruh barang berbahaya ini akan selalu terdeteksi oleh mesin x-ray dan jangan sekali-kali anda membawa barang berbahaya ini. 

MENUJU KE RUANG TUNGGU BOARDING.
Semua barang telah masuk ke bagase pesawat hanya beberapa jenis barang saja yang bisa dibawa naik ke atas kabin pesawat maksimal berat +/- 7 kg saja. Saatnya anda menuju ke ruang tunggu pesawat dengan mengikuti petunjuk yang ada di sekitar check in. Sebelum masuk ke ruang tunggu anda harus melakukan scanning x-ray terakhir yang harus dilakukan dengan proses yang tetap sama yaitu seluruh barang bawaan termasuk jaket, hape, ikat pinggang, dan lainnya masuk dalam mesin scanning. Setelah selesai sempurna anda sudah dipersilahkan masuk ke ruang tunggu boarding yang telah disediakan oleh airline yang akan membawa anda menuju ke tujuan akhir. 

Cukup mengikuti arah tujuan dengan melihat nomer ruang tunggu yang ada di bording pass dan masuk ke ruangan tersebut dan anda bisa memilih kursi duduk yang telah disiapkan oleh pengelola bandara. Anda harus menunggu disekitar ruangan ini dan selalu lihat kode pesawat anda karena petugas akan menyebutkan kode pesawat serta tujuannya, agar anda harus tetap selalu mendengarkan pengumuman dari petugas yang akan memanggil bahwa pesawat anda sudah siap diberangkatkan. Jangan lengah dan pastikan ruang duduk anda tidak terlalu jauh dari pintu utama keberangkatan pesawat.

SELAMAT TERBANG....  

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Cara Rinci Menggunakan Transportasi Publik Dari Bandara Internasional Minangkabau Ke Kota Penting Pariwisata Sumatera Barat: Padang, Painan, Bukittinggi, Payakumbuh, Batusangkar, Sawahlunto

Padang sebagai pintu masuk dimulai dari Bandara Internasional Minangkabau [BIM] Padang Sumatera Barat menuju ke kota penting pariwisata lainnya menggunakan bis umum publik sangatlah mudah. Pada tulisan ini sangat banyak traveler Indonesia dan Malaysia mencari cara rinci lengkap menggunakan transportasi ini terutama sang backpacker yang ingin melihat indahnya ranah Minangkabau ini lengakp tersedia lengkap wisata alam, wisata bahari, wisata budaya, hingga ke wisata kuliner semuanya ada. Inilah informasi yang anda cari itu ada pada tulisan ini. Transportasi Publik Utama dari Bandara BIM Padang. Sekarang ini dengan sudah mulai tertata transportasi publik yang ada di BIM ini menuju ke kota Padang sebagai awal langkah. Berikut rinciannya:

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Pengalaman Perjalanan Darat Naik Bus Dari Vietnam Ho Chi Minh City Ke Kamboja Phnom Penh dan Siem Reap Menggunakan Bis

Seorang backpacker yang telah membuat rute perjalanan naik bus dari Vietnam Ho Chi Minh City menuju ke Kamboja Phnom Penh dan Siem Reap untuk menjelajahi seluruh wisata kedua negara ini dengan nilai mata uang yang masih terjangkau pasti sangat ramah dengan budget liburan. Setelah anda mengunjungi keseluruhan pariwisata yang ada di kota Ho Chi Minh City Vietnam saatnya untuk melakukan ke perjalanan ke Kamboja Phnom Penh dan Siem Reap untuk melengkapi perjalanan keseluruhan wisata disana. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda yang ingin berlibur yang sudah di jadwal di masa yang akan datang.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.