Langsung ke konten utama

Hal Penting Dipersiapkan Sebelum Anda Melakukan Pulang Mudik Kampung Halaman

Libur lebaran sudah semakin dekat tentu semua persiapan yang dilakukan harus maksimal dan jangan sampai hal sepele menjadi lupa mengakibatkan perjalanan menjadi sia-sia dan terhambat dengan beberapa akibat yang akan timbul. Hal prinsip yang harus diperhatikan adalah keadaan barang atau aset yang ditinggalkan saat anda melakukan perjalanan ini sudah set-up dengan baik dan sudah ready, supaya perjalanan selama liburan panjang tidak akan terganggu, lancar, serta aman. Ada hal prinsip apa terpenting yang harus anda persiapkan sebelum melakukan kegiatan mudik pulang kampung halaman, berikut penjelasannya.

Poto oleh: coretanridwanto.com

1. Kondisi Kendaraan Harus Prima.
Kendaraan adalah hal yang paling utama untuk melakukan perpindahan dari pusat kota ke kampung halaman. Jenis kendaraan baik roda dua atau roda empat sudah hal yang sangat biasa untuk dibawa berjalan jauh harus dalam kondisi prima. Satu minggu sebelum keberangkatan anda harus melakukan service berkala jika diperlukan harus ada penggantian spart part yang mungkin akan meningkatkan performa kendaraan selama perjalanan berlangsung nanti. Biasanya hal yang prinsip khusus untuk kendaraan roda empat adalah ganti oli, saringan bensin, saringan oli, semua lampu, AC, serta wiper kaca depan dan belakang harus dalam kondisi baik. Apabila seluruh ban yang ada pada saat ini sudah terlihat tidak layak jalan lagi sebaiknya anda ganti supaya perjalanan anda terkendali dengan performa ban yang sangat layak untuk menempuh perjalanan jauh.

2. Pahami Jalur Perjalanan Terbaik.
Selama perjalanan nanti anda harus update informasi jalur yang akan ditempuh. Karena ada beberapa jalur yang akan dialihkan untuk menghindari penumpukan kendaraan terutama di jalur pantai utara dan pantai selatan. Ada beberapa titik yang harus menempuh jalan memutar agar terhindar dari macet terutama pasar tumpah ataupun keramaian lainnya. Biasanya informasi ini didapat dari NTMC Polda yang selalu terkoneksi setiap saat apalagi sudah masuk musim waktu mudik. Jadi, anda harus selalu ikuti seluruh informasi lalu lintas ini supaya perjalanan tetap nyaman dan cepat sampai di kampung halaman.

3. Update Informasi Cuaca Saat Penyeberangan Selat.
Khusus pemudik yang akan melakukan penyeberangan selat menggunakan kapal harus melakukan update informasi cuaca sebelum perjalanan. Informasi cuaca sangat penting karena akan mempengaruhi perjalanan kapal untuk berpindah, jika cuaca tidak baik diikuti dengan hujan deras dan angin kencang makan kapal tidak akan berlayar. Kondisi ini tentu akan mempengaruhi waktu perjalanan anda untuk sampai ke kampung halaman.

4. Paking Barang Seperlunya.
Perjalanan jauh tentu harus membawa barang yang penting saja, jangan membawa barang terlalu banyak apalagi sampai ke atas kendaraan yang tentu akan membahayakan perjalanan anda. Untuk barang bawaan disesuaikan dengan jumlah hari yang akan dihabiskan selama diperjalanan pulang-pergi dan waktu selama di kampung halaman. Anda bisa kalkulasikan berapa stel baju lengkap yang harus dibawa. Jangan barang yang tidak perlu dibawa sedangkan barang yang penting terlupa. Persiapkan jauh-jauh hari jika perlu buat daftar barang penting yang harus dibawa nanti.

5. Siapkan Kartu E-Money Kartu Toll
Saat sekarang ini untuk pembayaran tol harus menggunakan kartu taping e-money saat memasuki pintu gerbang pembayaran. Pemerintah sekarang sudah mengharuskan untuk memasuki tol harus pakai kartu untuk meminimalisir kemacetan dan kepraktisan dalam pembayaran. Di tol dalam kota Jakarta dan kota penyangga lainnya telah banyak gerbang yang disediakan cara pembayaran seperti ini. Jadi, anda harus mempersiapkannya sebelum melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.

Baca juga:

6. Jaga Kesehatan Stamina Tubuh.
Perjalanan jauh harus mempersiapkan kondisi kesehatan tubuh dalam keadaan prima dan istirahat yang cukup. Sebelum waktu keberangkatan anda harus konsumsi makanan sehat serta jangan begadang. Dengan menjaga kondisi tubuh tetap fit akan mempengaruhi ritme membawa kendaraan saat perjalanan mudik nanti. Pastikan seluruh aktifitas yang tidak sehat harus dikurangi sehingga tubuh yang anda idam kan memang siap saat berangkat nanti.

7. Keadaan Rumah Saat Ditinggal Tetap Aman.
Pastikan kondisi rumah saat ditinggal dalam keadaan terkunci, seluruh barang elektronik dalam posisi mati agar tidak terjadi hubungan arus pendek yang mengakibatkan kebakaran. Rumah yang anda tinggalkan saat pulang mudik sebaiknya tetangga sebelah juga diberitahu atau ke pak RT dan petugas keamanan kompleks agar pada saat tertentu akan dimonitor. Cara praktis seperti ini sebaiknya anda lakukan agar seluruh aset yang sudah dibangun tetap dalam kondisi baik dan aman.



8. Jika Perlu Perlu Tambah CCTV.
Sekarang ini teknologi sudah sangat berkembang maju dan anda juga bisa mengikutinya untuk menambah CCTV yang diletakan di posisi strategis di rumah. Seluruh aktifitas yang terjadi di rumah bisa terpantau dan bisa direkam secara otomatis jika circuit ini terhubung dengan internet. CCTV ini bisa anda pantau secara berkala selama 24 jam penuh terkoneksi dengan jaringan internet dengan soft ware standar CCTV yang anda beli sehingga anda juga terasa awan dan tentram selama melakukan perjalanan mudik.

9. Dana Cukup Selama Perjalanan.
Selama perjalanan mudik anda harus mempersiapkan uang tunai untuk melakukan transaksi pembelian BBM, logistik, hingga transaksi lainnya. Tidak semua diperjalanan tersedia ATM bank penerbit itupun harus terpusat di pom bensin ataupun ke pusat kota. Untuk menghemat waktu dan lama waktu diperjalanan siapkan dana yang cukup untuk seluruh kebutuhan anda dan keluarga waktu diperjalanan.

10. Bekal Logistik Cukup Selama Perjalanan.
Minuman dan makanan yang penting diperjalanan harus anda persiapkan agar tidak terjadi kehausan atau kelapasan saat macet diperjalanan. Semua pemudik akan melakukan perjalanan jauh ini butuh logistik yang cukup agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan saat anda memasuki jalur hutan yang cukup panjang ataupun pegunungan yang jauh dari pusat keramaian. Kalkulasikan berapa jumlah logistik yang akan dibawa sesuaikan jumlah anggota keluarga yang ikut bersama anda.

11. Selalu Bersih Selama Perjalanan.
Tetap segar dan wangi diperjalanan harus dilakukan agar anda tetap dalam kondisi prima serta terbebas dari bau badan yang tidak memberi kenyamanan. Sekarang ini telah tersedia pom bensin yang memberikan pelayanan tempat mandi yang bersih dengan adanya shower agar kebersihan air yang digunakan tetap bisa terkontrol dan tidak terkontaminasi dengan bakteri. Memang tidak banyak pom bensin yang menyediakan fasilitas ini setidaknya anda bisa melakukan bersih-bersih saat melakukan sholat fardhu saat anda berasa di perjalanan. Siapkan barang pribadi untuk mengganti seluruh pakaian baru agar kebersihan anda tetap terjaga.

12. Perlengkapan Obat Keluarga.
Sewaktu diperjalanan mungkin ada dari salah satu anggota keluarga yang sering mengalami sakit atau sebagai persediaan untuk jaga-jaga apabila terjadi bisa ditanggulangi secepatnya. Biasanya mabuk diperjalanan, masuk angin, ataupun gangguan pencernaan. Obat keluarga yang biasanya dipersiapkan adalah minyak angin, balsem, obat luka, obat sakit perut, obat gangguan pencernaan, dan sebagainya sebagai bekal obat yang harus anda persiapkan. Selama diperjalanan sudah ada pertolongan pertama yang bisa dilakukan agar tetap diperjalanan masih situasi aman dan nyaman.

13. Siapkan Paket Data dan Pulsa Cukup.
Zaman smartphone sekarang ini sudah harus terisi dengan paket data dan pulsa yang cukup untuk menunjang seluruh aktifitas mudik anda agar tetap dalam kondisi terkoneksi dengan dunia maya. Kegunaan lainnya anda juga bisa menggunakan beberapa petunjuk jalan lainnya seperti Google Map untuk memberikan jalur yang terbaik karena aplikasi ini juga memberikan informasi jalan alternatif lain yang bisa anda lihat dan terpantau padat atau lengang. Nah, sangat baik sekali teknologi yang bisa membantu seluruh aktifitas mudik anda sehingga tidak mentok di satu tempat. Tidak hanya tu saja, Google Map ini juga memberikan informasi yang cukup akura seperti fasilitas umum yang penting serta banyak digunakan oleh seluruh penggunan selama diperjalanan.

14. Harus Istirahat Cukup Selama Perjalanan.
Perjalanan jauh harus istirahat yang cukup, sebaiknya membawa kendaraan minimal dua orang agar terjadi pengganti dan back up selama perjalanan. Istirahat yang cukup ini bisa tidur yang cukup selama perjalanan ataupun istirahat di tempat yang tersedia dari beberapa instansi pemerintah dan swasta dengan layanannya seperti kompleks pemberhentian kendaraan khusus dari provider selular dengan fasilitas pijit gratis, ataupun ditempat lainnya yang bisa membuat anda terlelap sejenak. Jangan paksakan perjalanan pada saat kondisi tubuh dalam keadaan lemah dan mata mengantuk yang akan mengakibatkan kecelakaan fatal. 

15. Isi Penuh BBM Kendaraan.
Sebelum kendaraan melaju harus perhatikan BBM kendaraan dalam kondisi penuh agar perjalanan tetap nyaman. Pengisisnnya dapat anda lakukan satu hari sebelum keberangkatan, biasanya situasi ini akan dipenuhi antrian kendaraan yang akan melakukan perjalanan jauh seperti anda. Jangan sampai pada waktu berangkat anda akan melakukan pengisian BBM sudah dipastikan antrian yang cukup panjang dan perjalanan anda sudah terhambat beberapa jam untuk sampai di tujuan.

16. Berdoa Sebelum Berangkat.
Selalu biasakan berdoa sebelum melakukan perjalanan jauh agar seluruh anggota keluarga termasuk anda selalu dalam lindungan Allah SWT. Diberikan kemudahaan selama diperjalanan dan dijauhkan dari halangan dan rintangan yang akan menghambat perjalanan silaturahim anda ke kampung halaman tetap berjalan dengan baik dan lancar. 

Semoga tips dan hal penting yang harus anda lakukan dalam persiapan yang lengkap sebelum melakukan perjalanan jauh pulang mudik ke kampung halaman tetap dalam kondisi nyaman dan prima. Jangan sepelekan hal yang kecil karena akan bisa mempengaruhi hal yang lebih besar. Bawa kendaraan dalam kecepatan yang normal, jangan ngebut, serta jika perlu apabila memasuki daerah yang sepi dan lengang seperti hutan sebaiknya anda konvoi dengan kendaraan lain agar satu sama lain dalam pengawasan yang sama. Semoga bermanfaat dan selamat melakukan perjalanan ke kampung halama dan selamat sampai di tujuan.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.

Tips Cara Mudah Memilih Tas Untuk Traveling Mudik

Saat waktu sudah dekat masih bingung memilih tas untuk traveling mudik apalagi cewek banyak kriterianya dimulai dari tas yang cocok untuk semua warna baju, ukuran tas koper untuk seminggu, hingga tas yang cocok untuk situasi padat penumpang. Kalau seorang pria tidak akan banyak permasalahan hanya perlu sesuaikan situasi dan kondisi saat waktu traveling mudik sudah mendekati hari-h nya. Memang tas menjadi tumpuan untuk menyimpan seluruh barang dan pakaian yang harus di bawa, tidak mungkin tersimpan di kardus menjadi malu-maluin saat membawanya. Jadi tas lah yang cocok untuk traveling mudik dangat bervariasi tenggantung jenis tipe, warna, hingga ukuran liter yang menjadi pilihan terbaik.  Plesirankotatua ingin berbagi sedikit pengalaman bagi anda yang masih bingung memilih tas untuk beberapa keperluan mudik, traveling, atau pun dinas luar kantor hanya situasi saja yang berbeda tetapi maksud dan tujuan bisa anda aplikasi kan sesuai dengan timing yang tepat dan tujuan traveling perjal