Langsung ke konten utama

Perhatikan Tips Penting Khusus Penerbangan Perjalanan Jarak Jauh Supaya Tetap Nyaman Selama Traveling

Saat melakukan perjalanan jarak jauh tentu membutuhkan waktu yang sangat panjang bahkan sampai dengan 12 jam perjalanan tentu sangat melelahkan. Apabila anda memiliki ilmu dan informasi pada saat tertentu akan melakukan penerbangan yang sangat panjang ini tidak perlu lagi bingung harus ngapain saja diatas pesawat untuk sampai ke negara tujuan. Ada cara simpel dan mudah untuk menempuh penerbangan sangat jauh ini tetap nyaman dan anda tidak perlu khawatir. Sebenarnya perjalanan ini tidak hanya pesawat udara ada juga perjalanan darat serta laut. Tetapi perjalanan yang banyak dilakukan oleh traveler adalah menggunakan pesawat udara karena praktis dan relatif cepat sampai jika dibandingkan dengan transportasi lainnya. 

Poto oleh: rd.com

Pertanyaan ini akan muncul yaitu kenyamanan yang akan anda dapatkan tentu akan muncul ketidaknyamanan seperti pegal, lelah, dan capek. Tetapi sikapi keseluruhan ini bisa diminimalisir jika anda mengikuti tips berikut dan semoga tercipta penerbangan jarak jauh ini tingkat kenyamanan yang bisa anda dapatkan.

1. Sebaiknya Langsung Self-Check-In-Online.
Dengan berkembangnya teknologi dengan mudahnya akses internet makan maskapai penerbangan telah membuka layanan untuk self-check-in-online karena cara ini anda telah bisa menentukan lokasi tempat duduk pada saat terbang nanti. Alasannya anda bisa menentukan dimana lokasi duduk dengan tingkat kenyamanan selama melakukan perjalana jauh ini. 

TIPS: memang kursi yang disediakan oleh airline di depan memiliki ruang yang agak lega dan kaki terasa luas untuk selonjoran. Tetapi anda jangan memilih area kursi ini karena banyak digunakan untuk penumpang yang banyak membawa keluarga khususnya anak bayi, balita, orang tua, serta penumpang berkebutuhan khusus. Apabila anda duduk berdampingan dengan mereka akan terganggu dengan aneka kegiatan dari bayi dan balita yang menangis saat traveling atau orang tua dan kebutuhan khusus yang wara-wiri didepan atau disamping anda. 

Hal yang sangat direkomendasikan untuk dilakukan adalah pilih kursi dekat dengan kedua sayap pesawat karena saat pesawat memasuki area turbulensi sekitar tempat duduk ini terasa aman dan getaran guncangan terasa tidak begitu kuat.

Tidak disarankan duduk dekat area toilet, penerbangan jarak jauh sudah pasti kebutuhan penggunakan toilet sangat besar, akan menimbulkan kegaduhan baik bunyi pintu masuk keluar penumpang menutup pintu toilet serta penumpang akan sering berdiri di sekitar kursi anda untuk menunggu giliran masuk. Pola seperti ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan ada giliran anda tercium bau yang tidak mengenakan hidung.

Khusus anda yang sering menggunakan fasilitas toilet selama penerbangan jarak jauh dan lama ini maka selama penerbangan sarannya pilih kursi yang memiliki akses cepat saat anda urgen menggunakannya seperti di pinggir jalan lorong sehingga anda mudah berpindah dan masuk area antri toilet.

Apabila anda sangat jarang menggunakannya maka tempat duduk kursi yang direkomendasikan adalah sudah pasti dekat jendela karena anda bisa merebahkan kepala di dinding jendela sehingga waktu tidur bisa lama saat penerbangan jauh nanti.

2. Pilih Makanan Sesuai Selera.
Airline yang memiliki rute penerbangan jarak jauh dan lama ini memiliki fasilitas untuk memilih makanan sesuai dengan karakter selera bahwa ada makanan yang disesuaikan dengan kesehatan anda, seperti apakah anda alergi atau tidak cocok selera dengan menu pada saat penerbangan nanti. Pemberitahuan ini akan disertakan pada saat anda melakukan self-check-in-online. Cara ini sebaiknya anda tempuh karena mendapatkan pelayanan utama oleh pramugari dimana anda telah terlebih dahulu memilih dan akan di prioritaskan pelayanan. Menu yang selalu tersedia di penerbangan seperti sudah pasti ada jenis salad, roti, aneka buah, nasi dengan jenis lauk pilihan.

3. Bawa Alat Pribadi Selama Penerbangan.
Selama penerbangan lama dan jauh ini anda sebaiknya menyiapkan alat pribadi terlihat sepele sangat membantu anda merasa kenyamanan di perjalanan nanti. Seperti penutup mata, masker, penyumbat telinga, bahkan bantal mungil penyangga leher saat tidur di pesawat. Namanya pesawat ditumpangi dengan aneka etnis dan penduduk sudah pasti memiliki karakter masing-masing mungkin nantinya tidak sesuai dengan karkater anda. Misanya sudara penumpang ngobrol keras, lampu kabin yang begitu terang, atau suara ngorok penumpang disamping anda, bau yang tidak mengenakan hidung, posisi tidur yang harus dibantu dengan bantal mini, atau bunyi mesin yang membuat telinga terasa tidak nyaman. Untuk membuat penerbangan ini tetap nyaman sudah tentu pasti anda akan mempersiapkan seluruh alat pribadi ini selama penerbangan nanti.



4. Jangan Sampai Kekurangan Cairan.
Perjalanan yang akan terasa lama dan jauh ini tentu harus anda persiapkan minuman agar anda tidak kekurangan cairan atau dehidrasi. Caranya tentu harus ada persiapkan botol pribadi yang kosong dan akan diisi dengan minuman atau air mineral setelah melewati pintu akhir pemeriksaan x-ray. Situasi kabin pesawat yang dingin tentu akan membuat cairan dalam tubuh banyak keluar dan anda harus minum agar cairan agar tetap stabil dalam tubuh selama penerbangan. Ketersedian air ini tentu tidak banyak disediakan oleh pramugari jika anda penumpang kelas ekonomi. Jadi cara ini sangat baik dan apabila di dalam pesawat ketersediaan air dalam botol anda telah habis sebaiknya langsung refill ke pramugari agar anda selalu siap minum walau waktu pelayanan tidak tersedia.

5. Pakaian Nyaman Hangat.
Penerbangan yang sebagian orang menyebutnya membosankan dan lama membuat kondisi tubuh di dalam pesawat terasa dingin bahkan anda tidak ada kesempatan selama penerbangan nanti, khusus anda penumpang ekonomi. Situasi dalam kabin yang terasa dingin makan harus dipersiapkan pakaian nyaman hangat yang bisa melindungi tubuh anda dari terpaan udara yang sejuk tetapi tidak baik bagi kesehatan. Selimut juga disediakan hanya sebatas hangat diluar saja, tetapi anda akan lengkapi dengan pakaian pribadi nyaman hangat.

6. Jangan Minum Kopi Berlebihan.
Anda yang ingin tetap stabil kondisi tubuh tentu harus istirahat selama penerbangan nanti. Tulis pulas dan nyenyak memang diinginkan setiap penumpang. Walaupun tidak bisa 100% bisa terlaksana tetapi masih bisa dilakukan dengan keterbatasan. Pilihan minuman kopi memang disediakan oleh pramugari untuk penumpang tetapi jangan anda minum pada saat pesawat telah take off beberapa jam untuk sediaan makanan disediakan. Minuman kopi tidak pilihan terbaik pilihlah minuman menyehatkan seperti susu ataupun jus segar yang sangat baik untuk kondisi tubuh yang akan istirahat setelah itu. Jika minuman kopi maka akan membuat kondisi tubuh apalagi mata tidak merasa ngantuk, apabila hal ini dibiarkan maka kondisi tubuh anda akan letih lelah tidak bisa tidur sehingga pada saat pesawat landing dan sampai negara tujuan akan drop. Hindari agat kondisi tetap prima selama penerbangan nanti.

7. Isi Waktu Luang Kegiatan Bermanfaat.
Fasilitas pendukung dalam pesawat memang disediakan seperti entertiment sebagai hiburan di dalam kabin selama penerbangan nanti. Tetapi hal tersebut tidak selalu dilakukan kadang anda merasa bosan dengan tayangan yang disediakan dan harus melakukan kegiatan lainnya. Biasanya kegiatan sendiri yang bisa anda lakukan adalah bekerja dengan laptop, membaca buku, bahkan bisa melakukan {khusus penumpang muslim} membaca Al-Quran ataupun Zikir selama penerbangan berlangsung. Lakukan isi waktu luang nanti dengan kegiatan yang bermanfaat sehingga situasi bosan dalam pesawat bisa terhindari.

8. Persiapkan Pakaian Cadangan Utama Serta Kebutuhan Sabun.
Peralatan ini sudah tentu pasti anda sediakan untuk membersihkan tubuh saat penerbangan nanti. Pakaian cadangan ini bisa anda bawa di tas terpisah dari koper utama dan digunakan sebagai pakaian ganti jika diperlukan. Situasi penerbangan siang dan malam sudah pasti anda rasakan tentu harus ada aktifitas penggantian pakaian utama dan daleman, sikat gigi, sabun cuci muka, dan lainnya. Sebelum pesawat landing +/- 2 jam kondisi anda telah segar dan siap melanjutkan perjalanan ke akhir negara tujuan.

9. Siapkan Obat Pribadi Khusus Anda.
Anda yang mengetahui kondisi kesehatan dan butuh obat pribadi khusus anda yang akan digunakan nanti selama penerbangan. Obat umum kelihatan sepele tetapi penting selalu dipersiapkan seperti minyak angin atau balsem, obat sakit perut, sakit kepala, atau obat tetes mata. Sesuaikan dengan kebutuhan anda yang sudah tentu pasti anda mengetahuinya.

10. Upgrade Kelas Penerbangan.
Rasanya kebutuhan anda selama penerbangan jarah jauh dan membutuhkan waktu lama ini perlu upgrade ke kelas yang lebih nyaman sangat direkomendasikan. Misalnya penumpang yang butuh kenyamanan di atas kelas ekonomi seperti pasien, orang tua, dan penumpang kebutuhan khusus. Karena situasi dan kondisi yang akan diterima di darat dengan di udara sudah tentu pasti sangat berbeda dan harus disesuaikan agar kenyamanan tetap bisa di dapat.

11. Jangan Bawa Barang Berlebihan.
Hindari barang yang terlalu banyak atau berlebihan menyertai anda di perjalanan nanti. Karena anda akan repot bahkan akan menyusahkan anda pada saat checkin bagasi dan pengambilan bagasi nanti. Tentunya barang tersebut apabila lebih dari kapasitas yang ditetapkan oleh airline tentu akan membawar kelebihan bagase ini dengan harga yang sangat mahal. Jadi, bawalah barang seperlunya jika memang banyak sebaiknya gunakan ekspedisi untuk membantu anda proses pengirimannya.

12. Selalu Pantau Barang Bawaan.
Saat berada di dalam pesawat selalu pantau barang bawaan anda terutama tas kecil yang anda bawa. Barang berharga ini sebaiknya bersama anda seperti dompet, uang, paspor, hape, dan dokumen lainnya menjadi hal yang mutlak dilakukan. Jangan sampai lengah dan selama tidur nanti diletakan di posisi aman agar tidak tercecer, terjatuh, atau berpindah tangan.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.

Tips Cara Mudah Memilih Tas Untuk Traveling Mudik

Saat waktu sudah dekat masih bingung memilih tas untuk traveling mudik apalagi cewek banyak kriterianya dimulai dari tas yang cocok untuk semua warna baju, ukuran tas koper untuk seminggu, hingga tas yang cocok untuk situasi padat penumpang. Kalau seorang pria tidak akan banyak permasalahan hanya perlu sesuaikan situasi dan kondisi saat waktu traveling mudik sudah mendekati hari-h nya. Memang tas menjadi tumpuan untuk menyimpan seluruh barang dan pakaian yang harus di bawa, tidak mungkin tersimpan di kardus menjadi malu-maluin saat membawanya. Jadi tas lah yang cocok untuk traveling mudik dangat bervariasi tenggantung jenis tipe, warna, hingga ukuran liter yang menjadi pilihan terbaik.  Plesirankotatua ingin berbagi sedikit pengalaman bagi anda yang masih bingung memilih tas untuk beberapa keperluan mudik, traveling, atau pun dinas luar kantor hanya situasi saja yang berbeda tetapi maksud dan tujuan bisa anda aplikasi kan sesuai dengan timing yang tepat dan tujuan traveling perjal