Langsung ke konten utama

Tips Persiapan Perjalanan Jauh Menggunakan Mobil Pribadi

Menggunakan mobil pribadi dalam perjalanan jauh untuk pulang kampung dalam persiapan mudik harus dipersiapkan jauh hari minimal dua minggu sebelum hari keberangkatan telah siap dan beres. Lebaran Idul Fitri tinggal menghitung hari sudah pasti anda membawa seluruh anggota keluarga untuk bersilaturahmi dengan keluarga besar di kampung sudah pasti cara yang sangat hemat dalam biaya transportasi untuk satu keluarga. Persiapan mobil pribadi harus dilakukan pengecekan secara itensif dan rinci agar selama perjalanan jauh tetap nyaman dan aman. Plesirankotatua kali ini ingin sharing pengalaman tips perjalanan jauh menggunakan mobil pribadi saat liburan bersama keluarga agar tetap aman, nyaman, serta tidak rewel selama perjalanan nanti.


1. Pastikan Oli Mesin dan Minyak Pelumas Rem Telah Diganti.
Apabila mobil pribadi anda selalu melakukan service secara berkala sudah tentu pasti prosedur ini telah dilakukan secara akurat karena telah masuk dalam daftar pada buku petunjuk manual. Setiap jumlah kilometer yang telah ditempuh memiliki perhitungan tersendiri dan montir bengkel langsung mengetahui bahwa oli mesin sudah saatnya diganti serta minyak pelumas rem ditambah ataupun diganti sudah pasti mengikuti petunjuk baku buku. Service di ATPM tentu lebih akurat karena sistem yang dilakukan juga melihat apakah saluran tetap prima dan baik tidak ada kebocoran ataupun kelonggaran mengakibatkan cairan yang telah tergantikan tadi tidak merembes ataupun tumpah keluar saat penguncian tidak rapat.

2. Pengapian Saat Mobil Dihidupkan.
Komponen pengapian ini tertuju pada busi di masing-masing circuit yang memberikan pengapian baik saat mobil dihidupkan. Pengecekan seluruh busi yang dipakai sebelum dilakukan service sudah tentu pasti akan berbeda setelah diganti. Karena pengapian ini sangat penting karena tenaga yang dihasilkan akan prima dan kelajuan mobil tidak tersendat-sendat ataupun batuk-batuk. Pengapian sangat penting agar pembakaran sempurna tercipta tenaga mobil berlaju sebagaimana mestinya.

3. Sistem Pendingin AC.
Selama perjalanan berlangsung sudah pasti sistem pendingin AC menjadi hal yang sangat prinsip utama karena pada perjalanan jauh terutama pada siang hari harus ditopang oleh AC yang dingin tersebar keseluruh area kabin mobil. Semua sistem pendingin AC sudah dipastikan telah dilakukan penambahan freon, saringan udara yang baru, serta tidak ada kebocoran saluran yang terhubung dengan mesin. Pengecekan ini tentu harus dilakukan untuk membuat perjalanan anda nanti tetap stabil, nyaman, dan sekuruh anggota keluarga tetap enjoy menempuh perjalanan jauh.

4. Pengecekan Timing Belt.
Khusus mobil yang sudah berumur 4-5 tahun harus pastikan timing belt ini sudah diganti dengan yang baru agar proses pemutaran camshaft mobil yang tugasnya buka tutup valve atau klep yang ada pada ruang pembakaran tetap pada posisi timinnya. Jadi apabila timing belt ini sudah aus akan berakibat mobil yang akan anda bawa di perjalanan jauh akan mendadak mogok bahkan tidak bisa jalan sama sekali alias mogok total.

5. Tekanan Angin Seluruh Ban Mobil.
Ban mobil merupakan komponen penting untuk mobil berjalan yang melekat di kaki kaki kendaraan supaya melaju dengan stabil. Kondisi angin ban ini akan menentukan kenyamanan berkendara saat perjalanan jauh nanti. Untuk menjaga kestabilan angin harus dilakukan pengecekan di mesin Nitrogen untuk memastikan skala angin yang ada di dalam ban sesuai dengan rekomendasi yang dianjurkan. Tidak lupa pula, seluruh tools untuk membuka ban telah lengkap di dalam mobil termasuk kunci inggris, segitiga pengaman mobil, kunci pas, dongkrak beserta pengungkitnya. Saat terjadinya kebocoran ban di jalan nanti anda telah memiliki peralatan yang dibutuhkan nanti. PENTING! apabila ban anda sudah saatnya diganti harus dicermati jangan sampai keseluruhan ban yang terpasang sudah botak tidak ada raginya lagi yang sangat fatal jika dibawa perjalanan jauh karena mempengaruhi stabilitas mobil selama perjalanan jauh nanti.

6. Seluruh Filter Oli dan Bensin Ganti Serta Karet Wiper Kaca.
Komponen mesin yang terhubung dengan cairan harus masuk ke dalam saringan supaya cairan ini tetap bersih dan selalu berputar terbebas dari kotoran. Kedua komponen ini sebaiknya diganti setelah kilometer mobil telah memasuki 50.000 km supaya kebersihan mesin tetap terjaga. Apabila kareta wiper kaca depan dan belakang sudh tipis sebaiknya juga diganti supaya air hujan datang pada saat perjalanan bisa tersapu dengan kuat dan bersih.

7. Logistik dan Obat Keluarga
Selama perjalanan jauh anda harus mempersiapkan seluruh kebutuhan makanan dan minuman alias logistik termasuk obat penting keluarga. Kedua komponen ini harus dipersiapkan untuk perjalanan jauh menggunakan mobil tentu ada kendala diperjalanan seperti mual, masuk angin, pegal, dan kepala pusing. Persiapkan di sebuah kota P3K yang banyak dijual di toko asesoris mobil yang bisa anda beli untuk meletakan obat keluarga ini. Logistik yang paling utama adalah minuman tersedia cukup dilengkapi dengan makanan kering karena tidak selalu diperjalanan anda menemukan penjual ataupun toko mini market pada saat memasuki jalur hutan ataupun jalur sepi dari keramaian kota.

8. Uang Cukup Selama Perjalanan.
Sangat penting bahkan paling utama untuk persiapan uang cukup sebagai anggaran penting untuk biaya yang akan ditimbulkan saat melakukan perjalanan jauh nanti. Ketersediaan uang tunai di perjalanan harus mutlak karena seluruh pembelian harus menggunakan uang misalnya pembelian bahan bakar minyak untuk kendaraan anda. Kalkulasikan jumlah yang dipersiapkan selama perjalanan jauh untuk antisipasi lokasi yang jauh dari keramaian kota yang tidak tersedia ATM agar perjalanan anda kali ini tidak terhambat serta sesuai dengan jadwal yang telah dipersiapkan.

9. Kebutuhan Khusus Anak.
Saat perjalanan nanti apabila anda membawa anak-anak harus dilengkapi dengan perlengkapan lain agar mereka tidak rewel selama perjalanan. Kebutuhan standar ya pakaian ganti, makanan, minuman, perlengkapan ganti, tisu basah, minyak telon, ataupun mainan. Pengalaman seperti ini telah banyak dilakukan oleh keluarga yang memboyong anak mereka ikut serta dalam perjalanan jauh ini supaya anda tidak bingung harus mencari di pasar atau harus memutar jauh ke pusat keramaian yang tentu akan menambah biaya serta waktu tempuh sampai ke tujuan akhir.

10. Sehat Fisik Sangat Mutlak.
Anda sebagai kepala rumah tangga sudah pasti akan membawa kendaraan ini beserta anggota keluarga lain sudah pasti sehat fisik sangat mutlak. Jangan sampai sakit pada saat anda akan melakukan perjalanan jauh agar liburan bersama keluarga nanti sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Yang pasti anda harus menjaga stamina dari makanan dan minuman, jangan merokok, olah raga yang cukup, jangan begadang, harus sembuh total dari sakit sebelum berangkat. Usahakan anda harus memiliki sopir cadangan untuk menggantikan anda apabila terasa kantuk hebat. Jangan terlalu dipaksakan untuk berjalan apabila kondisi tidak memungkinkan dan harus istirahat di tempat yang telah tersedia seperti rest area ataupun di pom bensin.

Sebagai akhir tulisan ini perlu dicermati adalah kendaraan yang anda bawa nanti telah benar-benar prima dan telah dilakukan perawatan berkala. Sebaiknya pengecekan seluruh komponen mesin dan seluruh spare part penting telah ditukar dengan yang asli supaya aktifitas mesin tetap prima dan tidak ada masalah selama diperjalanan nanti. Perawatan yang paling diperharikan adalah seluruh lampu mobil semuanya nyala seperti lampu kota, lampu jauh, serta fog lamp. Untuk aki, kalkson mobil, alarm, kampas rem, break shoes, kampas kopling sudah terbebas dari aus dan karat. Jika ada beberapa sekring listrik arus mobil ada putus sebaiknya langsung diganti. 

TIPS: untuk menikmati perjalanan lebih terasa enteng dilengkapi dengan sound system yang baik agar waktu terasa cepat dan anda merasa rileks selama perjalanan. Usahakan barang bawaan yang akan dibaawa sesuai dengan jumlah hari diperjalanan dan waktu liburan yang akan dihabiskan di tujuan nanti. Apabila anda harus meletakan barang diatas mobil pastikan tak dan penguncinya kuat serta barang-barang terbebas dari basah dari air hujan.

Dengan baiknya jaringan internet anda bisa menambahkan aplikasi Google Map untuk memberikan informasi yang akurat mengenai jalur transportasi yang terbebas dari macet. Jaringan 4G dan 3G sudah cukup memadai di beberapa titik penting keramai yang telah disiapkan oleh provider selular. Aplikasi ini sangat bermanfaat sekali agar anda bisa langsung mengetahui apakah rute yang akan dilalui ini terbebas dari penumpukan kendaraan.

PENTING!
1. Selama perjalanan jauh nanti anda harus membawa seluruh surat kendaraan yang masih berlaku termasuk SIM. Surat penting ini harus selalu dibawa karena peraturan yang mengharus pembawa kendaraan bermotor harus membawa seluruh surat penting yang diwajibkan. 

2. Selalu mengerti rambu-rambu lalu lintas selama diperjalanan supaya anda dan keluarga terhindar dari kecelakaan.

3. Apabila rute anda banyak menghabiskan waktu di siang hari sudah tentu pasti menggunakan kaca film yangg direkomendasikan agar anda terhindar dari panas berlebihan pada saat diperjalanan nanti.

4. Seluruh titik sabuk pengalam telah anda pasang sempuran dan dipakai selama perjalanan. Sabuk pengaman sebagai cara terbaik untuk melindungi diri dan keluarga anda dari kecelakan.

5. Selalu paham dimana posisi berhenti total saat perjalanan jauh nanti. Pastikan lokasi ini memiliki fasilitas lengkap termasuk tempat mandi dan kebutuhan anda sekeluarga. 

6. Ini yang sangat penting, kapasitas penumpang jangan berlebihan dan sangat penuh karena akan mempengaruhi kestabilan mobil berjalan dan kenyamanan seluruh anggota keluarga. Jumlah yang cukup termasuk dengan jumlah barang yang dibawa tidak berlebihan.

Pengalaman ini dalam bentuk tulisan bisa bermanfaat bagi yang anda yang menggunakan kendaraan mobil pribadi untuk melakukan perjalanan jauh seperti liburan sekolah anak, liburan Lebaran Idul Fitri, Idul Adha, liburan akhir tahun, ataupun liburan cuti kantor. Apa pun temanya apabila anda menggunakan kendaraan sudah tentu pasti banyak aspek yang dipersiapkan agar supaya perjalanan nanti tetap nyaman dan sesuai dengan harapan anda. Selamat menempuh perjalanan yang menyenangkan bersama keluarga khusus bagi anda yang mudik Lebaran Idul Fitri menuju kampung halaman pastikan waktu yang cukup untuk melakukan silaturahmi bersama keluarga dan liburan di kampung halaman dan selamat kembali sampai di rumah saat melakukan aktifitas kembali di hari berikutnya.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Keuntungan Kerugian Pesawat Mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP]

Pada saat sekarang sudah ada penerbangan yang mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP] tidak hanya di Cengkareng Soekarno Hatta saja menjadi destinasi utama. Beberapa penerbangan yang mendarat di HLP ini dimasukan kedalam destinasi lain untuk sampai ke kota Jakarta dengan mengurangi penerbangan yang cukup sibuk di Soekarno Hatta yang telah melayani take-off dan landing dengan jarak waktu yang cukup sempit. Nah, dipilihnya Halim Perdana Kusuma untuk mengurangi kesibukan dari lokasi Cengkareng Soekarno Hatta tersebut sudah benar adanya. Ada sebagian orang yang sudah terbiasa dengan Cengkareng Soekarno-Hatta untuk menjadi destinasi mendaratnya pesawat dengan beberapa fasilitas penghubung antara terminal dan konektifitas antara bandara dengan kota Jakarta sedikit agak enggan memilih Bandara Halim Perdana Kusuma. Ada sebagian berpendapat nanti bagaimana setelah sampai disana, terus bagaimana sampai ke kota Jakarta menggunakan akses transportasi seperti apa. Mungkin masih banyak lagi.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.