Langsung ke konten utama

Air Terjun Timbulun Painan Pesisir Selatan

Pesona Kabupaten Pesisir Selatan memang surganya wisata alam, tidak hanya wisata bahari laut tersimpan surga wisata alam air-terjun-timbulun-Painan menjadi destinasi baru yang akan menjadi pilihan terbaik untuk anda menyukai tantangan untuk sampai ke lokasi. Tidak cukup rasanya menghabiskan waktu digugusan pulau di Kabupaten Pesisir Selatan sebaiknya di tambah wisata alam air terjun ini menjadi lebih lengkap sehingga waktu yang telah dipersiapkan menjadi berarti. Mungkin, itinerary anda yang sudah dimasukan ke dalam daftar yaitu Pantai Carocok, Wisata Mandeh, Jembatan Akar, dan lainnya itu sudah pasti masik di kota Painan anda harus segera menuju ke air-terjun-timbulun ini untuk melihat ini lah harta karun  liburan yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan.

Poto oleh: chirpstory.com
Poto oleh: nazhalitsnaen.wordpress.com
GEOGRAFI AIR TERJUN TIMBULUN PAINAN.
Di lihat dari geografinya air terjun ini memiliki tujuh tingkat setiap tingkat sudah tentu pasti memiliki pemandangan yang sangat indah. Semakin tinggi tingkat yang akan anda jalani tentu memiliki tantangan yang sangat besar untuk uji nyali adrenalin anda. Perjalanan untuk sampai ke lokasi menghabiskan waktu -/+ 4 jam perjalanan dari pusat kota Padang. Jika anda masih berada di kota Painan hanya berjarak 4 km saja. Seluruh capek dan waktu yang cukup lama ini setelah anda sampai ke lokasi terbayar sudah kemegahan air-terjun-timbulun ini akan menghipnotis anda segera bahkan membuat anda menggila untuk tetap berhenti sejenak menikmati air terjun yang unik dan seperti ini hanya ada di kota Painan Kabupaten Pesisir Selatan.



Memiliki tingkat sampai dengan tujuh ini setiap tingkat akan ada kolam. Sekarang ini yang banyak ditempuh oleh para wisatawan sampai ke tingkat tiga, di level tiga ini sudah terlihat pemandangan yang sangat cantik. Karena proses anda untuk sampai ke tingkat tiga ini sudah pasti membutuhkan nyali jalan yang cukup licin dan harus berhati-hati. Karena jarang karena masalah keselamatan tentu menjadi perhatian para pengunjung. Belum terbiasa dengan medan alam yang cukup menantang ini berdampak luruh dengan pemandangan alam sekitar untuk dinikmati. Situasi air terjun yang masih didukung oleh kondisi alam yang sangat hijau dan hutan yang lebat ini akan membuat pandangan anda akan terpesona dibuatnya sehingga rasa penat perjalanan yang ditempuh sirna seketika.

Apabila tidak sampai ke tingkat tiga tidak ada masalah, di tingkat pertama saja sudah memberikan pemandangan yang sangat baik dan indah. Sudah cukup spot untuk mengabadikan seluruh aktifitas anda seperti berfoto atau menguji kepekaan anda terhadap angle spot fotografi yang terjepret di smartphone atau kamera DSLR anda.

Air-terjun-timbulun-Painan sebutan lain adalah air-terjun-pincuran-tujuh-tingkat dengan hulu air berasal dari Taman Nasional Kerinci Seblat yang akan bermuara langsung ke Samudera Hindia atau di Teluk Painan.

TIPS: untuk sampai ke seluruh tingkat hanya ditujukan kepada pecinta alam yang memiliki kemampuan cukup dan teknik mendaki. Karena jalurnya cukup menantang dan terjal butuh persiapan yang sangat cukup. Anda jangan mencoba mendaki sampai ke puncak jika kondisi ilmu dan teknik yang cukup dari tim pecinta alam belum didapatkan, karena masalah keselamatan.

ALAMAT AIR-TERJUN-TIMBULUN-PAINAN.
Terletak di Kampung Painan Timur, IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

KEGIATAN SELAMA DI AIR TERJUN TIMBULUN PAINAN.
Tentu cukup banyak kegiatan yang bisa anda lakukan di sekitar air terjun ini. Sudah tentu pasti berfoto dan mandi merasakan kesejukan air hutan yang masih terjaga keberadaanya. Tentu untuk mandi setiap tingkat ada lubuk yang bisa dijadikan kolam mandi tetapi ingat kedalaman dan pastikan anda memiliki skil berenang. Karena kedalam lubuk yang mirip kolam mandi ini cukup dalam dan harus bisa antisipasi tenggelam ya harus bisa berenang.

Di tingkat kedua lokasinya agak melandai dan adanya batu alam yang menyatu dengan lokasi air terjun. Disinilah posisi terbaik pula untuk melihat lubuk yang sangat indah dimana bentuk lekukan ini tentu saja proses alami.

Di tingkat tiga air terjunnya agak tegak lurus tingginya sekitar 15 meter. Terdapat lubuk yang cukup dalam dengan warna air jernih agak kehijauan. Di lubuk ini sangat jarang di datangi karena harus melewati arus yang cukup deras karena jaraknya cukup jauh jalan memutarnya tentu dibarengi dengan hutan yang cukup lebat dan rimbun. Keunikan lainnya yaitu pesona tersendiri jika dibandingin dengan tingkat satu atau dua. Di level 3 ini sering terbentuk pelangi yang tentu menjadi sebuah fenomena yang sangat indah. 

Selama anda memilih lokasi ini sudah tentu pasti semua kepenatan jalan dan waktu tempuh yang telah anda lakukan akan takjub dengan keindahan alam. Kesejukan air memberikan kesejukan dan hanya bisa anda rasakan di lokasi air terjun yang masih sangat alami ini.

BAGAIMANA CARA KE AIR TERJUN TIMBULUN PAINAN.
Tentu untuk mendatangi lokasi air terjun ini banyak wisatawan yang memulai perjalanan dari kota Padang. Waktu tempuh +/- 4 jam perjalanan dengan jarak tempuh +/- 77 km. Jalan akses menuju ke air-terjun-timbulun-Painan ini tidak sulit, hanya dibutuhkan 500-600 meter saha dari pintu gerbang gapura atau pos security penjagaan dan harus menempuh perjalanan lanjutan ke sungat Bantang Timbulun.

FASILITAS SELAMA DISANA.
Dengan tingginya amimo masyarakat bahkan wisatawan lokal dan dunia telah mengenal air-terjun-timbulun-Painan ini maka Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan telah berperan serta untuk membuat jalan lebih baik dan sudah ada jalan semen beton yang di cor untuk memudahkan langkah seluruh wisatawan. Ikuti saja jalan yang sudah menjadi rute yang telah dipersiapkan oleh pengelola dan sampai tujuan ke air terjun.

TIPS:
Memang untuk mengunjungi wisata alam seperti ini harus anda partisipasi anda secara langsung untuk menjaga kebersihan dan kesejukan pandangan selama berkunjung. Buang sampah pada tempatnya apapun jenis sampahnya ukuran apakah makanan atau minuman. Karena masalah sampah ini menjadi atensi seluruh pihak yang terlibat walaupun anda hanya sebagai wisatawan. Tempat wisata bukan tempat sampah anda dan selalu siapkan kantong plastik sendiri dan buang di tempat yang telah disediakan.

Hal yang sangat penting adalah, objek batu yang datar selalu menjadi tempat untuk tangan jahil yang melakukan corat-coret alias vandalisme. Cara seperti ini tidak terpuji dan merusak alam bahkan pemandangan asri alami seperti bisa rusak dengan tulisan yang tidak ada manfaatnya buat wisatawan keseluruhan. 

Pakaian yang rapi saat berkunjung, hormati adat lokal yang selalu mengedepankan keseponan dan atensi norma yang harus anda perhatikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamt datang di air-terjun-timbulun-Painan Kabupaten Pesisir Selatan.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Wisata Bangunan Bersejarah Di Singapura Terkenal Harus Anda Kunjungi Sekarang Juga

Bangunan bersejarah di Singapura sudah masuk dalam daftar perjalanan tempat wisata penting yang disukai oleh turis seluruh dunia termasuk Indonesia. Tidak hanyak surga belanja saja tetapi surga tempat melihat bangunan kuno dan sangat bersejarah bagi perkembangan negara Singapore ini tentu menjadi daya tarik tambahan selama anda menghabiskan waktu cuti liburan nanti. Tunggu apa lagi, sekarang ini anda sudah mempersiapkan diri untuk searching tiket pesawat murah agar perjalanan liburan nanti bisa menambah wisata bangunan bersejarah di Singapura masuk dalam itinerary perjalanan nanti, ada beberapa lokasi paling penting untuk sejarah Singapore berikut penjelasannya:

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.

Tempat Menarik Di Kuala Lumpur Malaysia Waktu Malam

Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia tempat menarik di waktu malam saat menghabiskan waktu liburan disana di musim cuti yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Keramaian kota yang tentu mempersona mata dengan warna-warni kerlipan lampu yang sangat fenomenal ini tentu tidak akan pernah jemu untuk memandang. Semua kegiatan di tempat yang menarik di waktu malam tentu saja berbeda di waktu siang hari dimana aktifitas para turis dari seluruh dunia yang telah memilih KL sebagai destinasi wisata mereka tentu punya kelebihan tersendiri. Jadi pilihan yang boleh anda lakukan di KL pada waktu malam dengan beberapa tempat menarik untuk dikunjungi sembari anda ingin menikwati waktu malam terakhir disana sebelum pulang kembali ke tanah air, berikut penjelasan lengkapnya.

Bulan Terbaik Liburan Singapore: Peak Season atau Low Season

Sebagai negara tetangga Singapore mempunyai bulan terbaik untuk berkunjung dan kapan anda mau berkunjung bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sebagian orang menyebutnya kapan waktu peak season atau kapan pula waktu low season. Sebagai traveler yang smart dan cerdas harus memperhatikan musim liburan seperti ini akan berhubungan dengan persiapan budget sehingga uang anda akan dihabiskan tergantung dari waktu tersebut. Banyak sekali para traveler dari Indonesia masih kurang paham kapan waktu terbaik untuk menghabiskan waktu liburan di Singapore sehingga ada yang mengira liburan disana sangat mahal. Sebenarnya tidak juga hanya waktu saja yang kurang tepat mungkin pada waktu itu anda berada di peak season semuanya mahal, dimulai dari tiket pesawat, hotel, dan tempat wisata.