Langsung ke konten utama

Air Terjun Tapian Puti Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat

Sangat dekat dengan kota Padang ini juga menjadi destinasi wisata dengan nama air-terjun-tapian-puti-Lubuk-Alung-Kabupaten-Padang-Pariaman. Panorama pesona alam yang masih alami ini sebenarnya sudah banyak dikenal oleh wisatawan lokal dan perantau Minang yang telah mengenal baik lokasi ini sebagai destinasi untuk menghabiskan waktu berlibur bersama teman dan rekan sahabat.


Poto oleh: IG tripcanvas.travel

GEOGRAFI AIR-TERJUN-TAPIAN-PUTI.
Terletak di alamat Sikabu Bukik, Nagari Sikabu, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat ini tentu sangat dekat dengan pusat kota Padang. Anda yang menyukai suasana alam tempat ini menjadi alternatif pilihan yang tak bisa terlewatkan. Air terjun ini memiliki 7 tingkat untuk sampai ke tingkat paling atas anda harus memiliki tenaga dan staminan yang kuat terutama anda yang mempunyai mental pecinta alam bisa menjajal treking ini.

Dengan unik dan tingkatnya ini bentuk air terjun berupa kolam-kolam kecil yang terbentuk secara alam ini yang dikelilingi oleh air terjun yang masuk ke masing-masing kolam tadi. Sudah pasti kolam alam yang terbentuk ini dialiri langsung oleh air hutan alami dari bukit sehingga terasa dingin dan menyejukan. Kawasan Wisata Air Terjun Tapian puti ini tentu berasal dari air alami dari pegunungan yang mengaliri seluruh kolam secara bertingkat, dan setiap tingkatnya tentu mempunyai keistimewaan dan keasyikan tersendiri. Setiap tingkat memiliki karakteristik air terjun yang berbeda dan ukuran luasnya. Sangat bening dan bersih dan bisa anda lakukan mandi berendam laksana jacuzzi alami hadir dekat dengan pusat kota Padang.

BAGAIMANA CARA KE AIR TERJUN TAPIAN PUTI.
Cara jalan menuju ke lokasi air-terjun-tapian-puti adalah setelah anda masuk ke Lubuak Aluang tepatnya di akses jalan Nagari Sikabu jarak dari pusat kota Padang +/- 40 km. Setelah memasuki Nagari Sikabu atau masuk dari persimpangan BLKM, dan sudah ada tulisan yang menyebutkan Wisata Air Terjun ini dan anda akan menemukan jalan aspal dengan panjang +/- 2 km sampai ke lahan kosong di atas bukit. Dan adanya gapura yang bertulisan Selamat Datang. Setelah anda parkir kendaraan di sekitar lokasi ini anda harus estafet menuju ke tempat objek wisata Pemandian Tapian Puti. Selama anda berjalan kaki akan disuguhkan pemandangan yang sangat alami sekali, lebatnya pepohonan hijau, sejuknya udaram ditambah dengan kicauan burung seolah menyambutnya anda di air terjun ini. Jarak perjalanan dari gerbang ini sampai ke lokasi air terjun +/- 15 km berjalan kaki.

Poto oleh: twitter.com/IlhamPoetraTJ

SEJARAH LEGENDA AIR TERJUN TAPIAN PUTI.
Cerita kisah legenda atau sejarah air terjun ini tentu perlu diketahui para wisatawan, tempat ini merupakan pemandian para 7 putri khayangan yaitu kisah percintaan antara Malin Deman dan Putri Bungsu. Penduduk lokal berkisah bahwa ke tujuh tingkatan kolam ini merupakan tujuh putri tadi yang mandi di masing-masing kolam yang ada. Jadi sebabnya, tujuh kolam ini merupakan tempat mandi dari putri tersebut.

KEGIATAN SELAMA AIR TERJUN.
Tentu kegiatan yang anda lakukan di lokasi air terjun tentu menikmati suasana alam yang sangat alami dan bisa menyatu langsung dengan alam. Lokasi yang sangat disukai oleh penduduk lokal untuk wisata juga menjadi tempat untuk menghabiskan waktu akhir pekan dan liburan sekolah. Karena lokasi sangat dekat dan aksesnya cukup bisa ditelusuri dan biayanya tidak terlalu mahal ini menjadi pilihan terbaik untuk anda datang ke lokasi ini.

Apabila anda ingin menjajal keseluruhan tingkat air terjun ini harus melakukan perjalanan menyisir di tepian sungai untuk sampai ke puncak akan membutuhkan waktu tempuh +/- 1 jam berjalanan. 

TIPS WISATA AIR TERJUN TAPIAN PUTI.
Selama anda melakukan perjalanan wisata di air-terjun-tapian-puti ini ada beberapa catatan penting bagi seluruh wisatawan yang ingin mendatangi tempat ini sebagai lokasi wisata.

1. Perjalanan wisata ini sebagiknya dilakukan pada musim kemarau, karena air akan terlihat sangat bersih dan bening cocok dengan medan perjalanan yang nyaman saat kaki melangkah.

2. Kunjungan ini memang mebutuhkan fisik karena selama perjalan estafet berjalan kaki jalan yang akan ditempuh relatif licin dan berlumpur. Makanya perjalanan ini sebaiknya dilakukan pada musim kemarau untuk menghindari jalan lumpur dan licin.

3. Jalan akses berjalan kaki ini sudah ada jalan rintisan dan cukup kuat dan jalurnya jelas. Khususnya pada saat penurunan anda harus berhati-hati dan pengawasan. Karena penurunan ini cukup terjal dan relatif sedikit licin.

4. Gunakan sepatu khusus pertualangan karena antisipasi hewan pacet yang bisa saja melekat di kaki, sepatu hiking mendaki gunung sangat direkomendasikan.

5. Lokasi ini merupakan tempat wisata dan jaga selalu kesopanan dan norma-norma serta bagi wanita anda selalu berpakaian tertutup dan menutup aurat.

6. Jika anda ingin mendapatkan spot terbaik sebaiknya berkunjung pada hari biasa jangan pada akhir pekan. Karena akhir pekan sudah tentu pasti banyak dikunjungi oleh para wisatawan dan ramai sekali. 

7. Jangan buang sampah sembarangan apapun jenisnya, makanan atau minuman wisatawan yang berkunjung termasuk anda. Lokasi wisata tidak tempat sampah dan selalu jaga lingkungan ini untuk kenyamanan seluruh wisatawan. Baik di lingkungan air terjun atau selama perjalanan menuju lokasi wisata. 

Khusus bagi anda yang perokok jangan buang puntung rokok anda sembarangan akan memicu kebakaran karena selama akses perjalanan menuju ke air terjun masih ada semak belukar yang tentu bisa memicu api saat puntung rokok anda masih ada nyala api.

8. Jauhkan sifat corat-coret atau vandalisme di seluruh spot kunjungan air terjun. Sifat yang tidak direkomendasikan karena akan merusak pemandangan dan ketidaknyamanan pemandangan.

9. Bawa bekal dan air minum secukupnya selama perjalanan ke tempat wisata ini. Karena perjalanan estafet tadi tentu membutuhkan air minum dan anda sudah pasti akan cepat haus. 

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.