Langsung ke konten utama

Khas-Padang-Sumatera-Barat: Makanan, Minuman, Cemilan, dan Oleh-Oleh

Setelah sampai di kota Padang Sumatera Barat tentu harus mengunjungi seluruh jenis wisata yang akan melengkapi perjalanan nanti dimulai dari makanan khas, minuman khas, cemilan, hingga oleh-oleh-khas-Minang telah masuk dalam destinasi pelengkap setelah destinasi tempat wisata. Provinsi yang selalu menjadi pilihan terbaik untuk melabuhkan seluruh tipe dan jenis traveling yang dilakukan serasa lengkap hanya Sumatera Barat yang bisa begitu menyeluruh bisa menikmati dengan tanpa keraguan lagi. Berbagai keelokan nagari yang masih terjaga adat istiadat dan agama yang sangat kental dipraktekan disetiap keseharian penduduk lokal menjadi destinasi wisata yang tidak akan lekang dengan waktu ini tetap selalu berjaya dan di dukung oleh pelaku pariwisata yang siap menyambut para wisatawan.
Plesirankotatua berhasil membuat tulisan artikel ini khusus bagi anda yang ada rencana melakukan perjalanan ke Ranah Minang Padang Sumatera Barat nanti tentu butuh referensi untuk mengetahu wisata kuliner yang harus dinikmati dan tidak lupa pula oleh-oleh yang akan dibawa pulang sebagai buah tangan kepada kerabat dan keluarga tercinta.

1. RENDANG DAGING SAPI.
Poto oleh: indoeater.blogspot.com

Makanan-khas-Minang-Padang ini telah sangat fenomenal bahkan sudah masuk dalam destinasi wisata kuliner penting. Bahkan sudag dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia ini sudah diakui oleh dunia internasional ini tentu sebagai turis anda ingin langsung cicip langsung dari tempat asalnya. Hampir seluruh rumah makan yang ada di Sumatera Barat menyediakan rendang daging sapi sebagai menu unggulan dan anda harus segera nikmati saat menikmati hidangan lainnya saat tersaji di meja makan. Gurih lezat dan rasa nagih tentu membuat lidah tidak mau berhentu menikmati beberapa potong olah daging dengan bumbu yang sangat lengkap ini. Sekarang ini sudah banyak variasi isian tidak daging sapi saja sudah ada pilihan lainnya rendang daging ayam, rendang jengkol, rendang kerang, dan lainnya.

2. SATE PADANG.
Poto oleh: goodindonesianfood.com

Sangat fenomenal dan sudah dinikmati dari generasi ke generasi sebagai makanan-khas-Padang-yang-terpopuler tentu memilih Sate Padang sebagai kuliner wajib dan tidak boleh terlewatkan. Sajian sate ini terdiri dari tusukan daging sapi yang sudah diberi bumbu kemudian dibakar diatas bara api dari batok kelapa ini tentu terasa gurih lezat setelah ditambahkan kuah yang terbuat dari tepung beras yang sudah diberi bumbu. Jangan lupa ditambahkan ketupat sebagai pelengkap untuk satu porsi Sate Padang. FYI, setiap daerah di Ranah Minang Sumatera Barat mempunyai keunikan untuk sajian sate dengan warna kuah sate yang berbeda beda memberikan sebuah nilai otentik di setiap nagari dan tentunya rasa yang tetap gurih lezat dan lidah ini akan termanjakan dengan paduan bumbu yang sangat pas.



3. DENDENG BALADO.
Poto oleh: catatanbundakaka.wordpress.com

Makanan-khas-Padang-selain-rendang tertuju pada Dendeng Balado, bahan dasar yang digunakan memang daging sapi tentu proses memasaknya sangat berbeda sekali. Untuk jenis atau tipe dendeng ini ada saat ini ada jenis kering, basah, ataupun batokok. Seluruh sajian ini sangat enak dan gurih apalagi bisa dijadikan oleh-oleh-khas-Minang-Padang yang cukup tahan lama jika balodonya dipisahkan dengan daging dendengnya khusus kering. Daging sapi yang di iris tipis sekali ini jika digoreng akan menghasilkan tekstur renyah, kres, dan krispi. Tentu sangat lezat karena saat proses memasaknya telah diberikan bumbu masak yang sangat lengkap sehingga tersaji sudah ada rasanya. Kalau dendeng basah teksturnya lebih tebal dan saat dimasak masih terasa lembut tidak krispi, begitu juga dengan tipe batokok daging dendeng yang telah dibumbui kemudian dimasak kemudian dipukul atau ditokok di cobekan untuk memberikan tekstur yang lebih mudah untuk disantap. Biasanya cabe yang digunakan ada warna hijau atau merah.

4. SOTO PADANG.
Poto oleh: infomakan.com

Makanan-khas-Padang-yang-terpopuler tentu terpilih di Soto Padang. Makanan yang berkuah dengan bumbu yang cukup lengkap untuk tersaji satu porsi ini tentu sangat fenomenal sekali. Termasuk masakan-Padang yang sangat populer bagi penduduk lokal hingga para turis saat masuk makan siang atau malam suasa hujan ini lah kuliner yang sangat wajib untuk dinikmati. Isiannya sangat bervariasi dimulai dari irisan daging, atau potongan daging dendeng, perkedel kentang, hingga paru sapi goreng tentu menjadi sajian yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Tentu banyak sekali penjual yang menyediakan menu ini sebagai menu penting seperti di Padang, Bukittinggi, hingga Batusangkar sebagai tempat wisata penting yang ada di Sumatera Barat.

5. GORENG IKAN BALADO.
Poto oleh: uniek88.wordpress.com

Mungkin anda pernah menikmati goreng ikan di daaerah lain tetapi di Padang tentu ada perbedaannya. Karena banyaknya permintaan dari para turis yang sudah mendunia datang ke Sumatera Barat ini sebagai destinasi wisata penting di Indonesia ini banyak sekali Rumah Makan populer di Padang menyediakan goreng ikan balado sebagai menu favorit yang disenangi, tidak terlalu pedas ada rasa manisnya cocok sekali selera Indonesia dan pas sekali di lidah turis luar negeri yang tidak terlalu pedas. Penggemar masakan ini tentunya dari Brunei, Malaysia, dan Singapore sebagai turis yang menyenangi masakan ini sebagai menu favorit mereka. Untuk ikan yang banyak digunakan adalah sebutan penduduk lokal ikan sisiak ukuran medium yang memiliki daging yang tebal dan tidak banyak tulangnya.

6. ITIAK LADO MUDO.
Poto: bukittinggi.com

Makanan-khas-Bukittinggi ini termasuk dalam kuliner penting di Sumatera harus anda coba. Bahan dasar bebek dengan sebutan itiak oleh penduduk lokal diolah sedemikian rupa dengan bumbu cukup lengkap dan terasa empuk dan pedasnya nendang dengan cabe hijo yang sangat menggoyang lidah. Banyak ditemukan di daerah Ngarai Sianok dimana tempat makan yang sangat asri langsung bersebelahan dengan sungai tentu sangat cocok mencicipi kuliner penting ini sebagai pelengkap destinasi wisata kuliner anda saat berada di kota Bukittinggi. Jarak tempuh hanya 10 menit saja dari Jam Gadang anda sudah bisa memulai perjalanan untuk menikmati hidangan yang sangat fenomenal dan sudah masuk dalam daftar wisata kuliner wajib para turis saat liburan disana.

7. GULAI KAPALO IKAN.
Poto oleh: yudhaarif.com

Sebagai daerah pesisir pantai tentu olahan hasil laut cukup menjadi primadona tersendiri terutama di pusat kota Painan Pesisir Selatan hingga ke kota Padang Pariaman. Anda harus sempatkan mencicipi kuliner gulai kapalo ikan yang sangat menggugah selera dengan lengkapnya bumbu sampai slurup lezat setiap daging yang melekat sampai habis tidak bersisa. Tidak ada terasa amis sama sekali bahkan aroma bumbu yang sangat kuat ini tentu menjadi daya tarik tersendiri sehingga sudah pasti satu porsi piring besar sudah cukup memuaskan selera pecinta kuliner ini untuk disantap. Kepala ikan yang sering digunakan sebagai olahan gulai kapalo ikan ini adalah kepala ikan kakap atau ikan karang. Khusus untuk kota Padang ada di Rumah Makan Lamun Ombak tersedia gulai ini, tapi pastikan anda datang sebelum makan siang karena gulai ini tentu akan cepat habis karena rasanya sangat fenomenal sekali.

8. NASI GORENG PATAI.
Poto oleh: balilanjo.com

Kalau yang ini makanan-unik-khas-Padang yang sudah sangat akrab dengan pecinta kuliner malam yang lapas di tengah malam harus mencobanya. Memang hanya nasi goreng saja seperti biasa tetapi yang tidak biasa ada pete atau patainya yang tentu memberikan sensasi untuk menikmati nasi goreng dengan gurihnya si petai ini. Tentu pilihan ini sudah sangat disenangi oleh penduduk lokal dan para perantau Minang yang sempat pulang kembali ke kampung harus mencoba makanan-khas-Padang ini. Isiannya cukup bergizi dimulai dari irisan daging sapi dan telor ceplok sebagai pelengkap satu porsi juga ditambahkan kerupuk khas Padang kerupuk merah dan irisan sayuran timun serta sayur lalapan.

9. GULAI SAYUR BUNCIS TAUCO.
Poto oleh: veggiewayindonesia.blogspot.com

Termasuk makanan-khas-Padang-yang-enak ini tentu sebagai tambahan pada ketupat sayur yang menjadi sarapan paling banyak disenangi oleh penduduk lokal. Gulai yan berisikan sayur buncis dengan tambahan tauco sebagai peningkat rasa tentu sangat berbeda sekali saat disantap setelah ditambahan olahan bumbu dapur penting serta santan kental. Menjadi sebuah hidangan yang tidak saja untuk menu sarapan pagi saja tetapi juga bisa di satap dengan nasi hangat untuk menu makan siang atau makan malam. Isian tambahan bervariasi dimulai tahu, tempe, atau kerupuk kulit.

10. GULAI SAYUR PAKIS MUDA.
Poto oleh: masakandapurku.com

Sayur pakis yang sangat lezat dan gurih ini sangat disenangi bahkan sudah fenomenal untuk sebuah sajian. Penduduk lokal Minang menyebut sayur paku. sebutan paku sebenanrnya berarti pakis yang dijadikan bahan dasar gulai yang diolah dengan bumbu dan menggunakan santan kental. Keseharian ini sayur pakis muda digunakan untuk campuran kuah ketupat sayur sebagai menu sarapan penting penduduk lokal sebelum memulai aktifitas keseharian.

11. KALIO DAGING SAPI.
Poto oleh: harianresep.blogspot.com

Makanan-khas-unik-Minang ini merupakan rendang daging sapi masih dalam setengah perjalanan sajian, lezatnya sama dengan rendang tetapi kondisi masakan masih dalam keadaan basah. Kalau rendang telah matang sempurna warnanya sudah coklat tua kalau kalio daging sapi warnya masih coklat muda orange. Tekstur daging masih sangat lembut bahkan bumbu yang telah meresap sampai kedalam sangat gurih dan tentu membuat lidah anda akan bergoyang. Memang sebagian turis lebih menyukai kalio daging sapi ini karena rasanya masih otentik dan ada perbedaan jika anda menyantap rendang, bahkan kalio sudah disebut rendang bagi sebagian turis memang bisa terlihat sekali.

12. GULAI CANCANG.
Poto oleh: saribundo.biz

Makanan-khas-Padang-yang-terpopuler lainnya adalah Cancang. Menu ini sebenarnya campuran daging sapi, tetelan sapi, hingga jeroan tercampur dalam satu adonan yang sangat lezat. Memang terlihat banyak sekali minyak yang keluar dari tetelan dan jeroan sapi membuat anda harus waspada bagi yang telah ada indikasi kolesterol yang menghindari masakan ini. Hidangan ini sudah tersedia cukup di Rumah Makan yang tersebar di seluruh kota Padang dan Bukittinggi sebagai pusat aktifitas wisata penting di Sumatera Barat.

13. TEH TALUA.
Poto oleh: kumparan.com

Minuman-khas-Padang ini sudah mencakup seluruh wilayah Sumatera Barat. Minuman khas penduduk lokal Minang ini tentu sangat fenomenal untuk menambah stamina sebelum melakukan aktifitas sehari-hari. Minuman Teh Talua ini merupakan minuman yang sejak dulu disukai oleh kaum Adam untuk memberikan sebuah solusi untuk tetap bertenaga selama melakukan aktifitas pertanian dan perkebunan. Minuman yang terbuat dari campuran dari air teh panas dan telur ini akan tersaji dengan tambahan perasan jeruk nipis dan susu kental manis sebagai penguat rasa. Pasti harus anda coba untuk bau amis dari telur tidak tercium karena sudah tergantikan oleh aroma teh yang harum dan perasan air jeruk nipis.

14. JUS PINANG MUDA.
Poto oleh: burpple.com

Jenis minuman ini solusi lain untuk menambah stamina, penduduk lokal sudah konsumsi jus ini untuk memberikan tenaga ekstra atau vitalitas tidak hanya pria dan wanita. Tersaji dari bahan pinang muda dan diblender halus, bahan tambahannya adalah madu, telur, susu, hingga sedikit gula dan garam untuk memberikan rasa lebih baik. Minuman ini banyak dikonsumsi di malam hari sebagai sajian untuk silaturahmi bersama kerabat dan teman akrab tidak lupa untuk keluarga. 

15. ES TEBAK.
Poto oleh: syenni.blogspot.com

Dari generasi ke generasi telah mencoba minuman-khas-Padang yang banyak dijual di bofet atau istilahnya tempat makan ala nongkrong penduduk lokal. Bofet ini ada beberapa menu yang dijual seperti soto, nasi goreng, ketupat sayur, dan lainnya tergantung dari pemilik. Dan khasnya mereka juga menyediakan es tebak sebagai minuman segar pencuci mulut setelah menikmati seluruh hidangan utama di bofet mereka. Untuk isiannya sangat lengkap seperti cincau, kolang kaling, tape, dan tebak. Tebak terbuat daru tepung beras yang dibentuk seperti mie dan dimasak mirip seperti cendol pada umumnya. Untuk peningkat rasa akan diberikan sirup berwarna merah dan susu kental manis sebagai penguat rasa.

16. KERIPIK BALADO.
Poto oleh: en.wikipedia.org

Termasuk dalam oleh-oleh-khas-Padang-yang-terpopuler sudah menjadi pilihan terbaik sebagai hantaran kepada seluruh keluarga dan rekan kerja. Rasa pedas manis tentu membuat suasana lebih santai dan kriuk kres yang sangat disenangi. Cocok sekali karena setiap bungkus yang dijual sesuai dengan kebutuhan para konsumen. Keripik balado ini memang menjadi pilihan, ada produk turuna lainnya yang terbuat dari bahan singkong lainnya seperti dakak-dakak, atau sanjai. Pilihan cemilan khas lainnya ada sarang balam, keripik bayam, galamai, bareh randang, dan lainnya. Pilihan ini tentu sangat bervariasi dan dijual di beberapa toko oleh oleh di kota Bukittinggi sebagai sentral keripik balado.

Baca juga:

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Tempat Menarik Di Kuala Lumpur Malaysia Waktu Malam

Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia tempat menarik di waktu malam saat menghabiskan waktu liburan disana di musim cuti yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Keramaian kota yang tentu mempersona mata dengan warna-warni kerlipan lampu yang sangat fenomenal ini tentu tidak akan pernah jemu untuk memandang. Semua kegiatan di tempat yang menarik di waktu malam tentu saja berbeda di waktu siang hari dimana aktifitas para turis dari seluruh dunia yang telah memilih KL sebagai destinasi wisata mereka tentu punya kelebihan tersendiri. Jadi pilihan yang boleh anda lakukan di KL pada waktu malam dengan beberapa tempat menarik untuk dikunjungi sembari anda ingin menikwati waktu malam terakhir disana sebelum pulang kembali ke tanah air, berikut penjelasan lengkapnya.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.

Wisata Penggila Shopping Belanja Vietnam Murah Pasti Mengenal Tempat Ini: Segera Kunjungi Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Wisata belanja penggila shopping di Vietnam pasti mengenal tempat ini dan pastinya harus dikunjungi sebelum pulang kembali ke tanah air. Dengan pilihan yang akan selalu dimasukan ke itinerary perjalanan nanti setelah menikmati seluruh tempat wisata penting ini menjadi acara yang sangat diminati disaat mencari oleh-oleh dan suvenir hingga kebutuhan fashion semuanya ada. Pada tulisan ini pastinya jika anda berada di zona yang sangat dekat dengan tempat wisata shopping ini segera kunjungi, untuk masalah harga masih relatif terjangkau dan pastinya untuk motif dan kualitas dapat diadu dengan produk ternama. Apa saja nama tempat wisata shopping belanja di Vietnam yang kami masud dan anda harus pilih nama yang mana sangat dekat dari lokasi penginapan selama melakukan perjalanan wisata ke Vietnam, berikut penjelasan lengkapnya: