Langsung ke konten utama

Apa Yang Harus Dilakukan Pilot Sebelum Menerbangkan Pesawat Terbang?

Apabila anda melihat seorang pilot pesawat sudah tentu pasti profesi yang sangat banyak peminatnya khususnya anak muda yang mempunyai ketertarikan bidang penerbangan dan tentu pastinya mempunyai masa depan yang cukup cerah. Untuk mendapatkan hal itu semua butuh proses yang sangat panjang agar bisa menjadi seorang kapten pesawat udara mempunyai wewenang penuh terhadap seluruh yang berhubungan dengan pesawat yang akan akan menjadi tanggung jawabnya saat terbang nanti. Dengan pengalaman yang cukup dan skill yang memadai tentu saja menerbangkan pesawat ini akan menjadi sebuah prestasi yang diakui secara institusi dan diakui pula dari segi akademisnya.

Poto oleh: republika.mk

Oleh karena itu semua alur proses yang panjang itu akan selalui dilakukan test secara berkala untuk mengukur kestabilan seorang pilot untuk bertugas agar terlihat secara parameter memang mempunyai kapasitas baik dan mempunyai nilai yang telah distandarkan oleh peraturan yang berlaku. Dengan cara seperti inilah maka pilot bisa melakukan seluruh aktifitas terbangnya saat bertugas dan harus memperhatikan apa saja yang dilakukan sebelum pesawat ini akan take off dengan beberapa kegiatan penting agar semua standar layak terbang sudah dilakukan oleh seorang pilot yang berpengalaman.

Baca juga:

CEK KESEHATAN RUTIN DAN BERKALA.
Sebelum terbang pilot yang ditugaskan untuk melakukan penerbangan akan dilakukan pengecekan kesehatan terlebih dahulu dimana kesehatan merupakan faktor yang terpenting untuk mengetahui kondisi seorang pilot pada saat itu dengan hasil yang baik. Dengan hasil yang baik dan terukur ini maka ditentukan apakah seorang pilot ini akan layak untuk terbang atau tidak sama sekali. Jika hasil yang terekam medisnya tidak sesuai dengan standar maka pilot yang ditunjuk tidak boleh terbang dan harus ada penggantinya. Untuk pengecekan yang sangat penting untuk diketahui adalah organ mata, penyakit dalam, tekanan darah, dan hal lainnya sesuai dengan sebuah tugas. Saat terbang pilot harus steril tidak ada konsumsi obat dengan range waktu 1-2 jam sebelum terbang. Apabila terdeteksi maka prosedur kelayakan terbang tidak dapat direkomendasikan oleh petugas medis.

CEK JUMLAH TOTAL PENUMPANG PESAWAT.
Seorang pilot harus mengetahui berapa jumlah penumpang yang akan menaiki pesawat yang akan menjadi tanggung jawabnya saat take off nanti. Untuk pengecekan jumlah penumpang pesawat ini bisa didapatkan dari seorang awak kabin atau pramugari yang bertugas saat itu. Pastikan seluruh penumpang sudah di kursi masing-masing dan sudah dipastikan tidak ada di kamar kecil atau rest room pesawat. Seluruh proses penting lainnya untuk keselamatan pesawat telah dilakukan seperti seluruh smartphone sudah switch off selama penerbangan nanti. 

CEK KONDISI PESAWAT SEBELUM TERBANG.
Pilot harus melakukan pengecekan kondisi pesawat sebelum terbang, saat sekarang ini memang sudah ada ground staff yang membantu tata laksana lapangan tetapi pilot harus memastikan selutuh pengecekan penting ini sudag terlaksana dengan sempurna. Untuk pengecekan ulang seorang pilot harus memastikan kondisi mesin pesawat, kedua sayap, kondisi bahan bakar, pintu pesawat, hingga seluruh alat keselamatan penumpang dan lainnya sudah ready dan kondisi siap terbang. Persiapan ini sudah tentu masuk dalam syarat penting dari masing-masing airline dengan beberapa dokumen hitam dan putih yang telah ditandatangani oleh seorang pilot dan pejabat yang berwenang saat penerbangan akan dimulai.

Ada beberapa dokumen yang harus masuk dalam pengecekan ulang oleh seorang pilot:

#1. Seorang pilot harus mendapatkan informasi cuaca dari staf penerbangan lainnya pastinya akan mendapat briefing dari pejabat terkait saat waktu keberangkatan. Apabila cuaca dalam kondisi baik makan pesawat layak terbang, jika tidak makan keputusan pesawat untuk walk around menjadi alternatif sampai suasana menjadi lebih baik.
#2. Pilot harus meneliti seluruh check list electrical power up pesawat.
#3. Pilot melakukan pre elemenary preflight sehingga mendapatkan informasi penting saat pesawat akan berangkat.
#4. Memasukan flight plan ke komputer atau CDU preflight.
#5. Pastikan semua tombol yang ada di kemudi sudah pada tempat yang semestinya.
#6. Pilot melakukan taxy and take off breafing.
#7. Sebelum pilot melakukan checklist sudah menyiapkan start mesin.
#8. Dan seterusnya.

KOMUNIKASI DENGAN MENARA PENGAWAS {ATC}.
Pilot harus melakukan komunikasi dengan petugas menara pengawas ATC karena dengan cara ini seorang pilot mengetahui bahwa pesawat sudah diizinkan take off setelah mendapatkan panduan untuk segera masuk ke landasan pacu.

Saat menerbangkan pesawat memang pilot dibantu oleh seorang co-pilot saat akan melakukan take off tetapi anda sebagai pilot atau kaptennya sudag tentu pasti harus memahami seluruh panel, tombol di kemudi dan memastikan seluruh panel tersebut sudah sepatutnya diketahui posisi yang sebenarnya. Semua dokumen resmi penerbangan yang dipersiapkan harus sesuai dengan keadaan yang sebenarnya agar seluruh dokumen penting ini sudah termasuk SOP internal dan eksternal terkait. Hal yang sangat penting adalah kesehatan pilot harus prima tidak ngantuk dan lelah dan akan memberikan kenyamanan perjalanan dan agar selamat selama perjalanan nanti.

Baca juga:

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Tempat Menarik Di Kuala Lumpur Malaysia Waktu Malam

Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia tempat menarik di waktu malam saat menghabiskan waktu liburan disana di musim cuti yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Keramaian kota yang tentu mempersona mata dengan warna-warni kerlipan lampu yang sangat fenomenal ini tentu tidak akan pernah jemu untuk memandang. Semua kegiatan di tempat yang menarik di waktu malam tentu saja berbeda di waktu siang hari dimana aktifitas para turis dari seluruh dunia yang telah memilih KL sebagai destinasi wisata mereka tentu punya kelebihan tersendiri. Jadi pilihan yang boleh anda lakukan di KL pada waktu malam dengan beberapa tempat menarik untuk dikunjungi sembari anda ingin menikwati waktu malam terakhir disana sebelum pulang kembali ke tanah air, berikut penjelasan lengkapnya.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.

Wisata Penggila Shopping Belanja Vietnam Murah Pasti Mengenal Tempat Ini: Segera Kunjungi Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Wisata belanja penggila shopping di Vietnam pasti mengenal tempat ini dan pastinya harus dikunjungi sebelum pulang kembali ke tanah air. Dengan pilihan yang akan selalu dimasukan ke itinerary perjalanan nanti setelah menikmati seluruh tempat wisata penting ini menjadi acara yang sangat diminati disaat mencari oleh-oleh dan suvenir hingga kebutuhan fashion semuanya ada. Pada tulisan ini pastinya jika anda berada di zona yang sangat dekat dengan tempat wisata shopping ini segera kunjungi, untuk masalah harga masih relatif terjangkau dan pastinya untuk motif dan kualitas dapat diadu dengan produk ternama. Apa saja nama tempat wisata shopping belanja di Vietnam yang kami masud dan anda harus pilih nama yang mana sangat dekat dari lokasi penginapan selama melakukan perjalanan wisata ke Vietnam, berikut penjelasan lengkapnya: