Langsung ke konten utama

Profesi Pekerjaan Pilot Pesawat Komersial Sipil: Gaji Besar Hak Dan Tanggung Jawab Besar Untuk Sebuah Karir Cemerlang

Kehidupan pekerjaan seorang pilot memang banyak sekali yang ingin memgetahui dengan gaji besar tersimpan hak dan tanggung jawab yang sangat besar dibalik fenomena. Banyak sekali masyarakat awam hanya melihat dari segi gaji besar saja tetapi untuk mendapatkan hal itu semua perlu perjuangan yang sangat besar sehingga bisa mendapatkan kemakmuran dalam uang yang didapat setiap bulannya dan faslitas tambahan yang sangat menggiurkan secara otomatis berbanding lurus. Mendeskripsikan pekerjaan pilot pesawat komersial dalam arti umum saja adalah seseorang pria atau wanita yang membawa pesawat terbang dengan tujuan berbegai rute perjalanan baik domestik atau internasional. Tentu saja dengan perjuangan yang sangat keras ini lah membuat seorang pilot sangat tangguh dalam memberlakukan pekerjaan sebagai seseorang profesional dan reward gaji yang didapatkan tentu sangat banyak bahkan beruntun. 

Poto oleh: thepointsguy.com

Kehidupan pilot tentu tidak terlepas dengan pesawat terbang setiap hari dan harus mengerti seluk beluk pesawat dan pastinya harus mempunyai skill yang cukup untuk bisa menerbangkan jenis pesawat tertentu yang akan menjadi objek pekerja. Dengan pekerjaan yang sangat menantang ini tentu kita semua harus membongkar seluk-beluk fenomena seorang pilot pesawat komersial ini untuk bisa diketahui sehinggan profesi ini sangat layak untuk dijadikan sebagai profesi untuk kehidupan yang lebih layak dan makmur.

PROSES MENJADI SEORANG PILOT PESAWAT KOMERSIAL.
Tentu saja untuk menjadi seorang pilot pesawat komersial harus mengikuti pendidikan sekolah penerbangan yang sudah banyak hadir dan bisa anda pilih untuk ditekuni. Pendidikan ini mutlak dan harus diikuti karena disinilah anda di didik menjadi seorang pilot dimulai dari pendidikan secara teori dan praktek pada jangka waktu tertentu. Untuk memilih sekolah penerbangan ini tentu saja ada beberapa pilihan yang bisa menjadi referensi atau rekomendasi yang telah banyak dipilih oleh pilot pesawat komersial di dunia sebagai seorang almamater dari salah satu sekolah ini. Lokasi tempat pendidikan ini ada di dalam negeri dan internasional, dan anda bisa sesuaikan dengan budget pendidikan yang telah dipersiapkan sehingga sekolah terbaik bisa menjadi pilihan utama.

Baca selengkapnya:

PROSES MENJADI SEORANG PILOT.
Setelah menempuh pendidikan anda harus mendapatkan sertifikasi untuk menjadi seorang pilot terbang atau istilahnya ijazah penerbang {pilot license}. License ini berupa surat pengakuan bahawa anda mempunyai skill dan kompetensi untuk menerbangan pesawat untuk tipe, jenis, dan ukuran tertentu. Dalam proses melakukan terbang tentu anda masih dalam proses menjadi seorang pilot utama. Terlihat saat bertugas anda seorang pilot yang duduk sebagai komando dan seorang co-pilot. Selama penerbangan berlangsung dimulai dari pintu pesawat tertutup kemudian dibuka kembali setelah sampai tujuan maka pilot dan co-pilot harus mengikuti jalur yang telah terdaftar dan terprogram melalui sistem yang telah ditetapkan yaitu navigasi pesawat, dan yang paling utama anda harus mengikuti semua informasi yang telah ditetapkan oleh menara kontrol pesawat sebagai PIC yang mengatur lalu-lintas pesawat di bandara dan petugas lainnya yang memberikan pelayanan penerbangan sepanjang rute perjalanan pesawat nanti.

Saat belajar ini tentu proses untuk mendapatkan teori yang cukup rinci dan komprehensif ini akan didapatkan di sekolah penerbangan nanti. Bagaimana seorang pilot menerbangan pesawat dengan rencana penerbangan {flight plan} baik berada dalam kokpit dan harus mempunyai ilmu yang cukup terhadap proses menyelamatkan penumpang dan pesawat saat terbang nanti. Khusus untuk pesawat berawak ganda atau multi crew ini harus mengetahui pembagian tugas yang jelas siapa yang menjadi pilot yang melakukan komando terbang {pilot flying} dan pilot pemantau {pilot monitoring}. Kerjasama ini tentu harus bersinergi masing-masing pihak sehingga tercipta suasana terbang yang menyenangkan, amanm dan tentunya lebih efisien efektif.

Proses belajar ini anda juga mendapatkan teori saat melakukan penerbangan komersial, bagaimana tugas seorang pilot dan co-pilot yang bertugas untuk mengemudikan pesawat dan beberapa staf awak kabin seperti pramugari dan prmugara bertugas untuk keselamatan penumpang, keamanan, dan kenyamanan penumpang selama penerbangan nanti. Seluruh petugas yang berada di dalam pesawat saat terbang nanti bernama aircrew {pilot, co-pilot, dan flight attendant}. Semua pembicaraan pilot, co-pilot dan petugas lalu-lintas bandara akan terekam rinci di kotak hitam atau bernama cockpit voice recorder sebagai bukti penting yang harus ada jika terjadi kecelakan pesawat dan benda ini lah yang akan dicari untuk mengungkap misteri di perjalanan.



TUGAS PILOT.
Tugas utama seorang pilot adalah melakukan proses penerbangan dimulai dari menjalankan mesin pesawat terbang sedangankan seorang co-pilot bertugas membantu pilot selama penerbangan. Jika ingin mengetahui jengjang pangkat di dunia penerbangan sipil yang ada sekarang ini berikut rinciannya:

#1. Captain: seorang komandan di sebuah pesawat sebagai chief de mission untuk sebuah jalur penerbangan.
#2. First Officer: seorang wakil captain yang dapat mengambil alih tugas seorang captain tidak dapat menjalankan tugas pada waktu terbang. Jadi tugas first officer yang melakukan proses perjalanan penerbangan akan menjadi menjadi captain dan captain sendiri menjadi co-pilotnya, begitu sebaliknya.
#3. Untuk jenjang karir seorang penerbangan sipil komersial di sebuah airline akan di mulai dari first officer pada pesawat ukuran tipe kecil dalam perusahaan komersial tersebut. Jika track recordnya bagus maka akan di promosikan ke pesawat yang ukurannya lebh besar masih sebagai first officer. Akan berlanjut kembali menjadi captain di pesawat ukuran kecil dan akan dipromosikan menjadi seorang captain di pesawat menengah dan ukuran besar.

Menjadi seorang pilot di penerbangan komersial sipil ini tentu waktu bertugas tidak mengenal hari dan waktu. Jadwal terbang tentu harus disesuaikan dengan jadwal dari airline tempat bekerja. Waktu kerja tidak sama dengan pekerja kantoran tentu saat weekend libur dan seterusnya, berbeda dengan pilot jadwal libur tidak menentu termasuk hari libur besar keagamaan dan libur panjang pun akan masuk untuk menunaikan tugas terbang. Dengan komitmen ini tentu seorang pilot tidak ada kata bosan untuk terbang dengan pesawat yang akan membawa penumpang kemanapun rute perjalannnya. Jadi sifat ini harus tertanam dalam diri seorang pilot untuk mencintai pekerjaan layak sebagai hobi yang dicintai.

TANGGUNG JAWAB PILOT SAAT PESAWAT TERBANG.
Setelah disinggung di awal memang sudah disebutkan tanggung jawab seorang pilot akan sangat besar dan tidak boleh ada rasa sepele untuk sebuah jadwal perjalanan nanti. Jadi tugas ini harus prioritas dan bahkan harus profesional sehingga track record anda seorang pilot bisa harus dimata kolega dan perusahaan tempat anda bekerja nanti.

#1. Tanggung Jawab Menerbangkan Pesawat.
Penerbangan rute perjalanan pesawat adalah tanggung jawab seorang pilot. Seluruh keselamatan pesawat saat terbang nanti merupakan tanggung jawabnya dan harus bekerja dalam fokus tingkat tinggi tanpa ada lelah sampai pesawat take off dan landing sesuai dengan peraturan penerbangan yang berlaku.

#2. Tanggung Jawab Keselamatan Seluruh Penumpang.
Dengan menerbangkan pesawat komersial sipil tentu mengangkut penumpang dengan jumlah banyak, ditangannya lah semua tanggung jawab seluruh keselamatan penumpang akan dia lakukan. Hal paling prinsip adalah membuat kenyamanan selama penerbangan adalah tugas utama seorang pilot.

#3. Tanggung Jawab Terhadap Diri Pilot Sendiri.
Untuk mendapatkan semua keinginan kenyaman perjalanan tentu saja kesehatan untuk diri pilot harus penting diperhatikan. Ekstra jaga kesehatan harus tetap dilakukan saat waktu senggang atau libur yang diberikan oleh airline tempat bekerja dengan olah raga agar tetap prima selama bekerja nanti bisa didapatkan.

Untuk menerbangkan pesawat ini tentu tugas pokok seorang pilot bahkan menjadi tanggung jawab paling utama di pesawat terbang. Seluruh kemampuan ilmu dan pengalaman yang dia dapat selama pendidikan dan praktek akan teruji untuk melakukan jadwal terbang rute tertentu. Keahlian tinggi ini tentu menjadi sebuah komitmen tinggi dan tidak sembarangan orang bisa menerima amanah ini dengan licensi yang telah diterima. Jadi dari penjelasan ini jelas sudah beginilah step langkah menjadi seorang pilot yang profesional dibidangnya dan harus memiliki jiwa sehat dengan seluruh konsekwensi penting dalam sebuah profesi.

REMUNERASI DITERIMA PILOT PROFESIONAL.
Setelah menekuni proses yang menjadikan dia seorang pilot yang berpengalaman, profesional, dan memiliki integritas sehingga track recordsnya menjadi lebih baik akan tentu menerima remunerasi sebuah penghargaan terhadap gaji yang diterima serta beberapa fasilitas tambahan yang akan mengiringi selain uang gaji yang diterima. Tentu saja remunerasi ini tergantung dari maskapai airline pilot tempat bekerja dan tentu saja untuk mendapatkan kelayakan ini perlu perjuangan keras dan mendai misi visi seorang pilot untuk mendapatkan kehidupan layak dan makmur.

Plesirankotatua merujuk pada informasi yang cukup credible sebagai rujukan standar yaitu dari Garuda Indonesia bahwa penghasilan seorang pilot Yunior saja untuk airline BUMN ini untuk tahun pertama sudah mencapai nominal IDR 60 juta. Tidak hanya itu saja, komponen gaji ini sudah tentu mendapatkan gaji dan tunjangan lain. Kemakmuran ini tidak itu saja, saat menjadi seorang pilot senior saja bisa mendapatkan take home pay bisa dimulai dari IDR 100 juta - IDR 150 juta. 

Tentu pencapaian ini tidak datang begitu saja harus ada proses yang dilalui hingga komitmen tinggi untuk sebuah profesi. Capaian ini tentu ada penghargaan lain selain uang tunai seperti asuransi personal, tunjangan kesehatan, pensiun, BPJS, penghargaan masa kerja, lost of flying license, hingga adanya penghargaan terpisah dari airline tempat bekerja saat masa pensiun. Dengan tingginya penghargaan ini tentu saja airline akan memberikan semacam jenjang karir yang yang cukup bervariasi bagi pilot yang berprestasi tinggi. Tambahan lainnya dimulai dari jaminan kesehatan dari pilot dan seluruh keluarga, jaminan kecelakaan kerja, bahkan adanya jaminan profesi saat terjadinya kehilangan licensi terbang juga diperhatikan untuk memberikan jaminan bahwa pilot menjadi profesi yang sangat penting untuk perusahaan. Proteksi kesehatan yang diberikan tentu sangat menggiurkan sudah pasti diatas rata-rata jaminan kesehatan pada umumnya bahkan jaminan penyakit berbahaya tertentu juga akan masuk tanggungan asuransi yang dicover tentu menjadi perhatian khusus.

Tidak itu saja, maskapai airline juga menyediakan jadwal liburan dengan memberikan konsesi tiket perjalanan kepada pilot dan keluarga ke rute perjalanan yang terpilih dan ditetapkan. Konsesi ini tentu sangat menarik karena akan memberikan sebuah penghargaan dari sebuah prestasi untuk sebuah pekerjaan yang akan diapresiasi oleh perusahaan airline.

Setelah anda mengetahui profesi seorang pilot pada pesawat komersial sipil dengan gaji yang sangat besar tentu saja akan menjadi pilihan terbaik sebuah pekerjaan yang sangat bergensi untuk ditekuni. Proses untuk menjadi pilot sangat panjang hingga mendapatkan pengakuan dari institusi terhadap kinerja yang telah anda tekuni nanti. Jika pilot menjadi pilihan karir anda di masa yang akan datang pastikan persiapakan untuk memilih jurusan dan sekolah penerbangan yang tepat agar lulusan dari almamater tersebut ada di airline yang akan menjadi tempat bekerja yang ada di Indonesia sehingga proses untuk mengakui keahlian anda sudah ada disana. Jika ada budget lebih anda juga bisa memilih sekolah penerbangan di luar negeri dengan kemampuan bahasa Inggris yang cukup sehingga anda bisa bersaing dengan lulusan terbaik lainnya di airline bergensi untuk mendapatkan penghasilan yang cukup layak. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi sebuah informasi yang sangat penting untuk masa depan anda yang sudah mulai anda pilirkan setelah membaca artikel ini. 

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Tempat Menarik Di Kuala Lumpur Malaysia Waktu Malam

Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia tempat menarik di waktu malam saat menghabiskan waktu liburan disana di musim cuti yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Keramaian kota yang tentu mempersona mata dengan warna-warni kerlipan lampu yang sangat fenomenal ini tentu tidak akan pernah jemu untuk memandang. Semua kegiatan di tempat yang menarik di waktu malam tentu saja berbeda di waktu siang hari dimana aktifitas para turis dari seluruh dunia yang telah memilih KL sebagai destinasi wisata mereka tentu punya kelebihan tersendiri. Jadi pilihan yang boleh anda lakukan di KL pada waktu malam dengan beberapa tempat menarik untuk dikunjungi sembari anda ingin menikwati waktu malam terakhir disana sebelum pulang kembali ke tanah air, berikut penjelasan lengkapnya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Wisata Penggila Shopping Belanja Vietnam Murah Pasti Mengenal Tempat Ini: Segera Kunjungi Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Wisata belanja penggila shopping di Vietnam pasti mengenal tempat ini dan pastinya harus dikunjungi sebelum pulang kembali ke tanah air. Dengan pilihan yang akan selalu dimasukan ke itinerary perjalanan nanti setelah menikmati seluruh tempat wisata penting ini menjadi acara yang sangat diminati disaat mencari oleh-oleh dan suvenir hingga kebutuhan fashion semuanya ada. Pada tulisan ini pastinya jika anda berada di zona yang sangat dekat dengan tempat wisata shopping ini segera kunjungi, untuk masalah harga masih relatif terjangkau dan pastinya untuk motif dan kualitas dapat diadu dengan produk ternama. Apa saja nama tempat wisata shopping belanja di Vietnam yang kami masud dan anda harus pilih nama yang mana sangat dekat dari lokasi penginapan selama melakukan perjalanan wisata ke Vietnam, berikut penjelasan lengkapnya: