Langsung ke konten utama

Lakukan Cara Lengkap Ini Saat Paspor Hilang Di Luar Negeri Sesegera Mungkin Jangan Ditunda

Apa yang terjadi jika paspor hilang di luar negeri saat traveling? Tentu saja anda akan terasa panik, panas dingin, dan pastinya akan grogi saat traveling nanti menuju ke tempat wisata jika terjadi pemeriksaan. Pengalaman seperti ini sudah pernah dirasakan oleh rekan kita yang merasakannya sehingga menjadi sebuah pembelajaran yang sangat berharga sehingga dapat di sharing kepada teman semua jika terjadi situasi ini tentu menjadi informasi penting sekali dan apa yang harus dilakukan. Jika kita telisik lebih dalam paspor sangat penting sekali untuk perjalanan khususnya traveling ke beberapa negara. Memang situasi yang tidak sadar tentu anda ada terlupa atau kecelakaan yang terjadi sehingga dokumen perjalanan ini menjadi tercecer dan hilang di suatu tempat sehingga anda baru menyadari sudah beberapa jam setelah itu atau keesokan harinya tidak ditemukan di tas atau di tas ransel yang dibawa.

Sangat pentingnya paspor ini tentu sangat berhubungan erat dengan identitas resmi internasional yang selalu dibutuhkan tidak hanya sebagai pengenal diri saat berada di negara orang juga diperlukan saat pemeriksaa saat anda kembali pulang ke Indonesia juga memburuhkan paspor untuk proses check in dan pemeriksaan imigrasi nantinya. Jadi, jangan anggap remeh paspor kalau hilang di negara orang tentu anda tidak bisa bergerak lebih lelusa dan akan terbentur di pemeriksaan pada pemeriksaan nantinya.

Bagaimanapun juga anda jangan khawatir dan memang membutuhkan waktu sehingga ada beberapa itinirary perjalanan harus tertunda untuk mengurus beberapa dokumen pendukung dan harus dilengkapi sehingga proses lebih lanjut setelah anda  mendapatkan beberapa surat penting yang harus dimiliki sesegera mungkin. Plesirankotatua ingin menulis konten artikel ini semoga bermanfaat bagi rekan semua jika saat tertentu nanti merasakan situasi ini dimana melakukan traveling paspor hilang dan harus ngapain saja hal yang harus dilakukan agar mendapatkan dokumen perjalanan ini sehingga liburan tetap berjalan nyaman dan menyenangkan, berikut cara mengurus paspor hilang di luar negeri saat traveling:

#1. Harus Segera Lapor Ke Instansi Kepolisian Negara Setempat.
Anda harus segera melaporkan ke polisi setempat sesegera mungkin ASAP. Jangan pernah menunda waktu dan segera datangi sampaikan kondisi sebenarnya apa yang terjadi kepada petugas yang menjaga saat itu juga. Biasanya polisi negara setempat akan meminta anda untuk menceritakan keadaan yang sebenarnya secara rinci dan lengkap. Ceritakan apa adanya dan sejujurnya jika kemudian hari mereka dapat menindaklanjuti laporan anda dan menemukannya maka polisi setempat segera memberitahukan {apabila waktunya sangat memungkinkan}. 

Pihak kepolisian negara setempat tentu saja akan memberikan formulir yang harus anda isi dan pastikan anda mengisi dengan benar semua kolom yang ada di kertas tersebut. Karena keakuratan data apapun itu termasuk nama, tanggal lahir, dan sebagainya akan memberikan keakuratan data jika paspor anda ditemukan nanti.

#2. Segera Ke KBRI.
Saat di kantor kepolisian tersebut semua laporan yang anda sampaikan akan mereka buat dalam bentuk surat kehilangan barang. Setelah anda mendapatkannya maka segera mencari informasi dimana lokasi alamat KBRI {Kedutaan Besar Republik Indonesia} dan segera melakukan laporan disana. Karena dari laporan kepolisian setempat pengurusan paspor anda yang hilang dapat ditindaklanjuti oleh petugas KBRI untuk menurus dokumen penting ini secepatnya.

Setelah anda diterima oleh petugas di KBRI tentu proses ini akan segera mereka lakukan dan menerbitkan SPLP {Surat Perjalanan Laksana Paspor} yang dapat berfungsi sebagai paspor pengganti selama anda melakukan traveling di negara tersebut. Tetapi perlu anda ketahui jangka waktu yang mereka berikan tentu selama anda traveling nanti dan pastikan dokumen pendukung lainnya saat anda melakukan perjalanan pulang akan ada ditanyakan untuk memberikan waktu expire SPLP ini sampai anda mendarat di Indonesia nanti. 

Prosedur pembuatan SPLP ini memang disesuaikan saat itu juga, karena terbatasnya dokumen yang dibutuhkan tentu harus menjadi pertimbangan KBRI disana. Secara umum dokumen yang harus dilengkapi adalah sebagai berikut:

==> Identitas diri lainnya {KTP, KK, atau buku nikah}
==> Foto copy paspor {jika ada}
==> Surta kehilangan dari kepolisian setempat
==> Lengkapi pas poto latar belakang terang seukuran paspor
==> Mengisi formulir SPLP dengan benar dan akurat dan pastikan anda tanda tangan
==> Bayar biaya SPLP yang telah ditetapkan oleh KBRI setempat.
==> Semua berkas ini harus dilengkapi dan berikan kepada petugas setempat untuk membuat dokumen ini agar perjalanan traveling anda tetap dalan zona nyaman sampai kepulangan ke Indonesia.

Untuk proses memang mebutuhkan waktu, secara normal waktu yang dibutuhkan antara 1-2 hari. Tetapi tergantung dari KBRI setempat untuk memberikan proses lebih cepat saat dilakukan pemeriksaan yang akan diperlukan untuk memperlancar menerbitkan identitas anda kembali. Semua proses ini harus anda ikuti dan setelah selesai dapat menjadi paspor sementara sampai anda kembali lagi ke tanah air tercinta.

credit: corporatetravel.id

#3. Cara Lain: Lapor Diri Saat Sampai Negara Tujuan.
Memang saat anda traveling ke luar negeri terkadang lupa, saking senangnya anda menjadi lebih terlena dengan itinerary perjalanan yang telah dibuat bahkan ingin segera melakukan perjalanan traveling secepatnya ke tempat wisata menarik di negara tersebut. Jika anda sampai di negara tujuan lebih dari satu minggu tenti dianjurkan anda lapor diri ke KBRI negara tujuan. Memang cara ini tidak lazim dilakukan tetapi sangat dianjurkan untuk mengantisipasi jika terjadi kehilangan dokumen perjalanan paspor saat melakukan perjalanan traveling.

Prosesnya sangat mudah sekali, anda membawa pas poto 2 lembar dengan latar terang seukuran paspor  dan poto copi paspor. Akan mendisi formulir yang mereka sediakan dan anda harus mengisinya dengan lengkap dan akurat dan akan diserahkan kepada petugas KBRI negara tujuan. Setelah lengkap semua maka anda akan mendapat surat bukti lapor diri dan dapat berguna di periode perjalanan anda nanti. Dan pihak KBRI akan memberikan cap pada paspor anda. Sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang cukup lama dan berbelit-belit.

Memang sebagian traveler tidak mengetahui manfaatnya bahkan anggap sepele tetapi sangat penting di saat genting seperti kehilangan paspor di negara orang. Dengan lapor diri seperti ini sebenarnya anda telah tertolong untuk diri sendiri di saat terjadi kehilangan anda lebih cepat dan mudah mendapatkan pengganti paspor tersebut. Dan cara seperti ini pihak KBRI lebih banyak mendapatkan informasi penting lainnya disaat terjadi hal yang diluar dugaan dan dapat langsung menghubungi keluarga di Indonesia, khusus traveler yang melakukan perjalanan outdoor, pendakian gunung, hingga traveling alam liar sebaiknya melakukan lapor diri seperti ini untuk kenyamanan di kemudian hari.

#4. Segera Buat Paspor Baru Secepatnya.
Setelah semua proses ini anda lakukan dan telah mendapatkan SPLP dari KBRI negara setempat saat anda telah sampai di Indonesia segera buat paspor baru di Imigrasi domisili anda. Jangan tunda waktu karena lebih ccepat lebih baik. Memang proses yang anda lakukan di negara orang akan memperburuk itinerary perjalanan tetapi menjadi pengalaman yang sangat berharga untuk selalu waspada dan berhati-hati untuk masalah dokumen penting perjalanan seperti paspor ini. 

Membuat pspor baru berarti anda akan mengulang proses dari awal dengan melengkapi dokumen pendukung dan menyertakan surat SPLP ini untuk memberikan keterangan bahwa anda telah mendapatkan surat ini dari KBRI negara tujuan traveling anda. Ikuti prosesnya sampai paspor baru anda telah dikeluarkan kembali oleh Imigrasi domisili anda. 

Semoga pengalaman ini yang tertuang di tulisan artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi pembelajaran bagi kita semua khususnya anda yang akan melakukan traveling ke luar negeri saat paspor hilang beginilah proses cara yang akan dilakukan dan lakukan sesegera mungkin jangan ditunda. Identitas penting anda di negara orang adalah paspor yang berguna untuk semua tujuan apalagi saat anda check in pulang kembali harus menggunakan paspor ini sebagai dokumen penting pengecekan identitas. Selalu berhati-hari disaat hati senang melakukan perjalanan tentu waspada kehilangan barang yang mungkin saja terjadi. Amankan semua barang bawan dan selalu awas agar tidak hilang, tercuri, bahkan tertinggal di lokasi lain tanpa anda sadari. Semoga perjalanan anda selamat sampai tujuan dan tidak ada halangan sama sekali dan nyaman melakukan traveling penting ini dalam pengalaman hidup yang akan dikenang sepanjang masa dan pengalaman pengurusan paspor hilang ini tentu menjadi bermanfaat.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.