Langsung ke konten utama

Ayo Berwisata dan Berlibur ke Kota Pacitan Jawa Timur

Pacitan adalah sebuah kabupaten yang terletak di barat daya provinsi Jawa Timur serta berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Kabupaten Pacitan dikelilingi oleh ribuan gunung dan bebatuan, dan ada beberapa bebatuan yang berbentuk canyon. Tentunya, dengan geografi seperti ini tersimpan wisata yang belum tersentuh oleh dunia luar yang akan menjadi tujuan wisata baru baik lokal maupun internasional.


Dengan adanya beberapa artikel dari pelancong yang telah memberikan pengalamannya berwisata dan berlibur ke kota Pacitan Jawa Timur maka saya ingin membuat suatu rangkuman yang cukup lengkap agar menjadi panduan anda untuk kerkunjung ke Kota Pacitan Jawa Timur.

Bagaimana cara ke Pacitan.


Banyak sekali cara untuk sampai ke kota Pacitan. Moda transportasi sudah tersedia dan hanya anda yang bisa memutuskannya. Berbagai macam transportasi mulai dari darat dan udara. Baca selengkapnya "Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur".

Fasilitas Hotel.


Hotel merupakan hal yang cukup penting untuk beristirahat setelah melakukan perjalanan. Lokasi hotel tersebar di pusat kota Pacitan seperti Jl Ahmad Yani, Jl Gatot Subroto, dan Jl Imam Bonjol. Anda bisa go-show langsung ke hotel yang ada di pusat kota Pacitan ini mulai dari harga IDR 75,000 - IDR 500,000. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan anda dan keluarga.

Transportasi.


Selama berwisata di Pacitan tidak banyak fasilitas kendaraan menuju ke lokasi wisata. Jadi anda harus mempersiapkan kendaraan pribadi untuk semua keluarga ataupun jasa ojek yang ada disekitar kota Pacitan. Karena kota ini masih tahap berkembang karena banyaknya wisata menarik yang sudah mendunia.

Tempat Wisata yang Wajib Anda Kunjungi di Pacitan Jawa-Timur 


1. Pantai Srau.

http://pacitantourism.net


Pantai ini berlokasi di Desa Candi, kecamatan Pringkuku kurang lebih 25 km dari pusat Kota Pacitan. Lokasi pantai sangat bagus serta menjadi pantai yang sangat indah di Pulau Jawa. Kondisi pantai yang berpasir putih ini berpadu dengan hempasan ombak yang membentuk buih putih yang sangat indah. Lokasi pantai ini juga ada hamparan batu karang yang memberi keamanan bagi anda untuk menikmati pantai dengan duduk ditas batu.

2. Pantai Klayar.

http://initempatwisata.com

Salah satu pantai yang sangat populer di kota Pacitan. Anda tidak akan merasa lengkap jika belum mengunjungi pantai ini. Lokasinya terletak di kecamatan Donorojo sekitar 45 km dari pusat kota Pacitan. Keunikan pantai ini mempunyai keunikan yaitu seruling laut, apabila ombak terhempas anda akan mendengar suara siulan dan air laut akan terpancar keatas dari dalam batu karang.

3. Pantai Watu Karung.

http://ketahui.com


Surganya bagi para perselancar. Kualitas ombaknya cukup baik dan harus anda taklukan. Lokasi pantai ini terletak di desa Widoro kecamatan Donorejo. Untuk mencapai lokasi pantai cukup sulit tetapi hal itu semua akan terbayarkan setelah anda menginjakan kaki di lokasi pantai. Pemandangan laut yang sangat memukau mata anda dan disambut dengan pasir putih yang sangat lembut.

4. Pantai Banyu Tibo.

https://aroyad.wordpress.com



Pantai yang mempunyai air terjun disinilah lokasi nya yaitu Pantai banyu tibo. Lokasi pantai ini masih berdekatan dengan Pantai Klayar. Didekat pantai ada air terjun mungil yang jatuh kebibir pantai. Kondisi air sangat tawar dan sangat membantu anda jika setelah berenang di pantai anda dapat langsung membilasnya menggunakan air terjun ini. Pantai ini hanya bisa anda nikmati jika dalam keadaan surut pada pagi hari ataupun sore hari. Jika kondisi pasang anda hanya bisa duduk diatas batu karang menikmati pantai yang menghantam dinding karang.

5. Sungai Maron.

http://www.initempatwisata.com



Wisata di Pacitan juga mempunyai Green-Canyon. Disinilah tempatnya yaitu di Sungai Maron. Lokasinya masih di desa Dersono, Pringkuku sekitar 45 menit dari pusat kota Pacitan. Setelah anda sampai dilokasi anda akan sangat menikmati pemandangan disekitar sungai yang masih asri dan bersih. Sungai ini masih sangat vital bagi penduduk sekitar yang dimanfaatkan sebagai transportasi ataupun sumber penghidupan ikan air tawar. Di lokasi inilah menjadi tempat yang dijadikan lomba tahunan dayung di Pacitan.

6. Pemandian Banyu Anget.

http://sdnpenggung1.blogspot.co.id/



Bermandi di air panas tentu juga ada di Pacitan, nama pemandiannya adalah Tirto Husodo yang berasal dari perbukitan kapur. Lokasinya di desa Krangrejo kecamatan Arjosari sekitar 15 km dari pusat kota Pacitan ke utara. Pemanfaatan air panas ini oleh pengelola dibuat beberapa kolam yang telah tercampur dengan air dingin dengan sumber air panas tadi. Jadi lebih aman dan nyaman bagi semua pengunjung.

7. Pantai Teleng.

http://initempatwisata.com


Pantai yang sangat indah di Pacitan dengan hamparan pasir putih. Ombak di Pantai Teleng cukup tenang dan menjadi wisata pantai wajib bagi warga lokal dan pelancong. Kegiatan bermain di pantai dengan ombak, ataupun bermain pasir pantai dengan anak-anak sangat direkomendasikan.

8. Pantai Pidakan.

http://mujiatitravel.blogspot.co.id/



Keadaan pantai berbeda dengan pantai lainnya. Karena pantainya didominasi dengan kerikil. Tetapi warna putih kerikil menjadi daya magnet eksotis. Lokasi pantai di dusun Godek Kulom Desa Jutak Kecamatan Tulakan. Jarak yang harus anda tempuh sekitar 50 km dari pusat kota Pacitan dengan mengambil arah jalur lintas selatan.

9. Pantai Soge.

http://yukpiknik.com


Pantai yang sangat unik dan harus anda kunjungi. Lokasi terletak di Desa Sidomuyo Kecamatan Ngadirejo. Anda dapat menikmati sunset yang sangat indah dan pasti dipenuhi oleh para pelancong.

10. Pantai Buyutan.

http://infopacitan.com


Pantai yang sangat indah dan memukau. Mempunyai keunikan yaitu pasir putih. Ombaknya relatif tenang dan sangat cocok bagi anda untuk bermain bersama keluarga dibibir pantai. Lokasinya terletak di kecamatan Donorojo. Pemandangan pantai ini sangat indah dengan adanya hempasan ombak pada batu karang memberikan suara alami ombak yang tidak akan pernah terlewatkan oleh anda.

11. Pantai Seruni.

http://travel.detik.com


Pantai ini juga harus masuk wisata anda ke kota Pacitan. Tetapi karena menuju ke lokasi cukup sulit dan lokasinya masih satu kecamatan dengan Pantai Srau. Dengan kondisi masih sepi inilah membuat anda harus mengunjunginya seperti memiliki pantai pribadi yang belum ada pengunjung. 

12. Pantai Tawang.

http://wisataterindah.net


Namanya masih sangat kurang dikenal tetapi masih berada di kota Pacitan. Lokasinya terletak di desa Katipugal Kec Kebon Agung, sekitar 20 km dari pusat kota Pacitan kearah timur lewat Sirnoboyo. Kondisi bibir pantai dengan pasir kecoklatan mendominasi keluruhan pantai.

13. Pantai Kali Uluh.

http://wisatabahari-jawatimur.blogspot.co.id/



Pantai yang sangat unik dan mempunyai keindahan menjadikan destinasi liburan pantai yang berbeda. Lokasinya di desa Klesem Kec Kebon Agung, sekitar 30 menit dari pusat kota Pacitan. Kondisi pasir putih mendominasi keseluruhan pantai tetapi anda tidak bisa leluasa bermain dibibir pantai karena kondisi bebatuan yang cukup besar menghalangi kebebasan anda.

14. Pantai Taman.

http://detikdigital.com


Lokasi pantai yang dilengkapi dengan wahana yang menantang andrenalin anda yaitu flying-fox. Dengan panjang 450 meter diatas ketinggian 74 meter dari permukaan pantai. Posisi bermain dari puncak bukit dan mendarat di Pantai ini. Dengan paduan suasana pantai dengan permainan membuat destinasi baru untuk menikmati pantai yang indah dengan permainan yang menantang. Lokasi pantai di Desa Hadiwarno Kec Ngadirejo.

15. Pantai Kunir.

http://wedustraveller.blogspot.co.id



Pantai lain yang berada di kota Pacitan yaitu Pantai Kunir. Sangat tidak mudah menuju lokasi tentu akan hilang penat anda setelah melihat pantai ini. Lokasi pantai terletak di dusun Lamong Desa Pager Kidul Kec Sudimoro. Memiliki pasir putih dengan ombak relatif sedang. Pantai ini cocok untuk anda yang suka keheningan karena suasa masih jauh dari keramaian pendatang.

16. Goa Gong.

http://www.telusurindonesia.com/


Goa yang paling indah di Asia Tenggara. Goa Gong namanya. Lokasinya terletak di Desa Bomo Kec Punung. Kondisi goa yang luar biasa indah dengan adanya stalagtit menggantung diatas goa. Goa Gong mempunyai kedalaman sekitar 700-800 meter dan memiliki tujuh ruangan besar yang mempunyai kriteria unik disetiap sudutnya. Anda dapat berinteraksi langsung di Sendang Bidari yang memiliki air yang sangat jernih, serta batu yang jika anda pukul akan mengeluarkan bunyi gong. Inilah awal penamaan goa. 

Fasilitas penerangan di dalam goa akan membantu para pelancong untuk menikmati segala suasana untuk setiap sudut goa. Dengan pantulan cahaya yang sangat indah membuat anda ingin berlama-lama di lokasi goa. Keselamatan anda tentu diperhatikan dengan adanya tangga dilengkapi dengan pagar pembatas disetiap sisi.

17. Goa Tabuhan.

http://mazmuzie.blogspot.com/


Goa Tabuhan juga berada di kota Pacitan. Goa ini juga memiliki keunikan yaitu anda bisa mendengar alunan gamelan, karena stalagtit yang berada didalam goa mengeluarkan bunyi seperti gamelan. Cukup kontras dan anda tidak akan percaya. Lokasi Goa Tabuhan di Wareng Punung dengan kedalaman sekitar 100 meter. Sebelumnya goa ini bernama Goa Tapa karena banyak digunakan oleh orang untuk bertapa.

18. Goa Luweng Jiran.

http://infopacitan.com


Goa yang harus anda taklukan dengan menantang andrenalin anda untuk menuju perut bumi. Kondisi goa sangat panjang sekali sekitar 48 kilometer. Selama didalam goa anda akan melihat pemandangan ornamen unik terbentuk secara alami. Lokasinya terletak didesa Jlubang Kec Pringkuku sekitar 15 km dari pusat kota Pacitan.

19. Goa Song Terus.

https://www.triptrus.com


Bernuansa mistis inilah Goa Song Terus. Lokasi ini menjadi destinasi para arkeolog purba untuk meneliti sejarah. Dilokasi ini anda juga dapat menemukan manusa purba berumur 10 ribu tahun pada tahun 1999. Lokasinya terletak di Wareng Punung tepatnya di desa Mendolo Lor. 

Tidak jauh dari lokasi goa ini anda juga menemukan goa lain yang ada manusia purbanya yaitu Goa Song Keplek. Didalam goa ini ditemukan beberapa alat kuno seperti limas, gurdi, lancipan, atau alat lainnya. 


Kuliner Di Kota Pacitan.

Liburan tanpa kuliner belum lengkap. Anda dapat menikmati kuliner yang harus anda coba yaitu nasi tiwul. Lokasinya di Jl Solo-Pacitan Bu Gandos. Tentu nasi tiwul harus dilengkapi dengan beberapa menu pilihan seperti urap kenikir dari daging ikan hiu muda. Ditambah dengan sambal mentah yang sangat mengugah selera yang akan memberikan efek nagih untuk setiap suap nasi.  

Jangan lupa berkunjung ke alun-alun kota Pacitan dimalam hari, anda akan menemukan banyak kuliner lain seperti nasi pecel madiun, pisang kepek, sate kambing, sop kambing, dan lainnya.

Anjungan Tunai Mandiri (ATM).


Anda jangan kawatir kekurangan uang tunai. Di kota Pacitan sudah tersedia beberapa bank Nasional yang beroperasi.

Tips.


1. Anda harus mempersiapkan kendaraan pribadi untuk menuju semua lokasi. Ke lokasi menempuh waktu relatif lama dan butuh kondisi mobil yang sehat.

2. Lokasi Pacitan yang banyak pegunungan yang terjal serta jalan yang cukup berliku diatas gunung. Jadi anda harus berhati-hati dalam mengendarai mobil dengan pahami medan.

3. Selalu menjaga lokasi wisata dari sampah dan buanglah pada tempat yang telah disediakan. Jangan corat-coret tempat wisata.

4. Anda dapat mempromosikan wisata Pacitan keseluruh media sosial yang anda punya supaya membantu program Pemerintah untuk mensukseskan pariwisata di Indonesia.

5. Untuk menunaikan solat fardhu anda tidak usah kawatir. Di Pacitan tersedia mesjid raya di dekat alun-alun ataupun mushola yang tersebar disetiap jurusan tempat wisata.

6. Anda jangan lupa berkunjung ke pasar tradisional apabila melewati lokasi tempat wisata di Pacitan. Tersedianya panganan tradisional yang dijual oleh penduduk lokal yang dapat anda cicipi. Tentu dengan harga yang sangat terjangkau.

7. Jangan lupa mengabadikan semua perjalanan ini dengan cara selfie, welfie, atau video. 



Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.