Langsung ke konten utama

Renovasi Rumah Murah: Simak Tips Ini Ingin Mendapatkan Biaya Paling Sedikit Dikeluarkan

Setelah anda mendapatkan rumah yang telah menjadi rumah idaman ada keinginan melakukan renovasi rumah murah dengan budget yang telah dipersiapkan semoga cukup tidak ada over berharap kurang hendaknya. Pengalaman yang pernah dirasakan bahwa melakukan renovasi rumah memang membutuhkan uang sangat banyak bahkan terkadang anggaran budget yang telah dipersiapkan tidak cukup sehingga proses renovasi rumah menjao tertunda terus akhirnya tidak menjadi kenyataan. Anda sebagai pemilik rumah sudah tentu pasti akan memaksimalkan kondisi rumah ini tetap baik bahkan ingin menambah bagian tertentu yang mengharuskan bagian lainnya untuk dirubah posisi sehingga terasa lebih lapang bahkan lebih lega rasanya. Hanya pengetahuan yang cukup untuk pelaksanaan atas dasar-dasar renovasi yang harus dimengerti agar saat pekerjaan berlangsung juga disiplin tidak terjadi kegagalan atau kendala lainnya untuk segera di highlight.

Pengalaman saat kami melakukan renovasi rumah yang telah dilakukan agar mendapatkan murah dibawah budget ada beberapa tips yang seharusnya dilakukan agar kesempurnaan pekerjaan renovasi rumah ini nantinya tidak over budget, berikut penjelasannya:

#1. Teliti renovasi rumah bagian mana yang akan menjadi prioritas agar biaya budget yang dipersiapkan cukup tidak over.

Sebagai pemilik rumah anda harus mengetahui spot bagian mana yang akan menjadi prioritas untuk segera dilakukan renovasi. Misalnya, ada ruangan tertentu yang ingin di bongkar ingin disatukan dengan ruangan lain agar lebih luas. Memang ingin mendapatkan kesempurnaan rumah tidak akan habis-habisnya dibahas apalagi biaya yang akan dihabiskan tidak akan pernah cukup. Anda sebagai pemilik rumah yang menentukan arah bukan tukang pekerja yang mendikte anda untuk melakukan renovasi. Ini lah kunci awal yang harus anda pikirkan sebelum memanggil tukang untuk bekerja agar uang budget yang telah anda siapkan ini memang sesuai dengan prioritas paling utama bukan keinginan tukang yang akan bekerja untuk melakukan renovasi rumah anda nantinya.



#2. Jangan pernah alergi dengan barang bekas yang akan menemani saat renovasi rumah murah nanti, walaupun murah tapi layak pakai kenapa tidak dilakukan.

Memang sebagian dari pemilik rumah mendengar barang bekas pakai tentu sedikit mengganggu di telinga. Rasanya minder bahkan tidak mau melakukan pilihan seperti ini karena gengsi. Justru dengan cara seperti ini lah bisa mendapatkan harga yang sangat murah bahkan masih layak masuk kategori yang layak pakai dengan kualitas yang jauh lebih baik dari barang baru yang ada saat sekarang ini. Anda pasti melihat di beberapa toko material bekas atau toko ronsokan yang menyediakan barang bangunan bekas pakai. Masih banyak kualitas yang masih baik seperti kusen pintu, jendela, genteng, bahkan lantai ukuran tertentu contohnya bekas apartemen atau rumah mewah yang masih cukup anda jadikan lirikan untuk sebuh pilihan. Kesempatan seperti ini terkadang di abaikan begitu saja bahkan di luar ekspektasi dari pemilik rumah, setelah dipasang bahkan dilakukan polesan saja atmosfir rumah anda jauh lebih baik dari barang baru yang tentu harganya jauh sangat lebih mahal.

#3. Pemilik rumah harus paham harga pasar untuk bahan bangunan yang akan dipakai serta formula alokasi biasa pemakaian tukang selalu berbanding lurus.

Tentu saja anda yang akan melakukan renovasi rumah akan meneliti serinci mungkin semua aspek yang akan terjadi dimulai dari survei harga bahan bangunan hingga harga pasar tukang per hari. Dimulai dari sini anda bisa melakukan kalkulasi budget anggaran sehingga kebtuhan bahan yang akan dibeli dengan lamanya hari tenaga kerja yang akan bekerja dapat diprediksi awal sehingga anda dapat memaksimalkan seluruh elemn ini sesuai dengan harga dan waktu pelaksanaanya.

Apabila anda mempunyai skill untuk menyusun perhitungan renovasi rumah dengan harga murah dan terjangkau ini dimulai dengan komponen pekerjaan yang mulai dilakukan dimulai dari pra, proses, pekerjaan, hingga pekerjaan selesai. Semua komponen pekerjaan ini tentu ada nilai uang yang akan dikeluarkan, seperti pekerjaan pembongkaran, pemotongan, pembersihan, hingga mobilisasi pembuangan puing ke lokasi lain juga butuh biaya. Begitu juga dengan pekerjaan pembangunan pondasi tambahan untuk membuat struktur bangunan menjadi lebih kokoh juga perlu biaya seperti saat penggalian, pengecoran, hingga pemakaian elemen penopang yang juga ada nilai uang dan waktu kerjanya. 

Saat pemilihan tenaga kerja yang sesuai keahliannya juga menjadi perhitungan seperti instalasi air, listrik, hingga jaringan lainnya yang akan anda tambahkan agar posisi letak dan kestabilan infrastruktur melekat pada struktur bangunan nanti tetap baik. Bagaimana dengan pembuangan air kotor dan sebagainya juga harus juga dihitung, termasuk luas lahan yang akan dipakai dan sebagainya. Semua elemen ini akan menyatu dalam hitungan anggaran budget karena akan menggunakan bahan bangunan yang akan disiapkan pastinya tenaga kerja yang sesuai keahlian juga mempengaruhi.

credit: jasarenovasirumahdisurabaya.wordpress.com

#4. Rencana anggaran biaya {RAB} sebagai cara penyelaman budget uang yang dipersiapkan dan fokus pekerjaan dapat ditargetkan.

Jika anda ingin mendapatkan hemat saat renovasi rumah dengan target murah terjangkau pastikan anda telah membuat rencana anggaran biaya untuk pekerjaan yang akan membuat rumah menjadi lebih baik. Jangan khawatir, sekarang ini banyak sekali tutorial bagi anda yang ingin mempelajari RAB sederhana secara online seperti projek ini tentu tidak menjadikan sebuah penghambat bagi anda. RAB ini menyangkut seluruh elemen yang akan bekerja baik dari segi bahan bangunan yang akan dibeli, mobilisasi, hingga tenaga kerja yang dipakai juga termasuk semuanya. Jadi akhirnya anda dapat menyimpulkan dari seluruh biaya yang akan anda keluarkan ini dibandingkan dengan luas tanah maka anda dapat mengetahui berapa harga renovasi rumah per meter persegi yang akan diinginkan dapat dilihat langsung.

#5. Kalau ini optional: jika anda dapat bekerjasama dengan toko material untuk kerjasama saat renovasi rumah sebaiknya dilakukan. Karena proses termin pembayaran dapat anda kontrol saat progress pekerjaan telah selesai saat itu pula pembayaran dilakukan.

Sekarang ini juga ada toko bangunan material yang mau melakukan kerjasama di saat pemilik rumah akan melakukan pekerjaan renovasi rumah dengan harga yang sangat bersahabat. Pemilihan toko material ini harus ada seleksi terlebih dulu agar harga yang mereka terapkan untuk bahan bangunan yang dijual memang sangat kompetitif dari toko sebelah. Perlu dicermati agar RAB yang telah anda siapkan ini tidak jauh berbeda bahkan cenderung tetap saat pekerjaan dimulai sampai selesai. Secara bertahap anda dapat memantau pemakaian bahan dan pembayaran tentu menjadi solusi untuk melakukan pengecekan progress yang dilakukan tenaga kerja. Cara seperti ini sangat banyak memberikan manfaat dimana anda pemilik rumah dapat langsung terlibat dengan aktifitas renovasi rumah sehingga jadwal yang ditetapkan untuk selesai bisa diprediksikan.

#6. Apabila anda ingin menggunakan kontraktor: waspada dan perhatikan track record pekerjaan sebelumnya agar anda mendapatkan jawaban pasti kapabilitas seorang profesional dalam pekerjaan renovasi rumah.

Jika seandainya disekitar anda tidak memiliki tenaga kerja skala tukang yang dapat diandalkan pastikan saat memilih kontraktor bangunan untuk renovasi rumah mempunyai kinerja baik dan memang ahli untuk melakukan hal yang anda inginkan. Memang banyak sekali kontraktor yang memberikan layanan seperti ini tetapi tidak semuanya dapat memberikan nilai positif yang pelanggan mau. Kenyaman proses pekerjaan awal hingga selesai menjadi sebuah tolak ukur yang tidak terlepaskan dari pengalaman mereka jujur dan profesional. Gara-gara anda menghemat budget renovasi rumah dengan harga murah anda tidak menggunakan kontraktor berpengalaman yang tentu akan mempengaruhi kualitas pekerjaan yang seharusnya baik malah menjadi butuk mengakibatkan aset rumah yang dimiliki akan menjadi rusah dalam waktu dekat. Apabila diperlukan anda sebaiknya lakukan komparasi atau minta rekomendasi dari teman atau keluarga yang mengenal kontraktor terpercaya.

#7. Jangan pernah tergoda dengan tetangga sebelah yang melakukan renovasi lebih besar dari renovasi yang anda lakukan sekarang. Pastikan sesuai budget menjadi prioritas kemampuam utama untuk membuat rumah lebih baik.

Sangat penting sekali untuk poin ini anda merasa kurang greget apa yang telah dipersiapkan tetapi saat pekerjaan berlangsung tergida dengan tetangga sebelah yang telah melakukan renovasi rumah yang berbeda dengan pola yang anda terapkan. Apabila anda tergoda sudah dipastikan budget yang telah dipersiapkan sebelumnya akan berubah drastis dan perencanaan yang sebelumnya sudah matan sempurna harus dirombak kembali mengakibatkan ada bangunan yang telah selesai dibuat terpakaksa harus dibongkar lagi. Suasana seperti ini harus anda hindari agar pekerjaan yang anda inginkan dapat tuntas keseluruhannya tanpa ada perubahan di tengah jalan seperti ini.

Pengalaman yang kami terapkan saat renovasi rumah dengan budget murah memang harus kuat-kuat jika anda lemah akan mengakibatkan hasil yang tepat waktu dapat molor sehingga rasa ketidaknyamanan untuk tinggal akan sangat terasa sekali. Apalagi saat rumah anda sedang renovasi juga tinggal disana akan mengakibatkan suasana menjadi tidak kondusif apalagi tenaga kerja yang ribut untuk melakukan pekerjaan bongkar bangunan tentu memberikan pusing selama waktu mereka bekerja. Semoga menjadi perhatian agar renovasi rumah mudah yang anda inginkan nanti memang terwujud dengan sempurna tanpa adanya halangan apalagi budget yang disiapkan cukup tidak over.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.