Langsung ke konten utama

Wisata Kota Tua Jakarta Indonesia

Kota tua di Jakarta tidak akan lekang dengan waktu. Wisata kota tua Jakarta akan selalu ada dan menjadi sejarah terbentuknya ibu kota negara ini. Dari sini kita bisa belajar sejarah yang masih sangat baik kondisinya serta menjadi magnet destinasi wisata di utara dan barat Jakarta. Arsitektur gedung kuno yang masih dapat disejajarkan dengan gedung bertingkat, tempat nongkrong anak muda, atau hanya menghabiskan waktu liburan bersama keluarga tercinta. Wisata kota tua Jakarta sudah masuk kedalam agenda dunia karena perjalanan kota ini sangat unik untuk diikuti. Jalur perdagangan dimasa lalu terwujud dengan adanya gedung Pemerintahan, dan gudang penyimpanan. Begitu bergairahnya Jakarta tempo dulu dengan berbagai kegiatan termasuk bongkar muat serta transportasi barang. Konektifitas secara keseluruhan terhubung dengan pelabuhan Sunda Kelapa dan jalur kereta api di stasiun kota. 

Bagaimana cara kesana.


Menuju kota tua Jakarta sangatlah mudah. Anda bisa menggunakan bus Trans-Jakarta dengan destinasi akhir stasiun kota, dan menggunakan commuter-line dengan tujuan akhir yang sama. Hanya berjalan kaki selama 10 menit anda sudah menemukan kota tua yang saling berdekatan lokasinya. 

Jika anda berada di ibukota Jakarta sempatkan menikmati objek wisata kota tua ini dan aneka ragam pernak-pernik yang tersedia disekitarnya. Inilah objek wisata itu yang saya maksud.

1. Museum Fatahilah.

http://bandung.jacktour.com/

Museum ini merupakan objek wisata yang sudah sangat familiar sekali. Lokasinya sangat mudah ditemui dan termasuk dalam wisata kota tua Jakarta. Perjalanan sejarah gedung ini turut menjadi saksi perjuangan bangsa Indonesia meraih kemerdekaan. Awalnya nama gedung ini adalah Museum Batavia. Pada zaman kolonial Belanda digunakan sebagai Balai Kota, tempat pengadilan, serta Penjara dibawah tanah. Didalam museum masih tersimpan peninggalan Belanda yang terpajang dilemari dan dipajang. 

Museum Fatahilah terdiri dari tiga lantai.

a. Lantai Pertama.

Pada lantai ini tersimpan beraneka ragan peninggalan Kolonial Belanda atau VOC. Semua peninggalan ini ditemukan oleh para arkeolog seperti patung, kerajinan keramik prasasti - gerabah. Kerajinan penduduk asli Betawi juga dapat ditemukan di lantai ini.

b. Lantai Kedua.

Dilokasi ini anda dapat melihat furniture yang digunakan oleh Belanda seperti tempat tidur. Disudut lain anda juga dapat melihat lukisan dan arsitektur gedung yang sangat kental dengan nuansa kolonial dengan ukuran yang cukup besar yang menghadap ke alun-alun. Posisi menghadap digunakan oleh petinggi Belanda dengan melihat secara langsung hukuman yang diberikan kepada tahanan yaitu hukuman mati ditengah alun-alun ini.
  
c. Lantai Bawah Tanah. 

Pada lokasi inilah semua tahanan ditempatkan. Tahanan yang membangkang kepada Belanda dan berusaha melawan kekuasan mereka di zaman itu. Kondisi tahanan masih dapat terlihat dengan kondisi lima buah ruangan sempit dan pengam ditambah dengan bandul besi yang ada pada ruangan tersebut. Bandul ini dipakai dikedua kaki tahanan.

Tiket masuk : IDR 2000
Hari operasional : Selasa - Minggu
Jam operasional : 09:00 - 15:00
Alamat : Jl Fatahlah No 1. Jakarta Kota. Jakarta Barat 11110     

2. Museum Bank Indonesia.

http://bayuwinata.wordpress.com/

Sebelum menjadi Museum Bank Indonesia gedung ini berfungsi sebagai Binnel Hospital. Berjalannya waktu berubah menjadi De Javasche Bank. Proses peralihan ini terjadi pada tahun 1828. Gedung inilah cikal bakal Bank Indonesia. Pada tahun 1962 Bank Indonesia menempati gedung baru yang telah dibangun sebagai representatif gedung di daerah Thamrin. Sampai sekarang gedung ini berubah menjadi Museum yang dikelola oleh Bank Indonesia dengan membuat diorama ataupun pajangan perkembangan uang yang beredar di Republik Indonesia.  
    
Harga Tiket : Gratis.
Hari Operasional : Senin - Minggu.
Waktu Operasional : Selasa - Kamis {08:30 - 14:30} Jum'at {08:30 - 11:00} Sabtu - Minggu {09:00 - 16:00}
Alamat : Jl Pintu Besar Utara No 3. Jakarta Barat 11110.    

3. Museum Seni Rupa - Keramik.

http://rizalfahmiizain.blogspot.com/


Spot yang harus dan wajib datang ke wisata kota tua di Jakarta. Museum seni rupa - keramik ini mempunyai banyak koleksi lukisan dan jenis keramis yang terpajang disetiap sudut museum. Jumlah lukisan sebanyak 350 buah dan 1.350 keramik dari berbagai asal seperti Eropa, Asia, dan Indonesia. Jika anda belum mahir membuat keramik, di museum juga ada kelas bagaimana cara membuatnya.

Jenis keramik yang tertua ada pada zaman Majapahit kuno sekitar abad 14. Mempunyai nilai sejarah yang tinggi dengan bentuk dan keindahan untuk sebuat keramik kuno.

Tentu lokasi museum ini banyak dikunjungi oleh beraneka-ragam latar belakang termasuk para pelajar yang sedang mempelajari bagaimana cara membuat keramik yang baik mulai dari proses pemilihan bahan, pemijitan, serta proses cetak pada saat roda berputar. Untuk membuat kondisi keramik bertahan lama anda jangan kawatir, pihak museum juga mengajarkan proses pembakaran yang baik dan benar. Pihak museum juga mempunyai oven besar untuk mendukung proses pembakaran tadi. 

Harga Tiket : IDR 2000 {Dewasa}, IDR 1000 {Mahasiswa}, IDR 600 {Pelajar dan Anak-anak}.
Hari Operasional : Selasa - Minggu {09:00 - 15:00}, Senin dan Hari libur nasional {Tutup}.
Alamat : Taman Fatahilah, Jl Pos Kota No 2, Jakarta Barat.

4. Museum Wayang.

http://travelerien.com/

Museum ini mempunyai beberapa koleksi yang terbaik di pulau Jawa dan beberapa negara didunia seperti China, Cambodia, India, Eropa, dan Vietnam. Gedung ini dibangun pada tahun 1912. Untuk pertunjukan wajah digelar pada hari minggu jan 10:00 pagi.

Jenis wayang yang ada di wisata kota tua di Jakarta ini terdiri dari kulit atau kayu. Karena letaknya sangat strategis di pusat kota tentu tidak sulit menemukan gedung ini. 

Sejarah Museum Wayang pada zaman kolonial Belanda digunakan sebagai gereja pada tahun 1640. Terjadinya revitalisasi gedung makan pada tahun 1839 digunakan sebagai Museum Batavia yang telah diresmikan oleh Gubernur Jenderal Belanda. Setelah tahun 1975 gedung ini dirubah menjadi Museum Wayang oleh Pemerintah.

Koleksi museum wayang cukup banyak jenisnya sekitar 5.000 koleksi seperti wayang rumput, wayang beber, wayang golek, wayang kardus, dan lainnya. Pihak museum juga dapat dilihat bagaimana pembuatan wayang dan pagelaran karawitan seperti wayang kulit betawi atay wayang kulit Purwa. Tentu anda dapat membawa cenderamata wayang yang tersedia dicounter yang telah disiapkan oleh pengelola.

Harga Tiket : IDR 5000 {Dewasa}, IDR 3750 {Mahasiswa}, IDR 2250 {Anak-anak atau Pelajar}
Jam Operasional : Selasa - Minggu 09:00 - 15:00
Alamat : Jl Pintu Besar No 27. Jakarta Barat.

5. Pelabuhan Sunda Kelapa.

http://panoramio.com/

Tempat wisata kota tua di Jakarta ada di Pelabuhan Sunda Kelapa. Pelabuhan yang sangat penting bagi perkembangan kota Jakarta yang menjadi tempat strategis bongkar buat barang dimasanya. Pelabuhan ini sudah berdiri pada abad ke 5. Sampai sekarang masih digunakan tetapi masih dalam skala terbatas dalam wilayah Indonesia. 

Menuju ke tempat wisata ini anda harus memutar arah dengan menggunakan Trans-Jakarta jurusan Tanjung Priok dan menuju ke Pelabuhan Sunda Kelapa.

Harga Tiket : IDR 2500 , Parkir {IDR 4000}
Jam Operasional : Senin - Minggu 24-Jam
Alamat : Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara.

6. Toko Merah.

http://cbnex.com/

Anda juga harus menyempatkan diri untuk berkunjung ke Toko Merah ini. Dibangun pada tahun 1730 oleh Gustaaf Willem Baron Van Inhoff dengan luas 2.741 m2. Kenapa Toko Merah?. Sesuai dengan fungsinya diiliki oleh warga Cina yaitu Oey Liauw Kong pada abad ke 19 dengan waktu yang cukup lama. Warna merah hati juga tampak pada tempok dan interior gedung. 

Pada zaman Van Imhoff, gedung ini juga menjadi tempat kediaman beberapa Gubernur Jenderal seperti Jacob Mossel (1750 - 1761), Petrus Albertus Van der Parra (1761 - 1775), Reinier de Klerk (1777 - 1780), serta lainnya. 

Antara tahun 1743 - 1755 dijadikan kampur angkatan laut (Académie de Marine) , 1786 - 1808 sebagai hotel pejabat (Heerenlogement), dan pada tahun 1809 - 1813 keseluruhan bangunan dijadikan tempat tinggal oleh Anthony Nacare. Setelah itu 1813 - 1851 kepemilkan gedung dimiliki oleh Oey Liauw Kong yang berfungsi sebagai taka.

Pada tahun 1920 dibeli kembali plej NV Nouw Maatschappij serta diperbaiki oleh Bank Voor Indie sampai tahun 1925. Menjadi Biro dan Kantor Dagang ; De Semarangse Zee en Brandassuransi Mij, Algemene Landbouws Syndicaat, dan dan WM Muller. & Co. Antara tahun 1934 - 1942 ditempati oleh perusahaan besar Belanda N.V. Jacobson vanl den Berg. 

Perubahan terus berlanjut yang pada akhirnya menjadi cagar budaya dan function-hall untuk tempat konfrensi dan pameran pada tahun 2012.  

Alamat : Jl Kali Besar Barat No 11. Jakarta barat.

7. Museum Bank Mandiri.

http://triptrus.com/

Museum ini berdiri pada tahun 1998 mempunyai luar 10,039 m2. Sebelumnya gedung ini digunakan oleh Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM), perusahaan dagang yang dimiliki oleh kolonial Belanda dan berkembang ke bidang perbankan. 

Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM) pada tahun 1960 dinasionalisakan dan salah satu gedung Koperasi Tani dan Nelayan untuk ekspor-impor. Maka pada tahun 1968 terbentuklah Bank Exim dan melebur menjadi Bank Mandiri pada tahun 1999.

Koleksi museum sangat menarik termasuk aktifitas perbankan tempo dulu termasuk surat berharga, mata uang kuno, safe deposit box, dan aneka surat berharga. Ornamenya masih tetap terjaga dan keasliannya pada waktu pertama didirikan.

Jam Operasional : Selasa - Minggu {09:00 -16:00}. Senin dan hari libur nasional tutup.
Harga Tiket : IDR 2000 {Dewas} IDR 1000 {Grup}
Alamat : Lapangan stasiun No 1. Jakarta Barat. 

Tips.


1. Wisata kota tua di Jakarta sangat strategis dan mudah ditemukan. Transportasi umum yang dekat dengan wisata ini adalah Trans-Jakarta serta Commuter-Line.

2. Anda tidak perlu banyak mengeluarkan biaya banyak untuk menikmati wisata tua ini. Masih terjangkau dengan anggaran liburan murah anda bersama keluarga.

3. Jangan lupa membawa camera untuk melakukan aksi potografi anda, termasuk selfie, welfie, dan video. Share ke sosial media yang anda punya supaya rekan sahabat dan keluarga lainnya mengetahui indahnya berwisata seperti ini.

4. Jangan lupa buang sampah pada tempatnya. Menjaga kebersihan anda turun membantu merawat kebersihan disekitar wisata kota tua. 

5. Jika anda seorang muslim jangan lupa menunaikan sholat fardu. Disekitar tempat wisata tersedia mesjid untuk menunaikan ibadah sholat seperti didekat gedung Bank BNI stasiun kota.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ingin Wisata Ke Singapura Lewat Batam Seharian Penuh : Begini Informasi Pengalaman Cara Lengkap Termasuk Menggunakan Ferry

Nyebrang Batam Singapore telah menjadi cara alternatif lain untuk bisa ditempuh melakukan liburan seharian penuh secara backpacker murah meriah dengan memperhatikan beberapa syarat yang harus terpenuhi untuk pergi menggunakan kapal menjadikan cara seperti ini sedikit berbeda. Rute Batam - Singapura dan Singapura - Batam. Kedua negara ini dihubungkan dengan armada laut kapal yang mempunyai harga tiket yang cukup bervariasi tergantung kelas dan jadwal ferry sehingga anda bisa menyesuaikan dengan keadaan keuangan yang akan digunakan. Pada kesempatan tulisan ini beginilah cara berwisata ke Singapura melewati Batam yang sudah menjadi langkah alternatif yang bisa anda gunakan untuk menikmati liburan yang cukup terjangkau.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism.

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Tempat Belanja Murah Di Kuala Lumpur Malaysia Penggila Shopping Harus Kenal Daerah Ini

Mencari tempat belanja murah di Kuala Lumpur Malaysia sebagai destinasi yang selalu akan dicari oleh traveler Indonesia untuk melakukan shopping belanja untuk melengkapi destinasi wisata liburan di negara ini. Tempat ini cukup bisa diakses seluruh transportasi publik penting di Malaysia. Kalau dilihat jenis barang tertentu yang akan dicari memang tergantung dari budget yang dipersiapkan apakah cukup untuk sekali perjalanan shopping sebelum pulang ke Indonesia. Pecinta shopping harus sudah pasti tau disinilah tempat yang sangat pas untuk wara-wiri bakudapa dengan seluruh jenis benda yang akan dicari.

Inilah Souvenir Oleh Oleh Khas Kuala Lumpur Malaysia Disukai Wisatawan Indonesia

Dari waktu ke waktu sudah sangat mudahnya melakukan perjalanan ke luar negeri menjadikan souvenir oleh oleh khas Kuala Lumpur Malaysia ini sebagai hantaran yang sangat disukai oleh traveler Indonesia sebagai cenderamata bahwa mereka telah melakukan perjalanan ke negeri jiran ini. Mungkin menurut sebagian orang harganya murah tetapi perhatian dan perjuangannya untuk mendapatkan souvenir oleh oleh ini menjadi hal yang sangat prinsip. Oleh oleh khas ini menjadi pertanyaan yang paling banyak ditanyakan jika anda melakukan perjalanan ke luar negeri "oleh oleh nya mana" menjadi hal sering disebut setelah anda berlibur. Tentu souvenir khas inilah menjadi jawabannya untuk memberikan sedikit kebahagian perjalanan anda ke Kuala Lumpur Malaysia jika dilihat dari harga memang tak seberapa tetapi yang menerima sangat senang dan akan selalu dikenang tentu mereka juga merasa diperhatikan untuk pemberian ini. Inilah oleh oleh souvenir Kuala Lumpur khas Malaysia ini yang diburu oleh travele…

Jangan Lupakan Oleh Oleh Khas Turki Saat Kembali Pulang Ke Indonesia

Berkesempatan berkunjung ke negera Turki tentu menjadi idaman setiap orang karena negara ini mempunyai pesona tersendiri juga tersimpan oleh-oleh-khas-Turki yang unik dapat juga dijadikan souvenir dengan harga yang sangat terjangkau. Tentu dengan liburan singkat ini harus ada kenangan tersendiri dengan membeli oleh-oleh-khas-unik-Turki ini bisa dijadikan sebagai koleksi pribadi, hadiah, bahkan untuk dijual kembali sampai di Jakarta tentu mempunyai keasyikan tersendiri. Negara yang terletak di dua benua ini di Asia dan Eropa termasuk dalam perkembangan sejarah Islam tentu akan memiliki perpaduan kebudayaan yang terlihat dalam keindahan kota dan srsitektur gedung yang mempesona. Untuk hidangan lezat juga tercipta olahan tangan terampil yang akan memanjakan lidah seluruh traveler Indonesia yang ingin menghabiskan masa liburannya di negera ini. Apa saja oleh-oleh-khas-Turki yang akan menjadi destinasi belanja anda selama disana berikut penjelasannya.

Panduan Lengkap Menggunakan Bus Damri dari Terminal 1|2|3 di Bandara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng Tangerang Banten

Inilah bandara internasional yang tersibuk di Indonesia dengan adanya Terminal 1|2|3 atau disebut juga SHIA1, SHIA2, SHIA3 yang tersebar letaknya di bandara Soekarno Hatta Tangerang Banten. Bus Damri sebagai moda transportasi yang terkoneksi ke berbagai tujuan ini telah menjadi alat yang banyak digunakan oleh seluruh penumpang, tidak hanya turis lokal tetapi juga dari luar negeri. Berbagai tujuan akhir seperti Blok M, Gambir, Bekasi, Bogor, Cikarang, Bogor, Tanjung Priuk, Rawamangun, Pulo Gadung, Kampung Rambutan, Pasar Minggu, dsb telah siap menyambut penumpang untuk diantarkan ke lokasi masing-masing dengan Bus Damri ini. Setiap Terminal mempunyai tempat naik yang berbeda-beda tetapi masih bisa diikuti dengan petunjuk yang cukup jelas. Tetapi saya rasanya perlu membuat sedikit tulisan kepada anda semua yang masih ragu-ragu atau bahkan pertama kali menggunakan pesawat udara. Berikut penjelasannya semoga bermanfaat.

Rekomendasi Souvenir Oleh Oleh Cenderamata Khas Singapore Disukai Oleh Traveler Indonesia

Sebelum pulang ke Indonesia sebaiknya membawa cenderamata souvenir oleh oleh khas Singapore yang selalu dilakukan oleh traveler Indonesia sebagai cara untuk membagi kebahagian kepada rekan, sahabat, ataupun keluarga berupa benda ataupun makanan sebagai hantaran. Jenis oleh oleh souvenir khas Singapore ini banyak sekali toko yang ada di Singapura menyediakan dengan bentuk yang unik, ukuran, serta harga yang pas untuk sebuah pilihan traveler. Mendapatkan oleh oleh dari Singapura ini yang paling banyak dikunjungi untuk mendapatkannya adalah di Mustafa Center, Little India, Geylang Serai Market, Tekka Market, ataupun di Bugis Street. Keseluruhan tempat ini sangat disukai oleh traveler Indonesia yang bisa sekaligus membeli kebutuhan lainnya sebelum pulang kembali ke tanah air.
Apa saja oleh oleh cenderamata souvenir khas dari Singapore yang bisa anda jadikan destinasi shopping belanja untuk membeli pernak pernik kecil yang bisa menjadi sebuah hadiah yang menggembirakan berbagai pihak.

Tempat Wisata Study Tour Rekreasi Edukasi TK SD SMP Dekat Dari Jakarta Sekitar Bogor Jawa Barat Indonesia

Anak sekolah butuh suatu tempat study tour bertema wisata edukasi dengan tambahan rekreasi untuk pengetahuan alam skala TK SD SMP yang butuh pencerahan berinteraksi dengan alam sekitar Bogor Jawa Barat sangat dekat dengan DKI Jakarta agar supaya teori yang di dapatkan dalam mata pelajaran bisa langsung praktek pada saat di lapangan. Lokasinya tidak jauh dari kota DKI Jakarta bisa disesuailkan dengan kapasitas sekolah dan komite sekolah agar acara ini bisa terlaksana dengan baik untuk melihat perkembangan anak didik yang bisa menjadi dasar bagi para guru untuk menilai tingkat kepekaan interaksi mereka terhada teori dan praktek. Wisata edukasi field-trip-tour ini merupakan cara yang sangat efektif yang dikemas oleh sekolah bertema yang menyenangkan mendekatkan diri dengan alam dengan tentu dibalik filosofi sebuah pembelajaran.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan nasi uduk.