Langsung ke konten utama

Wisata Kota Tua Jakarta Indonesia

Kota tua di Jakarta tidak akan lekang dengan waktu. Wisata kota tua Jakarta akan selalu ada dan menjadi sejarah terbentuknya ibu kota negara ini. Dari sini kita bisa belajar sejarah yang masih sangat baik kondisinya serta menjadi magnet destinasi wisata di utara dan barat Jakarta. Arsitektur gedung kuno yang masih dapat disejajarkan dengan gedung bertingkat, tempat nongkrong anak muda, atau hanya menghabiskan waktu liburan bersama keluarga tercinta. Wisata kota tua Jakarta sudah masuk kedalam agenda dunia karena perjalanan kota ini sangat unik untuk diikuti. Jalur perdagangan dimasa lalu terwujud dengan adanya gedung Pemerintahan, dan gudang penyimpanan. Begitu bergairahnya Jakarta tempo dulu dengan berbagai kegiatan termasuk bongkar muat serta transportasi barang. Konektifitas secara keseluruhan terhubung dengan pelabuhan Sunda Kelapa dan jalur kereta api di stasiun kota. 

Bagaimana cara kesana.


Menuju kota tua Jakarta sangatlah mudah. Anda bisa menggunakan bus Trans-Jakarta dengan destinasi akhir stasiun kota, dan menggunakan commuter-line dengan tujuan akhir yang sama. Hanya berjalan kaki selama 10 menit anda sudah menemukan kota tua yang saling berdekatan lokasinya. 

Jika anda berada di ibukota Jakarta sempatkan menikmati objek wisata kota tua ini dan aneka ragam pernak-pernik yang tersedia disekitarnya. Inilah objek wisata itu yang saya maksud.

1. Museum Fatahilah.

http://bandung.jacktour.com/

Museum ini merupakan objek wisata yang sudah sangat familiar sekali. Lokasinya sangat mudah ditemui dan termasuk dalam wisata kota tua Jakarta. Perjalanan sejarah gedung ini turut menjadi saksi perjuangan bangsa Indonesia meraih kemerdekaan. Awalnya nama gedung ini adalah Museum Batavia. Pada zaman kolonial Belanda digunakan sebagai Balai Kota, tempat pengadilan, serta Penjara dibawah tanah. Didalam museum masih tersimpan peninggalan Belanda yang terpajang dilemari dan dipajang. 

Museum Fatahilah terdiri dari tiga lantai.

a. Lantai Pertama.

Pada lantai ini tersimpan beraneka ragan peninggalan Kolonial Belanda atau VOC. Semua peninggalan ini ditemukan oleh para arkeolog seperti patung, kerajinan keramik prasasti - gerabah. Kerajinan penduduk asli Betawi juga dapat ditemukan di lantai ini.

b. Lantai Kedua.

Dilokasi ini anda dapat melihat furniture yang digunakan oleh Belanda seperti tempat tidur. Disudut lain anda juga dapat melihat lukisan dan arsitektur gedung yang sangat kental dengan nuansa kolonial dengan ukuran yang cukup besar yang menghadap ke alun-alun. Posisi menghadap digunakan oleh petinggi Belanda dengan melihat secara langsung hukuman yang diberikan kepada tahanan yaitu hukuman mati ditengah alun-alun ini.
  
c. Lantai Bawah Tanah. 

Pada lokasi inilah semua tahanan ditempatkan. Tahanan yang membangkang kepada Belanda dan berusaha melawan kekuasan mereka di zaman itu. Kondisi tahanan masih dapat terlihat dengan kondisi lima buah ruangan sempit dan pengam ditambah dengan bandul besi yang ada pada ruangan tersebut. Bandul ini dipakai dikedua kaki tahanan.

Tiket masuk : IDR 2000
Hari operasional : Selasa - Minggu
Jam operasional : 09:00 - 15:00
Alamat : Jl Fatahlah No 1. Jakarta Kota. Jakarta Barat 11110     

2. Museum Bank Indonesia.

http://bayuwinata.wordpress.com/

Sebelum menjadi Museum Bank Indonesia gedung ini berfungsi sebagai Binnel Hospital. Berjalannya waktu berubah menjadi De Javasche Bank. Proses peralihan ini terjadi pada tahun 1828. Gedung inilah cikal bakal Bank Indonesia. Pada tahun 1962 Bank Indonesia menempati gedung baru yang telah dibangun sebagai representatif gedung di daerah Thamrin. Sampai sekarang gedung ini berubah menjadi Museum yang dikelola oleh Bank Indonesia dengan membuat diorama ataupun pajangan perkembangan uang yang beredar di Republik Indonesia.  
    
Harga Tiket : Gratis.
Hari Operasional : Senin - Minggu.
Waktu Operasional : Selasa - Kamis {08:30 - 14:30} Jum'at {08:30 - 11:00} Sabtu - Minggu {09:00 - 16:00}
Alamat : Jl Pintu Besar Utara No 3. Jakarta Barat 11110.    

3. Museum Seni Rupa - Keramik.

http://rizalfahmiizain.blogspot.com/


Spot yang harus dan wajib datang ke wisata kota tua di Jakarta. Museum seni rupa - keramik ini mempunyai banyak koleksi lukisan dan jenis keramis yang terpajang disetiap sudut museum. Jumlah lukisan sebanyak 350 buah dan 1.350 keramik dari berbagai asal seperti Eropa, Asia, dan Indonesia. Jika anda belum mahir membuat keramik, di museum juga ada kelas bagaimana cara membuatnya.

Jenis keramik yang tertua ada pada zaman Majapahit kuno sekitar abad 14. Mempunyai nilai sejarah yang tinggi dengan bentuk dan keindahan untuk sebuat keramik kuno.

Tentu lokasi museum ini banyak dikunjungi oleh beraneka-ragam latar belakang termasuk para pelajar yang sedang mempelajari bagaimana cara membuat keramik yang baik mulai dari proses pemilihan bahan, pemijitan, serta proses cetak pada saat roda berputar. Untuk membuat kondisi keramik bertahan lama anda jangan kawatir, pihak museum juga mengajarkan proses pembakaran yang baik dan benar. Pihak museum juga mempunyai oven besar untuk mendukung proses pembakaran tadi. 

Harga Tiket : IDR 2000 {Dewasa}, IDR 1000 {Mahasiswa}, IDR 600 {Pelajar dan Anak-anak}.
Hari Operasional : Selasa - Minggu {09:00 - 15:00}, Senin dan Hari libur nasional {Tutup}.
Alamat : Taman Fatahilah, Jl Pos Kota No 2, Jakarta Barat.


4. Museum Wayang.

http://travelerien.com/

Museum ini mempunyai beberapa koleksi yang terbaik di pulau Jawa dan beberapa negara didunia seperti China, Cambodia, India, Eropa, dan Vietnam. Gedung ini dibangun pada tahun 1912. Untuk pertunjukan wajah digelar pada hari minggu jan 10:00 pagi.

Jenis wayang yang ada di wisata kota tua di Jakarta ini terdiri dari kulit atau kayu. Karena letaknya sangat strategis di pusat kota tentu tidak sulit menemukan gedung ini. 

Sejarah Museum Wayang pada zaman kolonial Belanda digunakan sebagai gereja pada tahun 1640. Terjadinya revitalisasi gedung makan pada tahun 1839 digunakan sebagai Museum Batavia yang telah diresmikan oleh Gubernur Jenderal Belanda. Setelah tahun 1975 gedung ini dirubah menjadi Museum Wayang oleh Pemerintah.

Koleksi museum wayang cukup banyak jenisnya sekitar 5.000 koleksi seperti wayang rumput, wayang beber, wayang golek, wayang kardus, dan lainnya. Pihak museum juga dapat dilihat bagaimana pembuatan wayang dan pagelaran karawitan seperti wayang kulit betawi atay wayang kulit Purwa. Tentu anda dapat membawa cenderamata wayang yang tersedia dicounter yang telah disiapkan oleh pengelola.

Harga Tiket : IDR 5000 {Dewasa}, IDR 3750 {Mahasiswa}, IDR 2250 {Anak-anak atau Pelajar}
Jam Operasional : Selasa - Minggu 09:00 - 15:00
Alamat : Jl Pintu Besar No 27. Jakarta Barat.

5. Pelabuhan Sunda Kelapa.

http://panoramio.com/

Tempat wisata kota tua di Jakarta ada di Pelabuhan Sunda Kelapa. Pelabuhan yang sangat penting bagi perkembangan kota Jakarta yang menjadi tempat strategis bongkar buat barang dimasanya. Pelabuhan ini sudah berdiri pada abad ke 5. Sampai sekarang masih digunakan tetapi masih dalam skala terbatas dalam wilayah Indonesia. 

Menuju ke tempat wisata ini anda harus memutar arah dengan menggunakan Trans-Jakarta jurusan Tanjung Priok dan menuju ke Pelabuhan Sunda Kelapa.

Harga Tiket : IDR 2500 , Parkir {IDR 4000}
Jam Operasional : Senin - Minggu 24-Jam
Alamat : Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara.

6. Toko Merah.

http://cbnex.com/

Anda juga harus menyempatkan diri untuk berkunjung ke Toko Merah ini. Dibangun pada tahun 1730 oleh Gustaaf Willem Baron Van Inhoff dengan luas 2.741 m2. Kenapa Toko Merah?. Sesuai dengan fungsinya diiliki oleh warga Cina yaitu Oey Liauw Kong pada abad ke 19 dengan waktu yang cukup lama. Warna merah hati juga tampak pada tempok dan interior gedung. 

Pada zaman Van Imhoff, gedung ini juga menjadi tempat kediaman beberapa Gubernur Jenderal seperti Jacob Mossel (1750 - 1761), Petrus Albertus Van der Parra (1761 - 1775), Reinier de Klerk (1777 - 1780), serta lainnya. 

Antara tahun 1743 - 1755 dijadikan kampur angkatan laut (Académie de Marine) , 1786 - 1808 sebagai hotel pejabat (Heerenlogement), dan pada tahun 1809 - 1813 keseluruhan bangunan dijadikan tempat tinggal oleh Anthony Nacare. Setelah itu 1813 - 1851 kepemilkan gedung dimiliki oleh Oey Liauw Kong yang berfungsi sebagai taka.

Pada tahun 1920 dibeli kembali plej NV Nouw Maatschappij serta diperbaiki oleh Bank Voor Indie sampai tahun 1925. Menjadi Biro dan Kantor Dagang ; De Semarangse Zee en Brandassuransi Mij, Algemene Landbouws Syndicaat, dan dan WM Muller. & Co. Antara tahun 1934 - 1942 ditempati oleh perusahaan besar Belanda N.V. Jacobson vanl den Berg. 

Perubahan terus berlanjut yang pada akhirnya menjadi cagar budaya dan function-hall untuk tempat konfrensi dan pameran pada tahun 2012.  

Alamat : Jl Kali Besar Barat No 11. Jakarta barat.

7. Museum Bank Mandiri.

http://triptrus.com/

Museum ini berdiri pada tahun 1998 mempunyai luar 10,039 m2. Sebelumnya gedung ini digunakan oleh Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM), perusahaan dagang yang dimiliki oleh kolonial Belanda dan berkembang ke bidang perbankan. 

Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM) pada tahun 1960 dinasionalisakan dan salah satu gedung Koperasi Tani dan Nelayan untuk ekspor-impor. Maka pada tahun 1968 terbentuklah Bank Exim dan melebur menjadi Bank Mandiri pada tahun 1999.

Koleksi museum sangat menarik termasuk aktifitas perbankan tempo dulu termasuk surat berharga, mata uang kuno, safe deposit box, dan aneka surat berharga. Ornamenya masih tetap terjaga dan keasliannya pada waktu pertama didirikan.

Jam Operasional : Selasa - Minggu {09:00 -16:00}. Senin dan hari libur nasional tutup.
Harga Tiket : IDR 2000 {Dewas} IDR 1000 {Grup}
Alamat : Lapangan stasiun No 1. Jakarta Barat. 

Tips.


1. Wisata kota tua di Jakarta sangat strategis dan mudah ditemukan. Transportasi umum yang dekat dengan wisata ini adalah Trans-Jakarta serta Commuter-Line.

2. Anda tidak perlu banyak mengeluarkan biaya banyak untuk menikmati wisata tua ini. Masih terjangkau dengan anggaran liburan murah anda bersama keluarga.

3. Jangan lupa membawa camera untuk melakukan aksi potografi anda, termasuk selfie, welfie, dan video. Share ke sosial media yang anda punya supaya rekan sahabat dan keluarga lainnya mengetahui indahnya berwisata seperti ini.

4. Jangan lupa buang sampah pada tempatnya. Menjaga kebersihan anda turun membantu merawat kebersihan disekitar wisata kota tua. 

5. Jika anda seorang muslim jangan lupa menunaikan sholat fardu. Disekitar tempat wisata tersedia mesjid untuk menunaikan ibadah sholat seperti didekat gedung Bank BNI stasiun kota.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism.