Langsung ke konten utama

Apa Saja Kegiatan di Kota Padang Dalam Satu Hari Penuh Secara Backpacker atau Anggaran Ketat Budget Murah

Setelah sampai di kota Padang Sumatera Barat apa saja kegiatan yang akan dilakukan disana dalam waktu satu hari penuh oleh seorang backpacker. Kegiatan ini dilakukan melihat beberapa objek wisata alam, sejarah, serta pantai. Kegiatan ini membutuhkan fisik yang kuat dan stamina yang prima. Semuanya berhubungan dengan waktu banyak diluar dengan bantuan sepeda motor untuk menelusuri keseluruhan objek wisata yang saya maksud. Rincian daftar lokasi ini saya buat karena saya sebagai orang lokal ingin membagikan informasi ini bagi rekan yang mempunyai anggaran terbatas budget murah terjangkau dengan kantong.

Saya ilustrasikan itinerary kegiatan ini setelah rekan telah menginap di kota Padang satu hari sebelumnya. Kegiatan ini dilakukan pada pagi hari dimulai pada jam 07:00 sampai dengan 18:00 WIB. Keseluruhan kegiatan ini rata-rata berlokasi di tepi pantai yang tentu akan memberikan nuansa lain. Kota Padang merupakan kota pesisir pantai yang mempunyai objek wisata yang harus dikunjungi sebelum meninggalkan kota ini. Mudah sekali mencapainya dan yang penting rutenya harus diperhatikan. Apa saja kegiatan yang dilakukan di kota Padang dalam satu hari penuh dengan biaya murah budget terjangkau dengan kantong, inilah penjelasannya.

1. Wisata Kota Tua Padang.

Inilah kegiatan yang harus dilakukan untuk melihat saksi bangunan bersejarah di kota Padang yang terletak di sepanjang sungai batang arau. Banyaknya bangunan sejarah dengan bergaya khas kolonial Belanda pada zamannya sebagai tempat penyimpanan barang atau aktifitas perdagangan seperti rempah-rempah atau bongkar muat bahan-bahan industri perdagangan. Jangan khawatir untuk rekan backpacker kegiatan ini tidak dipungut bayaran alias gratis. Dimulai dari ujung jalan seberang padang menelusuri jalan pasar mudiak sampai dengan lokasi muara. Lokasi ini dapat digunakan sebagai eksplorasi potography sambil menikmati peninggalan sejarah. Kegiatan ini sangat populer di kota Padang yang dilakukan oleh kawula muda yang ingin melihat gedung-gedung tua bersejarah di masa Kolonial Belanda. Dapat dikatakan kota tua ini merupakan satu kompleks disekitar Sungai Batang Arau.

Pesona Kota Tua Padang berlokasi di Jl Kampung Nias. Poto oleh: Pesona Alam Minang - blogger


Indahnya Kota Tua Padang. Poto oleh: PADANG INDAH KEMILAU Holiday - WordPress.com



Wisata kota tua di kota Padang ini sudah mendapat perhatihan khusus oleh Pemerintah Kota untuk merevitalisasi gedung tua dengan perawatan dan pembenahan. Pada saat sekarang sudah terlihat beberapa gedung tua sudah mulai terlihat dikerjakan. Kondisi kota tua di kota Padang cukup memprihatinkan beberapa dekade belakangan ini tidak adanya atensi penuh dari Pemkot dan ditambah dengan gempa yang cukup besar pada waktu yang lalu memperparah kondisi gedung tua yang ada di sepanjang sungai Batang Arau. Ada yang roboh, retak, dan ada juga yang masih kuat berdiri.

2. Gedung Bank Indonesia dan Gedung Bank Mandiri.


Gedung Bank Mandiri di Kota Tua Padang. Poto oleh: Jelajah Nagari Awak - blogger




Kedua jenis bangunan Bank ini adalah saksi sejarah di Kota Padang betapa pentingnya kota ini sebagai basis perekonomian kolonial Belanda. Kedua gedung ini masih terawat baik oleh instansi perbankan masing-masing. Masih berdiri kokoh dengan baiknya perawatan dari instansi bank yang menempatinya dan masih sempurnanya desain masa kolonial masih terlihat. Untuk Gedung Bank Mandiri masih beroperasi sebagai bank utama dan Gedung Bank Indonesia hanya sebagai museum saja yang masih bisa dinikamti arsitekturnya. 

3. Jembatan Siti Nurbaya.

Lokasinya tidak jauh dari Gedung Bank Indonesia dan Gedung Bank Mandiri. Jembatan ini sebenarnya menghubungkan sisi dari kota utama dengan sisi kota di bukit Padang. Infastruktur ini dibangun oleh Pemerintah Kota untuk mengapresiasi pendapat masyarakat untuk memberikan suatu landmark yang mengadopsi cerita rakyat Siti Nurbaya yang konon dimakamkan di Gunung Padang. Jadi, alasan pembangunan jembatan untuk menunjang pariwisata khususnya di kota Padang.

4. Pantai Air Manis.

Kegiatan yang tidak boleh terlewatkan oleh rekan semuanya yang dapat dilakukan secara backpacker yaitu mengunjungi Pantai Air Manis. Pantai ini sangat cantik sekali dan terdapat miniatur Batu Malin Kundang. Lokasinya menuju ke arah Teluk Bayur dan memasuki gerbang yang bernama Mata Air. Menuju lokasi Pantai Air Manis sangat alami sekali dengan kondisi jalan yang baik mendaki menelusuri bukit. Tanjakan ini sekitar 5-15 menit perjalanan yang akhirnya sampai di Pantai Air Manis. Jika menggunakan sepeda motor menelusuri jalan seberang padang menuju teluk bayur.  Untuk kegiatan disekitar Pantai Air Manis ini adalah sebagai berikut:

#1. Melihat pemandangan kota Padang dan Pantai Air Manis dengan mengikuti olah raga Paralayang yang berada di Bukit Gado-Gado. Anda harus melakukan kegiatan ini mulai puncak bukit ini anda telah disuguhkan pemandangan yang rancak bana. Untuk mengikuti Paralayang ini anda harus membayar IDR300.000 per orang yang telah diikutsertakan pemandu yang akan terbang bersama anda. Pastikan anda melakukan kegiatan ini pada cuaca cerah sehingga kenyamanan untuk melihat indahnya pesisir Pantai Air Manis dan pulau kecil sekitar menjadi lebih sempurna.

#2. Menaklukan ombak di Pantai Air Manis dengan mencoba surfing. Ombak disekitar pantani sangat cocok sekali bagi pemula yang ingin mencoba bermain dengan papan selancar. Pastikan anda telah melakukan pemanasan dan pakaian khsusu agar surfing bisa lebih nyaman. Untuk sewa papan selancar dimulai dari harga IDR50.000. dan akan dipandu oleh tour sufing yang akan mengajari anda bagaimana teknik yang baik.

#3. Jangan lupa mencoba ATV untuk menyusuri pantai. Tentu kegiatan ini sangat disenangi oleh para turis lokal dan luar kota yang ingin menikmati suasana pantai dengan ATV. Untuk harga dimulai dari IDR50.000 tergantung lamanya waktu sewa yang anda inginkan.

#4. Jangan lupa melihat patung si Malin Kundang anak yang dikutuk oleh ibunya menjadi bantu. Spot tempat wisata ini sangat banyak dikunjungi oleh para turis sebagai pelengkap wisata disekitar Pantai Air Manis di kota Padang.

5. Taplau atau Tepi Pantai Padang.

Setelah menelusuri seluruh poin diatas, sekarang ada kegiatan yang masuk ke dalam daftar kegiatan yang dilakukan dalam satu hari secara backpacker adalah taplau atau tepi pantai Padang. Taplau adalah singkatan dari urang awak yang dalam Bahasa Indonesia berarti Tepi Pantai. 

Kondisi taplau sekarang sudah jauh berbeda jika dibandingkan beberapa dekade belakangan ini. Pembenahan oleh Pemrintah Kota Padang sangat serius menggarap pariwisata pantai sebagai andalan wisata yang bisa menggerakan ekonomi masyarakat secara keseluruhan. Penataan kota dengan menenpatkan para pedagang pada lokasi dan adanya jam tertentu untuk memberikan waktu untuk mereka berdagang sesuai dengan kesepakatan dengan Pemkot. 

Kegiatan di taplau dapat rekan backpacker lakukan seperti menelusuri seluruh pantai dimulai dari Logo Padang, Pantai Muaro Lasak, sampai ke Tugu Merpati. Lokasi ini adalah lokasi strategis untuk menikmati kota Padang dan sunset. Jangan salah, lokasi ini akan penuh sesak dengan kendaraan baik roda empat atau roda dua untuk menikmati senja di pantai Padang.

Untuk melengkapi suasana sore anda juga coba kudapan ringan sore hari dimulai dari pensi, langkitang, kerupuk mie, dan kelapa muda. Camilan ini wajib dicoba agar suasana melihat sunset bisa lengkap dengan sruput menu ringan yang sangat gurih dan lezat.

6. Museum Aditiyawarman.

Keseluruhan kegiatan ini dapat rekan lakukan satu hari apabila berada di kota Padang. Semua kegiatan ini sangat mudah sekali dilakukan dan lokasinya satu arah. Saya ambil awal mula menikmati wisata kota Padang dari sungai Batang Arau, kemudian menuju ke Pantai Air Manis, dan akhirnya menuju ke taplau atau pantai Padang untuk menikmati sunset di sore hari. Seluruh kegiatan ini sangat pas waktunya satu hari penuh dengan biaya yang relatif tidak mahal dan sesuai dengan kocek dompet. Apabila rekan backpacker mempunyai waktu berlibur di kota Padang dan tidak membutuhkan biaya yang tidak terlalu mahal, poin ini sangat penting sekali. 

Museum ini mempunyai cukup lengkap koleksi sejarah dimulai dari geologikan, arkeologi, biologika, dan seterusnya. Museum ini juga tersedia diaroma yang menjelaskan adat istiadat Minang yang sudah mengakar budaya turun-temurun. Jadi lokasi ini cukup baik melengkapi kegiatan apa saja yang dilakukan dalam satu hari penuh secara backpacker atau angaran ketat budget.



Tips untuk mengikuti keseluruhan kegiatan yang dilakukan di kota Padang, Sumatera Barat menjadi aman dan nyaman.

1. Saya merekomendasikan minimal menggunakan kendaran roda dua untuk menempuh semua perjalanan yang saya jelaskan diatas. Memang lokasi relatif tidak jauh tetapi waktu adalah tujuan utama. Apabila rekan habis waktu untuk satu objek akan berdampak objek wisata lain akan terbengkalai.

2. Selalu siapkan uang yang cukup untuk keperluan belanja makan, parkir, dll untuk memudahkan kegiatan yang akan dilakukan yang ada di seluruh kota Padang.

3. Saya merekomendasikan rekan cukup paham lokasi yang akan dikunjungi. Tetapi, jangan kawatir apabila terjadi keraguan dapat menggunakan GPS [Global Positioning System] lewat smartphone untuk memudah jalan yang akan ditempuh.

4. Apabila masih juga terkendala dengan keraguan dapat bertanya ke penduduk setempat yang dapat membantu rekan backpacker untuk menuju lokasi objek wisata.

5. Jangan kawatir, di kota Padang Sumatera Barat tempat menunaikan sholat lima waktu sangat banyak tersedia. Karena mayoritas penduduk kota Padang adalah muslim tentu mempunyai banyak mesjid untuk menunaikan ibadah ini.

6. Serta jangan lupa untuk mempersiapkan tempat penginapan yang telah di reservasi sebelumnya. Hal ini sangat penting apabila waktu sudah sore menjelang malam rekan semua harus beristirahat. 


Semoga penjelasan ini dapat membantu rekan backpacker yang ingin melakukan keseluruhan kegiatan wisata di kota Padang, Sumatera Barat sehari penuh. Kegiatan ini tidak membutuhkan biaya yang cukup banyak dan relatif masih bisa diikuti. Selamat datang di kota Padang Kota Tercinta di ranah Minang yang begitu elok nan rancak. 

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Cara Mendaki Daki Pendakian Gunung Singgalang Sumatera Barat | Hiking Mount Singgalang

Pertualangan alam tidak ada habisnya saatnya cara-mendaki-daki-pendakian-Gunung-Singgalang-Sumatera-Barat|Way-hiking-Mount-Singgalang menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta alam seluruh penjuru dunia. Sudah termasuk dalam destinasi wisata alam dengan ketangguhan kedua kaki siap menguji seberapa tinggi kekentalan andrenalin anda untuk bisa daki-Gunung-Singgalang dengan gayanya tersediri. Proses pendakian membutuhkan informasi yang cukup agar perjalanan ala pecinta alam bisa selamat dan menjadi pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

Wisata Penggila Shopping Belanja Vietnam Murah Pasti Mengenal Tempat Ini: Segera Kunjungi Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Wisata belanja penggila shopping di Vietnam pasti mengenal tempat ini dan pastinya harus dikunjungi sebelum pulang kembali ke tanah air. Dengan pilihan yang akan selalu dimasukan ke itinerary perjalanan nanti setelah menikmati seluruh tempat wisata penting ini menjadi acara yang sangat diminati disaat mencari oleh-oleh dan suvenir hingga kebutuhan fashion semuanya ada. Pada tulisan ini pastinya jika anda berada di zona yang sangat dekat dengan tempat wisata shopping ini segera kunjungi, untuk masalah harga masih relatif terjangkau dan pastinya untuk motif dan kualitas dapat diadu dengan produk ternama. Apa saja nama tempat wisata shopping belanja di Vietnam yang kami masud dan anda harus pilih nama yang mana sangat dekat dari lokasi penginapan selama melakukan perjalanan wisata ke Vietnam, berikut penjelasan lengkapnya:

Jangan Lupakan Oleh Oleh Khas Turki Saat Kembali Pulang Ke Indonesia

Berkesempatan berkunjung ke negera Turki tentu menjadi idaman setiap orang karena negara ini mempunyai pesona tersendiri juga tersimpan oleh-oleh-khas-Turki yang unik dapat juga dijadikan souvenir dengan harga yang sangat terjangkau. Tentu dengan liburan singkat ini harus ada kenangan tersendiri dengan membeli oleh-oleh-khas-unik-Turki ini bisa dijadikan sebagai koleksi pribadi, hadiah, bahkan untuk dijual kembali sampai di Jakarta tentu mempunyai keasyikan tersendiri. Negara yang terletak di dua benua ini di Asia dan Eropa termasuk dalam perkembangan sejarah Islam tentu akan memiliki perpaduan kebudayaan yang terlihat dalam keindahan kota dan srsitektur gedung yang mempesona. Untuk hidangan lezat juga tercipta olahan tangan terampil yang akan memanjakan lidah seluruh traveler Indonesia yang ingin menghabiskan masa liburannya di negera ini. Apa saja oleh-oleh-khas-Turki yang akan menjadi destinasi belanja anda selama disana berikut penjelasannya.