Langsung ke konten utama

Apakah Perlu Plastic-Wrap Untuk Membungkus Koper atau Ransel Selama Bepergian dengan Pesawat Udara?

Sewaktu di bandara kita semua mungkin pernah melihat bebarapa stand plastic-wrap berdiri menunggu kehadiran kita untuk mampir membungkus koper atau barang lainnya sebelum check in di counter maskapai. Biasanya lokasi stand ini berlokasi di pintu masuk setelah barang di scan pertama oleh petugas bandara. Yang menjadi pertanyaan seberapa penting plastic wrap ini untuk kenyamanan konsumen?. Apakah cara ini merupakan cara untuk mengamankan barang anda yang akan masuk ke bagase pesawat, atau hanya sebagai kegengsian seorang penumpang yang ingin diakui ke eksistensiannya sebagai kaum urban yang oke punya, berikut penjelasannya.



1. Keamanan barang bawaan penumpang.

Sebenarnya plastic-wrap ini merupakan lahan bisnis baru yang skala UMKM yang dilakukan oleh segelintir pribadi atau swasta. Tujuan bisnis ini adalah membantu konsumen untuk melapisi koper dengan sejumlah plastik yang dibantu oleh mesin yang beraliran listrik dengan posisi berputar dengan jangka waktu tertentu sehingga barang atau koper terlihat seperti di vacum rapat dan tidak ada celah rongga udara disetiap sudutnya. Misinya adalah menjadikan barang lebih aman pada waktu bongkar muat di bandara sampai dengan barang diambil di lokasi tujuan. 

Keamanan yang dimaksud disini adalah dengan adanya beberapa kasus kehilangan di bagase pesawat, kerusakan, atau bahkan tertukar menjadikan bisnis ini mulai dilirik. Tetapi keamanan yang diberikan relatif baik khusus untuk barang bawaan konsumen yang sifatnya tidak kuat ataupun masih lemahnya pengamanan menurut standar dari penerbangan yang ditetapkan.

Plastic-wrap ini hanya banyak di bandara di Indonesia, sewaktu saya di luar negeri ada juga, tidak seramai stand seperti ini berdiri di pintu masuk di negara kita. Sepertinya hanya di Indonesia saja stand ini berdiri membantu masyarakat membuat barang bawaannya menjadi aman. Apakah separah itu keamanannya barang bawaan untuk terbang bersama penumpang di negara kita ini?..


2. Penting dan tidak penting.

Untuk poin ini kembali ke pribadi masing-masing. Jika diperlukan memakai plastic-wrap jika tidak ya apa adanya. Ada sebagian orang berpendapat jika tidak pakai plastic-wrap sepertinya parno karena mungkin sebelumnya mereka ada pengalaman yang tidak diinginkan seperti kehilangan bagase atau tas yang dipakai rusak atau robek. Maka mereka membeli lapisan plastic-wrap untuk menjaga barang bawaan sehingga kejadian tersebut tidak terulang kembali.

Untuk anda yang merasa ini tidak penting hanya membawa barang bawaan yang bisa dibawa kedalam pesawat tidak masalah sama sekali. Mungkin untuk barang-barang yang dirasa kurang aman dapat menggunakan plastic-wrap untuk keamanan jika dimasukan kedalam bagase.

Penting atau tidak penting ini untuk anda yang menyikapi keadaan barang yang akan dibawa. Jika merasa aman tidak ada kendala ya tidak pakai plastic-wrap sama sekali.

3. Harga Kompetitif.

Rata-rata harga untuk membungkus koper atau barang dengan plastic-wrap ini masih terjangkau. Biasanya harga berdasarkan besar barang yang akan dibungkus berbanding dengan panjangnya plastik yang terpakai. Harga yang dibayar tentu untuk setiap bandara berbeda seperti contoh di Jakarta dengan Padang mempunyai harga yang berbeda tergantung besar barang yang akan dibungkus. Beberapa dari pengalaman traveller memberikan komentar bahwa harga masih masuk akal dengan besarnya barang.

Sekarang anda sudah mulai mengetahui apakah perlu menggunakan plastic-wrap untuk memberikan keamanan penuh terhadap koper atau barang yang dibawa. Keamanan memang mutlak didapat tetapi tidak bisa diprediksi apakah aman atau tidak jika mengunakannya pada saat travelling. 

Ada beberapa tips untuk tidak menggunakan plastic-wrap terhadap barang atau koper untuk menghemat uang selama perjalanan.

1. Bawa barang yang tidak banyak dan bisa dimasukan kedalam koper. Biasanya barang yang diijinkan masuk ke dalam pesawat +/- 7 kg.

2. Belilah koper dan ransel yang mempunyai kualitas tinggi. Bagaimana cara memilih ransel yang baik sudah saya buat ulasan [baca: link] gunanya untuk menghemat biaya. Biasanya koper jenis ini sudah memiliki keamanan yang cukup tinggi.

3. Apabila anda melakukan perjalanan menggunakan pesawat udara jangan menyimpan barang bawaan dengan koper yang berkualitas rendah. Hal ini mempunyai sebab karena proses angkut barang masuk dan keluar pesawat membutuhkan kekuatan dan ketangguhan. Maksudnya, jangan memakai koper atau ransel yang berbahan kain standar atau tidak direkomendasikan oleh rekan traveller.

4. Jangan merasa bahwa dengan memakai plastic-wrap beranggapan seseorang yang oke bahkan ada yang menyebutkan gengsi kekinian kaum urban. Menurut saya pemikiran seperti salah. Plastic-wrap hanya digunakan untuk keperluan pengamanan, jika tidak perlu tidak usah menggunakan pembungkus plastik seperti ini. Lumayankan bisa hemat yang bisa digunakan ke hal yang lebih bermanfaat.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Cara Mendaki Daki Pendakian Gunung Singgalang Sumatera Barat | Hiking Mount Singgalang

Pertualangan alam tidak ada habisnya saatnya cara-mendaki-daki-pendakian-Gunung-Singgalang-Sumatera-Barat|Way-hiking-Mount-Singgalang menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta alam seluruh penjuru dunia. Sudah termasuk dalam destinasi wisata alam dengan ketangguhan kedua kaki siap menguji seberapa tinggi kekentalan andrenalin anda untuk bisa daki-Gunung-Singgalang dengan gayanya tersediri. Proses pendakian membutuhkan informasi yang cukup agar perjalanan ala pecinta alam bisa selamat dan menjadi pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.

Wisata Penggila Shopping Belanja Vietnam Murah Pasti Mengenal Tempat Ini: Segera Kunjungi Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Wisata belanja penggila shopping di Vietnam pasti mengenal tempat ini dan pastinya harus dikunjungi sebelum pulang kembali ke tanah air. Dengan pilihan yang akan selalu dimasukan ke itinerary perjalanan nanti setelah menikmati seluruh tempat wisata penting ini menjadi acara yang sangat diminati disaat mencari oleh-oleh dan suvenir hingga kebutuhan fashion semuanya ada. Pada tulisan ini pastinya jika anda berada di zona yang sangat dekat dengan tempat wisata shopping ini segera kunjungi, untuk masalah harga masih relatif terjangkau dan pastinya untuk motif dan kualitas dapat diadu dengan produk ternama. Apa saja nama tempat wisata shopping belanja di Vietnam yang kami masud dan anda harus pilih nama yang mana sangat dekat dari lokasi penginapan selama melakukan perjalanan wisata ke Vietnam, berikut penjelasan lengkapnya: