Langsung ke konten utama

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Hidup di Negara Lain

Sebelum tinggal di negeri orang sebagai anak negeri ingin mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi biaya hidup disana dengan perhitungan yang matang. Hidup disana tentu sangat berbeda dimulai dari nilai tukar yang cukup sedikit mencengangkan bahkan tidak terpikirkan sebelumnya. Sebenarnya hanya perlu penyesuaian dengan karakter hidup orang luar dengan karakter kehidupan kita sendiri. Saya ingin membagi sedikit ilustrasi kepada rekan yang berencana tinggal di negeri orang dan ingin mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi biaya hidup disana [negara yang dimaksud menjadi contoh Jepang, untuk negara yang mirip dengan negara ini dapat digunakan].


Faktor yang Mempengaruhi Biaya Hidup di Negara Lain. Poto oleh: rumah.com

1. Biaya Tempat Tinggal.

Sebelum sampai di negeri orang harus memikirkan dimana akan tinggal, pilihan yang tepat adalah apartemen. Kalau di luar negeri apartemen sangat populer, kalau di Indonesia terkenal dengan kos-kosan. Strategi yang dapat anda lakukan adalah mencari informasi apartemen yang sesuai dengan budget bulanan yang akan dibayar. Semakin dekat dengan pusat kota [termasuk kota tujuan seperti Tokyo] atau dekat dengan pusat transportasi mempunyai harga yang cukup tinggi. Carilah apartemen yang agak jauh sedikit dari pusat kota dan pusat transportasi untuk bisa menghemat anggaran biaya tempat tinggal per bulan. Setiap kota disana mempunyai harga yang berbeda-beda untuk harga sewa sebuah apartemen.

Biasanya tempat tinggal di apartemen sudah tersedia furniture utama seperti tempat tidur, kamar mandi, dapur, dan peralatan dapur. Kondisi seperti ini tidak semua pemberi sewa menyediakan, ada hal tertentu yang tidak termasuk tergantung dari nego anda dengan pemilih apartemen setelah melihat on the spot ke lokasi tujuan.

Apabila tinggal di apartemen disana perlu dihitung pengeluaran lain seperti listrik, air, security, dan sampah yang biasanya terpisah dari harga sewa apartemen. Komponen inilah yang akan mengikuti biaya sewa. Anda harus menghitung komponen ini apakah sudah sesuai dengan budget yang disiapkan per bulan sebagai komponen biaya yang mempengaruhi anggaran biaya.

2. Biaya Makan.

Kehidupan sehari-hari juga menentukan seperti karakter makan. Biaya makan ini sebenarnya tergantung dari karakter pribadi masing-masing. Jika anda mempunyai keahlian memasak akan menjadi nilai plus, anda akan bisa berhemat banyak. Apabila karakter anda orangnya suka makan diluar alias tidak bisa memasak sudah pasti dipersiapkan biaya ekstra makan selama 3 kali sehari. 

Biaya makan ini juga termasuk dengan minuman yang dikonsumsi selama satu hari. Ada beberapa negara yang menyediakan air minum gratis diberbagai tempat umum yang sudah mempunyai tingkat higienis tinggi yang dapat anda manfaatkan. Tetapi tidak semua negara menyediakan fasilitas seperti ini, jadi anda harus mengetahui fasilitas umum seperti ini apakah telah tersedia atau belum.

Kembali kepada makanan, jika dibandingkan antara makan diluar dengan memasak dirumah anda bisa menghemat biaya makan sampai dengan 50% tergantung dari menu apa yang dibuat. Jadi, siap-siap dari sekarang apabila mau pindah ke negeri orang harus bisa memasak makanan, bukan masak air panas saja. Ingat, jangan banyak konsumsi mie instant secara terus menerus. Buatlah menu sehat untuk tetap stabil hidup di negara tujuan.

Biasanya karakter selera makan anda mungkin tidak sesuai dengan menu makanan yang ada di negara tujuan. Teknik yang tepat adalah untuk mencari asia store yang ada di sana biasanya ada menjual beberapa produk Indonesia seperti bumbu-bumbu yang diperlukan untuk memasak. 


3. Biaya Transportasi.

Komponen ini sebenarnya juga mempengaruhi biaya hidup di luar negeri. Jangan asal jalan tanpa tujuan tentu akan menghabiskan belanja bulanan yang akan dikeluarkan. Biasanya cara penghematan dapat dilakukan dengan cara kombinasi dengan jalan kaki. Ada sebagian dari rekan kita melakukan ini dengan memilih tempat tinggal tidak terlalu jauh dari pusat keramaian tetapi dengan ukuran tempat tinggal yang tidak terlalu besar. Jadi untuk biaya transportasi mereka bisa hemat dan biaya sewa juga bisa mereka tekan. Mix and match seperti ini harus bisa dipahami sebelum menentukan pilihan yang terbaik.

Mungkin di negara lain juga menyediakan transportasi tidak hanya MRT atau Subway, bahkan mereka juga memberi perhatikan kepada pengguna sepeda. Moda transportasi ini disesuaikan dengan karakter dari negara tujuan.

4. Biaya Komunikasi.

Mungkin sebagian anda komunikasi menjadi hal yang sangat penting dan sebagian orang menganggap sesuatu yang biasa saja. Jika mengikuti trend media sosial seperti sekarang ini anda bisa memanfaatkan beberapa teknik yang telah beberapa teman lakukan dengan membeli paket plan data yang ada di negara tujuan. Biasanya mereka langsung menyediakan gadget bersamaan dengan plan yang akan dipilih. Sebenarnya sistem provider seperti ini telah lama dilakukan kerjasama dengan pemegang merek. Jika rekan semua dapat mengkalkulasikan penghematan biaya komunikasi dengan cara ini dapat juga diikuti, jika tidak sesuai dapat menggunakan hape yang dibawa ke negara tujuan untuk memakai provider yang sesuai dengan kriteria anggaran yang disiapkan. 

Memang, untuk beberapa tempat ada fasilitas wifi yang dapat anda manfaatkan sebagai penghematan untuk biaya internet. Tetapi saya mengambil contoh kasus bagi anda yang menggunakan komunikasi menggunakan internet cukup banyak sebagai gaya hidup. 

5. Part time job [kerja sampingan].

Tinggal di negara orang cukup lama alangkah baiknya untuk mengambil kesempatan untuk kerja part time job [kerja sampingan]. Biasanya rekan mahasiswa sudah banyak menerapkan cara ini menambah uang jajan selama tinggal disana. Banyak jenis part time job yang dilakukan seperti mengajar Bahasa Indonesia bagi penduduk lokal disana yang ingin belajar bahasa, atau mengajar musik jika rekan mempunyai keahlian, bekerja di restauran, dsb dsb. Jadi, part time job ini banyak sekali yang merekomendasikan untuk diikuti agar kekurangan uang jajan dapat terpenuhi bahkan bisa dapat menabung untuk mengumpulkan modal jika balik ke Indonesia.

6. Biaya Asuransi.

Komponen penting yang mempengaruhi biaya hidup di luar negeri adalah biaya asuransi. Biaya ini harus diikuti oleh semua penduduk termasuk mahasiswa atau pekerja yang masuk kedalam sistem negara mereka. Biaya asuransi ini sudah menjadi biaya tetap yang harus dikeluarkan yang dapat disesuaikan dengan institusi atau promotor dari Indonesia yang mendatangkan anda ke negara tujuan. Jadi, pastikan biaya asuransi ini apakah ditanggung 100% pribadi atau sharing cost antara anda dengan promotor disana.

7. Biaya Hiburan atau Nongkrong.

Anak muda suka nongkrong bahkan ada juga yang hobi jalan-jalan. Menurut saya, komponen biaya ini yang sangat populer banyak dikeluarkan. Hiburan dan nongkrong sangat banyak biaya yang akan dibelanjakan. Tahan selera dan nafsu dunia gemerlap di negara orang karena jika salah melangkah uang yang digunakan untuk biaya hidup akan terbuang percuma seperti biaya hiburan dan nongkrong seperti ini. 

8. Doyan shopping.

Khusus buat cewek yang doyan shopping inilah komponen biaya yang sangat mempengaruhi anggaran belan bulanan. Memang gaya seperti adalah karakter atau habit yang harus sedikit ditekan agar biaya bulanan tidak terlalu besar. Sepertinya karakter doyan shopping ini tidak hanya berlaku bagi wanita saja pria sekarang sudah mulai mengikuti. Terutama pada musim diskon yang tidak dapat dihindari, barang bagus harga bagus menjadi tema selera yang selama ini dicari. Sebenarnya doyan shopping ini bisa saja diikuti tetapi belilan barang yang sesuai dengan kebutuhan. 

Komponen biaya ini harus menjadi perhatian serius karena anggaran yang terbatas untuk biaya hidup disana telah ditetapkan. Jangan sampai biaya yang telah dipersiapkan ini tidak sesuai dengan penggunaannya. Teliti seberapa penting komponen biaya sekunder untuk dibelanjakan, prioritaskan biaya primer sebagai biaya yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Cara Mendaki Daki Pendakian Gunung Singgalang Sumatera Barat | Hiking Mount Singgalang

Pertualangan alam tidak ada habisnya saatnya cara-mendaki-daki-pendakian-Gunung-Singgalang-Sumatera-Barat|Way-hiking-Mount-Singgalang menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta alam seluruh penjuru dunia. Sudah termasuk dalam destinasi wisata alam dengan ketangguhan kedua kaki siap menguji seberapa tinggi kekentalan andrenalin anda untuk bisa daki-Gunung-Singgalang dengan gayanya tersediri. Proses pendakian membutuhkan informasi yang cukup agar perjalanan ala pecinta alam bisa selamat dan menjadi pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Wisata Penggila Shopping Belanja Vietnam Murah Pasti Mengenal Tempat Ini: Segera Kunjungi Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Wisata belanja penggila shopping di Vietnam pasti mengenal tempat ini dan pastinya harus dikunjungi sebelum pulang kembali ke tanah air. Dengan pilihan yang akan selalu dimasukan ke itinerary perjalanan nanti setelah menikmati seluruh tempat wisata penting ini menjadi acara yang sangat diminati disaat mencari oleh-oleh dan suvenir hingga kebutuhan fashion semuanya ada. Pada tulisan ini pastinya jika anda berada di zona yang sangat dekat dengan tempat wisata shopping ini segera kunjungi, untuk masalah harga masih relatif terjangkau dan pastinya untuk motif dan kualitas dapat diadu dengan produk ternama. Apa saja nama tempat wisata shopping belanja di Vietnam yang kami masud dan anda harus pilih nama yang mana sangat dekat dari lokasi penginapan selama melakukan perjalanan wisata ke Vietnam, berikut penjelasan lengkapnya:

Jangan Lupakan Oleh Oleh Khas Turki Saat Kembali Pulang Ke Indonesia

Berkesempatan berkunjung ke negera Turki tentu menjadi idaman setiap orang karena negara ini mempunyai pesona tersendiri juga tersimpan oleh-oleh-khas-Turki yang unik dapat juga dijadikan souvenir dengan harga yang sangat terjangkau. Tentu dengan liburan singkat ini harus ada kenangan tersendiri dengan membeli oleh-oleh-khas-unik-Turki ini bisa dijadikan sebagai koleksi pribadi, hadiah, bahkan untuk dijual kembali sampai di Jakarta tentu mempunyai keasyikan tersendiri. Negara yang terletak di dua benua ini di Asia dan Eropa termasuk dalam perkembangan sejarah Islam tentu akan memiliki perpaduan kebudayaan yang terlihat dalam keindahan kota dan srsitektur gedung yang mempesona. Untuk hidangan lezat juga tercipta olahan tangan terampil yang akan memanjakan lidah seluruh traveler Indonesia yang ingin menghabiskan masa liburannya di negera ini. Apa saja oleh-oleh-khas-Turki yang akan menjadi destinasi belanja anda selama disana berikut penjelasannya.