Langsung ke konten utama

Beginilah Cara Hidup Hemat di Luar Negeri

Hidup di negeri orang harus bisa hemat apapun bentuknya. Seribu jalan untuk berhemat bisa dilakukan asalkan anda bisa menyikapinya dengan smart dan cermat. Dimulai dari rumah tangga sampai dengan semua kebutuhan konsumsi setiap hari. Jangan salah, berhemat hanya dengan jumlah cent bisa mendatangkan jutaan manfaat selama sebulan. Jika dikalkulasikan setahun betapa banyaknya uang yang bisa anda tabung.


Kasus hemat ini sangat mencuat jika anda sudah mempunyai keluarga yang harus dihidupi dengan semua pengeluaran harian. Mulai dari sandang, pangan, dan papan harus tercukupi, jika sebulan terbatas uang pemasukan .... ya harus dicukup-cukupi. The power of emak-emak biasanya mempunyai kiat khusus untuk menghemat uang suami yang sangat membantu dalam mengurus seluruh kegiatan yang ada di rumah tangga. Jadi, saya ingin menyampaikan beberapa cara yang sangat lazim dilakukan oleh ibu rumah tangga hidup hemat di negeri orang dengan trik yang sangat bijak dan kadang harus menghitung setiap cent pengeluaran uang.




Harus Hidup Hemat di Luar Negeri dengan Menabung setiap cent nya. Poto oleh: blog.duitpintar.com



1. Jadwal Belanja Harian.


Jangan asal belanja di luar negeri. Pastikan jadwal yang tepat dengan acara belanja hemat di supermarket besar. Biasanya supermarket besar akan memberikan diskon belanja dengan tema yang beraneka raga seperti diskon 20%, buy one get one free, clearance sale, voucher belanja, barang setengah harga, dsb. Biasanya ibu rumah tangga sangat menyukai acara seperti ini dengan menghitung jumlah uang yang ada dengan potongan harga yang tertera di rak display barang. Waktu yang dihadirkan oleh pihak supermarket biasanya menjelang weekend atau akhir bulan. Jadwal ini sangat tepat untuk berbelanja.


2. Buat Daftar Belanja.


Beli jenis barang yang dikonsumsi setiap hari dituangkan dalam daftar barang yang siap dibeli. Apabila barang yang dikonsumsi dapat disubstitusikan dengan barang sejenis dengan harga miring kenapa tidak. Misalnya, untuk protein tidak selalu daging sapi dapat diganti dengan daging ayam atau telur. Jika anda seorang vegetarian tidak mengkonsumsi daging, ganti dengan tahu dan tempe serta sayuran. Mix dan match seperti ini harus bisa anda lakukan agar tidak salah beli apalagi barang yang tidak butuh malah dibeli, barang yang penting lupa. Hindari habit buruk seperti ini.


3. Manfaatkan Alokasi Diskon ke Beberapa Jenis Jasa Lain.


Biasanya supermarket besar mempunyai beberapa bisnis lain seperti pom bensin, bengkel, atau lainnya. Biasanya mereka akan memberikan beberapa alokasi diskon belanja dengan belanja di perusahaan mereka yang lain. Dengan memberikan beberapa potongan harga yang cukup baik dicoba apalagi yang sudah mempunyai keluarga tentu mempunyai moda transportasi roda empat dapat menikmati treatment seperti ini. Misalnya mereka memberikan potongan harga untuk pembelian bensin di pom bensin mereka dan juga ditambah diskon lagi apabila anda telah berbelanja lagi di outlet mereka yang lain. Gabungkan diskon yang mereka berikan untuk memenuhi kebutuhan anda yang lain. Jumlah uang yang dikumpulkan dapat menjadi gratis pengeluaran yang lain.


4. Gunakan Give Card Belanja.


Supermarket besar biasanya menyediakan give card yang akan mendapatkan alokasi potongan harga lain saat berbelanja di grup bisnis mereka. Manfaatkan situasi seperti ini untuk mendapat kebutuhan lain dengan biaya hemat bahkan ada gratis dalam bentuk lain. Mereka akan memberikan notifikasi melalui email kepada pelanggan setia sehingga complimentary seperti ini hanya bagi yang beruntung. Jadi, selalu cek email dan notifikasi pemberitahuan dalam bentuk selebaran, SMS, atau medsos lainnya.


5. Jangan Sering Belanja Makan di Luar.


Anda harus rajin memasak makanan di rumah. Dengan menyediakan masakan sendiri anda sudah jauh menghemat biaya untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan banyaknya tutorial masak di youtube bisa anda belajar untuk menyiapkan masakan bergizi untuk seluruh keluarga. Dari kasus yang banyak ditemukan jika anda belanja makan untuk keluarga kecil tiga orang harus menyiapkan budget untuk makan dan minum saja hampir US$ 40. Apabila habit seperti ini anda lakukan pasti biaya bulanan anda akan membengkak bahkan defisit.


6. Perhatikan Belanja Online.


Ada beberapa barang yang dijual oleh provider online harganya jauh dibawah supermarket konvensional. Anda harus rajin-rajin cek harga dan bandingkan dengan barang-barang kebutuhan tertentu. Trik ini sebenarnya sudah sangat umum dilakukan oleh para ibu-ibu rumah tangga untuk berhemat dengan sejuta cara. Hidup diluar negeri sangat perlu sekali mengurangi biaya-biaya harian demi tabungan tetap terisi. Misalnya untuk belanja kebutuhan pakaian anak harian, fashion harian, kebutuhan rumah tangga harian, dsb sudah bisa belanja lewat online. Pelajari cara ini karena sebagian dari rekan kita di luar negeri sudah praktekan, dan hasilnya luar biasa hematnya. Tapi pilih paket pengiriman gratis untuk diantar ke alamat.


7. Provider Seluler.


Jika anda mencari provider seluler untuk komunikasi di luar negeri pertimbangkan alokasi manfaat untuk kebutuhan anda sehari-hari. Biasanya provider seluler di luar negeri berlomba-lomba untuk mencari nasabah baru mereka agar mau mengunakan jasa mereka untuk melakukan komunikasi via smartphone. Bahkan mereka juga meberikan voucher belanja khusus jika anda mampu merekomendasikan provider seluler yang anda gunakan kepada rekan, keluarga, bahkan teman sendiri. Biasanya mereka akan menanyakan siapa yang merekomendasikan untuk pindah, jika nama anda dicantumkan makan siap-siap voucher belanja akan hadir ditangan anda. kasus ini sudah pernah dirasakan oleh rekan kita diluar negeri.


8. Makanan Enak Menjelang Toko Tutup.


Makanan lezat dengan harga miring, kejadian ini yang sangat diburu oleh konsumen. Biasanya supermarket besar membuat menu untuk dijual dengan masa berlaku konsumsi selama 2 hari, itupun sangat terbatas. Bisanya bagian dapur akan membuat menu dipagi hari dan harus habis sore hari. Jika tidak habis mereka akan memberikan potongan harga secara berkala. Maksudnya begini, menjelang sore jika masih banyak tersedia maka mereka akan beri potongan 15%. Apabila masih tersisa menjelang toko tutup biasanya store manager akan memberi diskon maksimal 70%. Nah, cara seperti ini bisa anda lakukan untuk mencari menu favorit dengan harga miring. Ingat ya, banyak sekali pengunjung lain yang antri untuk membeli makanan serupa yang anda inginkan. Pastikan tidak kehabisan. Cara hemat makan ini sudah saya tulis khusus [baca: link].


9. Belanja Fashion Akhir Tahun.


Jika kebutuhan fashion anda tidak terlalu urgent jangan belanja pada pertengahan tahun. Lebih banyak tunggu waktu yang tepat biasanya akhir tahun dengan tema clearance-sale. Super store di mall akan memberikan diskon yang fantastis hingga 80% untuk produk yang mereka tawarkan. Saat yang tepat untuk membeli kebutuhan fashion memang pada waktu ini, tetapi anda harus bersiap menggunakan tenaga ekstra untuk mencari produk yang dicari karena banyaknya konsumen lain juga menyediakan waktu untuk memborong seluruh kebutuhan mereka. Jadi, anda harus waspada kapan waktu membeli, dimana, dan jam nya. Apabila terlambat fashion yang anda cari tidak tersedia.


10. Apartemen atau Rumah.


Kebutuhan tempat tinggal disesuaikan dengan kebutuhan. Apartemen atau rumah pilihan disaat yang tepat. Perbedaan ini juga sangat terasa bagi anda yang sudah mempunyai keluarga kecil membutuhkan suatu tempat yang agak luas agar semua pernak-pernik seluruh keluarga bisa tersimpan tepat sasaran. Jadi pihannya adalah rumah. Berbeda dengan rekan lain yang masih lajang hanya butuh tempat cukup untuk diri sendiri dan dekat dengan lingkungan sosial mereka, pilihan jatuh kepada apartemen. Perhitungan antara apartemen dengan rumah ini akan berpengaruh dengan harga, apabila dekat dengan perkotaan atau pusat bisnis. Perhatikan anggaran yang akan anda keluarkan agar dapat menghemat biaya tinggal selama waktu tertentu. Apakah dekat pusat kota atau agak sedikit jauh dari kota tetapi harga dan tempatnya sesuai dengan kebutuhan kenapa tidak untuk dipilih. Keputusan ini berlaku kepada anda yang sudah berkeluarga dan lajang.


Tata cara hemat seperti ini sudah banyak dipraktekan oleh teman kita diseluruh negara sebagai tempat tinggal baru. Memang hidup hemat di luar negeri sangat dibutuhkan. Pendapatan yang terbatas tidak serta merta harus dihabiskan sebelum masa berlakunya tersedia. Kebutuhan tetap nomer satu untuk dibeli tetapi untuk mendapatkannya harus ada strategi smart tetap ramah di kantong. Perlu perjuangan tetapi harus sedikit hitungan membeli semua barang ini agar tabungan bisa tetap terisi. Semoga uraian singkat ini dapat membantu anda bagaimana cara hidup hemat di luar negeri dan tetap semangat untuk hidup di negeri orang.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Wisata Bangunan Bersejarah Di Singapura Terkenal Harus Anda Kunjungi Sekarang Juga

Bangunan bersejarah di Singapura sudah masuk dalam daftar perjalanan tempat wisata penting yang disukai oleh turis seluruh dunia termasuk Indonesia. Tidak hanyak surga belanja saja tetapi surga tempat melihat bangunan kuno dan sangat bersejarah bagi perkembangan negara Singapore ini tentu menjadi daya tarik tambahan selama anda menghabiskan waktu cuti liburan nanti. Tunggu apa lagi, sekarang ini anda sudah mempersiapkan diri untuk searching tiket pesawat murah agar perjalanan liburan nanti bisa menambah wisata bangunan bersejarah di Singapura masuk dalam itinerary perjalanan nanti, ada beberapa lokasi paling penting untuk sejarah Singapore berikut penjelasannya:

Tempat Menarik Di Kuala Lumpur Malaysia Waktu Malam

Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia tempat menarik di waktu malam saat menghabiskan waktu liburan disana di musim cuti yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Keramaian kota yang tentu mempersona mata dengan warna-warni kerlipan lampu yang sangat fenomenal ini tentu tidak akan pernah jemu untuk memandang. Semua kegiatan di tempat yang menarik di waktu malam tentu saja berbeda di waktu siang hari dimana aktifitas para turis dari seluruh dunia yang telah memilih KL sebagai destinasi wisata mereka tentu punya kelebihan tersendiri. Jadi pilihan yang boleh anda lakukan di KL pada waktu malam dengan beberapa tempat menarik untuk dikunjungi sembari anda ingin menikwati waktu malam terakhir disana sebelum pulang kembali ke tanah air, berikut penjelasan lengkapnya.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.