Langsung ke konten utama

Hotel Melati, Hostel, atau Hotel Kapsul? Mana yang Terbaik

Banyak sekali pilihan penginapan yang disediakan oleh pemilik hotel bertema budget bisa menjadi tempat tinggal sementara di luar atau dalam negeri. Variasi jenis bentuk hotel ini sebenarnya memprioritaskan anggaran yang akan digunakan oleh para traveller backpacker yang ingin mendapatkan penginapan yang sesuai dengan budget mereka. Memang trend penginapan biaya murah ini telah menjadi pilihan paling populer di luar dan dalam negeri dengan berbagai fasilitas complimentary penunjang untuk seluruh tamu mereka dari seluruh penjuru tempat.

Tipe jenis hotel yang ada di dunia saat ini masih di dominasi oleh menengah ke bawah alias backpacker yang tidak butuh banyak fasilitas mewah untuk istirahat. Mereka hanya butuh tempat menginap untuk rehat saja, mandi, dan benah diri untuk lanjutkan perjalanan keesokan harinya. Mungkin dari anda sudah pernah membaca jenis hotel yang tersedia seperti tipe melati, hostel, dan yang terbaru hotel kapsul. Semua jenis bentuk hotel ini tentu mempunyai plus dan minus untuk para traveller. Saya ingin memberikan sedikit pengalaman atau sharing informasi mengenai jenis hotel ini tetapi khusus untuk traveller solo backpacker bukan untuk hotel keluarga. Karena jenis hotel ini khusus diperuntukan bagi pada turis yang mempunyai anggaran minimal untuk liburan mereka.

Poto oleh: scotlandb2b.co.uk

1. Hotel tipe melati.

Inilah jenis hotel perintis tempat menginap yang mempunyai perjalanan cukup panjang beberapa dekade belakangan ini. Hotel ini memberikan harga murah dengan tipe melati alias tidak ada bintangnya, pasti ada alasannya. Pemilik hotel melati ini membangun bisnis penginapan ini beberapa alasan dibalik tema, bisa saja dana yang kurang cukup untuk membangun tipe hotel berbasis bintang atau mereka menyediakan khusus untuk para turis yang butuh penginapan saja untuk istirahat pada malam hari. Apapun alasanya pasti tipe jenis hotel melati ini sangat menguntungkan bagi para solo backpacker yang tidak neko-neko dalam hal istirahat. 

Range harga dimulai IDR 50rb - IDR 200rb.

Lokasi hotel ini bisa di dalam negeri atau luar negeri. Untuk range harga ini biasanya banyak terdapat di negara Asia, Asia Tenggara, dan Hongkong. Untuk negara lain mungkin ada tetapi saya belum pernah kesana, jadi tidak bisa memberikan gambaran pasti. 


Tips mendapatkan hotel tipe melati yang terbaik.

1. Lokasi hotel tipe melati ini biasanya lokasinya masuk ke dalam gang, tidak cukup akses masuk roda empat. Jaraknya tidak terlalu jauh dari jalan utama dari negara yang dituju.

Sebagai contoh penginapan tipe melati yang ada di kawasan backpacker di Pham Ngu Lao Vietnam mempunyai pilihan yang cukup banyak di lorong jalan. Saya merekomendasikan hotel tipe melati ini dengan kondisi hotel dengan kamar yang bertingkat seperti ruko. Jadi, jika anda menginap disini harus melakukan pengecekan secara langsung atau go-show dimana tempat anda menginap dan bagaimana suasana hotel nya. Pada musim peak-season hotel ini sold-out, jika ada harganya hampir sama dengan hotel bintang satu.

2. Cari tipe hotel melati yang cukup dekat dengan pusat bisnis dari negara yang dituju. Maksudnya begini, hotel yang akan anda pilih harus dekat dengan pusat keramaian seperti tempat makan, pasar tradisional, pusat perbelanjaan, dan akses transportasi.

Sebagai contoh di dalam negeri di daerah Malioboro ada hotel seperti ini yang sangat dekat dengan pusat keramaian.

3. Fasilitasnya sangat minim tetapi cukup layak menjadi tempat menginap. Biasanya terhubung dengan fasilitas yang akan mereka berikan. Mayoritas pemilik hotel tipe melati ini memberika fasilitas kipas angin sebagai pendingin udara. Tetapi tidak semuanya.

Sebagai contoh di negara Hongkong tempat menginap di Tsim Sha Tsui mereka menyediakan tipe kamar memiliki pendingin udara menggunakan kipas angin atau ac. Untuk harga relatif sedikit lebih mahal dari range harga yang saya sampaikan, tetapi lumrah karena disesuaikan dengan daya bayar orang disana cukup tinggi. Berbeda dengan kawasan Pham Ngu Lao di Vietnam Ho Chi Minh City memberikan fasilitas yang cukup bagus seperti ac, tv, dan lemari es dengan harga yang sudah di konversikan ke IDR masuk kedalam range harga diatas. Jadi, bisa anda sesuaikan dengan negara yang akan dikunjungi. Tiap negara mempunyai nilai tukar yang berbeda apalagi di negara USA, Eropa, Australia, New Zealand, dsb.

4. Complimentary tamu yang menginap ada yang menyediakan sarapan pagi. Tetapi sangat jarang tetapi ada. Seperti contoh, saya menginap di kota Padang Panjang Sumatera Barat saya mendapatkan sarapan lengkap dengan minuman. Untuk negara saya kunjungi mereka tidak menyediakan sarapan sama sekali tetapi mereka memberikan fasilitas pantry atau dapur yang bisa digunakan untuk mempersiapkan sarapan pagi. Biasanya fasilitas ini banyak ditemukan di hotel kawasan backpacker di Kaosan Road Thailand.

5. Jenis hotel melati ada yang mempunyai kamar mandi didalam atau sharing dengan tamu hotel lainnya. Situasi seperti tergantung dari selera anda mana yang terbaik. Apabila anda memilih hotel yang menggunakan tema sharing kamar mandi cari hotel yang menyediakan tempat mandi menggunakan shower tidak gayung. untuk menjamin kesehatan air yang akan digunakan.

Sebagai contoh penginapan di Kaosan Road ada kamar mandi yang sharing dengan tamu hotel lainnya. Di Vietnam, Hongkong, Kamboja, dan Macau kamar mandi ada di dalam kamar.

Rekomendasi untuk hotel tipe melati ini setiap orang mempunyai kriteria masin-masing serta selera. Anda juga bisa mencari referensi tambahan dari grup backpacker, airbnb, dan beberapa provider lainnya yang menyediakan fasilitas pembelian kamar hotel. Jadi, pengalaman sharing ini bisa menjadi dasar untuk anda yang ingin mencari hotel tipe seperti ini.

2. Hostel.

Jenis tipe hotel ini memberi konsep bayar murah dengan fasilitas tempat tidur seperti asrama atau barak. Biasanya satu kamar berisikan maksimal 20 orang dan minimal 6 orang. Konsep asrama atau barak ini mereka buat dalam kawasan hotel dengan cukup baik fasilitasnya. Biasanya hostel ini digunakan turis backpacker mempunyai anggota banyak dengan biaya yang tidak terlalu mahal untuk dibayar. Kawasan hostel ini tersebar di berbagai negara Asia, Eropa, Australia, Amerika Selatan. 

Range harga bervariasi di setiap negara. Tetapi masih terjangkau dengan kocek seorang turis solo backpacker. Setiap negara mempunyai nilai tukar yang berbeda tetapi menurut saya masih worth it untuk dibayar

Tips memilih hostel terbaik.

1. Hostel yang telah digunakan oleh beberapa grup dari beberapa komunitas biasanya akan memberikan rekomendasi dari komentar yang mereka sampaikan. Biasanya mereka akan berbagi cerita pada traveller info di grup atau komunitas mereka, dari sini anda bisa menentukan hostel yang terbaik yang akan anda tempati beserta rombongan. Deskripsi lengkapnya juga bisa anda peroleh dari beberapa provider yang di rekomendasikan oleh solo backpacker seperti travelapp.

2. Lokasi hostel biasanya agak sedikit jauh dari pusat kota. Tetapi hal ini tidak menjadi halangan bagi anda yang telah sampai di negeri orang yang ingin berlibur dengan budget murah. Beberapa transportasi kadang kala menjadi hal yang harus dipikirkan, apakah dekat dengan transportasi publik atau harus mengunakan carteran bus untuk menuju beberpa lokasi pusat wisata. Jadi, teliti sebelum memilih hostel yang terbaik.

3. Hitung jumlah anggota yang akan menginap di hostel. Sesuaikan dengan kapasitas yang pemilik sediakan dengan beberapa complimentary seperti tempat mandi, pantry, atau fasilitas lainnya. Jadi, jangan sampai kekurangan tempat tidur atau kelebihan akan berpengaruh kepada jumlah uang yang akan anda bayar.

4. Untuk kenyamanan tidur biasanya mereka memberikan beberapa pilihan antara kipas angin atau ac. Tentu harganya sedikit berbeda tergantung dari kebutuhan anda. 

5. Kebersihan hostel harus diprioritaskan, biasanya rombongan menginap di tipe hostel ini beraneka raga karakter yang tidak baik. Seperti jorok atau tidak bersih. Pastikan keseluruhan elemen dari hostel ini cukup mumpuni mengadopsi keinginan dari rekan backpacker semua.

Rekomendasi untuk memilih hostel ini memang harus banyak literatur yang harus anda peroleh dari komunitas traveller. Karena tujuan negara banyak sekali jadi harus menelaah lebih lanjut lokasi negara yang akan anda kunjungi. Padu padankan secara go show apabila ingin mendapatkan kepastian hostel yang akan dipilih.

3. Hotel Kapsul.

Revolusi tempat tinggal tidak hanya mehipnotis negara yang mempunyai lahan sempit tetapi juga telah mewabah ke Indonesia. Pergeseran selera yang dimulai dari negara Jepang ini terinspirasi para pelaku hotel membuat ide untuk diterapkan di kawasan bisnis mereka. Hotel kapsul adalah sejenis penginapan yang tersedia hanya tempat tidur saja cukup untuk satu orang dengan fasilitas yang cukup baik seperti tempat penyimpanan barang pribadi dsb. Konsep hotel kapsul ini sebenarnya untuk konsumen di kota padat seperti negara Jepang yang ingin beristriahat cepat tanpa harus pulang dengan biaya terjangkau. Namanya negara Jepang tentu mempunyai keterbatasan lahan untuk tempat hunian, jadi mereka buat konsep hotel kapsul dimana ruangan berjejer bersebelahan dengan privacy yang cukup tinggi dengan pisah batas ruangan yang berkualitas tinggi.

Sebelum memasuki hotel kapsul ini seluruh alas kaki anda harus dibuka dan disimpan di loker yang disiapkan oleh pengelola.


Range harga disesuaikan dengan negara yang menjadi destinasi liburan. Mereka juga menyediakan jasa hotel per jam, harian, atau bulanan seperti di Jakarta.

Tips untuk memilih hotel kapsul terbaik.

1. Rata-rata hotel kapsul ini mempunyai treatment yang hampir sama dengan layaknya sebuah hotel melati. Konsepnya hanya menyediakan tempat tidur sesuai dengan ukuran untuk satu orang bukan berarti mereka tidak menyediakan jenis jasa kamar lain seperti tempat tidur bertingkat yang disediakan dalam satu kamar. Jadi, sesuaikan kebutuhan mana yang sesuai dengan selera anda.

2. Jenis hotel ini biasanya terletak di jantung perkotaan atau pusat keramaian. Seperti di daerah Mangga Dua dan Rawamangun juga sudah mulai bermunculan hotel kapsul yang tentu berbeda fasilitas yang mereka berikan. Dari segi complimentary ini akan berpengaruh kepada harga yang akan mereka tawarkan.

3. Biasanya jenis hotel kapsul ini telah masuk daftar rekomendasi dari para solo backpacker dunia pada grup traveller mereka. Mereka pasti sharing segala sesuatu yang terjadi di penginapan baik berupa review atau lainnya. Nah, jadikan informasi ini sebagai dasar anda untuk memilih sebagai tempat menginap di negara tujuan. 


4. Biasanya mereka menyediakan loker simpan bagase apabila anda membutuhkan tempat penyimpanan apabila masih ada jam kosong untuk mengisi liburan. Mereka akan memberikan jasa gratis untuk tamu yang menginap.


5. Hotel kapsul mayoritas menyiapkan kamar mandi sharing untuk para tamu. Jangan khawatir, untuk kebersihan akan mereka terapkan baik sekali. Anda bisa melihat secara langsung sebelum memutuskan menginap di hotel ini.

6. Jika complimentary fasilitas lain seperti kenyamanan tamu hotel dimulai dari tersedianya wifi, internet, dan lainnya pasti hotel ini menjadi rekomendasi dari seluruh traveller di luar negeri. Jadi anda harus melihat poin ini sebagai keyakinan untuk menginap.


Rekomendasi untuk memilih hotel jenis tipe kapsul sebaiknya berlokasi di pusat kota dekat dengan segala aktifitas ekonomi, shopping, dan transportasi publik. Seperti di negara Jepang, dan di Jakarta lokasi mereka cukup dekat dengan pusat kota.

Kesimpulan.

Akhir tulisan ini mana yang terbaik diantara jenis ketiga hotel ini jenis melati, hostel, atau kapsul. Keputusan terhubung langsung dengan pembeli jasa yaitu anda sendiri. Cari jenis tipe hotel yang sangat cocok dengan jenis liburan anda. Jika anda ingin padu-padankan dengan beberapa hari untuk jenis hotel tertentu dan akan habis masa liburan menginap di hotel berbintang. Sah saja, karena anda yang akan menikmati liburan ini se-nyaman mungkin. Apapun pilihannya jenis hotel itulah yang sesuai dengan karakter selera anda. Selamat berlibur.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.