Langsung ke konten utama

Cara Cerdas Panduan Lengkap Wisata Ke Gunung Bromo Jawa Timur Menggunakan Bus | Kereta Api | Pesawat Udara | Kendaraan Pribadi

Gunung Bromo pesona alam yang akan menjadi liburan anda dengan keindahan yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Jika anda kesana ada beberapa cara panduan cerdas lengkap wisata dengan beberapa alternatif angkutan umum bus, kereta api, kendaraan pribadi, atau dengan pesawat udara. Kombinasi ketiga cara umum ini bisa dilakukan untuk sampai ke objek wisata terfavorit bagi turis lokal dan internasional, khusus untuk mobil pribadi ada trik khusus. Kegiatan liburan seperti ini banyak sekali dicari oleh para backpacker bahkan anda yang ingin mau berlibur di sini. Saya mencoba memberikan artikel tulisan panduan lengkap hemat serta termurah bagi backpacker mengenai pencarian keyword ini supaya liburan anda menjadi lebih terarah dan nyaman selama di perjalanan. Berikut penjelasannya Cara Cerdas Panduan Lengkap Wisata Ke Gunung Bromo Jawa Timur Menggunakan Bus | Kereta Api | Pesawat Udara | Kendaraan Pribadi.

Poto oleh: remotelands.com


SEKILAS GUNUNG BROMO atau MOUNT BROMO.
Gunung Bromo yang terletak 2.392 meter dpl ini mempunyai suhu yang sangat sejuk +/- 10 derajat sebagai destinasi wisata yang terletak di timur pulau jawa. Dengan dinginnya suhu disekitar lokasi gunung anda harus menyiapkan semua kebutuhan pendukung seperti jaket, sarung tangan, dsb untuk membantu anda pada saat di suhu dingin. Banyak para traveler mengunjungi objek wisata ini untuk melihat keindahan gunung di puncak berkumpulnya para wisatawan bersamaan dengan melihat matahari terbit, atau melihat wisata alah dengan wisata sosial penduduk lokal Suku Tengger. Jadi, inilah tempat paling indah untuk melihat sunrise pada pagi hari dengan pemandangan alam pegunungan.

PERJALANAN DIMULAI.
Perjalanan liburan ini bisa anda gunakan bus umum, kereta api, kendaraan pribadi dan pesawat udara. Untuk kendaraan pribadi rata-rata banyak digunakan bagi liburan keluarga yang membawa anak, istri, dan keluarga lainnya. Saya akan mencoba menjelaskan satu per satu agar semua reader bisa menggunakan informasi ini sebagai acuan untuk sampai ke Gunung Bromo.

1. Kereta Api.
a. Stasiun Malang.
Apabila anda menggunakan kereta api dari DKI Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Solo, dan kota satu jalur dengan kereta api ini bisa sampai ke tujuan kota Malang, apapun jenis jelas tipe kelas yang anda pilih sesuaikan dengan tipe apakah backpacker atau semi backpacker. Kenapa pilih tujuan kota Malang, karena dari kota inilah rute ke Gunung Bromo relatif dekat untuk estafet menggunakan bus umum menengah lainnya. Lama perjalanan dari DKI Jakarta menempuh perjalanan +/- 12 jam. Setelah anda sampai di stasiun akhir kota Malang harus menggunakan transportasi umum ke Terminal Arjosari dengan lama perjalanan +/- 30 menit dengan ongkos IDR3000 - IDR5000. Dari Terminal Arjosari lanjut menggunakan mobil menengah ELF dengan tujuan ke Cemoro Lawang dengan ongkos IDR25.000 [jam operasionalnya terbatas  jam 08:00 WIB dan 14:00 WIB]. Anda harus bersabar untuk menaiki bus umum karena harus menunggu penuh baru lanjut perjalanan. Setelah sampai Cemoro Lawang anda harus berjalan kaki menanjak ke atas dengan kondisi tanah berpasir sejauh 3-4 km. Tetapi cara ini sangat jarang dilakukan banyak melakukan sewa jeep untuk sampai ke tanjakan satu dan dua. Untuk proses naik jeep dapat anda ikuti prosesnya pada point ke nomor 2 dibawah ini [Menuju Gunung Bromo].

b. Stasiun Pasar Turi Surabaya.
Untuk kereta api kelas ekonomi sudah masuk ke stasiun ini pada pukul +/- 02:00 WIB. Kegiatan utama yang dilakukan adalah mencari tempat bersih-bersih dan ruang tunggu hingga menjelang pagi. Bagi anda muslim bisa melakukan ibadah fardhu setelah bersih badan atau mandi. Setelah semua siap, anda sudah bersih dan sarapan pagi disekitar Stasiun Pasar Turi serta sarapan pagi maka siap-siap berangkat ke Gunung Bromo. Gunakan bus umum menuju ke Terminal Bungurasih dengan ongkos IDR5000 dan estafet menggunakan bus ekonomi menuju Probolinggo seperti Bus Akas, Ladju, Restu, dsb dengan lama perjalanan +/- 5 jam sampai di Terminal Bayu Angga Probolinggo. Estafet terakhir menggunakan bus medium ELF warna hijau tua dengan tujuan Bromo dengan ongkos IDR20.000 - IDR25.000. Rata-rata bus ini pasti ngetem untuk menunggu penumpang penuh. FYI, bus ini hanya tersedia sebelum jan 16:00 WIB ya, jangan sampai ketinggalan. Setelah bus jalan anda harus turun di Cemorolawang untuk menuju ke Gunung Bromo. Tahap berikutnya bisa ikuti poin nomer 2 dibawah [Menuju Gunung Bromo].

2. Menggunakan kendaraan pribadi.
Meeting point dari kota Surabaya. Rute perjalanan menggunakan kendaraan pribadi adalah Surabaya-Porong-Pasuruan-Bangil-Probolinggo. Setelah memasuki daerah Probolinggo ada papan petunjuk yang harus anda ikuti ke arah Bromo. Ikuti saja jalan arah masuk tersebut dan anda harus membayar tiket masuk IDR45.000 per orang langsung parkir mobil pribadi anda yang akan diarahkan oleh petugas disana.

MENUJU GUNUNG BROMO
Di lokasi ini anda juga banyak menemukan mobil sewa jeep Hard Top yang siap melayani anda untuk sampai ke Gunung Bromo atau Mount Bromo.
FYI, untuk memakai mobil pribadi biasanya mereka mempersiapkan jadwal untuk melihat matahari terbit jadi sampai di lokasi ini sudah tengah malam. Pastikan seluruh pakaian hangat sudah anda persiapkan termasuk sarung tangan, topi, dsb.
Saat di parkiran mobil inilah anda harus sewa mobil jeep yang akan ditawarkan oleh pemilik mobil. Untuk musim liburan biasa harga dasar IDR300.000 dan untuk peak season bisa IDR500.000 dengan 2 lokasi tanjakan yaitu di Metigen dan Bromo. Untuk satu tanjakan untuk liburan sepi IDR300.000, jadi untuk dua tanjakan menjadi IDR600.000.
Untuk penanjakan yang dipilih tergantung dari keinginan anda untuk melihat sunrise lebih baik yang ke tanjakan kedua yaitu Metigen, karena pemandangannya jauh lebih baik dengan termasuk kawah gunung sebagai teras dari matahari terbit.
Perjalanan ini perlu dicermati menjadi perhatikan anda, kondisi jalan relatif bergelombang, berkelok, naik turun bukit dengan kemiringan +/- 75 derajat. Jadi fasten on your seat belt dengan kosentrasi harus full ya. Jauh perjalanan +/- 1,5 km cukup ada goncangan yang menenami perjalanan untuk sampai ke tujuan akhir.
Perjalanan dimulai pada saat tanjakaan ini pada saat mobil jeep ini berhenti dan anda harus berjalan kaki menuju ke spot tempat berkumpulnya para traveler lainnya. Anda jangan baper, banyak pejalan kaki yang sama dengan anda menuju lokasi tersebut. Ibarat mini hiking dan kekuatan kaki anda harus teruji disini, perjalanan ini akan menempuh jarak 1,5 km. 

3. Menggunakan Pesawat Udara.
Apabila anda menggunakan pesawat udara dari Jakarta-Surabaya. Untuk jenis pesawat bisa anda pilih sesuai dengan keinginan dan kenyamanan masing-masing. Gunakan bus Damri untuk sampai ke Terminal Bus Bungurasih Surabaya menuju Terminal Bayu Angga Probolinggo. Estafet terakhir menggunakan bus medium ELF warna hijau tua dengan tujuan Bromo dengan ongkos IDR20.000 - IDR25.000. Rata-rata bus ini pasti ngetem untuk menunggu penumpang penuh. FYI, bus ini hanya tersedia sebelum jan 16:00 WIB ya, jangan sampai ketinggalan. Setelah bus jalan anda harus turun di Cemorolawang untuk menuju ke Gunung Bromo. Tahap berikutnya bisa ikuti poin ke 2 diatas [Menuju Gunung Bromo].

PENGINAPAN HOTEL di GUNUNG BROMO.
Jangan khawatir untuk tempat penginapan di sekitar Gunung Bromo, jenis penginapan hotel bisa anda pilih sesuai dengan keingingan. Harga dimulai dari IDR150.000 - IDR500.000 an per malam. 

TIPS MENGUNJUNGI WISATA ALAM GUNUNG BROMO.
Setelah anda melihat matahari terbit dan panoram tambahan kawah bromo dapat turun ke padang pasir untuk menikmati berjalan dengan kuda sewaan. Untuk sampai ke puncak bromo juga bisa dengan menaiki beberapa tangga yang telah dipersiapkan. Hal yang perlu diperhatikan untuk berwisata di Gunung Bromo adalah sebagai berikut:
1. Jangan lupa membawa jenis pakaian yang bisa melindungi anda dari udara dingin selama wisata di Gunung Bromo seperti sweater, sarung tangan, topi, payung, serta sepatu yang cukup membantu anda untuk melangkah.
2. Apabila ingin menggunakan kendaraan mobil jeep untuk disewa harus pintar tawar harga agar mendapatkan harga yang sangat kompetitif. Sebaiknya menyewa mobil jeep di pintu gerbang masuk Bromo karena harga yang ditawarkan bisa lebih murah apabila anda menyewa di tempat pemberhentian tanjakan.
3. Sebaiknya berwisata ke Bromo pada musim panas agar maksimal menikmati panorama alam termasuk sunrise.
4. Trik untuk sewa kuda untuk mengitari padang pasir sebaiknya pemilik kuda yang menghampiri anda dengan posisi ketika pemilik berlawan arah dengan anda karena anda bisa mendapatkan harga cukup murah. Jangan sewa kuda pada waktu anda berangkat karena harga yang akan anda banyar akan menjadi lebih mahal.
5. Menggunakan mobil pribadi untuk sampai ke tanjakan tidak diizinkan.
6. Buang sampah pada tempatnya agar lokasi ini tetap bersih dan masih bisa dinikmati kenyamanan dan keasriannya.

Demikianlah komprehensif tulisan ini bagaimana cara lengkap wisata alam ke Gunung Bromo dengan berbagai cara dimulai dari kereta api, bus umum, kendaraan pribadi, hingga pesawat udara. Semua meeting pointnya di Surabaya atau Malang. Jadi, anda bisa sesuaikan mana yang sangat cocok dengan gaya karakter berlibur anda untuk sampai menikmati suasana alam di Gunung Bromo Jawa Timur Indonesia.

Tag: ke bromo dari jakarta naik kereta api.
biaya backpacker ke gunung bromo.
pengalaman ke bromo.
backpacker ke bromo dari jakarta | Malang | Surabaya.
rute bromo.
wisata gunung bromo.
tips ke bromo.

Komentar

  1. memang ga ada abisnya pesona indonesia, terutama bromo. bagi orang yang suka travel wisata alam sangat cocok.

    Nusa Penida Tours

    BalasHapus

Posting Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Jangan Lupakan Oleh-Oleh Khas Mesir Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Oleh-oleh khas Mesir sangat kaya unik dan banyak pilihan, pastikan anda harus membawa pulang ke tanah air sebagai kenang-kenangan untuk anda sendiri bahkan hantaran ke saudara atau teman di kantor. Banyak sekali jenis oleh-oleh khas yang dijual tentu yang akan dipilih paling direkomendasikan dan wajib untuk dibeli supaya tidak salah pilih. Apa yang unik di Mesir itu lah menjadi prioritas, berikut kami sampaikan daftar belanjaan saat anda ingin melengkapi traveling di Mesir tepatnya di kota Kairo sebagai pusat berburu oleh-oleh yang tentu saja harga yang sangat kompetitif dan terbaik. Berikut penjelasannya:

Tempat Belanja Murah Di Kuala Lumpur Malaysia Penggila Shopping Harus Kenal Daerah Ini

Mencari tempat belanja murah di Kuala Lumpur Malaysia sebagai destinasi yang selalu akan dicari oleh traveler Indonesia untuk melakukan shopping belanja untuk melengkapi destinasi wisata liburan di negara ini. Tempat ini cukup bisa diakses seluruh transportasi publik penting di Malaysia. Kalau dilihat jenis barang tertentu yang akan dicari memang tergantung dari budget yang dipersiapkan apakah cukup untuk sekali perjalanan shopping sebelum pulang ke Indonesia. Pecinta shopping harus sudah pasti tau disinilah tempat yang sangat pas untuk wara-wiri bakudapa dengan seluruh jenis benda yang akan dicari.