Langsung ke konten utama

Inilah Cara Lengkap Untuk Liburan ke Danau Toba Parapat Sumatera Utara

Menghabiskan masa liburan di Sumatera Utara tidak lengkap ke Danau Toba Parapat dan Pulau Samosir. Ada sebagian dari turis lokal Indonesia dan luar negeri selalu mencari keyword pencarian cara lengkap ke Danau Toba Parapat Sumatera Utara berbagai cara. Saya rasanya terpanggil untuk memberikan arahan yang sesuai dengan selera wisatawan termasuk anda yang ingin berlibur ke Danau Toba Parapat dan Pulau Samosir dengan biaya yang bisa dikatakan relatif murah serta sangat terjangkau. Semua ilustrasi penjelasan ini dapat disesuaikan dengan tingkat kenyamanan masing-masing.

Poto oleh: indonesia.travel

Poto oleh: Ares Jonekson Saragi's photos 
SELAYANG PANDANG DANAU TOBA DAN PULAU SAMOSIR.
Jika dilihat dari pemandangan Danau Tona terbentang sangat luas sepanjang mata memandang di tepi danau bertepi dengan Jalan utama bernama Si borong-borong Parapat, jika posisi di dataran tinggi bisa melihat pemandangan ini. Berhawa sejuk dengan hembusan angin khas diatas bukit mampu membuat anda sedikit kedinginan karena udara disekitar lokasi berhawa relatif dingin di pagi hari. Danau Toba dengan Pulau Samosirnya terbentuk akibat dampak dari letusan dari Gunung Api Toba sudah lebih dari ribuan tahun yang lalu. Akibatnya terbentuk sebuah danau yang cantik dan ditengahnya ada sebuah pulau bernama Pulau Samosir. Keindahan Danau Toba dan Pulau Samosir ini juga mempunyai peran sejarah Bangsa Indonesia, sejak 1 januari 1949 Presiden Pertama Soekarno pernah tinggal disini sekitar 2 bulan lamanya.

LOKASI DANAU TOBA.
Tempat menginjakan kaki di tepi Danau Toba adalah Parapat. Lokasi ini merupakan tempat berkumpulnya para wisatawan untuk berlibur ke Danau Toba. Parapat sendiri termasuk kedalam sebuah Kecamatan Girsang Sipanganbolok Kabupaten Simalungun Sumatera Utara. Lokasi ini sangat strategis merupakan meeting point untuk menuju Pulau Samosir.

PERJALANAN DIMULAI.
Meeting point awal keberangkatan dari DKI Jakarta menuju ke kota Medan Kualanamu. Tentu memilih pesawat udara bisa anda pilih sesuai dengan keinginan dimulai dari low cost hingga full service. Perjalanan dari Jakarta-Medan +/- 2 jam tanpa transit yang tentu membuat perjalanan sedikit melelahkan. Tetapi hal tersebut tidak menyurutkan anda untuk mengunjungi Danau Toba dan Pulau Samosir sebagai destinasi wisata. Bagi anda yang berada dari Kuala Lumpur bisa langsung ke kota Medan sudah ada pesawat berbasis low cost membuka penerbangan langsung. Jadi koneksi ke kota ucok ini sudah terbuka luas baik dalam dan luar negeri. Jika dilihat dari aspek geografi, mengunjungi Danau Toba bisa dari Kabupaten Tampanuli dan kota Medan. Karena turis lokal banyak memulai perjalanan dari DKI Jakarta maka saya ambil rutenya sebagai ilustrasi informasi.

ESTAFET DARI BANDARA KUALANAMU MEDAN MENUJU DANAU TOBA.
Menuju Danau Toba anda bisa memilih tiga opsi perjalanan, sesuai dengan kesukaan. Berikut caranya.

1. Langsung Menggunakan Pesawat Menuju Bandara Silangit.
Untuk langsung menuju Bandara Silangit anda tidak perlu keluar bandara, langsung ikuti saja penerbangan ini sampai ke tujuan. Setelah sampai di Bandara Silangit anda harus menggunakan taksi untuk sampai ke Danau Toba Parapat. Untuk taksi anda bisa tumpangi setelah pintu keluar sudah berjejer taksi menunggu penunmpang. Jarak antara Bandara Silangit ke Parapat +/- 77 Km.
Untuk Tarif taksi sudah borongan untuk 4 orang penumpang. Berikut informasi yang berhasil kami himpun tarif taksi.
a. Kabupaten Toba Samosir: Balige IDR200.000, Laguboti IDR225.000, Porsea IDR250.000, Lumban Julu IDR300.000, Sibisa IDR300.000, Alijata IDR350.000
b. Kabupaten Samosir: Tele IDR350.000, Samosir IDR400.000, Pangururan IDR400.000
c. Kabupaten Simalungun: Parapat IDR350.000, Siantar IDR500.000.
Khusus untuk anda menuju ke Danau Toba mengambil tujuan akkhir ke Parapat. 

2. Menggunakan Nice Trans.
Inilah cara termudah menuju ke Danau Toba menggunakan Nice Trans. Sejenis taxi dengan moda transportasi minibus yang ada pool nya di Bandara Kualanamu. Anda jangan panik dulu, transportasi ini memang taksi tetapi bisa sharing harga taksi dengan penumpang lain dengan tujuan yang sama. Jenis minibus yang mereka sewakan kepada penumpang seperti anda sekelas Xenia atau Advanza dengan jumlah sekitar 8 orang. Biaya yang cukup terjangkau untuk satu orangnya hanya IDR80.000 - IDR100.000 saja. Untuk rute ini mereka juga membuka layanan tidak hanya Medan Kualannamu ke Parapat saja tetapi Parapat ke Medan Kualanamu juga mereka layani. Jadi anda bisa mencoba cara seperti ini tidak perlu keluar bandara repot dan sebagainya.

3. Estafet keluar bandara ke Terminal Amplas. 
Anda bisa menggunakan Kereta Api bandara rail link turun di Stasiun Medan, kemudian estafet menggunakan angkot tujuan Terminal Amplas nomer 38/48 dengan biaya angkot IDR5000.
Setelah sampai di Terminal Amplas gunakan bus dengan tujuan Parapat. Perjalanan sekitar 170 km dengan waktu tempuh +/- 4 jam perjalanan dengan harga tiket IDR50.000. Sebaiknya anda menaiki bus Sejahtera karena bus ini akan berhenti di pool nya setelah di Parapat tepatnya di pom bensin purba namanya. Kemudian estafet menggunakan angkot menuju ke Danau Toba menggunakan angkot dengan ongkos IDR5000. Alasannya karena kenyamanan penumpang dan turunnya langsung di pool sendiri menjadi priotitasnya.

RINCIAN BIAYA PERJALANAN KE DANAU TOBA SAMOSIR.
1. Rute: Soekarno Hatta [CGK] - Silangit Siborong Borong [DTB].
Harga tiket pesawat normal: IDR1.782.000
Taksi [4 orang penumpang]: IDR350.000
2. Rute: Soekarno Hatta [CGK] - Medan [KNO]
Harga tiket: IDR1.250.000 estafet ke Silangit IDR290.000
Taksi [4 orang penumpang]: IDR350.000
3. Khusus Backpacker:
Menggunakan pesawat udara low cost dari Soekarno Hatta [CGK] - Medan [KNO]: IDR 1.070.000. Estafet menggunakan bus Sejahtera IDR50.000, dan menggunakan angkot ke Parapat IDR5000.
Total Biaya Murah bahkan terhemat estafet menggunakan bus umum kurang dari IDR1.200.000.

Dari rincian biaya ini apabila anda ingin berhemat burah serta terjangkau harus menggunakan cara estafet dimulai dari pesawat udara, bus, dan angkot sampai ke Parapat. Dari Parapa ke Danau Toba Samosir tidak terlalu jauh. Untuk penginapan banyak sekali pilihan di Parapat bahkan sangat terjangkau. Untuk menentukan penginapan yang akan anda pilih bisa bergabung kepada provider online yang bisa memberikan review terbaik atas hotel ataupun guess house sesuai dengan tingkat kenyamanan. Khusus untuk anda menggunakan taksi sebaiknya anda berangkat rombongan supaya biasanya bisa patungan untuk sampai ke lokasi. Semoga cara lengkap untuk liburan ke Danau Toba ini bisa menjadi hitungan atau kalkulasi biaya yang akan anda pilih sesuai dengan kocek belanja liburan nanti. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur. 

Komentar

  1. Tempat sangat menarik untuk liburan Rekomended banget.
    untuk budgenya berapaan yah k?
    thanks Gan

    BalasHapus

Posting Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.