Langsung ke konten utama

40 Makanan Khas Indonesia Yang Terkenal Di Dunia Lezat Gurih Ngangenin

Makanan ini termasuk khas di Indonesia yang sudah terkenal di seluruh dunia bahkan sangat enak lezat dan gurih terasa kangen jika tidak disantap membuat anda mungkin pusing tujuh keliling jika sudah tidak berada lagi di negeri tercinta ini alias merantau di nergeri orang. Sepele tetapi sangat penting karena urusan perut jika tidak cocok pasti langsung lari ke makanan kesukaan waktu berada di tanah air. Jenis makanan ini merupakan olahan dari penduduk lokal Indonesia yang sudah ada dari zaman dahulu hingga sekarang dan sangat mudah dijumpai di pedagang disekitar. Apa saja makanan khas Indonesia ini yang telah melelehkan lidah anda sehingga tidak akan pernah dilupakan sepanjang masa, Plesirankotatua telah merangkumnya menjadi pilihan yang sangat dicari oleh penduduk lokal dan traveler di seluruh dunia

1. Sambal.
Sambal matal. Poto oleh: id.tastemade.com

Beraneka jenis sambal yang ada di Indonesia membuat makan menjadi bersemangat bahkan bisa menjadikan pilihan utama untuk nyantap menu di sebuah tempat. Sambal sangat otentik bahkan cerminan kreasi nenek moyang yang telah menciptakan sejenis olahan cabe dengan berbagai jenis rempah lainnya yang tersaji siap bersanding dengan masakan lainnya. Jenisnya cukup beragam dimulai dari sambal matah, sambal cabe ijo, sambal terasi, sambel dabu-dabu, sambel balado Padang dan lain sebagainya siap memanjakan lidah dengan menu yang akan ada pesan di meja makan.

2. Sate.
Sate Padang. Poto oleh: pergikuliner.com

Tentu menu ini sangat akrab dengan aktifitas kita sehari-hari. Menu daging yang ditusuk di lidi ini dibakar dibara api telah menjelma menjadi masakan yang menghipnotis seluruh penduduk lokal hingga traveler seluruh dunia. Jenis beraneka macam dimulai dari Sate Padang, Sate Ayam, Sate Kambing, hingga olahan Sate Kelinci menjadi kuliner wajib yang harus dinikmati saat makan siang ataupun sebagai jajanan waktu berkumpul bersama keluarga dan teman.



3. Bakso.
Bakso Beranak. Poto oleh: uzone.id

Kuliner makanan khas dari Indonesia yang sudah terkenal kelezatan serta paling enak di dunia ini adalah Bakso. Olahan daging sapi yang dicampur dengan tepung dan bumbu rempah lainnya dibuat berbentuk bulat, penyajiannya ditambah dengan mie kuning atau soun putih bersama potongan tahu ataupun sayur sawi siap terhidang hangat diatas meja. Untuk jenis Bakso yang ada di Indonesia ada variasinya dengan ditambahkan kerupuk pangsit, jenis bakso urat, hingga ke bakso beranak. Inilah kreasi menu yang sudah mulai menjadi tuan rumah sendiri yang banyak dijual baik secara kaki lima hingga food court.

4. Soto.
Soto Lamongan. Poto oleh: cookpad.com

Makanan unik khas di Indonesia adalah jenis soto, kuliner khas terkenal di dunia ini paling enak di santap pada waktu cuaca dingin atau bisa dijadikan menu makan siang atau makan malam. Variasi jenis soto yang ada di Indonesia adalah Soto Padang, Soto Banjar, Soto Betawi, Soto Madura, Soto Kudus, Soto Lamongan hingga Soto kuah kuning menjadikan kuliner legendaris dan pasti akan anda cari jika menu keseharian yang membosankan. Penjualnya cukup banyak di seluruh daerah Indonesia yang mempunyai ciri khas dari penjual dari daerah asalnya.

5. Nasi Goreng.
Poto oleh: foody.id

Inilah kuliner Indonesia yang sangat akrab dengan kelezatannya serta gurih dan ngangenin. Cara pembuatannya sangat mudah bahkan bisa dibuat sendiri dengan bumbu sederhana dengan isian daging ayam, sea food, sosis, dsb. Jika di restoran akan ada tambahan acar timur dan cabe rawitnya membuat sajian ini bertambah berselera untuk disantap dengan sejumlah kerupuk yang siap menemani sepiring nasi goreng. Sebagai hidangan merakyat ini harus ditambah potongan timun dan kerupuk.

6. Gado-Gado.
Poto oleh: ulinulin.com

Menu yang tersaji dari sayuran dengan kentang ini ditambah saus kacang yang gurih menjadi pilihan sebagai makanan khas Indonesia yang mendunia serta terkenal. Termasuk jenis makanan enak ini sangat mudah sekali ditemukan disetiap sudut penjual di berbagai daerah di tanah air. Dengan bahan-bahan yang sangat mudah ditemukan seperti jagung manis, tahu, timun, hingga beberapa sayur hijau ini sangat sehat mempunyai serat yang cukup tinggi sehingga mampu disajikan di berbagai kesempatan sarapan pagi hingga kuliner senggang.

7. Nasi Uduk.
Poto oleh: travelingyuk.com

Populer sekali sebagai menu sarapan pagi apalagi sangat akrab dengan pegawai kantoran yang sudah antri untuk membeli dan siap disantap. Beras yang dimasak dengan santan kelapa kental ini menjadikan nasi yang sangat harum dan gurih apalagi ditambah dengan aneka lauk tambahan telor mata sapi, orek tempe dan teri, sambel, hingga mendoan ini mampu memulai aktifitas menjadi lebih bertenaga dan bersemangat.

Baca juga:
25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia
Makanan Khas Lezat Populer Di Laos
Makanan Tradisonal Khas Halal Brunei Darussalam Kesukaaan Traveler Indonesia
Makanan Khas Lezat Halal Populer Istambul Turki

8. Nasi Padang.
Poto oleh: takaitu.com

Dimana-mana ada nasi Padang, memang kenyataanya seluruh menu apa yang ada di warung makan Padang pasti akan laris manis karena cara membuatnya memperhatikan bumbu yang digunakan sehingga olahan apapun pasti akan terasa enak dan tak bisa terlupakan. Jenis yang paling disukai adalah ayam pop, olahan daging sapi dan ayam, sambel ijo, perkedel kentang, dan lainnya menjadikan tujuan makan siang anda tetap menjadi istimewa apalagi pilihan menu yang akan disantap sangat disukai atau favorit.

9. Ayam Goreng.
Poto oleh: vebma.com

Tersaji hangat diatas meja menjadi menu yang sangat populer. Hanya dengan menu ayam goreng saja sudah menjadi sebuah nama restoran yang melegenda hingga saat ini akan terus dicari dengan racikan bumbu yang sempurna untuk setiap potong ayam goreng, Sajian ini menjadi favorit untuk orang Indonesia bahkan traveler dunia yang menyukai kerenyahan daging ayam goreng dengan khas kremesnya membuat rasa makanan ini akan menjadi istimewa disetiap suasana.

10. Bakmi Godog Jawa. 
Poto oleh: goodindonesianfood.com

Olahan mie ini memang mulai disukai dengan aneka tambahan daging ayam kampung hingga telor muda yang siap menyatu untuk seporsi bakmi godog jawa. Terkenal dengan rasa yang gurih dan aslinya air kaldu yang digunakan bisa menjadi pilihan apakah berkuah atau goreng. Jenis ini sangat disukai terutama di daerah Yogyakarta sebagai surganya kuliner. Jangan lupa ditambah dengan acar timur dan rawit cocok disandingkan saat menyantap bakmi godog.

11. Gudeg.
Poto oleh: blog.reservasi.com

Masakan yang sangat disukai oleh Raja Yogyakarta ini menjadi kuliner yang harus wajib dicoba dengan gurihnya olahan nangka dengan telur rebus bulat ditambah dengan krecek membuat sepiring makan nasi gudeg begitu istimewa. Sudah menjadi kuliner zaman dahulu yang masih tetap eksis sampai sekarang dan tak akan tergantikan. Jadi, anda jangan lupakan gudeg jika berkunjung ke Yogyakarta yang merupakan kuliner khas Indonesia yang melegenda dan unik khas di seluruh penjuru dunia menjadi tujuan paling utama untuk berlibur disana.

12. Rawon.
Poto oleh: vebma.com

Daging yang direbus dengan kuah berwarna agak hitam ini berasal dari kluwek sangat khas dari Jawa Timur. Kuliner ini walaupun bentuk kuahnya hitam rasanya sangat gurih lezat dan nikmat. Dengan tambahan bumbu racikan lengkap dengan tambahan cabe rawit yang tersaji di sepiring rawon bisa anda nikmati di sarapan pagi atau makan siang. Sebenarnya bisa disetiap suasana, dengan isian daging sapi ataupun daging ayam ini bisa menjadi pilihan untuk setiap keinginan.

13. Pecel Lele atau Pecel Ayam.
Poto oleh: jajanjalanan.com

Makanan kaki lima ini sudah merajai seluruh kota di Indonesia sebagai kuliner khas dengan sajian lele goreng atau daging ayam goreng. Penyajiannya langsung hangat dengan tambahan potongan timun dan kol ini ditambah dengan sambal yang siap membuai makan malam anda. Untuk penyajian yang sangat istimewa ini juga bisa ditambah dengan tempe atau tahu goreng sebagai pelengkap lauk yang telah anda pilih.

14. Opor Ayam.
Poto oleh: adakuliner.com

Hidangan ini sangat akrab disajikan di Lebaran dengan tambahan lontong atau ketupat menyemarakan suasa. Terbuat dari daging ayam yang dicampur dengan bumbu pilihan sebagai kuahnya adalah santan kental yang siap dituangkan di seporsi ketupat yang bisa anda nikmati. Tanpa anda opor ayam tidak akan sempurna suasana Lebaran sebagai hari terbaik untuk berkumpul bersama keluarga.

15. Mie Ayam.
Poto oleh: teropongbisnis.com

Merupakan menu wajib yang dicoba saat di sore hari dan malam hari. Banyak sekali penjual yang menyajikan menu mie ayam ini dengan berbagai bentuk olahan yang ditambah dengan ceker ataupun kerupuk pangsit sebagai pelengkap. Penyajiannya sangat sederhana tetapi rasanya sangat luar biasa dan tidak bisa dilupakan. Menu merakyat ini telah mengakar dan disukai semua usia sebagai kuliner yang sangat terjangkau sekali harganya.

16. Gulai.
Poto oleh: tentangkuliner.wordpress.com

Jenis gulai dengan warna kuning ini sebagian traveler dunia menyebutnya curry. Tetapi curry disini berbeda dengan curry India, khas Indonesia dengan bumbu yang spesial dari tanah nusantara. Variasi jenis isian yang bisa dijumpai dimulai dari daging sapi, daging ayam, sea food, hingga tahu tempe juga cocok disajikan di meja makan. Tidak hanya itu, pilihan gulai ini sudah banyak menjadi pilihan wajib saat berwisata di seluruh objek yang ada di Indonesia sebagai menu yang khas enak dan tak terlupakan.

17. Bubur Ayam.
Poto oleh: commons.wikimedia.org

Sarapan yang sangat cocok sekali dengan bubur ayam ditambah dengan kacang dan suiran daging ayam. Apabila anda menyukai juga ditambah dengan tusukan telur puyuh serta sambal dan siap menggoyang lidah anda sebelum memulai aktifitas kerja. Sebenarnya bubur ayam ini merupakan kuliner simpel dan dangat mudah dijumpai dengan rasa yang bisa masuk ke semua umur. Cocok untuk makanan sambilan saat menikmati suasa pagi ataupun malam yang sudah mulai banyak dijumpai di pusat keramaian kota.

18. Asinan Sayur dan Asinan Buah.
Poto oleh: ajibdelivery.wordpress.com

Sangat populer di Sunda juga menjadi kuliner yang sangat disukai di seluruh dunia. Menu yang sangat mudah ditemukan ini berisikan jenis sayuran atau buah segar yang dibuat menggunakan bahan yang terpilih sangat cocok sebagai menu diet bahkan seger-seger di siang hari. Sudah menjadi trend di anak muda yang ingin mendapatkan makanan sehat yang berserat dapat memilih asinan buah atau asinan sayuran yang bisa anda dapatkan dengan mudahnya di Indonesia.

19. Cah Kangkung.
Poto oleh: resepmakanansedap.com

Olahan sayur kangkung yang juga sering dijumpai di tempat makan yang mereka namakan cah kangkung. Sayuran yang dimasak dengan cara ditumis dengan bawang putih atau bawang merah ini bisa juga dipadukan dengan sea food terasa enak dan gurih. Sayuran kangkung sangat banyak berlimpah di Indonesia menjadikan olahan ini terbentuk dengan bumbu sederhana bisa terasa seperti menu bintang lima.

20. Pepes Ikan.
Poto oleh: id.tastemade.com

Ikan yang dibungkus dengan daun pisang ini yang berisikan aneka bumbu rempah dan rasanya cukup pedas dan cocok sekali sebagai lauk pendamping makan siang. Banyak sekali jenis ikan yang digunakan tetapi citra rasa pedas hampir sama tetapi rasa ikannya tentu akan gurih jika jenis yang akan dijadikan pepes. Proses memasaknya dikukus dan akan terasa harum saat tersaji karena bumbu yang dipakai sangat alami pasti akan menggugah selera anda. 

21. Pempek.
Poto oleh: kicaupalembang.com

Menu yang terbuat dari tepung tapioka ini berbahan dasar ikan belida atau ikan lainnya menjadi hidangan yang telah digoreng terasa ikan khas menjadi lezat bersama saos cuka yang terbuat dari gula merah. Memang untuk mendapatkan pempek ini tidak sulit harus dari pedagang yang menggunakan bahan terpilih sehingga kelezatan menu ini bisa anda nikmati sepanjang masa. Untuk bentuk dan ukuran bisa bermacam-macam dimulai dari lenjer, kapal selam, ataupun berbentuk bulat. Tetapi variasi yang cukup unik adalah pempek panggang yang berisikan ebi kering yang gurih nikmat serta lezat.

22. Perkedel.
Poto oleh: smileambon.com

Dapat dijadikan sebagai kudapan ataupun penambah lauk di makanan bisa dari kentang ataupun dari jagung. Jenis bumbu yang ditambahkan seperti bawang merah, bawang putih, garam, serta bumbu lainnya ini menjadikan sebuah perkedel hangat bisa anda nikamti. Tidak perlu waktu yang cukup lama untuk menyiapkannya bisa dibuat dirumah dengan gaya anda. Untuk memakannya bisa anda tambahkan cabe rawit untuk tercipta rasa pedas.

23. Martabak.
Poto oleh: id.tastemade.com

Adonan dari tepung terigu yang telah dibuat siap untuk dimasak di nanpan berbentuk bundar dengan ukuran sedang. Campuran lain yang ditambahkan saat dimasak adalah gula, cokelar, keju, margarin, dan susu kental manis ini menjadikan kudapan yang siap anda nikmati dan juga bisa dijadikan sebagai bawaan seluruh keluarga. Untuk jenis martabak lainnya juga tersedia tetapi isiannya tidak manis seperti martabak telor atau martabak mesir dari Padang. Kulineran ini sangat populer bahkan menjadi kuliner yang harus anda coba dalam suasana apapun.

24. Sayur Asem.
Poto oleh: khasiat.co.id

Bentuk kuah yang cukup bening ini berisikan aneka sayuran seperti kacang panjang, nangka, jagung manis, kacang, melinjo, dan lainnya. Terasa segar cocok sekali dipadukan dengan sambel tarasi dengan tahu dan tempe goreng. Dengan menu sederhana ini akan selalu ngangenin bahkan bisa menjadi andalan saat makan siang atau malam.

25. Sop Buntut.
Poto oleh: rajakuliner.com

Jenis masakan yang sangat terkenal dan khas dari Indonesia tidak pernah bosan adalah Sop Buntut, Sop yang tersaji dengan buntut sapi yang lumer di mulut dan gurihnya kuah sangat cocok di cuaca dingin. Campuran dengan sayuran wortel dan kentang menjadikan kegurihan tetap terasa sampai tetes terakhir. Untuk satu mangkok sop buntut ini sangat cocok dengan satu piring nasi yang ditaburi dengan bawang goreng dengan sambal dan jeruk nipisnya.

26. Ketoprak.
Poto oleh: makananseru.blogspot.co.id

Sangat sederhana dengan bahan tahu goreng, toge, dan soun dicampur keselurannya dengan kuah kacang menjadi kuliner enak ini sangat fenomenal bersama kerupuk. Walaupun sederhana yang dijual di gerobak tetap menjadi fansnya masakan Indonesia ini tetap menanti kedatangannya. Terkenalnya makanan khas ini banyak ditemukan disetiap kota di Indonesia ini telah membius penikmat kuliner ini di seluruh dunia ke penduduk negara lain.

27. Terong Balado Padang.
Poto oleh: resepmasakandapurindonesia.blogspot.com

Terong digoreng dicampur sambel saja sudah menjadikan makanan khas unik Indonesia yang sangat terkenal gurih dan enaknya. Memang kenyantaannya, kuliner ini sebagian orang menyebutnya ndeso tetapi sudah membekas dipikiran dengan gurihnya terong pedasnya samba gorengnya nya. Kombinasi ini sangat cocok ditemani dengan nasi panas yang bisa anda nikmati disetiap segala suasana.

28. Lontong Sayur.
Poto oleh: trenzing.id

Menu sarapan yang disukai oleh seluruh penduduk Indonesia ini juga terkenal lezat dan khas penyajiannya. Bahan pokoknya adalah ketupat ataupun lontong dkengan kuah santan berbahan gulai tauco ataupun gulai nangka sangat disukai. Mungkin di beberapa daerah di Indonesia ada perbedaan penggunakan bahan sayuran seperti di betawi menggunakan pepaya muda sedangkan di Padang menggunakan buncis, sayur pakis ataupun nangka. Jenis apapun sangat cocok dijadikan menu sarapan pagi sebelum beraktifitas.

29. Rendang Daging Sapi.
Poto oleh: seruni.id

Kuliner makanan khas yang berasal dari Ranah Minang Sumatera Barat ini sudah enak dan hanya berasal dari bagian daerah Indonesia ini. Populer dari masa ke masa ini telah menjadi sebuah identitas arti sebuah masakan untuk digunakan sebagai penyambutan tamu atau penghormatan terhadap suatu acara penting di Ranah Minang. Dengan lezatnya menu masakan ini sudah bisa dinikmati dalam berbagai kesempatan tidak hanya acara penting saja. Rahasia enaknya bumbu lengkap dan proses masak yang sangat lama menjadikan hidangan lezat ini sangat fenomenal bagi seluruh traveler di seluruh dunia.

30. Tahu Gejrot.
Poto oleh: pintuwisata.com

Penjual tahu gejrot ini banyak sekali ditemukan disudut jalan terutama waktu pulang kerja. Abang yang menjual dengan gerobak yang dipikul disiapkan dengan satu mangkok yang berisikan potongan tahu goreng dengan kuah yang telah dicampur dengan bumbu bawang putih dan cabe rawit serta garam. Rasanya sangat merakyat ini cocok sekali dijadikan kudapan mengisi waktu senggang dan teman ngobrol bersama teman-teman.

31. Sop Kambing.
Poto oleh: foody.id

Olahan daging kambing ini bisa menjadikan sebuah menu masakan khas Indonesia yang sangat terkenal yang berasal dari negeri tercinta ini. Dengan cara khusus yang bisa terhidang daging kambing berkuah yang tidak ada bau prengusnya ini dipadu dengan bumbu lengkap yang siap menggoyang lidah anda. Dengan enaknya hingga memanggil untuk dicicipi juga dirasakan oleh seluruh traveling dari seluruh negara di dunia ini mencoba kuliner asli dari Indonesia ini untuk dicicipi.

32. Siomay.
Poto oleh: dev.cariresep.com

Menu yang banyak dijajakan si abang-abang dengan sepeda dan perlengkapan siomainya siap menanti para pembeli. Siomay sangat akrab dilingkungan perumahan dan tempat makan sebagai menu waktu jajan ataupun dijadikan kudapan ringan. Aneka jenis isian dimulai dari tahu bakso, pare, kentang, hingga bakso yang dibalur dengan kuah kacang kental dengan saos dan siraman kecap melumerkan kangen makanan ini menjadi terjawab. Sekarang sudah menjadi makanan khas Indonesia yang terkenal di seluruh dunia ini paling enak dan unik dari jaman dulu sampai sekarang makan banyak penjualnya.

33. Ikan Bakar.
Poto oleh: alchetron.com

Untuk menu ini bisa bermacam ikan yang bisa dijadikan menu dibakar dengan siapan bumbu kuning dari aneka rempah yang dihaluskan. Dipanggang diatas bara api dari batok kelapa ini membuat rasa ikan bahkan jauh berbeda karena panggangan yang masih tradisional menjadikan menu ini spesial dan di santap di pinggir pantai sangat direkomendasikan. Biasanya ikan yang sangat populer adalah ikan kerapu, ikan bawal, ikan tenggiri, dan lainnya sesuai dengan musim banyak ikan. 

34. Olahan Daun Pepaya.
Poto oleh: harianresep.blogspot.co.id

Dengan suburnya tumbuh pepaya di Indonesia tidak hanya buahnya saja dikonsumsi tetapi juga daunnya. Olahan daun pepaya dengan baik dan benar akan menghasilkan hidangan yang sangat lezat apalagi ditambah dengan parutan kelapa yang telah diberi bumbu mampu menjadi menu yang spesial. Tidak ada rasa pahitnya malahan menjadi gurih dan nikmat. Sandingkan dengan menu ikan bakan dan lauk pauk goreng akan mempertinggi rasa.

35. Otak-otak.
Poto oleh: nesia.id

Olahan dari tepung tapioka dan ikan berpadu dalam adonan yang dibungkus dengan daun pisang dimasak diatas bara api. Bahan-bahan dari hasil laut yang digunakan adalah jenis ikan yang telah diberi bumbu rempah pilihan siap dihidangkan diatas meja setelah masak dibakar oleh penjual. Untuk dikonsumsi harus ditambah dengan cocolan saus kacang yang manis gurih ini telah menjadi makanan khas enak lezat dari Indonesia dan sudah tercatat sebagai kuliner wajib yang harus dicoba.

36. Bebek Goreng.
Poto oleh: hibunda.com

Hidangan yang banyak dijual di kaki lima ini juga disukai bahkan laris manis jika pengolahan rasanya terbaik. Biasanya tersaji dengan bumbu sambel ijo yang cocok sebagai lauk untuk makan malam. Biasanya pedagang akan menggelar dagangannya di malam hari karena sangat cocok suasanya. Pedangang yang mayoritas berasal dari jawa ini sangat pintar mengolah daging bebek goreng ini renyah dan tidak alot digigit.

37. Aneka Gorengan.
Poto oleh: life.idntimes.com

Inilah menu yang sangat fenomenal, jenis banyak dan harganya sangat murah. Seperti pisang, tahu, tempe, tape, ketan, bakwan, combro, misro, dan lainnya menjadi kudapan yang paling banyak dipilih untuk mengisi waktu kerja ataupun waktu senggang. Penjualnya sangat banyak sekali dimulai dari perapatan hingga dijajakan ke kompleks perumahan. Gorengan ini sangat lezat bahkan menjadi olahan asli oleh penduduk lokal Indonesia yang khas gurih serta mendunia ini menjadikan kuliner buruan yang harus mereka coba.

38. Coto Makasar.
Poto oleh: boardgame.id

Sebenarnya termasuk dalam soto dengan isian daging sapi dan tulang iga yang siap tersaji diatas meja dengan bantuan pisau kecil untuk memotong daging yang masih melekat di tulang. Jika anda berminat pakai tulang sum-sum kaki sapi bisa disediakan sedotan untuk slurup isiannya yang sangat lezat. Olahan dari Makasar ini menjadikan kuliner favorit Indonesia yang hanya ada di negeri ini. Sudah terkenal kelezatannya gurih serta terkenal ke seluruh dunia.

39. Nasi Pecel.
Poto oleh: makankeliling.com

Sebenarnya olahan ini dari sayuran segar yang dicampur dengan bumbu kacang disajikan bersama nasi hangat. Nasi pecel ini sangat populer di pulau Jawa bahkan telah bisa disandingkan dengan menu lainnya yang siap dipilih sebagai makanan hari ini. Memang tidak banyak pedagang yang menjualnya tetapi lebih banyak ditemukan dipusat wisata di pulau Jawa. Rasanya gurih enak ditambah dengan rempyek dan aneka toping seperti empal goreng, tahu dan tempe bacem, hingga tusukan telur puyuh rebus.

40. Seblak.
Poto oleh: travelingyuk.com

Sebenarnya menu ini termasuk jajanan sore atau khusus untuk anak sekolahan. Awalnya disukai oleh anak-anak sudah merambah keseluruh generasi umur. Terbuat dari kerupuk rasa bawang atau udang yang telah direbus ditambah dengan bumbu rempah yang telah ditumis, bisa ditambahkan aneka isian seperti daging sapi, daging ayam, ikan, sosis, ceker ayam, hingga telor yang diorek. Rasanya sangat istimewa bahkan bisa menjadikan menu sore yang indah serta mengisi waktu senggang bersama teman atau keluarga.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.