Langsung ke konten utama

Pertanyaan Apa Saja Yang Sering Ditanya Oleh Petugas Imigrasi Saat Membuat Paspor Bahkan Terulang Lagi Saat Masuk Ke Pintu Pengecekan Dokumen Di Bandara Negara Tujuan

Pengalaman saat melakukan traveling ke luar negeri tentu sangat baik untuk dibagi kepada rekan yang ingin mengetahui pertanyaan apa saja yang sering ditanyakan oleh petugas imigrasi saat memasuki negara tujuan wisata, rata-rata pertanyaannya relatif sama. Memang untuk mengorek informasi dari traveler yang sedang berlibur ini untuk memastikan bahwa turis memang untuk berlibur bukan untuk mencari pekerjaan. Sudah tentu pasti semua pertanyaan ini selalu akan ditanyakan tidak jauh-jauh dari perjalanan trip traveling, apabila dari interview pertanyaan yang diajukan oleh petugas imigrasi ini ada saja turis yang tidak diperkenankan masuk karena ada masalah tertentu atau harus dilakukan interograsi lebih lanjut di ruangan khusus sebelum diizinkan masuk.

Kami ingin sharing pengalaman pertanyaan apa saja yang sering sekali ditanyakan kepada turis oleh petugas imigrasi saat berada di gate pemeriksaan paspor sebelum turis diizinkan masuk setelah paspor di cap oleh petugas. Pastikan anda harus bersiap-siap menunggu giliran karena sudah tentu pasti cara ini lah yang selalu dilakukan oleh negara tujuan untuk mengetahui apakah pembawa paspor sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

#1. Apakah Anda Masih Sekolah atau Sudah Bekerja?
Khusus traveler pemula dan banyaknya generasi milenial melakukan traveling pertanyaan ini sudah tentu pasti akan terlontarkan oleh petugas imigrasi. Dengan raut wajah yang masih terlihat muda apakah sudah bekerja atau masih sekolah masih wajar ditanyakan, apabila salah satu pertanyaan ini ditanyakan anda harus menjawab jujur dan jangan berbohong. Jika telah bekerja dijawab iya dan ditanya dimana sebutkan nama perusahannya. Apabila masih sekolah dijawab jujur, ada niat untuk berbohong akan menyusahkan anda sendiri.

#2. Apakah Anda Telah Menikah atau Single?
Memang saat membuat paspor di kantor imigrasi memang ada interview petugas bertanya seperti ini, dan terkadang saat di pemeriksaan di pintu pengecekan paspor di bandara juga ditanyakan pertanyaan yang sama walaupun dalam suasana lain. Pertanyaan ini memang dilihat dari segi umur atau wajah, jika petugas bertanya anda jawablah sejujur-jujurnya, dan pastikan semua dokumen pendukung lainnya bisa anda tunjukan jika petugas bertanya untuk melihatkan dokumen seperti KTP sebagai bukti selain paspor. Memang di luar negeri tidak sampai seperti ini tetapi di petugas imigrasi saat pembuatan paspor pengecekan kesemua dokumen pendukung selalu mereka teliti dan rinci, dan diluar negeri tidak sampai menunjukan ID lain tetapi tetap dijawab dengan jujur.



#3. Apakah Ada Tabungan Cukup Saat Traveling?
Melakukan perjalanan taveling butuh dana ekstra untuk antisipasi hal yang kemungkinan terjadi di negara tujuan nanti. Tabungan memang sudah menjadi keharusan setiap turis memilikinya, untuk masalah jumlah memang relatif tetapi cukup untuk menopang selama anda hidup di negara orang sebagai turis. Untuk petugas imigrasi saat pembuatan paspor memang ditanyakan jika saat interview anda berencana melakukan perjalanan ke negara tertentu, saat anda membuat visa untuk kunjungan negara tertentu juga ditanyakan berapa jumlah tabungan anda saat melakukan pengajuaan visa sebagai pertimbangan bahwa anda layak untuk memasuki negara tersebut. Pertanyaan ini sering ditanyakan saat pembuatan paspor dan pengajuan visa masuk untuk negara tertentu saat traveling nanti.

#4. Apakah Anda Pernah Berlibur Waktu Sebelumnya?
Saat membuat paspor memang pertanyaan ini selalu ditanyakan karena petuga imigrasi akan memperhatikan apakah baru membuat atau telah pernah membuat tetapi masa berlakunya telah habis. Untuk proses pengurusannya memang lebih mudah jika dibandingkan dengan anda yang baru membuat, data yang telah di record oleh imigrasi menjadi lebih mudah diakses. Khusus saat anda akan melakukan traveling di pintu pengecekan paspor ada petugas mengajukan pertanyaan ini saat scanning di mesin paspor. Jawablah sejujurnya, apabila anda baru pertama kali atau telah berulang kali jawab sesuai keadaan sebenarnya. Karena saat paspor di scan di mesin pembaca data muncul rincian kedatangan dan keberangkatan anda di negara tertentu. Jadi, anda tidak bisa mengelak jika saat pertanyaan ini diajukan maka petugas akan selalu melakukan cross check dengan sistem imigrasi.

Poto oleh: ftnnews.com

#5. Apakah Anda Sehat Satu Tahun Terakhir?
Untuk melakukan perjalanan nanti tentu saja kesehatan menjadi hal yang paling utama. Saat pembuatan paspor saja petugas imigrasi akan melihat fisik kesehatan anda secara langsung, jika ada indikansi sakit akan terhambat karena petugas akan memprioritaskan masyarakat yang mempunyai kesehatan prima. Saat memasuki negara tujuan juga hampir sama, di musim tertentu apabila penyakit tertentu sedang mewabah dengan massive maka saat masuk ke pintu pemeriksaan akan dipasang detektor suhu yang bisa deteksi langsung keadaan suhu saat turis akan memasuki gate pemeriksaan paspor. Apabila suhu tubuh anda tinggi maka detector ini alarm akan berbunyi dan anda segera diperiksa secara intens oleh tim medis negara tujuan. Jika tidak memungkinkan untuk melakukan perjalanan anda terpaksa dipulangkan kembali ke tanah air oleh petugas yang bersangkutan.

Baca juga:
Waspada Random Checking Petugas Imigrasi Negara Saat Traveling

#6. Apakah Ada Keluarga Di Negara Tujuan Nanti?
Memang referensi keluarga yang ada di negara tujuan akan mendapatkan atensi paling tinggi bagi petugas imigrasi saat membuat paspor nanti. Begitu juga saat anda membuat visa masuk di negara tujuan tertentu, dengan adanya keluarga atau referensi dari institusi yang penting maka proses untuk mendapatkan semua yang berhubungan dengan imigrasi untuk traveling nantinya. Pemeriksaan di pintu pengecekan paspor biasanya tidak ada pertanyaan ini, petugas hanya mengecek validitas dokumen penting lainnya yang harus disertakan saat masuk di negara tertentu.

#7. Apakah Traveling Sendiri atau Rombongan?
Perjalanan traveling ke negara tujuan tertentu saat membuat paspor ada petugas menanyakan melakukan perjalanan nanti apakah dilakukan sendiri atau rombongan. Pertanyaan ini hanya sekilas saja saat petugas melakukan pemeriksaan beberapa dokumen pelengkap tetapi tetap dijawab dengan jujur. Begitu juga saat pemeriksaan paspor di negara tujuan ada juga pertanyaan nyeleneh ini ditanyakan saat petugas ingin berkomunikasi dengan turis seperti anda dengan pertanyaan simple. Prediksi ini memang tidak bisa ditebak karena petugas tentu akan memberikan pertanyaan tanpa diduga  dan terkadang bikin kaget. Tetap prinsip jujur adalah modal paling utama untuk lolos pemeriksaan di pintu pengecekan paspor nantinya.

#8. Berapa Lama Periode Traveling Nanti?
Traveling ke negara tujuan tentu saja sudah ada waktu yang dipersiapkan untuk menghabiskan masa liburan. Pertanyaan ini menurut kami cukup realistis karena alasan membuat paspor kebanyakan liburan di negara tujuan di luar negeri, terasa jengkel memang tetapi tetap maklum karena mau tidak mau prosedur ini memang harus diikuti. Memang sedikit pribadi tetapi hal yang sama juga ditanyakan oleh petugas imigrasi di negara tujuan terlontar pertanyaan kepada turis saat diperiksa paspor mereka. Menurut kami jawab saja dengan jujur dan pastikan anda tetap tidak berbohong.

#9. Dimana Anda Akan Menginap?
Ini lah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh petugas imigrasi saat membuat paspor dan petugas lainnya saat berada di pintu pemeriksaan di negara tujuan. Traveling tentu saja telah memilih tempat penginapan atau hotel, dan juga telah diisi pada kartu atau kertas imigrasi yang akan diserakan saat masuk bersamaan dengan paspor di mesin scan. Petugas harus mengetahui bahwa turis masuk ke negara mereka memang turis yang tidak nge-gembel. Buat lah jawaban sejujur mungkin jika diperlukan tunjukan bukti tempat penginapan hotel kepada petugas untuk memberikan kenyakinan tempat anda stay sementara nanti.

#10. Rencana Perjalanan Ke Negara Mana?
Pertanyaan yang sering sekali ditanyakan oleh petugas imigrasi saat membuat paspor. Tujuan membuat paspor tentu saja ada tujuan yaitu mengunjungi negara favorit untuk liburan. Anda harus memberikan jawaban jika ingin mengunjungi beberapa negara juga disebutkan. Interview seperti ini dimulai saat dokumen pendukung dikumpulkan hingga saat verifikasi oleh petugas lainnya. Kalau di negara tujuan tidak ditanya karena pemeriksaan dokumen lengkap saja yang akan diperiksa serta validitas semua asli dan akurat.

Apapun jenis pertanyaan yang akan ditanyakan oleh petugas paling penting anda harus menjawabnya dengan jujur tidak dibuat buat atau hoax. Jika ada niat seperti ini pasti akan mengalami kesulitan dan akan terbentur dengan jawabanya yang anda sampaikan tidak sesuai dengan fakta yang dibawa. Jadi, traveler yang smart akan menyampaikan semua data yang benar dilengkapi dengan bukti yang benar pula agar perjalanan traveling nanti sesuai dengan rencana dimulai dari proses sampai dengan pemeriksaan paspor di gate khusus di negara tujuan. Dengan random check yang harus detil dan rinci sudah tentu pasti tidak bisa diprediksi yang penting anda telah mempersiapkan semua dokumen memang sesuai dengan keadaan sebenarnya.


Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Keuntungan Kerugian Pesawat Mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP]

Pada saat sekarang sudah ada penerbangan yang mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP] tidak hanya di Cengkareng Soekarno Hatta saja menjadi destinasi utama. Beberapa penerbangan yang mendarat di HLP ini dimasukan kedalam destinasi lain untuk sampai ke kota Jakarta dengan mengurangi penerbangan yang cukup sibuk di Soekarno Hatta yang telah melayani take-off dan landing dengan jarak waktu yang cukup sempit. Nah, dipilihnya Halim Perdana Kusuma untuk mengurangi kesibukan dari lokasi Cengkareng Soekarno Hatta tersebut sudah benar adanya. Ada sebagian orang yang sudah terbiasa dengan Cengkareng Soekarno-Hatta untuk menjadi destinasi mendaratnya pesawat dengan beberapa fasilitas penghubung antara terminal dan konektifitas antara bandara dengan kota Jakarta sedikit agak enggan memilih Bandara Halim Perdana Kusuma. Ada sebagian berpendapat nanti bagaimana setelah sampai disana, terus bagaimana sampai ke kota Jakarta menggunakan akses transportasi seperti apa. Mungkin masih banyak lagi.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Cara Mendaki Daki Pendakian Gunung Singgalang Sumatera Barat | Hiking Mount Singgalang

Pertualangan alam tidak ada habisnya saatnya cara-mendaki-daki-pendakian-Gunung-Singgalang-Sumatera-Barat|Way-hiking-Mount-Singgalang menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta alam seluruh penjuru dunia. Sudah termasuk dalam destinasi wisata alam dengan ketangguhan kedua kaki siap menguji seberapa tinggi kekentalan andrenalin anda untuk bisa daki-Gunung-Singgalang dengan gayanya tersediri. Proses pendakian membutuhkan informasi yang cukup agar perjalanan ala pecinta alam bisa selamat dan menjadi pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.