Langsung ke konten utama

Wisata Alam Ulu Kasok Sebagai Mini Raja Ampat di Kampar Riau

Wisata-Alam-Ulu-Kasok-Raja-Ampat-Kampar-Riau. Sempat juga saya mengunjungi Pekanbaru untuk melihat Wisata-Alam-Ulu-Kasok sebagian orang menyebutnya mini-Raja-Ampat di Pekanbaru Riau. Memang informasi yang lengkap di internet sangat kurang tetapi tidak menyurutkan rasa ingin tahu saya untuk sampai lokasi wisata baru ini. Lokasi jalan tempat wisata mini Raja Ampat Ulu Kasok ini terletak di alamat Pulau Gadang XIII Koto Kampat, Tanjung Alai, Kabupaten Kampar Riau dengan kode pos 28554. Perjalanan dari kota Pekanbaru cukup lancar dan sedikit jauh tidak menyurutkan saya untuk melihat apa sih yang ada di Raja Ampat Kampar yang menjadi viral beberapa waktu ini Sebelum saya mengunjungi ke lokasi ini bersama kolega yang sama-sama ingin ke lokasi ini untuk mengobati keinginan untuk mendatangi karena informasi masih minim jadi saya ingin menuliskan pengalaman saya setelah melihat sendiri.

Pintu Masuk Wisata-Alam-Ulu-Kasok-XIII-Koto-Kampar-Riau

Perjalanan yang saya lakukan dimulai dari kota Pekanbaru Riau menggunakan kendaraan minibus pribadi. Lama perjalanan +/- 2,5 jam dimulai pada pukul 10:00 pagi setelah kami wara-wiri ke pusat kota. Rute yang kami tempuh jalan raya menuju ke Bangkinang terus sampai ke PLTA Kota Panjang. Inilah jalan utama menuju Raja Ampat Kampar  Inilah petunjuk awal yang saya sampaikan kepada rekan semua. Setelah menemukan PLTA ini anda tetap terus berjalan +/- 2 km menuju lokasi Wisata Alam Ulu Kasok Mini Raja Ampat Kampar Riau dengan menemukan lokasi parkir mobil disebelah kiri yang sudah menanti saya untuk berhenti. Setelah berhenti saya dan rekan parkir mobil di lokasi yang disediakan oleh pengelola dengan membayar biaya parkir IDR10.000 untuk kendaraan roda empat.

PERJALANAN MENUJU LOKASI.
Setelah mobil parkir di lapangan saya harus menempuh perjalanan yang cukup menguras stamina dengan rute jalan sebanyak 3 tanjakan. 
TANJAKAN PERTAMA: agak sedikit landai dengan kemiringan bukit sekitar 30 derajat yang sangat enteng untuk pemanansan, dengan panjang +/- 700 meter. Lokasi tanjakan perjama ini bisa digunakan oleh pengunjung yang membawa kendraan roda dua untuk parkir di area yang telah disiapkan oleh pengelola yang datar.

Lokasi Parkir dan Tanjakan Pertama Wisata-Alam-Ulu-Kasok-Raja-Ampat-Kampar-Riau.

TANJANKAN KEDUA: inilah tanjakan yang mempunyai kemiringan hampir 45 derejat dimana saya harus menguras tenaga untuk menaiki tanjakan ini. Sebelum menempuh perjalanan saya harus membayar biaya tiket masuk untuk satu orang IDR5000. Banyak pengunjung lainnya ngos-ngosan setelah mendaki jalan ini karena tidak biasa lancar mendaki dengan kondisi jalan agak berbatu dan tanah berdebu apabila di musim panas. Setelah tanjakan ini bertemu daerah yang agak datar dengan posisi disebelah kiri ada dua buah ayunan yang bergantung dengan pohon yang bisa digunakan, serta ada miniatur kapal diatas bukit yang juga bisa digunkan tetapi waktu itu antri digunakan oleh para pengunjung lainnya saya fokus ke tujuan saya untuk melihat wisata alam. Jika anda ingin melihat sangat direkomendasikan.

Lokasi Jalan Pada Tanjakan Kedua

Situasi Pengunjung di Tanjakan Kedua

TANJAKAN KETIGA: tanjakan yang terakhir untuk sampai ke puncak agar pemandangan lepas untuk melihat Mini Raja Ampat bisa terlihat. Taraaa .... Saya dan teman sampai ke puncak bukit yang bisa melihat pemandangan lepas pusat wisata yang saya ingin kunjungi ini. Disinilah saya bisa melihat dengan puas pemandangan Mini Raja Ampat Pekanbaru Riau. Sekitar 20 menit saya berada di puncak bukit ini untuk melepas lelah dengan hembusan angin yang cukup sejuk sehingga bisa mendingkan kulit yang sudah berkeringat dengan duduk di lokasi tempat pengunjung berfoto. Lokasi mini panggung altar yang telah disiapkan bisa digunakan sebagai pijakan anda melihat pemandan yang lebih pas untuk melakukan poto selfie.


Situasi Jalan Pada Tanjakan Ketiga

FASILITAS WISATA-ALAM-ULU-KASOK-MINI-RAJA-AMPAT-KAMPAR-RIAU.
Lokasi wisata ini sudah ada fasilitas yang minimal dibutuhkan oleh pengunjung seperti toilet, tempat sholat, dan tempat nongkrong. Menurut saya sudah cukup untuk kebutuhan pengunjung tetapi perlu ditingkatkan pelayanannya.

KEGIATAN APA SAJA DILAKUKAN DI WISATA ALAM ULU KASOK.
Di lokasi ini merupakan spot terbaik untuk melihat lokasi yang sudah dipenuhi oleh air yang telah menjadi danau buatan program dari pemerintah pada masa itu. Lokasi ini dahulunya merupakan perkampungan penduduk sebelum menjadi danau buatan dan direlokasi di tempat lain dibalik bukit dekat jalan raya. Munculnya beberapa undukan bukit mini dibawah sana jika anda berada diatas bukit terlihat seperti pemandangan Raja Ampat yang unik. Jika anda untuk sementara waktu belum bisa sampai ke Papua melihat langsung setidaknya sudah ada replika mirip ada di Pekanbaru Riau. Pengelola juga bekerja sama dengan beberapa potografer lokal jika anda ingin mengabadikan kunjungan wisata ini dengan jepretan poto.

Wisata-Alam-Ulu-Kasok-Mini-Raja-Ampat-Kampar
Wisata-Ulu-Kasok-Mini-Raja-Ampat-Kampar-Pekanbaru


TIPS WISATA-ALAM-ULU-KASOK.
Setelah saya mengunjungi lokasi ini ada beberapa tips yang bisa anda ikuti apabila ingin mengunjungi lokasi wisata ini tetap nyaman.
1. Lokasi ini sebaiknya dikunjungi pada musim panas bukan pada musim hujan. Karena lokasi jalan yang masih tanah berbatu yang akan mempengaruhi perjalanan anda untuk sampai ke puncak. Musim hujan lokasi jalan akan licin dan kendaraan anda tentu akan slip apabila memasuki lokasi.
2. Jika anda tidak mampu untuk sampai ke atas puncak dengan mengikuti 3 tanjakan yang mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda-beda anda bisa menggunakan jasa ojek yang telah ada disekitar lokasi wisata dibawah. Anda bisa langsung menghubungi petugas pengelola pada saat kendaraan telah di parkir.


3. Pada siang hari cuaca sangat terik dianjurkan membawa payung untuk wanita, agar sinar matahari yang menyenggat bisa berkurang dengan memakai payung. Apabila kulit anda sensitif terhadap cahaya matahari terik dapat menggunakan sun block.
4. Jagalah kebersihan di lokasi ini karena saya melihat masih ada beberapa sampah bungkusan makanan dan minuman yang berserakan disana-sini yang mengotori lokasi wisata alam. Sebaiknya pengelola menyiapkan beberapa tempat sampah disudut lokasi wisata ini agar sampah bisa terkumpul di tempat yang telah disediakan. Sempat lokasi wisata ini pernah ditutup karena pengunjung tidak mau tahu terhadap kebersihan lokasi wisata yang penuh dengan sampah. Jadi, mulai dari diri sendiri untuk menjaga kebersihan.
5. Sebaiknya anda memakai sepatu memasuki lokasi wisata ini untuk kenyamanan melangkah. Tanjakan yang cukup menukik dan jalan yang berbatu akan mempengaruhi langkah anda untuk sampai ke puncak. Gunakan sepatu yang bisa menopang kaki anda untuk berjalan di 3 tanjakan yang saya jelaskan diatas.
6. Anda jangan khawatir untuk tempat istirahat di sekitar lokasi wisata, pengelola juga menyediakan tempat istirahat berupa pondok atau tempat yang cukup representatif agar perjalanan anda untuk menikmati wisata alam ini tetap nyaman.
7. Siapkan kamera smartphone anda untuk eksplor ekspresi selfie anda di puncak bukit. O iya, disekitar puncak bukit sudah tersedia potografer lokal yang siap membantu anda untuk mendapatkan pose terbaik. Untuk biayanya bisa langsung nego dengan para fotografer tersebut.
8. Anda harus berhati-hati apabila sudah berada di atas puncak bukit karena lokasi ini masih minim pengamanan untuk termpat berdiri. Jadi pastikan tempat berpijak anda pada posisi aman jangan sampai anda terjatuh ke jurang yang cukup dalam. Jangan alpa saat anda sudah sampai di puncak lupa dengan keselamatan diri. Hal ini yang harus anda perhatikan dengan penuh kehati-hatian.

FYI, kendaraan yang diizinkan naik sampai ke puncak bukit wisata alam ini hanya kendaraan pengelola. Jadi kendaraan umum tidak bisa naik sampai ke puncak dan harus parkir di tempat yang telah disediakan oleh pengelola agar tetap rapi. Selamat datang di Wisata-Alam-Ulu-Kasok-Raja-Ampat-Kampar-Riau dan selamat berwisata.

Komentar

Posting Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Keuntungan Kerugian Pesawat Mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP]

Pada saat sekarang sudah ada penerbangan yang mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP] tidak hanya di Cengkareng Soekarno Hatta saja menjadi destinasi utama. Beberapa penerbangan yang mendarat di HLP ini dimasukan kedalam destinasi lain untuk sampai ke kota Jakarta dengan mengurangi penerbangan yang cukup sibuk di Soekarno Hatta yang telah melayani take-off dan landing dengan jarak waktu yang cukup sempit. Nah, dipilihnya Halim Perdana Kusuma untuk mengurangi kesibukan dari lokasi Cengkareng Soekarno Hatta tersebut sudah benar adanya. Ada sebagian orang yang sudah terbiasa dengan Cengkareng Soekarno-Hatta untuk menjadi destinasi mendaratnya pesawat dengan beberapa fasilitas penghubung antara terminal dan konektifitas antara bandara dengan kota Jakarta sedikit agak enggan memilih Bandara Halim Perdana Kusuma. Ada sebagian berpendapat nanti bagaimana setelah sampai disana, terus bagaimana sampai ke kota Jakarta menggunakan akses transportasi seperti apa. Mungkin masih banyak lagi.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.