Langsung ke konten utama

Bagaimana Tata Cara Pendakian Dan Mendaki Gunung Semeru Mahameru Jawa Timur Indonesia: Jalur, Transportasi, Itinarary, dan Biaya Pendakian

Pasca menonton Film 5 cm yang telah menghipnotis para pecinta pendaki gunung ingin mencoba pertualangan eskpedisi ke Gunung Semeru Mahameru di Jawa Timur Indonesia yang eksotis butuh panduan bagaimana tata cara mendaki termasuk trek pendakian jalur perjalanan yang terbaik dengan biaya transportasi murah terjangkau serta memiliki rincian daftar itinarary yang akan anda buat sebaik mungkin. Keseluruhan informasi ini terangkum dalam sebuah tulisan bagaimana tata cara anda untuk melihat trek pendakian ini dengan gaya mendaki setiap untuk setiap jalur yang mempunyai kesulitan tersendiri di Gunung Semeru Jawa Tengah dengan memilih jalur terbaik menggunakan moda transportasi sesuai dengan budget yang dipersiapkan serta perkiraan biaya selama masa ekspedisi berlangsung dirangkum dalam sebuah itinarary jadwal yang akurat.

Gunung Mahameru Jawa Timur. Poto oleh: mountain-n-sea.blogspot.co.id


SEKILAS GUNUNG SEMERU JAWA TIMUR.
Pesona Gunung Semeru berbentuk kerucut ini terletak di Jawa Timur Indonesia. Dengan keindahan ini dapat dikatakan gunung yang tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 meter dpl mampu menyedot para pecinta daki gunung di seluruh dunia. Jika dilihat dari anatomi gunung ini memiliki danau di puncak yang sering disebut oleh penduduk olel Jonggring Saloko. Administratif daerah terletak di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang serta termasuk ke dalam TNBTS [Taman Nasional Bromo Tengger Semeru]. Gunung Semeru mempunyai jenis hutan yang tumbuh di sekitar gunung dengan jenis Dipterokarp, Dopterokarp atas, Ericaceous, dan hutan gunung. [Wikipedia]. 



DAFTAR SECARA ONLINE.
Sebelum anda menentukan jadwal ekspedisi pendakian Gunung Semeru Jawa Tengah anda harus melakukan pendaftaran atau istilahnya booking secara online di bromotenggersemeru.org untuk menentukan kuota pendaki yang tersedia untuk anda. Karena banyaknya peminat mendaki Gunung Semeru ini maka TNBTS harus mengatur tata laksana pengaturan masuk keluar pendaki agar tidak menumpuk di puncak gunung. Jadi pastikan registrasi secara online harus anda lakukan agar kuota yang tersedia ada pada anda dan tim yang akan ikut. Jangan ceroboh dan mau enak sendiri, jika kuota tidak tersedia anda tidak bisa masuk begitu saja dan terpaksa anda menunggu sampai kuota kosong tersedia. Jadi harus ikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak yang telah mengatur sistem seperti ini. 

PERJALANAN DIMULAI.
Sebagai awal perjalanan saya mengambil awal rute perjalanan dari DKI Jakarta. Ada beberapa cara untuk sampai ke lokasi dengan beberapa moda transportasi awal untuk sampai ke kota Lumajang atau Malang. Tujuannya adalah ke Desa Ranu Pani di Kecamatan Senduro, desa yang memiliki pemandangan yang sangat asri dan danau. Sebelum sampai ke Lumajang anda harus menuju dari kota Malang untuk langkah awal menuju desa ini. Ada beberapa cara moda transportas yang bisa and pilih sesuai dengan kesempatan pada ekspedisi pendakian ke Gunung Semeru. 
1. PESAWAT UDARA.
Anda bisa menggunakan pesawat udara dari Jakarta Soekarno Hatta tujuan ke kota Malang. Pilihan jenis pesawat udara dimulai dari LCC [Low Cost Carries] dan full service juga tersedia. Sesuaikan dengan biaya yang akan anda persiapkan untuk sampai ke kota tersebut. Harga tiket pesawat dimulai dari harga IDR400.000 an.
2. KERETA API.
Sekarang juga terkoneksi dengan jalur kereta api dari Jakarta ke kota Malang. Tentu jenis kelas eksekutif hingga ekonomi juga tersedia. Untuk seorang backpacker pilih kelas sesuai dengan budget pendakian dan ramah dengan kocek saku. Harga mulai dari IDR200.000 an. 
3. BUS MALAM.
Jangan khawatir dengan anda yang menyukai perjalanan menggunakan bus malam juga tersedia untuk sampai ke kota Malang. Jenis bus yang tersedia berada di Terminal Bus Pulo Gebang Bekasi dalah Safari Dharma Raya, Kramat Djati, Lorena, Pahala Kencana. Untuk harga tiket bus dimuali dari haraga IDR300.000 sesuai dengan kelas yang akan anda pilih. 

Setelah anda sampai di kota Malang dengan salah satu moda transportasi diatas anda harus estafet menggunakan transportasi menuju ke Terminal Tumpang [bisa angkutan kota atau mobil carteran rental]. Setelah sampai di Terminal Tumpang estafet lagi menggunakan jeep-jeep keren yang akan mengantar nada sampai ke Desa Ranu Pani. Jarak tempuh +/- 64 km dengan waktu sekitar 2 jam.

TREKING PENDAKIAN MENDAKI GUNUNG SEMERU.
Setelah sampai di Desa Ranu Pani ada dua jalur yang akan anda pilih untuk lewati yaitu via Gunung Ayek-Ayek atau via Watu Rejeng. Yang pertama lebih banyak yang digunakan oleh para pendaki yang sudah beberapa kali ke Gunung Semeru karena lebih cepat jalurnya tetapi medan yang akan anda lewati butuh perjuangan keras dan berat seperti jalur berbatu, terjal, serta banyak debu. Jika anda memilih Watu Rejeng kondisi dapat dikatakan relatif cukup aman sehingga jalur ini banyak sekali yang dipilih oleh para pendaki yang newbie untuk menuju puncak gunung.

Persiapan fisik dan mental serta perlengkapan sudah lengkap maka perjalan pendakian dimulai. Dari Desa Ranu Pani menuju ke Ranu Kumbolo dengan rute yang masih sedikit landai dan mudah. Jika dari Desa Ranu Pani menuju ke Landengan Dowo akan melewati beberapa paving blok dengan ukuran relatif datar dengan jarak tempuh +/- 3 km. Maka anda akan menemukan hutan dengan kondisi jalan setapak dengan kondisi masih cukup mudah diikuti.

Antara Landengan Dowo dan Watu Rejeng dengan treking sekitar 3 km ini para pendaki akan menemukan jembatan, para pendaki menyebutnya jembatan cinta. Jika dihitung jarak treking ini dari Watu Rejeng untuk sampai ke Ranu Kumbolo sekitar 4 km lebih.

Secara total penjalanan yang telah anda lakukan dari Desa Ranu Pani sampai ke Ranu Kumbolo sejauh 10 km dengan masa tempuh +/- 6 jam tergantung dari kecepatan langkah kaki. Treking yang anda lalui ini masih tidak terlalu banyak tanjakan dan penurunan. Masa treking jalur ini anda akan melihat beberapa pos berbentuk gazebo, jangan sampai lengah karena rute ini berada di bibir jurang. Selalu berhati-hati melangkah jangan sampai gagal fokus.

Istirahat sejenak di Ranu Kumbolo. Tetapi sebagian pendaki melakukan inap di lokasi ini, tetapi anda yang sudah terbiasa melakukan pendakian Gunung Semeru ini akan melanjutkan perjalanan. Jika anda newbie dan baru pertama kali mendaki sebaiknya menginap di lokasi ini untuk menikmati suasana alam, jangan lewatkan keindahan Ranu Kumbolo pada saat fajar terlihat pantulan cahaya fajar yang terhambat di perbukitan. Disinilah lokasi yang sangat tepat untuk memulihkan stamina dan akan melanjutkan treking yang cukup menantang berikutnya. Anda akan rasakan sendiri setelah pagi hari, setelah berkemas anda akan merasa kangen daerah ini dan agak sedikit berat untuk melangkah. Tapi ingat, misi harus berjalan terus.

Setelah memulihkan tenanga di Ranu Kumbolo untuk melanjutkan perjalanan menuju Kalimati. Sempatkan mengisi air minum di Ranu Kumbolo saatnya melanjutkan perjalanan ke Tanjakan Cinta dan Oro Oro Ombo. Pesona Ranu Kumbolo ini memang membuat jalan Tanjakan Cinta ini sangat melekat di seluruh pendaki karena sebagian orang merasa rindu dengan suasana di sana. Jika sebagian orang bilang mitos, hanya anda yang bisa menjawab sendiri apabila telah melaksanakan treking ini.

Setelah melakukan ekspedisi di Tanjakan Cinta akan memasuki Oro Oro Ombo. Berupa padang rumput yang cukup luas dan anda akan menemukan tumbuhan mirip lavender berwarna ungu yang sangat mempesona. Biasanya sampai di pasang rumput ini pada siang hari dan suasana terik matahari sangat tinggi. Jangan lupa anda membawa sunblock atau penutup kepala untuk melindungi sangat teriknya cahaya matahari.

Melewati padang rumput ini sudah melihat keindahan bunga saatnya anda akan menemukan jalur yang mendatar menuju Cemoro Kandang. Lokasi jalan setapak, berdebu, dan menanjak bersama dengan semak belukar akan menghiasi perjalanan anda ini. Memang sebagian pendaki menginginkan melihat bunga abadi Edelweis di Jambangan, tetapi anda juga menemukan tumbuhan cantigi yang bisa dimakan sebagai menu sangat darurat pada saat pendakian.

Sampailah di Kalimati untuk istirahat dan dirikan tenda. Lokasi pemulihan stamina ini harus segera anda lakukan karena harus bersiap diri untuk berjalan kembali tengah malam nanti untuk menuju puncak Gunung Semeru untuk summit attack. Jika dihitung perjalanan anda dari Ranu Kumbolo sampai ke Kalimati +/- 8 km dengan waktu temph 4-5 jam tergantung kecepatan kaki melangkah ya. Apabila sumber air anda sudah menipis anda bisa mengisi botol minuman ke Sumbermani, perjalanan +/- 20 menit. Pulihkan tenaga anda di Kalimati ini dengan makanan yang berenergi agar perjalanan berikut bisa tetapi fit.

Waktu telah menunjukan jam 22:00 WIB saatnya anda bersiap untuk melakukan perjalanan menuju ke puncak Gunung Semeru dengan tantangan yang paling berat. Semakin cepat anda bergerak semakin baik karena jumlah pendaki bukan anda sendiri saja tetapi banyak pendaki lain yang ingin sampai ke summit attack. Jika anda telat berangkat maka anda akan bertemu dengan pendaki lain yang akan antri untuk menaiki puncak. Inilah puncak perjalanan yang paling berat yang akan anda lalui, dengan ekspedisi perjalanan kurang dari 3 km ini membutuhkan waktu tempuh hampir 7 jam lamanya tergantung kesigapan anda melaangkah. Pendakian terberat ini banyak yang gagal karena tanjakan yang cukup tinggi mengambil seluruh stamina anda untuk melangkah, bahkan ada pendaki yang ngos-ngosan nafasnya untuk setiap pijakan. Setelah anda melangkah akan melewati Arcopodo tempat terpisahnya vegetasi tumbuhan dengan berbatuan. Treking disini sudah banyak bebatuan bercampur pasir dengan kecuraman tinggi. Ibaratnya setiap langkah anda berjalan maka akan diiringi dengan satu langkah mundur. Susah payah pendaki gunung disinilah kekentalan adrenalin anda diuji, jika anda bisa melewati fase rute ini maka anda akan sampai ke puncak Gunung Mahameru dengan prestasi gemilang yang telah anda torehkan dalam hidup anda.

PROSES PENURUNAN GUNUNG SEMERU.
Setelah anda sampai di summit attack dengan melihat keindahan ciptaan Allah SWT maka saatnya untuk turun kembali. Anda akan menemukan zona maut yang sangat berbahaya jika anda lengah dan tidak fokus. Zona ini bernama Blank 75 dimana kondisinya berupa jurang yang sangat dalam berada persis dipinggir jalur Arcopodo. Jalur yang berpasir dan jangan sampai anda berpindah jalur ke zona Blank 75 ini ya. Harus paham dan menghindari zona mematikan ini anda harus turun dengan perlahan-lahan tidak terburu-buru. Ikuti jalur yang telah dibuat oleh para pendaki jangan melenceng dari jalur ini.

ROUND DOWN ATAU ITINARARY ACARA PENDAKIAN GUNUNG SEMERU JAWA TIMUR INDONESIA.
Untuk melengkapi ekspedisi pendakian Gunung Semeru kali berikut dalam bentuk round down acara atau itinarary. Ekspedisi ini memakan waktu sekitar 3-4 hari untuk menikmati seluruh pertualangan yang ada di gunung tertinggi di Pulau Jawa ini. Saya fokus kepada jalur backpacker yang menggunakan kereta api sebagai langkah awalnya.



HARI PERTAMA/DAY 1
05:00 - 07:00
Seluruh peserta sudah berada di Stasiun Kereta Api Malang.
08:00 - 09:00
Berangkat ke Terminal Tumpang.
09:00 - 11:00
Sampai di Terminal Tumpang, istirahat, dan mnuju ke Desa Ranu Pani sebagai tujuan untuk pendakian.
11:00 - 13:30
Sampai di Desa Ranu Pani, ISHOMA, melihatkan registrasi online kepada petugas, siap mendaki.
13:30 - 17:00
Perjalanan menuju lokasi perkemahan Ranu Kumbolo, mendirikan tenda dan istirahat, makan malam, ibadah sholat.

HARI KEDUA/DAY 2
04:00 - 05:00
Bangun pagi persiapan melihat sunrise di Ranu Kumbolo dan sholat subuh.
06:30 - 09:30
Sarapan, persiapan seluruh barang bawaan, perjalanan menuju Kalimati.
09:30 - 14:00
Sampai di Kalimati, mendirikan tenda dan istirahat untuk mengumpulkan tenaga.
14:30 - 21:00
Setelah istirahat dan persiapan untuk summit attack .
22:30 - 04:00
Ekspedisi pendakian menuju puncak Gunung Mahameru.

HARI KETIGA/DAY 3.
04:00 - 06:30
Sunrise di summit attack, selfie, dan istirahat melihat indahnya alam.
06:30 - 09:30
Proses turun menuju ke Kalimati.
10:00 - 12:00
Bawa seluruh barang bawaan, setelah sarapan menuju ke Ranu Kumbolo.
12:30 - 13:30
ISHOMA, perjalanan menuju ke Desa Ranu Pani.
14:00 - 17:00
Sampai di Ranu Pani.

PERHITUNGAN BUDGET BIAYA SELAMA PENDAKIAN.
Transportasi dari Stasiun Kereta Api Malang ke Terminal Tumpang : IDR30.000. Menggunakan jeep menuju ke Desa Ranu Pani: IDR150.000. Membayar biaya izin masuk: IDR52.500 per orang. Logistik IDR250.000. Seluruh biaya ini tentu setiap orang berbeda khusus pada bagian logistik dan jumlah tim yang akan melakukan ekspedisi pendakian Gunung Mahameru.

PERHATIAN PENTING SELURUH PENDAKI GUNUNG SEMERU.
Untuk masalah keselamatan untuk seluruh para pendaki bahwa TNBTS memberikan rekomendasi hanya sampai pada Kalimati saja. Melihat kondisi aktivitas kawah Jonggring Saloka yang masih mengeluarkan gas yang beracun. Para pendaki bisa melihat sendiri adanya tanda larangan agat tidak melangkah melewati batas dari Kalimati. Dengan tingginya animo pendaki untuk tetap ingin sampai ke puncak Gunung Semeru dengan berbagai resiko yang akan dialami oleh pendaki sendiri. Tetapi petugas TNBTS akan memberikan arahan yang serius kepada seluruh pendaki dengan menyampaikan kondisi dan update kondisi kawah. Jika petugas menyatakan larangan pada saat briefing ini untuk tidak boleh sampai ke puncak maka anda harus mengikuti peraturan ini agar tidak terjadi hal yang sangat fatal yaitu terhirup racun dan berakibat kematian.

TIPS PENDAKIAN GUNUNG SEMERU.
Ada beberapa tips yang harus diperhatikan selama melakukan pendakian yaitu:
1. Sebaiknya pendakian ini dilakukan pada musim kemarau, jangan pada musim hujan. Karena musim akan mempengaruhi langkah anda dan mempengaruhi medan yang akan di daki.
2. Persiapan fisik dan mental harus dimiliki kepada pendaki yang mempunyai jiwa pecinta alam. Jadi, apabila anda menderita phobia ketinggian, dan penyakit yang berhubungan dengan jantung serta phobia kedinginan sebaiknya tidak mengikuti ekspedisi ini karena akan membahayakan.
3. Seluruh barang bawaan yang lengkap terutama tenda, senter, logistik cukup, peralatan mendaki, sepatu mendaki gunung, serta lainnya sesuai dengan kebutuhan. 
4. Apabila anda seorang muslim harus melaksanakan ibadah sholat fardhu wajib selama pendakian.
5. Seluruh sampah logistik selama di ekspedisi pendakian Gunung Semeru ini harus anda bawa kembali kebawah, jangan buah sampah sembarangan disekitar gunung. Sebagai pendaki yang bermartabat harus menjaga lingkungan tetap bersih.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism.