Langsung ke konten utama

Panduan Wisata Halal Muslim Di Bangkok Thailand

Traveler halal muslim sudah menjadi tema yang sangat disukai oleh backpacker dari Indonesia yang ingin mendapatkan sesuatu yang baru dengan kelengkapan seperti restoran tempat makan, mesjid, bahkan lokasi tempat menginap hotel yang halal menjadikan ketentraman dalam ekspedisi perjalanan liburan singkat di negara Gajah putih ini Bangkok Thailand. Pencarian informasi yang sangat dicarai adalah lokasi mesjid yang sangat dekat dengan kota di Bangkok bahkan hotel muslim yang menjadi rekomendasi dari muslim traveler yang sangat dinanti informasinya.

Poto oleh: thaihalalfoods.com


SEKILAS BANGKOK THAILAND.
Sebuah negara di Asean yang sangat disukai oleh traveler Indonesia untuk membuat perjalanan liburan yang sangat terjangkau bahkan sesuai dengan karakter serta konversi mata uang nya murah terjangkau. Negara Bangkok termasuk negara dengan sitem pemerintahan kerajaan yang masih bertahan sampai sekarang bahkan penduduk negara tersebut sangat mencintai Raja yang memerintah mereka tetap damai dan sentosa.

PERJALANAN DIMULAI.
Setelah anda mendapatkan tiket untuk menuju kota Bangkok Thailand tentu disesuaikan budget anggaran biaya untuk mendapatkannya. Seorang backpacker lebih suka menggunakan airline berbasis LCC [Low Cost Carrier] yang sangat diburu terutama pada saat promo. Untuk mendapatkan tiket promo ini harus sering-sering melirik aplikasi atau website maskapai penerbangan yang langsung menuju Bangkok Thailand. Bahkan adanya sebuah airline yang berani memberikan harga yang sangat jauh dibawah harga pasar pada waktu tertentu menjadi perjalanan liburan ke Thailand bisa terasa lebih ringan.

VISA.
Negara Thailand termasuk negara Asean maka traveler muslim Indonesia tidak perlu apply visa cukup bawa saja passport yang masih berlaku lebih dari 6 bulan dari masa expire maka anda sudah bisa masuk negara Thailand.

Pada tulisan ini juga akan memberikan informasi tempat melakukan ibadah sholat yang bisa anda pilih sesuai dengan tempat lokasi yang  pada saat berada di kota Bangkok Thailand, berikut mesjid yang banyak dikunjungi oleh wisatawan muslim dari Indonesia untuk panduan halal disana.

1. Mesjid Jawa atau Jawa Mosque.
Ada nama Jawa nya di mesjid ini pasti timbul di pertanyaan. Apakah ada unsur Jawa nya?. Ternyata anda benar, dilingkungan mesjid ini merupakan keturunan orang Jawa yang menetap tinggal di daerah kawasan Sathorn Bangkrak Bangkok. Dinamakan kampung Jawa memang benar adanya, diperkirakan ada sekitar 500 kepala keluarga yang tinggal dilingkungan ini dan juga terdapat pemakaman yang nuansa Islam dengan luas +/- 2 ha.

Untuk infrastruktur mesjid terlihat adanya kemiripan gaya Demak. Jika menuju ke lokasi ini anda harus melewati jalan yang hanya muat untuk satu mobil saja dan nuansanya seperti di daerah Indonesia persis. Mengakibatkan anda merasa masih berada di mesjid yang ada di sekitar rumah. Kegiatan di Mesjid Jawa hampir sama di Indonesia adanya pengajian rutin untuk lingkungan mesjid, untuk traveler dari  muslim di daerah Asean banyak mendatangi mesjid ini untuk silaturahim sesama muslim.

Diperkirakan umur dari Mesjid Jawa ini berumur sudah 100 tahun dengan pertanda adanya bedug mesjid yang terletak disamping mesjid yang menunjukan sebagai saksi perjalanan umur sampai sekarang. Untuk menyempatkan waktu para muslim Indonesia datang ke Mesjid Jawa sangatlah mudah, anda hanya menaiki BTS atau Skytrain menuju Sathorn dan jalan kaki sekitar 500 meter untuk menuju lokasi Mesjid.

Poto oleh: moneter.co.id
Poto oleh: id.wikipedia.com


Alamat: Soi Rome Nam Khaeng 5, Sathorn, Bangrak, Bangkok.
Petunjuknya: Setelah anda berjalaan sekitar 500 meter dari stasiun BTS Surasak [S4] menuju exit 4. Kemudian menuju Soi Sathorn 15 atau Soi Saint Lousie 1, ikuti saja arah ini anda akan melihat petunjuk Mesjid Jawa yang sudah terdengar suara azan jika waktu sholat sudah masuk.

2. Mesjid Ban Oou atau Ban Oou Mosque.
Untuk mencari lokasi mesjid ini sangat mudah sekali jika anda berada di kota Bangkok. Lokasi mesjid yang terletak di Charoen Krung yang sangat dekat dengan lokasi pasar yang terpopuler oleh muslim Bangkok dan komunitas Islam di dunia. Disini anda mempunyai gerai yang banyak menyajikan makanan halal yang bisa anda cicipi pula. Jika dilihat dari sejaranya, mesjid ini dibangun sekitar pada tahun 1912 atau pada masa Raja Rama VI yang telah memberikan lokasi tanah ini untuk bisa didirikan sebuah mesjid yang diperuntukan sebagai pemakaman umum serta sebuah tempat ibadah muslim mesjid di muslim Bangkok. Mesjid Ban Oou ini sudah termasuk dalam perlindungan dari pemerintah Bangkok sebagai cagar budaya yang dilindungi. Jangan lewatkan untuk mencoba makanan halal yang dikelola oleh masyarakat muslim disana dengan aneka makanan khas Thailand dan aneka masakan lainnya.

Poto oleh: mosques24.com


Alamat: 63 Soi Charoen Krung 46, Bangrak, Bangkok.
Petunjuk: Gunakan BTS atau Skytrain dan turun di Saphan Taksin Station (S5) kemudian ambil exit 3. Setelah anda keluar dari exit 3 dan berjalan sekitar 300 meter telah sampai di Departemen Robinson Store menuju ke Soi Charoen Krung 46, lokasi mesjid ini perses di belakang Departemen Store.

3. Mesjid Haroon atau Haroon Masque.
Mesjid ini masih berada di New Road Charoen Krung diujung jalan Surawong yang dapat dirasakan perkampungan muslim terasa sekali. Mesjid Haroon ini telah menjadi tempat yang banyak dikunjungi oleh masyarakat muslim di Bangkok yang dapat menampung +/- 500 jamaah. Termasuk mesjid yang termasuk dalam cagar budaya yang dilindungi.

Cagar budaya yang sangat dilindungi oleh pemerintahan Thailand ini telah masuk dalam daftar Royal Act of Islamic Mosques dimulai pada tahun 1947. Jika dilihat dari sejarah mesjid ini sekitar 200 tahun yang lalu pertama kali dibangun di sekitar muara sungai Chao Praya dengan campuran dua kebudayaan pada arsitektur mesjid ini gabungan antara Ayuthaya dan Jawa. Karena awalnya mesjid ini lokasinya di perkampungan Ton Samrong makan sebagian penduduk lokal Thailand menyebutnya Mesjid Ton Samrong. 

Jika dilihat dari sejarahnya mesjid ini pada tahun 1899 Raja Raja V telah melakukan pertukaran tanah yang dipakai untuk mesjid pada waktu tersebut yang diperuntukan untuk membangun Royal Custom House. Maka Mesjid Haroon ini dipindahkan pada lokasi sekarang. Proses pemindahan ini pemilih mesjid bernama M.Yusuf melakukan renovasi infrastruktur mesjid ini dari kayu menjadi lebih permanen dengan menggunakan batu.

Poto oleh: bangkokriver.com
Poto oleh: hilsya.wordpress.com

Alamat: Charoen Krung Soi 36, Bangrak, Bangkok. 
Petunjuk: Para traveler dapat menggungakan transportasi Chao Phraya Express Boat kemudian turun di Oriental Pier [N1]. Jika menggunakan  transportasi taksi gunakan Charoen Krung Road kemudian menuju ke Soi 36. Atau sekitar +/- 1 km dari Saphan Taksin Station [S5] dan dekat dekat dengan Kedutaan Besar Perancis di Bangkok.

4. Mesjid Darul Aman.
Mesjid berikutnya yang bisa anda singgahi jika berada di kota Bangkok adalah Mesjid Darul Aman yang lokasinya sangat dekat dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di kota Bangkok. Lokasinya di Phetchaburi Soi 7 sebagian penduduk lokal menyebutnya Soi Surao. Disekitar mesjid terdapat pemukiman muslim dan anda akan menemukan ada beberapa retoran halal yang ada disana. Anda juga bisa menemukan beberapa spot tempat makan yang dikeloka oleh muslim disana dengan aneka masakan yang sangat enak sekali dengan harga yang sangat terjangkau.

Poto oleh: havehalalwilltravel.com
Poto oleh: pinkytraveler.com


Alamat: Soi Phetchaburi 7 (Soi Surao), Pratunam.
Petunjuk: Jika menggunakan BTS ataj Skytrain menuju ke Ratchathewi Station (N1), kemudian ambil jalur exit 3 menuju Phetchaburi Road. Setelah anda menemukan perempatan jalan dan berbelok kiri tetap berjalan sekitar 5 menit. Menuju ke Phetchaburi 7 yang berada di sebelah kiri.

Tidak hanya lokasi tempat mesjid saja yang harus and telusuri di kota Bangkok Thailand ternyata ada juga restoran yang memberikan menu lezat halal yang harus di coba. Tempat makan halal ini sudah terkenal di kota Bangkok tidak hanya penduduk lokal saja tetapi wisatawan yang berasan dari negara muslim lainnya seperti Indonesia.

Lokasi sekitar Chatuchak Market.
Setelah anda melakukan perjalanan belanja di Chatuchak Market saat nya untuk mencoba menu makanan halal yang tidak jauh dari pasar ini, ada beberapa rekomendasi tempat makan halal di kota Bangkok yang tentu rasanya sangat lezat, seperti Saman Islamic Food yang lokasinya di dekat tugu jam yang berada ditengah pasar ini dan Hawa Pochanan seberang Otokor Market masih disekitar Chatuchak juga tepatnya di 389 Kamphaeng Phet Road, Chatuchak, Bangkok.

Lokasi di MBK [Mah Bon Krong] MALL Bangkok.
Anda juga jangan khawatir kelaparan berada di MBK, di mall ini ada juga tempat makan halal yang bisa anda singgahi. Menunya cukup variatif dan dapat disesuaikan dengan selera dimulai dari makanan kecil hingga besar, rekomendasi food court nya adalah Yana Halal Restaurang di Level 5 MBK [Website: yanarestaurant.com] serta Food Court The Fifith juga berada di lantai 5 mall MBK, tidak lupa juga ada yang menarik Restaurant Jibaran Indonesia juga ada di lokasi ini.

Lokasi di kota Bangkok lainnya seperi di Petchburri juga banyak restoran halal seperti di dekat BTS Ratchathewi sekitar 300 meter yang terletak di Petchburi Soi 7 seperti Mak Nyah Muslim Restaurant  dengan menu yang sangat disukai yaitu Tom Yam bersama dengan sajian aneka mie [497/16 Petchburi Road, Ratchathewi, Bangkok]. Untuk Ploy Restaurant yang berada di Lantai 8 di Hotel Grand Diamond tepatnya di Pratunam juga bisa anda kunjungi, lokasi dekat dengan Mall Fashion Platimum [888 Phetchaburi Road, Ratchathewi, Bangkok].

Lokasi dekat dengan Silom juga ada tempat makan halal yang bisa anda coba seperti: Kedai Huda yang terletak di Silom Junction sangat dekat dengan Shangrila Hotel.

Lokasi dekat dengan Khao San - Bang Lam Phu juga ada yaitu Sara Restaurant di Nouvo City Hotel. Dengan adanya sertifikasi Halal membuat liburan anda menjadi menyenangkan dengan adanya tempat makan yang menenangkan hati. Untuk menu anda jangan khawatir ada andalan yang harus dicoba yaitu Tom Yam Kung, Green Curry, Chicken Pandan Leaf, serta Kaproa Kai [Samsen Road Soi 2, Ban Phanthom, Phra Nakhon, Bangkok].

Hotel Al Meroz Bangkok Thailand. Poto oleh: agoda.com


Sebagai pamungkas untuk menginap di Bangkok yaitu adanya hotel yang  bernuansa halal juga ada yaitu Hotel Al Meroz. Dalam arti nama hotel ini adalan warisan atau pusaka. Dengan suasana yang sangat Islami ini juga ada lantai khusus untuk tamu wanita, jadi menjadi aman jika ada. Kondisi hotel yang masih baru ini terdesia beberapa jenis kamar menginapa yang bisa anda pilih dengan fasilitas yang sangat lengkap dimualai dari WIFI gratis, arah kiblat, semua kebutuhan sholat termasuk perlengkapannya ada di hotel ini. Lokasinya di Ramkhamhaeng Road merupakan jalan arteri penting di kawasan timur kota Bangkok dan sangat dekat dengang Airport Rail Link yang terkoneksi dengan Ramkhamhaeng Station sekitar 500 meter, jadi anda menuju bandara Suvarnabhumi International Airport tidak repot lagi. FYI, hotel ini juga sangat dekat dengan The Foundation of Islamic Centre of Thailand, sebuah wadah yang menjadi pusat komunitas muslim Bangkok Thailang. Semoga tulisan ini bisa memberikan referensi untuk anda yang ingin menikmati panduan wisata halal di Bangkok Thailand. 

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.