Langsung ke konten utama

Tata Cara Bagaimana Mendaki Pendakian Gunung Sorik Marapi Madina Mandailing Natal Sumatera Utara

Mendaki gunung menjadi hobi yang tak terpisahkan oleh pecinta alam butuh tata cara bagaimana rute perjalanan pendakian terarah dan petunjuk informasi ke sana penginapan sementara yang cukup tersedia pada ekspedisi daki Gunung Sorik Marapi di Mandailing Natal Sumut. Masih sedikit informasi di media sosial bagaimana cara lengkap kesana dan harus bagaimana transportasi untuk selama di perjalanan menjadi pertanyaan yang banyak dicari di search engine. Nah, sesi kali ini saya mengangkat tulisan tata cara yang sebaiknya dilakukan oleh pendaki untuk daki Gunung Sorik Marapi yang telah mempesonakan diri ke seluruh jagad para pecinta alam dengan keunikan dan eksotis ada disekitar gunung ini. 

Gunung Sorik Marapi Madailing Natal. Poto oleh: akhirmh.blogspot.co.id

Danau di Puncak Gunung Sorik Marapi Sumut. Poto oleh: muslimpakpak.blogspot.co.id



SEKILAS GUNUNG SORIK MARAPI.
Gunung Sorik Marapi terletak di Desa Sibanggor Julu Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara. Secara ketinggian geografis berada di 2.145 meter dpl dengan kondisi sudah beberapa kali meletus dengan ritme letusan di tahun 1830, 1879, 1892, 1893, 1917, 1970, 1986, dan paling terakhir pada tahun 1987 dengan memuntahkan lahar panas yang sampai Kabupaten Pasaman Sumatera Barat [Wikipedia].

Termasuk gunung aktif normal dapat dilihat aktifitas ini dengan adanya asap di puncak yang menandakan gunung ini masih mempunyai tingkat keaktifannya yang selalu di pantau. Dengan potensi tinggi panas bumi yang ada di Gunung Sorik Marapi ini bisa dimanfaatkan sebagai proyek panas bumi yang telah dilakukan dalam proyek rekayasa geothermal yang sangat menguntungkan oleh institusi ekonomi.

PERJALANAN DIMULAI.
Mungkin dari anda yang membaca tulisan ini ingin melakukan ekspedisi daki Gunung Sorik Marapi dengan kondisi perjalanan untuk menuju lokasi pendakian, anda bisa pilih dari kota mana yang akan menjadi langkah awal. Untuk dari DKI Jakarta Soekarno Hatta atau Halim Perdana Kusuma menuju salah satu kota yang saya maksud dibawah ini:
1. MEDAN
Setelah anda sampai di kota Medan estafet menggunakan angkutan darat, bisa anda pilih carteran rental mobil atau bus umum. Saya lebih menjelaskan ke bus umum karena biayanya relatif terjangkau dan masuk kedalam kocek seorang backpacker. Bus dengan jurusan Medan - Panyabungan kemudian anda turun di simpang jembatan merah. Estafet menggunakan angkutan kota atau desa jurusan Panyabungan ke Sibanggor Julu. Total lama perjalanan sekitar 12-13 jam tergantung dari kecepatan mobil sampai ke lokasi desa.
2. PADANG.
Hanpir sama dengan kota Medan, anda bisa menggunakan rental carteran mobil minibus atau bus umum. Untuk bus umum rutenya sama, karena perjalanan ini melewati jalan trans-sumatera yang sama.
3. TAPANULI SELATAN.
Untuk moda transportasi udara untuk mempercepat langkah juga bisa, anda bisa menggunakan pesawat udara dengan tujuan ke Bandara Pinang Sori Tapanuli Selatan kemudian estafet menuju ke Kabupaten Madailing Natal menuju ke Jembatan Merah. Rutenya masih sama denga diatas untuk sampai ke Desa Sibanggor Julu.

PROSES TATA CARA PENDAKIAN GUNUNG SORIK MARAPI MANDAILING NATAL SUMUT.
Setelah anda sampai di Sibanggor Julu harus mendaptkan izin mendaki  untuk masuk ke Taman Nasional Batang Gadis [TNBG]. Karena Gunung Sorik Marapi ini masuk kedalam TNBG maka anda harus mengikuti peraturan, dengan nomer Telp +62636421375 Fax +62636321670 dan lamat di Jl.Williem Iskandar Pidoli Dolok Panyabungan Sumatera Utara. Izin sudah di dapat kemudian harus melapor ke Kepala Desa Sibanggor Julu dan anda harus memakai pemandu atau guide dengan jasa antara IDR250.000 - IDR350.000 tergantung anda negosiasi harga. Apabila anda rombongan akan bisa patungan sehingga biaya menjadi lebih terjangkau.

Memang diharuskan melapor ke Kepala Desa untuk mengetahui pengunjung yang memasuki desa dan penunjukan guide atau pemandu jalan adalah sebuah alasan ekonomi sebenarnya untuk memberikan lapangan pekerjaan bagi penduduk lokal yang bisa diandalkan dari pendakian pecinta alam seperti ini dan pemberdayaan penduduk lokal untuk mendapatkan penghasilan dan pembangunan Desa Sibanggor Julu. Untuk sampai ke puncak dari Desa Sibanggor Julu Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara ini dengan track sepanjang +/- 7 km dengan lama waktu sekitar 5 jam.

KENAPA HARUS PAKE PEMANDU GUIDE PENDUDUK LOKAL.
Perlu diketahui bahwa gunung yang berada di Desa Sibanggor Juli ini mempunyai hubungan yang sangat kuat dengan penduduk lokal. Untuk menjaga seluruh pantangan yang harus dihindari sebaiknya para pendaki harus mengikutinya karena behubungan dengan kenyamanan seluruh penduduk lokal. Ada beberapa peraturan yang tidak boleh dilanggar berhubungan dengan adat dari Desa Sibanggor Julu. Jadi seluruh aktifitas ini anda melewati desa yang harus mengikuti norma adat atau peraturan yang telah dibuat oleh petinggi desa.

TREKING PENDAKIAN GUNUNG SORIK MARAPI.
Setelah sarapan pagi ekspedisi perjalanan dimulai sekitar pukul 09:00WIB bersama dengan pemandu atau guide. Fisik anda harus dipersiapkan karena treking pendakian sudah terlihat terjal berupa tanjakan yang cukup curam dan cukup panjang bahkan ada kemiringan +/- 70 derajat. Perhatikan pola ritme nafas dan langah harus perlahan agar penyaluran tenaga anda tidak terkuras habis pada awal pendakian. 

Kurang lebih setelah anda berjalan 45 menit-an akan menemukan bekas tambang belerang yang sudah berjalan lagi. Menuju puncak setelah melewati bekas tambang ini akan memasuki TNBG dengan kondisi hutan cukup rapat. Pendaki menyebutnya pintu masuk atau pintu gerbang karena terlihat terpisahnya tanah kelolaan rakyat dengan kawasan hutan mulai terlihat. Penduduk lokal akan menyarankan kepada pendaki untuk mengumandangkan Adzan dengan tanda bahwa rombongan ini akan memasuki kawasan hutan. Perjalanan ini akan terlihat kondisi hutan tropis yang masih baik di sisi kiri dan kanan, jika anda beruntung akan menemukan batang rotan apabila anda menebangnya akan mengeluarkan air yang cukup segar dan rasanya tawar.

Untuk membat perjalanan menjadi terarah dan nyaman ada sebagian rute diberi pita berwarna merah agar jalur pendakian yang di daki oleh para pendaki tidak keluar arah sehingga cukup mudah diikuti. Selama perjalanan hutan tropis ini berisi beraneka ragam jenis spesies tumbuhan dan anda akan melihat pohon pandan yang cukup besar dengan daunnya berduri. Titian jalan yang akan anda lalui akan selalu terlihat beberapa tubuhan daun pandan berduri ini, hanya pohon ini saja untuk pohon lain tidak ada. Inilah keindahan yang bisa anda lihat begitu banyaknya daun berduri yang harus anda taklukan selama berjalan disisi kiri dan kanan.

Setelah pohon daun pandan berduri ini terlewati sampailan kita ke lokasi tumbuhan perdu khas dataran tinggi yang hanya tumbuh di ketinggian dan berbatu. Untuk berjalan ini anda akan menemukan treking yang agak sempit dan merunduk serta merayap untuk melewati celah jalan tadi dan akhirnya anda akan melihat lapangan sedikit terbuka. Lokasi inilah puncak Gunung Sorik Marapi dengan terlihat beberapa kawah belerang yang mengeluarkan asap diatas anda. Tetapi treking masih belum usai, anda akan berjalan menanjak dengan kondisi jalan banyak batuan kecil yang teksturnya agak labil. Apabila melangkah bebatuan kecil ini akan meluncur kebawah yang akan membahayakan rekan yang dibelakang. Lokasi ini hanya kerikil saja tidak ada tumbuhan apapun yang tumbuh. Jadi pastikan anda berhati-hati telah memasuki kawasan ini.

Akhirnya puncak Gunung Sorik Marapi tergapai juga. Pemandangan yang sangat eksotis sekali dengan adanya danau di tengah mirip Danau Rinjani di Pulau Lombok NTB. Danau yang berwarna hijau terlihat dengan beberapa titik yang mengeluarkan asap berwarna putih berbau belerang. Inilah Gunung Sorik Marapi yang mempunyai keindahan tersendiri yang harus anda kunjungi dengan kentalnya adat penduduk lokal yang masih mereka jaga sampai sekarang.

Di atas puncak gunung terlihat pemandangan yang sangat indahnya, anda bisa melihat seluruh penjuru dengan pemandangan lepas Desa Sibanggor Julu dibawah sana. Rumah penduduk lokal juga terlihat dengan warna hitam terlihat mungil diatas puncak gunung. Rasa capek lelah selama pendakian terbayar sudah dan hilang setelah melihat karunia Allah SWT yang begitu besar dengan menciptakan alam sebagus ini dan hanya ada di Indonesia.

Untuk berjalan ke bibir kawah harus melihat langkah sampai ke cekungan yang relatif dalam dan cukup luas terdapat bekas danau terlihat mengering. Anda bisa menggunakan lokasi ini untuk istirahat makan siang, di sekitar lokasi ini ada mata air yang rasanya agak sedikit kelat dan asam berbau belerang. Penduduk lokal percaya air ini digunakan sebagai obat.

Setelah anda istirahat dan berjalan di sekitar puncak gunung, agar turun sekitar pukul 15:00 WIB agar tidak kesorean atau kemalaman di penurunan.

FYI, penduduk akan melarang pendaki perempuan untuk melakukan pendakian karena adanya pantangan dari desa yang harus dipatuhi dan tidak diizinkan memasuki hutan ini sampai ke puncak gunung. Apabila pendaki melanggar jika ada perempuan mendaki Gunung Sorik Marapi maka akan dijatuhi hukuman oleh Tokoh Agama di desa.

RUMAH PENDUDUK LOKAL SANGAT UNIK.
Tambahan ekstra kebudayaan yang masih kental terlihat pada rumah penduduk lokal yang sangat eksotis. Rumah kayu panggung beratapkan ijuk kontras dengan warna hitam sangat mempesona dan masih bisa dijumpai hampir diseluruh lokasi desa ini dapat dikatakan terawat dengan baik. Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk melihat betapa indahnya adat istiadatnya yang masih bertahan sampai sekarang.



Rumah Penduduk Lokal Desa Sibanggor Julu. Poto Oleh: hudream.blogspot.co.id

Indahnya Rumah Panggung Tradisional Desa Sibanggor Julu. Poto oleh: brilio.net

TIPS BAGI PENDAKI.
Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan bagi anda yang ingin mendaki Gunung Sorik Marapi ini menjadi perjalanan ekspedisi pecinta alam yang nyaman.
1. Perjalanan darat cukup panjang jadi persiapkan fisik yang sehat selama perjalanan yang cukup melelahkan. Sebaiknya anda mempunyai waktu cukup istirahat di desa ini untuk memulihkan tenaga sebelum pendakian.
2. Memang penginapan disini sangat jarang sekali, tetapi anda bisa siasati dengan meminta ijin ke kepala desa untuk bisa mendapatkan tempat untuk istirahat atau tempat yang bisa disewa untuk bermalam. 
3. Rutenya treking cukup memberi tantangan bagi pecinta alam yang harus diikuti dengan beberapa teknik yang harus anda pahami. Jadi pastikan anda selalu mengikuti pemandu membuat perjalanan anda tetap nyaman.
4. Gunung Sorik Marapi tidak ada tempat mendirikan tenda jadi anda hanya bisa melakukan pendakian PP [Pulang Pergi]. Usahakan pendakian pada pagi hari untuk bisa sampai kembali pada sorenya. Atau anda mempunyai jadwal diluar itu bisa negosiasikan kepada pemandu untuk bisa disesuaikan waktu untuk pendakian.
5. Untuk masalah pantangan bahwa perempuan tidak boleh mendaki gunung ini harus ditaati, karena ini larangan dan harus dipatuhi agat pendakian anda tetap nyaman.
6. Masalah yang selalu dijumpai adalah masalah sampah. Siapapun anda yang melakukan pendakian tidak hanya di Gunung Sorik Marapi saja harus menjaga kebersihan. Masih terlihat sampah bekas makanan yang bertebaran di gunung yang menandakan tingkat kesadara kebersihan masih kurang. Mari kita jaga lingkungan agar kenyamanan untuk semua rekan lain bisa anda jaga.
7. Treking yang akan anda lalui cukup terjal dengan rintangan yang cukup menguji adrenalin anda. Membawa barang secukupnya dan selama di gunung anda tidak menginap jadi untuk tenda sangat jarang karena langsung turun jika telah menjelang sore.
8. Apabila anda seorang muslim jangan tinggalkan sholat fardhu selama pendakian Gunung Sorik Marapi. Sholat wajib bisa anda lakukan pada saat istirahat di sekitar pegunungan agar perjalanan ekspedisi ini tetap berjalan sebaik-baiknya dan mendapat pertolongan dari-Nya.
9. Sebaiknya dilakukan pada musin kemarau karena treking tidak licin dan langkah anda fokus dan menghindari slip atau licinnya jalan. 
10. Sebaiknya pendakian gunung seperti ini rombongan atau tim agar biaya yang anda keluarkan selama wisata pecinta alam seperti ini bisa patungan atau sharing. 

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Keuntungan Kerugian Pesawat Mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP]

Pada saat sekarang sudah ada penerbangan yang mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP] tidak hanya di Cengkareng Soekarno Hatta saja menjadi destinasi utama. Beberapa penerbangan yang mendarat di HLP ini dimasukan kedalam destinasi lain untuk sampai ke kota Jakarta dengan mengurangi penerbangan yang cukup sibuk di Soekarno Hatta yang telah melayani take-off dan landing dengan jarak waktu yang cukup sempit. Nah, dipilihnya Halim Perdana Kusuma untuk mengurangi kesibukan dari lokasi Cengkareng Soekarno Hatta tersebut sudah benar adanya. Ada sebagian orang yang sudah terbiasa dengan Cengkareng Soekarno-Hatta untuk menjadi destinasi mendaratnya pesawat dengan beberapa fasilitas penghubung antara terminal dan konektifitas antara bandara dengan kota Jakarta sedikit agak enggan memilih Bandara Halim Perdana Kusuma. Ada sebagian berpendapat nanti bagaimana setelah sampai disana, terus bagaimana sampai ke kota Jakarta menggunakan akses transportasi seperti apa. Mungkin masih banyak lagi.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Cara Mendaki Daki Pendakian Gunung Singgalang Sumatera Barat | Hiking Mount Singgalang

Pertualangan alam tidak ada habisnya saatnya cara-mendaki-daki-pendakian-Gunung-Singgalang-Sumatera-Barat|Way-hiking-Mount-Singgalang menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta alam seluruh penjuru dunia. Sudah termasuk dalam destinasi wisata alam dengan ketangguhan kedua kaki siap menguji seberapa tinggi kekentalan andrenalin anda untuk bisa daki-Gunung-Singgalang dengan gayanya tersediri. Proses pendakian membutuhkan informasi yang cukup agar perjalanan ala pecinta alam bisa selamat dan menjadi pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.