Langsung ke konten utama

Tata Cara Lengkap Mendaki Pendakian Gunung Agung Bali Indonesia

Pesona mendaki Gunung Agung atau Mount Agung Bali menjadi hobi yang tidak bisa terpisahkan oleh pecinta alam butuh informasi yang lengkap pendakian treking daki menjadi panduan awal untuk melaksanakan ekspedisi ini serta perjalanan transportasi komprehensif untuk sampai ke lokasi harus dimiliki sekarang juga. Rekomendasi dari para mentor pendaki sudah banyak disampaikan tetapi masih terpisah-pisah dan harus menyatu dalam satu tulisan. Keindahan pesona alam Gunung Agung Bali tidak bisa ditawar lagi karena telah mendapat hati para pecinta wisata alam menguji kekentalan adrenalin pendaki di seluruh dunia. Posisi Pulau Bali yang sangat mudah terkoneksi oleh seluruh jalur pesawat udara lokal dan internasional menjadi tempat berlabuhnya keinginan para pemuda petualangan untuk menaklukan tantangan yang akan mereka hadapi selama treking di Gunung Agung.

Gunung Agung Bali. Poto oleh: balikami.com

Puncak Tertinggi Gunung Agung Bali. Poto oleh: balijungletrekking.com



SEKILAS GUNUNG AGUNG BALI INDONESIA.
Mount Agung atau Gunung Agung sudah menghipnotis para pecinta alam dunia yang akan singgah untuk melengkapi wisata tantangan yang ada di Pulau Bali. Eksotis dan indahnya mengema ke seluruh dunia menjadi wisata laternatif lain yang ada di pulau ini. Gunung yang masih aktif ini termasuk dalam stratovolcano merupakan gunung tertinggi di Bali. Dengan ketinggian 3.142 meter dpl ini sangat mendominasi yang cukup kental dengan daerah sekitarnya dan juga mampu mempengaruhi cuaca terutama siklus hujan. Apabila anda sampai di puncak dengan cuaca yang bersahabat maka anda akan bisa melihat puncak Gunung Rinjani Lombok di sebelah timur walaupun banyak terselimuti kabut. Penduduk lokal Bali percaya bahwa Gunung Agung atau Mount Agung merupakan kembaran dari Gunung Meru yang sudah terkenal di seluruh dunia. Erupsi terakhir terjadi pada tahun 2017 yang menyebabkan perubahan cuaca dengan muntahan perut bumi pada saat itu [Wikipedia].

BAGAIMANA CARA KE GUNUNG AGUNG BALI.
Saya mengambil rute dari kota Jakarta sebagai langkah awal yang banyak digunakan sebagai dasar sebuah perjalanan. Berikut cara ke sana dengan berbagai moda transportasi. Menurut saya inilah cara yang paling simpel dan tidak begitu merepotkan selama di perjalanan.

1. BUS MALAM.
Anda bisa menggunakan bus malam yang ada di Jakarta dengan naik di Pulo Gebang Bekasi. Jenis bus yang cukup nyaman dinaiki dan berbagai merek seperti Lorena, Pahala Kencana, Safari Dharma Raya, Kramat Djati dengan tarif dimulai dari IDR400.000 untuk kelas eksekutif. Anda bisa sesuaikan kelas yang akan dinaiki sesuai dengan kesempatan pada saat keberangkatan.
2. PESAWAT UDARA.
Keberangkatan dari Jakarta Soekarno Hatta ke Denpasar Bali cukup banyak dimulai dari LCC [Low Cost Carrier] hingga full service. Harga tiket dimulai dari IDR400.000 dengan penerbangan langsung.

Sebaiknya anda melakukan pendakian ini rombongan agar biaya transportasi dari Denpasar Bali menuju ke salah satu rute yang akan anda pilih bisa menghemat tenaga anda untuk ekspedisi pendakian Gunung Agung Bali. Untuk rental mobil anda bisa gunakan beberapa jasa penyedia mobil di bali atau salah kenalan anda untuk mendapatkan harga yang kompetitif.

RUTE DAKI DAN SYARAT UNTUK PENDAKIAN GUNUNG AGUNG BALI.
Perjalanan dari Denpasar menuju ke objek Gunung Agung membutuhkan waktu selama +/- 2 jam perjalanan dengan kendaraan. Jalur yang akan anda lewati adalah Desa Setiabudi Selat di Kabupaten Karangasem. Jika dilihat dari treking jalan berada di lereng yang terletak di selatan. 

Ada beberapa cara rute awal untuk melangkah ekspedisi pendakian Gunung Agung ini adalah Pura Pasar Agung atau Pura Besakih. Tetapi yang banyak direkomendasikan oleh pendaki adalah di Pura Besakih karena rute ini bisa menuju ke puncak gunung tertinggi. Kalau rute Pura Pasar Agung tidak bisa sampai ke titik puncak. Jadi anda sebaiknya melalui rute yang banyak dilakukan oleh pendaki yaitu di Pura Besakih. Karena Gunung ini merupakan tempat yang disucikan oleh Hindu Bali maka anda harus menggunakan jasa pemandu atau guide untuk melakukan ekspedisi pendakian ini. Jadi untuk menghormati tempat mereka dijadikan tempat jalur daki para pencinta alam maka penduduk lokal mengharuskan seluruh para pendaki mengikuti peraturan yang telah mereka tetapkan. Untuk antisipasi hal yang dikhawatirkan oleh para petinggi agama setempat jadi mereka harus selalu memantau seluruh aktifitas masuk keluar pengunjung termasuk para pendaki gunug.

Tidak sepanjang tahun pendakian Gunung Agung Bali dibuka untuk umum, ada waktu tertentu tidak bisa melakukan ekspedisi bahkan ditutup total untuk kegiatan agama mereka. Pura Besakih yang terletak paling di tinggi di Bali ini yaitu di Gunung Agung, jadi pura yang ada di bali harus berada letaknya di bawah Pura Besakih. FYI, Gunung Agung Bali juga ada sumber mata air. Mata air ini disucikan oleh masyarakat lokal Hindu Bali, mereka mengambil mata air ini harus melakukan ritual Hindu dulu baru mata air ini boleh di ambil oleh mereka. Untuk logistik anda harus memperhatikan bahwa logistik makanan yang berasal dari daging sapi tidak diizinkan untuk dibawa ke puncak gunung. 

Perjalanan daki dan pendakian di Gunung Agung Bali sebaiknya dilakukan pada musim kemarau karena jalur ekspedisi cukup nyaman dilalui. Berbeda dengan musin hujan kondisi jalur pendakian yang masih banyak bebatuan ini akan terasa licin dan membahayakan. Perlu diingatkan sekali lagi bahwa pendakian ini tidak bisa anda lakukan pada saat adanya upacara keagamaan besakih, jalur pendakikan ditutup total. Perhatikan jadwalnya agar pendakian agar bisa terlaksana sesuai dengan waktu kesempatan pada saat itu.


Lama perjalanan pendakian ini memakan waktu sekitar 8-10 jam tergantung dari kecepatan langkah. Ada dua perbedaan rute masuk yang perlu saya sebutkan tadi ketahui yaitu dari Pura Besakih dan Pura Pasar Agung. Jika anda melalui Pura Besakih tentu anda mengingkan ke puncak tertinggi yang dinamakan Puncak 1 dengan ketinggian 3.030 meter dpl dan terakhir dari rute Pura Pasar Agung hanya sampai 2.000 meter dpl saja hanya sampai pada bibir kawah. Apabila anda ingin mengingkinkan ekspedisi ini lebih menarik sebaiknya anda menggunakan rute Pura Besakih. 

Pendakian Gunung Agung kebanyakan melihat sunrise pada pagi hari yang dimulai pada menjelang tengah malam. Dengan menggunakan seorang pemandu dengan biaya IDR300.000 per orang biasanya sudah termasuk sarapan, treking pole, dan senter. Sebelum anda melakukan pendakian Gunung Agung Bali mempunyai treking yang selalu menanjak hampir 95%. Pastikan fisik dan kondisi kaki anda selalu stabil selama ekspedisi pendakian ini. Dapat dikatakan rute pendakian ini selalu menanjak bahkan butuh fisik yang sangat prima untuk melakukan ekspedisi daki gunung di Bali. Apabila mendekati puncak jalur semakin sempit, kiri dan kanan sudah jurang. Pendakian ke puncak sangat berbatu jadi harus fokus dan setiap langkah yang akan anda pijak, jika melengah akibatnya bisa fatal.  

Ada tiga pos yang harus anda lalui, jika dihitung dari waktu jarak antara satu pos dengan yang lainnya antara 1,5 jam sampai dengan 2 jam. Dengan tanjakan yang tiada henti ada tanjakan daki yang cukup terjal dipasang tali pegangan agar pendaki tetap kokoh dalam melangkah. Pendakian sebenarnya bisa pada siang hari dan malam hari tergantung dari keinginan pendaki. Waktu ini bisa anda sesuaikan keinginan rombongan, setiap waktu mempunyai keunikan sendiri.

Memang untuk melihat keindahan Gunung Agung ini sebaiknya pada pagi hari dengan melihat sunrise di horizon. Keindahan dan momen ini bisa melihat seluruh daratan dengan awan yang menyelimuti pagi. Total lama perjalanan yang telah anda lakukan sebanding dengan keindahan yang akan anda raih di atas puncak sekitar 7 jam. Jika dilihat dari masing-masing tempat pijakan ada sekitar 3 tempat ketinggian di Gunung Agung ini. Nah anda bisa menelusuri ketiga lokasi ini tergantung spot mana yang akan anda ingin gapai dengan pemandangan puncak gunun yang akan anda kangenin jika telah merasakan betapa rasa mendaki gunung ini akan terulang kembali setelah anda sampai di penurunan. Apabila anda mempunyai phobia ketinggian harus dihindari.

PERATURAN PENDAKIAN GUNUNG AGUNG BALI.
Ada hal yang perlu anda ketahui sebelum melakukan pendakian ini, peraturan ini berlaku mutlak karena telah ditetapkan oleh pemuka agama di sana. Peraturan ini sebenarnya untuk menghargai umat beragama yang seharusnya dipahami dan dimengerti. Berikut peraturan yang sebenarnya menjadi perhatian seluruh pengunjung.
1. Harus menjaga kebersihan selama berada di Gunung Agung, karena ini lokasi tempat ibadah agama Hindu Bali yang harus dipahami.
2 Tidak boleh membawa logistik makanan yang mengandung daging sapi, karena bertentangan dengan kaidah agama mereka.
3. Di Gunung Agung ada mata air yang tidak boleh diambil sembarangan karena harus sepengetahuan petugas pemandu wisata tadi. 
4. Flora dan fauna yang ada di lingkungan Gunung Agung tidak boleh dirusak bahkan melakukan hal yang memperburuk kondisi kelangsungan hidup. 
5. Untuk wanita yang datang bulan tidak boleh memasuki lokasi dan mendaki gunung.
6. Jaga seluruh kesopanan baik dalam verbal dan pakaian.

Sebagai penutup tulisan ini, apabila anda tidak sangup untuk melakukan treking dari Pura Besakih yang membutuhkan fisik yang super prima anda bisa mencoba treking dari Pura Pasar Agung. Trekingnya relatif tidak terlalu curam dan apabila anda newbie bisa mencoba treking ini untuk mengasah tegap kaki. Untuk perlengkapan yang harus anda persiapkan adalah sepatu khusus untuk mendaki gunung, air mineral +/- 3 liter per orang, tongkat, dan perlengkapan pribadi lainnya. Ingat, di Gunung Agung tidak ada pendirian tenda, jadi anda hanya bisa melakukan pendakian untuk melihat sunrise, dan pemandangan alam di puncak summit.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Tempat Menarik Di Kuala Lumpur Malaysia Waktu Malam

Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia tempat menarik di waktu malam saat menghabiskan waktu liburan disana di musim cuti yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Keramaian kota yang tentu mempersona mata dengan warna-warni kerlipan lampu yang sangat fenomenal ini tentu tidak akan pernah jemu untuk memandang. Semua kegiatan di tempat yang menarik di waktu malam tentu saja berbeda di waktu siang hari dimana aktifitas para turis dari seluruh dunia yang telah memilih KL sebagai destinasi wisata mereka tentu punya kelebihan tersendiri. Jadi pilihan yang boleh anda lakukan di KL pada waktu malam dengan beberapa tempat menarik untuk dikunjungi sembari anda ingin menikwati waktu malam terakhir disana sebelum pulang kembali ke tanah air, berikut penjelasan lengkapnya.

Wisata Penggila Shopping Belanja Vietnam Murah Pasti Mengenal Tempat Ini: Segera Kunjungi Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Wisata belanja penggila shopping di Vietnam pasti mengenal tempat ini dan pastinya harus dikunjungi sebelum pulang kembali ke tanah air. Dengan pilihan yang akan selalu dimasukan ke itinerary perjalanan nanti setelah menikmati seluruh tempat wisata penting ini menjadi acara yang sangat diminati disaat mencari oleh-oleh dan suvenir hingga kebutuhan fashion semuanya ada. Pada tulisan ini pastinya jika anda berada di zona yang sangat dekat dengan tempat wisata shopping ini segera kunjungi, untuk masalah harga masih relatif terjangkau dan pastinya untuk motif dan kualitas dapat diadu dengan produk ternama. Apa saja nama tempat wisata shopping belanja di Vietnam yang kami masud dan anda harus pilih nama yang mana sangat dekat dari lokasi penginapan selama melakukan perjalanan wisata ke Vietnam, berikut penjelasan lengkapnya:

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.