Langsung ke konten utama

Tips Cara Packing Baju Backpacker Dengan Satu Tas Ransel Saja Sangat Mudah

Seorang backpacker butuh tips packing untuk memasukan seluruh barang dalam ransel termasuk cara melipat menggulung baju baik pria atau wanita sehingga teknis efektif efisien sebuah ransel bisa memuat seluruh barang bawaan hanya satu tas backpack saja. Bepergian memang harus mempersiapkan jauh-jauh hari barang apa yang prioritas untuk dibawa agar tidak repot pada saat berjalan dan pemeriksaan bagase di scanning mesin check in menjadi mudah. Tips cara packing baju ala backpacker ini berguna sekali untuk mengurangi jumlah tas bawaan yang tidak perlu untuk membawa barang pribadi seorang traveler untuk tas jinjing bisa disesuaikan dengan ukuran dan keinginan.

Poto oleh: projects-abroad.co.uk

Andalan seorang backpacker ada sebuah ransel untuk menyimpan keseluruhan barang pada saat berlibur. Karena sangat praktis dan juga kokoh nyaman untuk dibawa menjadi pilihan untuk traveling. Ada beberapa pokok permasalahan yang harus dicermati agar isi didalam tas ransel tetap rapi tidak salah kamar, karena ukurannya yang terbatas dan ringkes maka backpacker sangat menyukai dengan model yang eye catching dan relatif terjangkau harganya dengan berbagai ukuran.

Pada kesempatan tulisan ini mari kita melihat tips cara packing yang benar ala backpacker yang bisa memuat keseluruhan barang pribadi hanya dalam satu tas ukuran tertentu untuk kepraktisan dan efisiensi sebuah tempat yang akan dibawa.



1. TELITI BARANG BAWA PENTING.
Para backpacker pemula newbie biasanya sangat pusing bingung untuk menentukan baju yang mana harus dibawa. Mulai dari kaos oblong, daleman, syal, jaket, jeas, sepatu, sandal, dsb mumet di pikiran. Hal yang pertama kali yan harus anda pikirkan adalah barang yang sangat diperlukan untuk dipakai selama liburan nanti. Pilih dari sekian banyak barang dan tidak memberatkan anda selama di perjalanan nannti. Jika anda berlibur di satu kota atau beberapa kota perhatikan rute perjalanan, apakah menggunakan bus atau kereta api. Jumlah lamanya perjalanan juga mempengaruhi banyaknya pakaian. Tetapi bisa anda siasati dengan cara mencuci pakaian sendiri atau loundry untuk menghemat jumlah baju yang akan dibawa. Hal ini juga berlakuk pada jeans dsb. Sebagai contoh, jika anda membawa baju kaos 3 buah yang telah dipakai satu untuk perjalanan seharian anda bisa langsung mencuci sendiri di hotel atau penginapan. Jadi keesokan harinya sudah kering dan bisa anda gunakan kembali. Pilih bahan yang tidak mudah kusut supaya tidak terlihat kucel pada saat dipakai. Inilah cara yang sangat kitu untuk menghemat jumlah barang yang akan dibawa.

Perhatikan lokasi tempat liburan anda nanti? Apakah negara tropis, subtropis, atau empat musim. Jadi, untuk negara tujuan juga akan menentukan baju apa yang akan dibawa, jika anda salah membawa barang maka ransel yang dibawa penuh dengan barang yang tidak dipakai. Tema liburan anda apakah wisata bahari, wisata alam liar, mendaki gunung, atau ala-ala pesta urban. Sesuaikan dan pastikan kecocokan kebutuhan pakaian anda sesuai dengan jenis liburan yang akan dilakukan.

3. PAHAMI TEKNIK MELIPAT PAKAIAN.
Kreatifitas seorang backpacker tidak hanya bisa untuk menentukan pilihan dan menentukan uang yang dikeluarkan seketat mungkin untuk sebuah liburan. Begitu juga dengan cara memahami teknik lipatan DIY  yang sangat efektif meletakan seluruh barang bawaan efisien terhadap space yang ada di ransel. Begitu simpel nya teknik ini bisa membuat semua pakaian yang dibawa tetap rapi tidak kusut lecek bahkan tidak salah kamar. Jangan membawa bahan dasar baju yang mudah kusut, dan barang daleman yang mudah dicuci dibawa seperlunya agar space ini bisa digunakan untuk tempat yang lain. Apabila anda ingin membawa sebuah jacket pilih model yang 2 in 1 dengan kapasitasnya untuk formal dan informal alias muka belakang mempunyai model bahkan bahan dasar jacket bisa anti air dan langsung dipakai saja jangan disimpan di ransel.

Teknik ini banyak sekali dipraktekan oleh institusi negara ABRI untuk meletakan baju seragam mereka dalam ransel yang berukuran kecil dan bisa disandingkan dengan pakaian lain tanpa kusut lecek sama sekali. Cara ini bisa anda praktekan untuk mengurangi berat beban di punggung, terutama untuk celana pendek serta bahan baju yang ada bahan sintetik serta sweater dapat mempergunakan teknik ini. 

Cara awalnya adalah dengan merapihkan permukaan pakaian pada saat sebelum atau sesuah melipat menggulung untuk mengurangi kerutan. Letakan jenis pakaian yang seperti ini paling bawah ransel agar lebih tertata dengan jenis urutan yang besar menutupi pakaian daleman lainnya. Untuk jeans gaya juga anda lakukan hal yang sama dengan melipat dua dari atas ke bawah, kemudian dirapihkan dan mulai menggulung dari lipatan lutut. Satukan dengan pakaian bukan celana pada permukaan yang tidak datar. Haluskan kembali permukaan terhadap beberapa sudut yang kerut. Dan seterusnya.

4. TEKNIK SUSUNAN.
Seorang backpacker harus mempelajari teknik menggulung ini agar semua tempat di ransel bisa terpenuhi dengan barang bawaan yang penting. Banyak sekali tutorial di youtube berupa DIY project yang membantu anda untuk melihat lebih out of the box untuk semua barang bawaan tetap rapih. Teknik gulungan ini sebenarnya pengalaman yang dapat dikatakan expert dibidangnya untuk membantu jenis pakaian yang akan dibawa di berbagai jenis liburan di seluruh dunia. Ringkes, efisien, dan efektif.

Untuk meletakan pakaian yang telah digulung ini kemudian dimasukan kedalam ransel dengan susunan yang tepat. Penataan ini dimulai dari  barang yang paling berat diletakan paling bawah kemudian berurut ke atas barang yang lebih ringan. Pemisahan barang yang diletakan didalam dan diluar juga harus pilih pilah berdasarkan kegunaannya. Peralatan yang sangat penting digunakan diletakan di saku terdepan, perlu diingat untuk perlengkapan mandi diletak paling luar jangan dimasukan di tumpukan susunan baju yang telah anda urutkan tadi, bisa kusut semua nanti.

5. BARANG SESUAI MUSIM NEGARA TUJUAN.
Seorang backpacker harus paham jenis musim negara tujuan yang akan dikunjungi. Negara yang mempunyai empat musim dengan adanya musim salju berarti anda harus membawa pakaian yang memberikan rasa hangat seperti jacket ataupun pakaian yang berbahan dasar wol. Begitu juga dengan negara tropis yang banyak musim panasnya berarti anda harus membawa pakaian yang cepat menyerap keringat. Istilahnya, pahami keadaan musim negara tujuan dan persiapkan pakaian yang sesuai dengan musim tersebut.

6. GADGET TOOLS DAN PERLENGKAPAN MANDI DI TEMPAT KHUSUS.
Benda pernak-pernik perintilan ini harus diletakan di tempat khusus jangan disatukan dengan pakaian seperti alat charger hape dan perlengkapan mandi yang akan sering digunakan diletakan di tempat yang mudah dijangkau bahkan bisa diletakan berdampingan. Seperti slorokannya paling atas atau paling depan di tas ransel, biasanya tempat yang banyak tersedia seperti dipinggir tas. Strategi untuk meletakan keseluruhan barang pernak pernik seperti ini di tempat yang mudah dijangkau karena anda akan selalu sering menggunakan alat-alat ini, pastikan ada tas plastik kecil tersebut mempunyai kunci untuk membatasi barang lain untuk tidak masuk dan tercampur didalamnya. Khusus untuk perlengkapan mandi sebaiknya anda hanya membawa seperlunya seperti sikat gigi dan odol ukuran mini, untuk sabun dan shampo ukuran sachetan kecil saja. Jika rasanya kurang nanti anda bisa beli di kota lain atau negara tujuan. 



7. TAS KHUSUS UNTUK HAPE, UANG, DOMPET, DAN DOKUMENT.
Persiapkan tas khusus kecil untuk menyimpan hape, dompet, uang dan dokumen lainnya harus ada pada saat traveling. Jangan disatukan dengan tas ransel tempat penyimpanan pakaian karena akan menyulitkan anda pada saat-saat penting. Tas ini khusus untuk menyimpan barang-barang penting anda agar bisa mudah ditemukan pada saat anda membutuhkannya. Kepraktisan tas ini tujuannya agar tidak selalu membongkar tas ransel untuk mencari-cari benda yang sangat vital untuk sebuah perjalanan. Terutama uang yang selalu anda butuhkan pada saat penting untuk belanja serta membayar pada saat travelin nanti. FYI, jumlah uang yang anda bawa sebaiknya jangan terlalu banyak secukupnya dan jika dibutuhkan anda bisa menarik tunai di ATM negara tujuan yang masih satu jaringan dengan ATM dari bank penerbit kartu di Indonesia. Kegunaanya adalah anda bisa berhemat saat liburan dan tidak banyak tersisa setelah selesai liburan nanti.

8. BERI SISA RUANG SENGGANG DALAM TAS RANSEL.
Kegunaan sisa ruangan kosong ini berguna untuk anda yang ingin membeli oleh-oleh yang bisa dipersiapkan untuk disimpan di ransel. Oleh-oleh yang akan anda beli akan menjadi sebuah penghargaan bagi sebuah perjalanan yang akan bisa anda nikmati sampai di rumah nanti. Cara yang sangat mudah mempersiapkan hal ini adalah dengan proses penyusunan barang yang telah anda lakukan sebelumnya sehingga dapat dipastikan masih ada ruangan kuhus yang kosong yang bisa anda persiapkan untuk menyimpan oleh-oleh yang telah anda beli nanti.

9. TEKNIK JITU PILIH PILAH.
Untuk memilih berapa banyak jumlah pakaian yang akan dipilih, dipakai harus punya strategi. Sebaiknya anda menyiapkan satu stel pakaian yang siap dipakai, dan yang lainnya dicuci, satunya siap telah dijemur kering. Teknik ini bisa anda terapkan untuk menghemat space tempat penyimpanan di tas ransel. Jadi seluruh pakaian ini bisa digunakan maksimal tidak menganggur, jadi alur ini sudah banyak dipraktekan oleh para backpacker seluruh dunia. Untuk kenyamanan kaki juga tidak luput diteliti. Pilih kaos kaki yang bisa digunakan untuk berbagai kepeluan medan dan kesempatan setiap kaki melangkah. Untuk sendal tergantung dari kebutuhan yang akan anda gunakan, apabila liburan ala backpacker banyak di pantai atau wisata bahari sebaiknya dibawa.

10. METODE BUNDLE WRAPPING.
Meletakan jenis barang di satu tas platik wrapping merupakan cara terbaik untuk mengikat seluruh barang sesuai peruntukan dalam satu bundle. Teknik meletakan tentu disesuaikan dengan bentuk tas apakah melintang atau membujur. Sebaiknya dilakukan kombinasi untuk bisa maksimal penyimpaman dalam satu tas bisa anda dapatkan. Metode bundle wrapping ini diperuntukan untuk pakaian yang akan anda bawa dapat terikat dengan ketat tanpa ada celah yang tersisa. Diantara celah letak antara wrapping lainnya ada sedikit celah yang bisa anda muatkan seperti celana renang, syal, sapu tangan, dan lain sebagainya. Jika ada ikat pinggang anda bisa sisipkan dipinggir dalam tas ransel setelah tas plastik wrapping telah tersusun rapi.

11. BENDA BERAT SEBAIKNYA DIPAKAI.
Khusus pakaian yang cukup berat sebaiknya anda pakai seperti jaket dan sepatu untuk berjalan agar beban yang disandang dipunggung tidak terlalu berat. Harus dipakai untuk mengurangi jumlah timbangan pada saat check in. Jadi. ruangan yang cukup kosong bisa dimasukan printilan lain seperti notes buku, kaca mata. Apabila suasa perjalanan masih dalam suasan tropis anda bisa melepas jaket bisa di sandang pada waktu berjalan.

12. SIAPKAN GEMBOK KUNCI RANSEL.
Setelah semua barang bawaan telah dipersiapkan dan sudah tersimpan rapi saatnya seluruh resleting terikat baik dan ujung-ujung nya disatukan dan dikunci dengan sebuah gembok. Sekarang ini sudah banyak aneka bentuk gembok yang sangat eye cathing design nya dan ukurannya mini. Ada juga jenis gembok yang menggunakan pin angka dengan kombinansi yang tepat. 

13. LAIN-LAIN.
Apabila anda seorang muslim pada saat traveling tidak lupa menyipakan perlengkapan sholat berupa sarung dan sajadah untuk melaksanakan sholat fardhu. Untuk sarung dan sajadah sekarang sudah ada jenis yang tipis, ringan, dan bisa dibawa sebagai perlengkapan penting lainnya. Sarung juga bisa anda kombinasikan sebagai alat untuk melindungi anda dari suasana dingin. Untuk packing ke dalam ransel bisa anda selipkan di selorokan samping kiri atau kanan tas, karena apabila dilipat dan digulung tidak memakan tempat yang terlalu luas. Pakaian atau alat lain multi fungsi juga bisa anda pertimbangkan untuk membuat jumlah barang yang dibawa juga berkirang, seperti celana panjang yang bisa dibagi dua menjadi celana pendek ala celana gunung yang bisa anda pilih untuk sebuah paduan pakaian sehari-hari. Sedangkan untuk handuk persiapkan handuk ukuran menengah yang ringan dan cepat kering berguna untuk melap pada saat dibandara atau di perjalanan. 

Sebagai akhir dari tulisan Tips Cara Packing Baju Backpacker Dengan Satu Tas Ransel Saja ini bisa memberikan pengetahuan lain sebelum anda berangkat traveling. Semua barang ini harus disesuaikan kapastitas anda untuk backpackeran, jenis tujuan liburan, serta negara yang akan dituju. Untuk liburan dalam negeri bisa anda sesuaikan tips ini agar jumlah beban yang dibawa sangat sesuai dengan kapasitas anda seorang yang bisa mengangkat barang. 

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Keuntungan Kerugian Pesawat Mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP]

Pada saat sekarang sudah ada penerbangan yang mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP] tidak hanya di Cengkareng Soekarno Hatta saja menjadi destinasi utama. Beberapa penerbangan yang mendarat di HLP ini dimasukan kedalam destinasi lain untuk sampai ke kota Jakarta dengan mengurangi penerbangan yang cukup sibuk di Soekarno Hatta yang telah melayani take-off dan landing dengan jarak waktu yang cukup sempit. Nah, dipilihnya Halim Perdana Kusuma untuk mengurangi kesibukan dari lokasi Cengkareng Soekarno Hatta tersebut sudah benar adanya. Ada sebagian orang yang sudah terbiasa dengan Cengkareng Soekarno-Hatta untuk menjadi destinasi mendaratnya pesawat dengan beberapa fasilitas penghubung antara terminal dan konektifitas antara bandara dengan kota Jakarta sedikit agak enggan memilih Bandara Halim Perdana Kusuma. Ada sebagian berpendapat nanti bagaimana setelah sampai disana, terus bagaimana sampai ke kota Jakarta menggunakan akses transportasi seperti apa. Mungkin masih banyak lagi.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.